saluran distribusi

Apa Itu Saluran Distribusi? Serta Bagaimana Tahapannya?

Apa Itu Saluran Distribusi? Serta Bagaimana Tahapannya? – Pernahkah sahabat SimpliDOTS mendengar istilah Saluran Distribusi? Mungkin bagi sebagian orang istilah ini sangat asing di telinga. Namun bagi orang-orang yang biasa terlibat di dalam dunia distribusi tentunya sudah tidak asing lagi.

Saluran Distribusi atau biasa disebut dengan Saluran Pemasaran adalah sebuah jalur atau rute yang telah ditentukan oleh perusahaan untuk memberikan barang atau layanannya kepada pelanggan. Rute dapat sesingkat interaksi langsung antara perusahaan dan pelanggan atau dapat mencakup beberapa perantara yang saling berhubungan seperti grosir, distributor, pengecer, dan lain-lain.

Oleh karena itu, saluran distribusi juga dapat disebut sebagai seperangkat perantara yang saling bergantung yang membantu membuat produk tersedia bagi kosumen akhir.

Tahapan Saluran Distribusi

Saluran distribusi bisa sangat sederhana, hanya dengan dua lapisan (produsen dan konsumen). Saluran distribusi juga bisa sangat rumit, dengan beberapa level. Setiap lapisan perantara pemasaran yang melakukan pekerjaan dalam membawa produk ke pembeli akhir adalah “level saluran”. Berikut penjelasan untuk beberapa contoh tahapan saluran untuk saluran pemasaran konsumen:

  1. Produsen / Prinsipal

Adalah pemilik brand dari produk yang telah diproduksinya, dan kemudian dijual kepada perusahaan distributor. Jadi produsen atau prinsipal memiliki tanggung jawab atas ketersediaan produk yang ia miliki kepada perusahaan-perusahaan Distributor lainnya dan biasanya juga produsen atau prinsipal telah membuat kesepakatan diawal agar proses penyaluran produk dapat berjalan dengan baik.

  1. Distributor

Adalah pihak yang melakukan aktivitas pembelian produk atau barang langsung dari produsen / principal, lalu produk tersebut dijual kembali kepada toko atau retail. Nah, jadi perusahaan Distributor ini tidak hanya mengambil produk dari satu produsen saja, namun bisa dengan beberapa produsen lainnya. Dan pada umumnya Distributor akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dibandingkan level saluran distribusi lainnya karena membeli dalam jumlah yang cukup besar.

  1. Sub Distributor

Sub distributor ini berbeda ya dengan distributor walau sekilas terdengar sama. Jadi Sub-Distributor itu adalah pihak yang melakukan aktivitas pembelian produk dari Distributor di area yang telah ditentukan titik-titik penyebaran produk-produknya oleh distributor.

Baca juga : Membangun Jaringan Distribusi, Cepat & Efisien

  1. Grosir (Wholesaler)

Adalah sekumpulan orang atau pengusaha yang membuka usaha dagang dengan membeli produk dari sub distributor kemudian dijual kembali ke pengecer atau pedangang besar lainnya. Jadi grosir ini juga melakukan aktivitas pembelian dalam jumlah besar lho sahabat SimpliDOTS.

  1. Pedagang Eceran (Retailer)

Adalah sebuah lembaga yang melakukan kegiatan jual beli kepada konsumen untuk digunakan langsung dan tidak untuk dijual kembali. Jadi pedagang eceran ini merupakan perantara terakhir dari level saluran distribusi karena berhubungan langsung dengan konsumen.

  1. Konsumen

Adalah pihak yang menggunakan produk atau barang secara langsung dengan tujuan untuk dikonsumi atau dihabiskan, yang diproduksi oleh Prinsipal.

Berbagi dengan rekan anda
WhatsApp chat