tips menentukan target penjualan

Menentukan Target Penjualan Secara Efektif? Ini Tipsnya

Menentukan Target Penjualan Secara Efektif? Ini Tipsnya – Sahabat SimpliDOTS, ketika sebuah perusahaan ingin menentukan target penjualan maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah bersikap cermat dan berhati-hati. Mengapa? karena ketika sahabat SimliDOTS bertemu dengan target yang tidak realistis tersebut maka akan membuat diri menjadi stress, apalagi ketika berada di lapangan.

Maka dari itu dalam menentukan target penjualan merupakan pekerjaan memang susah-susah gampang, walaupun target penjualan dapat dilakukan dengan bebas, namun ada bebrapa hal yang harus dipenuhi agar target penjualan tidak menjadi boomerang bagi perusahaan itu sendiri.

Jadi sangat penting bagi perusahaan untuk memiliki target penjualan yang tepat. Lalu bagaimanakah cara menentukan target penjualan yang efektif? Yuk langsung saja kita simak berikut penjelasannya :

  1. Target Penjualan Harus Jelas, Spesifik Dan Realistis

Mengapa harus jelas, spesifik dan realistis? Hal ini akan memudahkan tim sales dalam mencapai target penjualan. selain itu ketika target penjualan terpenuhi akan membuat tim sales menjadi lebih semangat untuk berjualan menawarkan produknya, dan mereka akan bisa membuat sebuah target yang lebih besar lagi seiring dengan meningkatnya permintaan konsumen, karena produk yang ditawarkan sudah mulai laku terjual dan dikenal oleh kalangan masyarakat sehingga permintaan semakin meningkat.

       2. Target Penjualan Harus Disesuaikan Dengan Kondisi Dan Potensi Pasar

Dengan mengetahui kondisi dan potensi pasar, sahabat SimpliDOTS akan tahu bagaimana cara konsumen tersebut berbelanja, produk apa saja yang paling banyak diminati, serta passion mereka ketika berbelanja. Nah dengan begitu sahabat SimpliDOTS akan dapat menentukan target penjualan seperti apakah yang sesuai dengan konsumen di wilayah tersebut.

       3. Reward Atas Pencapaian Target Penjualan Harus Ada Dan Cukup Menarik

Siapa sih yang tidak suka diberikan reward atau penghargaan? tentunya setiap orang sangat menyukainya. Apalagi bagi tim penjualan yang telah mencapai target. Reward atau penghargaan bisa berbentuk insentif atau komisi dan bonus. Hal ini akan membuat tim sales merasa dihargai atas apa yang telah dicapainya.

Baca juga : Teknik Promosi yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan Penjualan

       4. Supporting Team Harus Siap Membantu Merealisasikan Pencapaian

Dalam suatu perusahaan apapun, akan selalu diharapkan terciptanya tim yang solid, saling mendukung satu sama lain. Tim yang kompak dan solid akan mampu mendorong perusahaan untuk merealisasikan pencapaian perusahaan salah satunya seperti target penjualan.

       5. Actual Penjualan Dan Target Penjualan Harus Di Evaluasi Setiap Periode

Mengevaluasi respon pasar terhadap target penjualan sangatlah penting, karena perusahaan akan dapat menentukan langkah selanjutnya, apakah dilanjutkan atau tidak, demikian juga untuk mengetahui ketertarikan konsumen. Jadi jangan sampai, ketika perusahaan salah dalam menentukan target pasar karena bisa jadi target penjualan yang telah disusun tidak berjalan dengan baik dan usaha mati ditengah jalan. kalau sudah begini betapa ruginya perusahaan bukan?

Lakukanlah evaluasi secara berjangka, misalkan 1 bulan sekali agar lebih efektif.

Sumber : https://distribusipemasaran.com/cara-menetapkan-target-penjualan-sales-target-yang-efektif/

Berbagi dengan rekan anda
WhatsApp chat