Mendistribusikan Produk

Mendistribusikan Produk Dengan Cara Konsinyasi, Begini Kiat Suksesnya

Mendistribusikan Produk Dengan Cara Konsinyasi, Begini Kiat Suksesnya – Konsinyasi adalah menjual suatu atau banyak barang dengan cara pemilik menitipkan barang tersebut kepada pihak lain dengan harga dan syarat yang telah disetujui oleh kedua pihak dalam suatu perjanjian.

Mendistribusikan produk dengan cara konsinyasi merupakan cara yang sangat efektif bagi perusahaan baru atau produk baru. kenapa? karena dapat membantu dalam proses penjualan. Serta yang terpenting adalah dimanakah kita dapat memilih toko yang akan kita titipkan sehingga target tidak sia-sia dan tepat sasaran.

Biasanya dalam perjanjian konsinyasi terdapat hak dan kewajiban kedua belah pihak termasuk jumlah komisi yang akan didapat kedua belah pihak, dan orang-orang yang terlibat adalah:

  1. Consignor atau pengamat adalah pihak yang menitipkan barang
  2. Consignee atau komisioner adalah pihak yang menerima titipan barang

Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mendistribusikan produk dengan cara konsinyasi, berikut penjelasannya :

  1. Melakukan Pembagian Dan Pemetaan Area Distribusi

Dengan melakukan pemetaan area distribusi maka perusaha dapat mempertimbangkan segmen dan target pasar yang akan di bidik. Setiap area harus di bagi menjadi beberapa sub area dan seterusnya hingga tiga tingkat dengan tujuan agar dapat mengetahui potensi setiap pasar.

  1. Survey Toko Untuk Penempatan Produk

Mencari dan menentuka toko-toko mana sajakah yang layak dan tepat untuk dijadikan penempatan produk pada setiap sub-area.

Baca juga : Mengenal Istilah Ritel, Distributor & Prinsipal Dalam Dunia Distribusi

Apa Itu Saluran Distribusi? Serta Bagaimana Tahapannya?

  1. Pilih Toko Yang Memiliki Potensi

Biasanya toko yang memiliki potensi pasar yang cukup baik, akan memiliki konsumen dalam jumlah yang cukup besar besar pula dan tertarget untuk semua produk yang dimilikinya, termasuk tertarget untuk produk perusahaan.

  1. Menerapkan Sistem Penambahan Diskon Atas Penjualan

Toko yang bersedia bekerja saman biasaya perusahaan memasukkan barang dengan cara menawarkan diskon khusus. namun dalam membuat diskon ini juga harus benar-benar memperhatikan struktur harganya, jangan sampai melampaui batas yang telah di izinkan.

  1. Melakukan Aktivitas Pemasaran

Ketika melakukan sebuah aktivitas pemasaran, maka pemasaran tersebut haruslah benar-benar jelas, siapa saja yang menjadi target, dan selalu utamakan yang berada di zona-zona yang telah di buat. Hal ini bertujuan produk dapat diterima oleh pasar.

  1. Melakukan Penambahan Jumlah Toko Yang Diajak Kerjasama

Semakin banyak toko yang bersedia bekerjasama, maka akan semakin besar pula omset penjualan yang akan di dapatkan. Namun tetap selalu memperhatikan, bahwa semakin banyak toko yang diajak bekerjasama, maka semakin banyak pula kapasitas produksi yang dibutuhkan.

  1. Melakukan Pemantauan Secara Bertahap

Dengan melakukan pemantauan, maka dapat mengetahui toko-toko manakah yang memiliki potensi yang baik dan kurang baik.

Sumber : https://distribusipemasaran.com/7-tips-sukses-konsinyasi-dalam-distribusi-produk-baru/

WhatsApp chat