Keuntungan Sales Force Automation Bagi Sebuah Bisnis - SimpliDOTS
Keuntungan Sales Force Automation

Keuntungan Sales Force Automation Bagi Sebuah Bisnis

Keuntungan Sales Force Automation Bagi Sebuah Bisnis – Fungsi penjualan dari sebuah perusahaan mana pun adalah salah satu fungsi bisnis yang paling penting. Kenapa? Karena fungsi penjualan memiliki dampak langsung ke garis bawah perusahaan dan apabila semakin efektif tim penjualan, maka semakin menguntungkan pula suatu organisasi tersebut.

Maka dari itu setiap perusahaan harus berupaya mengoptimalkan fungsi penjualannya dan memastikan bahwa tools dan sumber daya yang digunakan telah mendukung penuh dan nantinya akan membantu tim penjualan melaksanakan tanggung jawabnya secara efektif.

Sales Force Automation (SFA) atau biasa disingkat SFA, mengacu pada suatu cara atau teknik di mana perangkat lunak digunakan untuk mengotomatiskan tugas-tugas bisnis seperti sistem pengendalian persediaan, manajemen akun, manajemen proses, manajemen kontak, pelacakan pelanggan, manajemen penjualan, menganalisa penjualan, pengetahuan produk, sistem pelacakan penjualan, evaluasi kinerja tim penjualan, dll.

Pengertian sales force automation

Sales Force Automation (SFA) adalah suatu sistem automatisasi yang diperuntukkan bagi salesman sehingga dapat meningkatkan kinerja dan penjualan perusahaan. SFA ini dikhususkan juga untuk sistem manajemen hubungan pelanggaan yang dapat secara otomatis mencatat setiap tahapan pada proses bisnis perusahaan.

Baca juga : Kenapa Transisi Bisnis Keluarga ke Generasi Penerus Gagal?

Keuntungan menggunakan Sales Force Automation (SFA)

Nah, di sinilah Sales Force Automation (SFA) masuk. Sebagai bagian dari Customer Relationship Management (CRM), SFA melibatkan otomatisasi tugas dan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh tenaga penjualan atau salesman menggunakan aplikasi yang dibuat khusus untuk tujuan ini.

  1. Meningkatkan Produktivitas
  2. Keunggulan Kompetitif dalam hal biaya, pendapatan, dan pangsa pasar.
  3. Informasi tepat waktu mengenai penjualan.
  4. Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan berkurangnya waktu respons.
  5. Menyimpan catatan yang tepat dari pelanggan, yang dapat dilacak dengan mudah.
  6. Prakiraan penjualan dapat dilakukan secara akurat dengan bantuan data penjualan sebelumnya.
  7. Pemanfaatan sumber daya yang langka secara efisien.
  8. Lebih sedikit waktu yang dibutuhkan oleh manajer penjualan untuk menyiapkan laporan harian, triwulanan, bulanan atau tahunan.
  9. Pemanfaatan waktu yang optimal oleh anggota staf.
  10. Membantu tim penjualan untuk melakukan jadwal kunjungan kerja dan melihat rute yang telah di set oleh admin serta mencatat kunjungan dan umpan balik.
  11. Memantau dan melacak aktivas dari Tenaga penjualan secara akurat sehingga menghasilkan peningkatan produktivitas yang lebih Efisiensi
  12. Adanya dashboard yang memberikan informasi tentang manajemen kerja untuk wilayah penjualan maupun informasi mengenai kinerja dari tenaga penjualan
  13. Mampu menganalisa catatan penjualan masa lalu serta memprediksi tren pasar dan menciptakan sinkronisasi antara pengadaan dan produksi.

Sumber :

Many Benefits of the Importance of Sales Force Automation in Businesses

Benefits of Sales Force Automation – Part One