Aplikasi Sales FMCG: 6 Strategi Powerful Maksimalkan Penjualan B2B Distributor Masa Kini!

aplikasi sales FMCG

Butuh aplikasi otomasi sales yang handal untuk mengelola dan mengkoordinasi tenaga sales FMCG di lapangan? Jangan khawatir, postingan kali ini kita akan bahas cara mengoptimalkan penjualan FMCG dengan aplikasi sales FMCG yang tepat. 

Dikutip dari laman Statistia, industri FMCG di Indonesia adalah salah satu yang paling cepat berkembang se-Asia Tenggara. Nilai pasar diperkirakan mengalami pertumbuhan dalam beberapa tahun terakhir dan diperkirakan mencapai sekitar 5,6 triliun dolar AS pada tahun 2026. 

Jenis produk FMCG di tanah air juga beragam, mulai dari makanan, minuman, kosmetik, obat-obatan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. 

Lebih lanjut, menurut laman McKinsey, Indonesia berada di urutan kelima sebagai negara paling konsumtif mencapai 473 dolar AS per konsumen antara tahun 2022-2023.

xuuSW1


Sebenarnya, aplikasi sales FMCG untuk mempermudah tracking distributor masa kini sudah bukan konsep baru. Fungsi sales force automation akan semakin maksimal didukung teknologi AI berbasis Cloud. Manajer atau supervisor bisa memantau tenaga sales saat kunjungan pelanggan di mana saja dan kapan saja cukup melalui layar aplikasi. 

Oleh karena itu, kunci kesuksesan bisnis FMCG modern adalah memilih aplikasi sales FMCG yang terbaik. Mari kita simak pembahasannya lebih lanjut di bawah ini, yuk!



Strategi Efektif Meraih Peluang Bisnis FMCG di Indonesia



Fast-Moving Consumer Good  (FMCG) di Indonesia sangat kompetitif, dengan partisipasi dari pemain domestik dan internasional. Meskipun begitu, ada sejumlah peluang bagi para pelaku FMCG baru dan pemain yang sudah ada untuk terus tumbuh di pasar tersebut. 

Beberapa peluang bisnis tersebut meliputi:

  1. Ekspansi ke pasar-pasar berkembang

Untuk berkembang dalam industri FMCG di Indonesia, perusahaan Anda harus menjelajahi pasar yang belum tergarap di daerah pedesaan dan kota-kota kecil. Daerah-daerah ini memiliki potensi pertumbuhan besar seiring dengan penyebaran urbanisasi.

  1. Inovasi sebagai kunci utama

Agar mampu tetap bersaing, perusahaan FMCG harus terus-menerus berinovasi pada produk dan layanannya. Memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang adalah kunci keberhasilan jangka panjang. Misalnya, dengan menambah diversifikasi produk agar konsumen juga punya lebih banyak pilihan produk yang diinginkan.

  1. Merangkul pemasaran digital

Berinvestasi dalam pemasaran digital dan e-Commerce sangat penting di era digital ini. Keberadaan online yang kuat dapat signifikan meningkatkan penjualan dan visibilitas merek.

  1. Jasa/ produk eco-friendly

Konsumen di masa modern saat ini, semakin menyukai produk ramah lingkungan dan perusahaan yang mampu bertanggung jawab sosial. Menerapkan program ramah lingkungan dan berkelanjutan tentunya akan dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan FMCG Anda.



Baca Juga : Apa Itu FMCG (Fast Moving Consumer Goods)



Potensi Produk FMCG di Indonesia



Mari kita simak apa saja jenis produk FMCG yang prospektif dan kemungkinan besar diminati oleh masyarakat. Berikut di antara produk FMCG potensial di Indonesia:

  1. Produk Kesehatan 

Indonesia memiliki populasi generasi produktif (anak muda) dan bertumbuh dengan pendapatan yang besar. Hal ini mendorong permintaan untuk produk kesehatan dan kesejahteraan, seperti vitamin, suplemen, dan makanan dan minuman organik.

  1. Produk Halal

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam terbesar di dunia. Ini menciptakan peluang besar untuk bisnis yang menyasar pasar halal, termasuk makanan, minuman, kosmetik, dan produk perawatan pribadi.

  1. Produk Premium

Kelas menengah Indonesia tumbuh dengan cepat, menciptakan permintaan untuk produk FMCG premium, seperti makanan dan minuman impor, kosmetik, dan produk perawatan pribadi mewah.

  1. Produk ramah lingkungan

Konsumen Indonesia semakin menyadari pentingnya keberlanjutan, menciptakan permintaan untuk produk FMCG berkelanjutan, seperti makanan dan minuman organik, produk pembersih ramah lingkungan, dan kemasan yang dapat digunakan ulang (daur ulang/ recycle).

Beberapa jenis produk potensial, seperti makanan segar membutuhkan sistem distribusi cold chain supaya menjaga kualitas produk yang sensitif terhadap suhu. Selain itu, produk-produk kesehatan, seperti vitamin, suplemen, dan makanan organik, juga membutuhkan pemeliharaan suhu yang tepat selama distribusi untuk memastikan tetap aman sampai ke tangan konsumen.



Begitu juga dengan produk halal, seperti daging dan ikan segar, buah-buahan, sayuran, dll, yang sangat diminati di Indonesia, di mana cold chain memastikan bahwa produk-produk ini tetap dalam kondisi prima sesuai dengan standar kualitas. Produk-produk tersebut memerlukan cold chain untuk menjaga keutuhan produk dan menghindari kerusakan akibat perubahan suhu selama transportasi dan distribusinya.



Contoh- contoh Perusahaan FMCG Terkemuka di Indonesia



Pasar FMCG di Indonesia didominasi oleh beberapa pemain besar, seperti Unilever, Indofood, dan Wings Group. Namun, terdapat pula sejumlah merek-merek yang terus bertambah seiring waktu, baik dari dalam negeri maupun internasional. 

Berikut beberapa perusahaan FMCG teratas di Indonesia berdasarkan pangsa pasar pada tahun 2024 adalah:

Unilever Indonesia

Indofood CBP Sukses Makmur

Procter & Gamble Indonesia (P&G)

Wings Group Indonesia

Nestlé Indonesia

Mayora Indah

Frisian Flag Indonesia

Coca-Cola Amatil Indonesia

Johnson & Johnson Indonesia

Kraft Heinz Indonesia



Bagaimana Cara Bisnis FMCG Maksimalkan Penjualan dengan Aplikasi Sales FMCG?



3cFGGQoSm nQJL2gTeRuWo a2m6ayYwcfUOb6A xx4nqeZoyiA4TMiEUV3LoKYOyewSwcmE9QbCh45RoK9XlCiKKv XDj318FDoO3L4kR TPeoARNe8zszY5n3UFWJF1z8eH4Fu LSLf

img src



Aplikasi Sales FMCG menjadi kunci strategis untuk mengoptimalkan seluruh proses penjualan B2B dalam industri FMCG. Dengan memanfaatkan teknologi aplikasi sales FMCG, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas, mempercepat taking order barang, memantau kinerja tim sales, dan masih banyak lagi kecanggihan fitur lainnya. 

Berikut adalah beberapa strategi efektif yang dapat membantu Anda memaksimalkan penjualan menggunakan aplikasi sales FMCG:

1. Kolaborasi antara tim di kantor dan di lapangan

Keunggulan penting aplikasi otomasi sales berbasis Cloud adalah fakta bahwa teknologi ini bisa diakses selama 24 jam, kapanpun dan dimanapun.  Tentunya, sales monitoring akan lebih mudah bahkan dari jarak jauh. 

Bagi tim sales FMCG yang seringkali berada di lapangan untuk kunjungan toko/ pelanggan, aplikasi sales FMCG tersebut akan menghemat waktu dan tenaga ketika harus berkomunikasi dengan tim di kantor secara real-time. Di lapangan, informasi pelanggan juga bisa ditindaklanjuti hanya cukup beberapa klik saja.

2. Memperkirakan permintaan pasar FMCG

Pemimpin bisnis FMCG adalah perusahaan yang mampu memiliki data kredibel dan akurat. Sebagai contoh, Unilever yang menaungi sekitar 400 merek, raksasa FMCG ini memiliki akses ke miliaran data konsumen di seluruh dunia. Ini artinya, perusahaan tersebut memiliki data persona pembelian yang unik milik setiap konsumennya. 

Dengan data tersebut didukung aplikasi sales force automation, tim sales akan lebih mudah memprediksi permintaan pasar yang tepat. Hal ini sangat penting di setiap industri FMCG.

4. Cross-Selling dan Up-Selling

Seperti yang mungkin Anda tahu, tim sales di lapangan harus membuat keputusan tepat dalam waktu singkat ketika menawarkan produk ke klien B2B. Setuju kan, jika cara terbaik cross-selling dan up-selling adalah melihat data riwayat pembelian pelanggan? 

Ya, data riwayat pembelian pelanggan sangat penting dan harus bisa diakses secara real-time oleh tim sales melalui aplikasi sales FMCG. Data ini dapat membantu tim sales melakukan cross-sell dan up-sell produk berdasarkan riwayat pembelian pelanggan sebelumnya. Jadi, tim sales akan lebih mudah menawarkan produk yang paling sesuai dengan klien B2B. 

5. Mempercepat proses taking order

Sudah bukan zamannya lagi, tim sales yang bekerja di lapangan harus menelepon ke kantor hanya untuk taking order atau membuat pesanan barang. Aplikasi sales FMCG berbasis Cloud untuk tim penjualan sangat membantu karena bisa melihat dan memasukkan rincian stok hanya dalam beberapa klik. 

Semuanya bisa dilakukan secara praktis melalui tablet, laptop, maupun smartphone. Hal ini akan membuat tim sales lebih cepat menyusun strategi dan membantu perusahaan FMCG meningkatkan penjualan. 

6. Ekspansi ke pasar baru

Strategi B2B sales FMCG selanjutnya yang tak kalah efektif adalah memperluas dan berekspansi ke pasar baru. Dengan aplikasi sales FMCG, perusahaan bisa mengumpulkan, menyimpan, lalu menganalisa data penjualan produk. Perusahaan bisa memprediksi perilaku pelanggan dan permintaan pasar yang akan dikembangkan di masa mendatang.

Semua ini berkontribusi pada sistem penjualan yang efektif untuk memperluas bisnis ke pasar baru. Dengan kolaborasi dan komunikasi real-time, sistem penjualan ini akan  meningkatkan produktivitas seluruh tim sales force.



Baca Juga : Tips Menentukan Route Planner Produk FMCG dengan Metode Nearest Neighbour



Keunggulan SimpliDOTS sebagai aplikasi sales FMCG mempermudah distribusi barang

YBXN3oWX L6NUnpTnyGV465EizYtRplcwNgEpjx6DQLNa7MkQcaNsq2u9YjFszDSGrxDfJsDQ JbgHZOIH7y6eFBI WtYDctCkmf88sIWQ1zIuCPiWEVqiIYf LoBFCFS07W3 3mtDT3

img src



SimpliDOTS memberikan kemudahan mengakses data yang diperlukan dengan kredibilitas dan keamanan data yang terjamin. Tim penjualan/ sales force dapat mengakses informasi dimanapun dan kapanpun selama terhubung dengan internet. 

Keunggulan aplikasi sales FMCG seperti SimpliDOTS memberikan fleksibilitas bagi karyawan untuk mengakses atau memasukkan data dari berbagai lokasi, terutama dalam industri FMCG yang seringkali memerlukan mobilitas tinggi. Inilah beberapa keunggulan SimpliDOTS sebagai salah satu aplikasi sales FMCG:

  • Pemesanan dan Inventori Otomatis

Fitur pemesanan dan sistem inventori otomatis dalam SimpliDOTS memberikan kemudahan bagi salesman dalam mengelola pesanan dan menjaga ketersediaan stok. Melalui aplikasi sales FMCG tersebut, salesman dapat mengambil pesanan secara langsung, sementara sistem inventori secara otomatis memastikan akurasi persediaan produk, mencegah kekurangan atau kelebihan stok.

  • Manajemen Rute dan Kunjungan Sales

Sales force automation dalam SimpliDOTS membantu salesman merencanakan dan mengoptimalkan rute kunjungan dengan efisien. Dengan manajemen rute yang terorganisir, perjalanan sales dapat diminimalkan, meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan. SimpliDOTS memberikan solusi terbaik untuk merencanakan dan mengelola kunjungan sales di lapangan.

  • Pemantauan Posisi Sales Real-time

Fitur pemantauan posisi sales secara real-time di peta interaktif memberikan keunggulan dalam melacak keberadaan dan aktivitas sales. SimpliDOTS memungkinkan manajemen untuk memantau secara langsung, membantu pengambilan keputusan yang cepat, dan mengidentifikasi rute tercepat. Dengan pemantauan yang akurat, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas tim sales.

  • Biaya Terjangkau dan Efisiensi

SimpliDOTS menawarkan fitur terbaik dengan biaya yang terjangkau. Teknologi berbasis Cloud mengurangi biaya operasional dengan tidak memerlukan instalasi perangkat keras baru atau penyewaan tenaga IT tambahan. Hal ini cocok digunakan oleh UKM dan distributor masa kini produk FMCG.

  • Efisiensi Penjualan dan Distribusi

Aplikasi SimpliDOTS meningkatkan efisiensi operasional penjualan dan distribusi di lapangan. Sales lapangan dapat memantau stok, mengatur kunjungan pelanggan, dan melacak proses pengiriman secara real-time. Ini tidak hanya meningkatkan efisiensi, tetapi juga memberikan kepuasan pelanggan dengan proses penjualan yang lebih optimal.

  • Peningkatan Layanan Pelanggan

Aplikasi sales FMCG ini memungkinkan sales lapangan mengakses informasi pelanggan secara real-time, termasuk riwayat pembelian sebelumnya. Dengan komunikasi yang lebih baik, pesanan/ order bisa dilakukan lebih cepat. SimpliDOTS meningkatkan layanan pelanggan, memperkuat loyalitas, dan menciptakan keunggulan kompetitif.

  • Memaksimalkan Kinerja Tim Penjualan

SimpliDOTS lebih dari sekadar alat sales monitoring. Dengan fitur yang modern, secara efektif memonitor aktivitas penjualan dan mengevaluasi prospek yang ditindaklanjuti oleh setiap anggota tim. Selain itu, aplikasi ini membantu meningkatkan motivasi tim penjualan, menciptakan semangat kerja yang tinggi, kompetisi sehat, dan peningkatan produktivitas.

  • Pantau Status Faktur dengan Cepat

Dengan menggunakan SimpliDOTS, Anda dapat dengan mudah memantau status faktur secara real-time. Fitur ini memberikan kemampuan untuk melacak proses faktur dari pembuatan hingga pembayaran, memastikan transparansi dan kendali yang lebih baik bagi keuangan perusahaan.

  • Terima Pembayaran Lebih Cepat

Aplikasi distributor masa kini dan sistem inventori SimpliDOTS memungkinkan perusahaan untuk menerima pembayaran dengan lebih cepat. Dengan proses pembayaran yang mudah melalui aplikasi, Anda dapat mengoptimalkan alur kas perusahaan.

  • Kelola Data Customer dalam Satu Dashboard

Keunggulan lain dari SimpliDOTS adalah kemampuan untuk mengintegrasikan data pelanggan dalam satu dashboard. Aplikasi sales FMCG ini menyediakan menu dan fitur yang mudah digunakan, seperti profil pelanggan, laporan, dan histori transaksi. Hal ini mempermudah pengelolaan hubungan pelanggan dan pengambilan keputusan strategis divisi penjualan.





Ayo, Maksimalkan Sales FMCG dengan Sistem SimpliDOTS Sekarang!

video





Dengan fitur-fitur unggulannya, SimpliDOTS memberikan solusi mendukung operasional distribusi perusahaan FMCG, meningkatkan efisiensi, dan memprediksi kebutuhan pasar berdasarkan data yang akurat. 

Tunggu apalagi, Coba Gratis Sekarang untuk memonitoring salesman dan bisnis distribusi perusahaan FMCG Anda! Hubungi via Whatsapp 6285373704528 untuk berkonsultasi atau info selengkapnya.





Src:

https://www.mckinsey.com
https://www.statista.com
https://www.kantarworldpanel.com
https://investinasia.id
Home Page

Bagikan Artikel ini via

Artikel Terkait