potensi area

Potensi Sales Area, Dapat Dikenali Dengan Cara Mapping

Potensi Sales Area, Dapat Dikenali Dengan Cara Mapping – Bagi perusahaan distributor, sangat penting untuk dapat mengetahui hal-hal apa saja yang mampu meningkatkan penjualan, salah satunya dengan cara mapping. Mapping bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang Up to date disuatu area atau wilayah tersebut, serta produk yang dipasarkan tepat sasaran.

Ada beberapa cara untuk mengenali potensi sales area dengan cara mapping, yang dapat sahabat SimpliDOTS terapkan pada perusahaan, berikut penjelasannya :

  1. Mengetahui kondisi geografis

Dengan adanya mapping, maka kita dapat mengetahui kondisi geografis suatu area secara detail, yang akan dijadikan target dari titik-titik penjualan. Jadi tiap titik tersebut, kompetitor yang sudah masuk apa saja, berapa besar dan tingkat kesulitan untuk mencapai area tersebut, seperti jarak, kondisi jalan harus terlihat.

Misalnya saja, Area yang telah dilakukan mapping, akan terlihat adanya sub-area yang terpencil yang sulit dijangkau oleh kendaraan beroda 4 atau lebih. namun area tersebut memiliki potensi pasar yang cukup besar serta ada beberapa perusahaan yang sedang melakukan pengembangan. Maka sub area wajib memperlihatkan keadaan tersebut dengan reality.

  1. Mengetahui potensi setiap area

Potensi setiap area merupakan hal yang sangat penting, karena kita dapat mengetahui jumlah dan potensi dari setiap toko, baik diluar area maupun dalam area.

Baca juga : Menentukan Target Penjualan Secara Efektif? Ini Tipsnya

  1. Mengetahui potensi produk

Dengan mapping diharapkan bisa diketahui produk apa saja yang dijual oleh toko-toko tersebut, dan bagaimana sistem penjualannya, termasuk kemana produk tersebut mengalir. Serta rata-rata penjualan penjualan bisa diketahui, termasuk milik competitor.

Dengan demikian dapat diketahui produk apa, kuat di sub area mana, termasuk tingkat coverage dan penetrasinya.

Apa Itu Saluran Distribusi? Serta Bagaimana Tahapannya?

  1. Pola aktivitas

Pola dari aktivitas pusat-pusat aktivitas yang berpotensi menimbulkan keramaian, misalnya saja, ada festival perlombaan kucing yang berarti ada keramaian tambahan.

  1. Akurasi jadwal kunjungan

Ketika kita telah mengetahui beberapa hal diatas, maka kita akan dapat mengetahui jadwal kunjungan, serta dapat disusun dengan sangat akurat, sehingga proses penjualan dan distribusi di area tersebut, dapat dimaksimalkan, termasuk saat akan melakukan pembenahan terhadap rencana kunjungan salesman.

Sumber: https://distribusipemasaran.com/kenali-potensi-sales-area-dengan-mapping/

WhatsApp chat