Categories: Bisnis Blog SimpliDOTS

Tentang Sales Force Automation (SFA) Secara Detail

Tentang Sales Force Automation (SFA) Secara Detail – Sales Force Automation (SFA) mengacu pada aplikasi perangkat lunak untuk manajemen penjualan. SFA menyediakan alur kerja otomatis yang menciptakan proses penjualan yang efisien untuk mengelola prospek bisnis, prakiraan penjualan, dan kinerja tim.

SFA juga dapat disebut sebagai Salesforce Management. Jika bisnis Anda berurusan dengan lebih dari beberapa pelanggan dan penjualan adalah tujuan utama, SFA adalah sahabat baru Anda.

Tentang Sales Force Automation

Sales force automation yang biasa di singkat SFA adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengelola dan menyederhanakan proses penjualan yang rumit. Sales force automation ini mampu mengotomisasikan data, proses, dan kegiatan sales atau tenaga penjualan sehingga mereka memiliki lebih banyak waktu untuk memasarkan produk dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi kerja tim dan akhirnya meningkatkan penjualan perusahaan.

Sales force auotomation ini tentunya terkait dengan kinerja perusahaan, karena dapat mengotomatisasi penjualan yang tentu mempermudah kinerja penjualan perusahaan. Dengan adanya SFA, bahkan tidak terlalu banyak tenaga salespersons yang diperlukan. Ini tentu menghemat biaya pembayaran gaji karyawan.

Baca juga: Perbedaan Sales Force Automation (SFA) dengan CRM

Fitur utama dari Sales force automation adalah

Lead Management

Lead Management adalah sub-modul dari SFA untuk menampung data-data dari setiap leads atau prospek yang didapat oleh salesperson. Dengan demilkian perusahaan dengan mudah memantau dan mengembangkannya lead tersebut. Hal ini mampu memberikan peluang penjualan bagi tim sales.

Lead Management juga memberikan informasi darimana leads berasal, apakah melalui cold call, website, referensi, dan sebagainya, sehingga aktifitas pemasaran dapat difokuskan kepada sumber leads yang paling menghasilkan.

Activity Management

Activity Management adalah tempat dimana salesperson mencatat aktifitas-aktifitas penjualan serta sales person dapat mengeksekusi dan memastikan strategi penjualan berjalan dengan baik dan memastikan produksi produk sesuai dengan kebutuhan yang sudah disepakati oleh sales dan prospek/penjualan yang melakukan pembelian, agar produk yang diminta dapat tersedia sesuai dengan keinginan.

Opportunity Management

Opportunity Management menyimpan informasi-informasi peluang penjualan apa saja yang sedang terjadi dengan prospek atau customer tertentu. Disini dapat diketahui berapa nilai peluang tersebut, siapa saja orang-orang yang terlibat di dalamnya, dan sudah sampai dimana status penjualannya. Opportunity Management sering juga disebut dengan istilah Potential Management dalam CRM.

Contact Management

Jika Account Management menyimpan data-data dari sebuah perusahaan atau institusi, maka Contact Management menyimpan dan mengelola data-data masing-masing individu yang berada dalam perusahaan tersebut.

Team Management

Fitur ini dapat membantu perusahaan untuk mengelola tim dalam bekerja. Baik untuk sales maupun yang berhubungan dengan manufaktur

Baca juga: 4 Top Features Of Sales Force Automation (SFA) & Their Benefits

Baca juga: Sales Force Automation (SFA)

Share
Published by
astrid
Tags: Agen lapangan CRM Customer Relationship Management Delivery Management Delivery Route Management Delivery Route planning Distribution Field force General Trade Inventory Inventory Management Manajemen agen lapangan Manajemen gudang Manajemen rantai pasokan Manajemen sales lapangan Manajemen salesman Manajemen stok Monitor agen lapangan Monitor salesman Perencanaan rute Perencanaan rute kunjungan Perencanaan rute pengantaran Perencanaan rute perjalanan Perencanaan rute salesman Permanent Journey Plan PJP Route Plan Route Planning SaaS SaaS for Supply Chain SaaS Solution for Business Intelligence and Analytics SaaS solution for Sales and Distribution SaaS solution for Supply Chain Sales Force Automation Sales Force Management Sales Force Route Planning Sales KPI Sales performance monitoring Salesman Monitoring SFA Software as a Service Solusi SaaS untuk penjualan dan distribusi Solusi SaaS untuk rantai pasokan Supervisor Monitoring Supply Chain Supply Chain Management Supply Chain Solution Vehicle Vehicle Management Warehouse Warehouse Management Work Force Automation Work Force Management

Recent Posts

  • Bisnis
  • Distribusi

Memulai Bisnis Distribusi, Yuk Persiapkan Hal Penting Ini

Mau memulai bisnis distribusi? Pilihanmu sudah tepat. Usaha distribusi bisa menjadi pilihan yang prospektif sebagai lini usaha karena potensinya yang… Read More

  • Pemasaran
  • Penjualan
  • Strategi Bisnis

Bingung Menentukan Harga Jual Produk?

Harga mempunyai peranan yang penting sebagai alat bantu untuk sukses dalam strategi pemasaran. Mengapa? Karena penetapan harga merupakan bagian penting… Read More

  • Distribusi
  • Produk

Aplikasi Stok Barang : Solusi Mudah Membuat Berbagai Jenis Laporan Stok Barang

Agar bisnis lebih mudah dikelola dan dikembangkan, salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan adalah manajemen inventaris. Kamu harus mampu mengatur… Read More