Aplikasi Sales dan Manfaatnya Bagi Perusahaan - SimpliDOTS
Aplikasi Point Of Sales

Aplikasi Sales dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat di seluruh dunia telah membuka peluang bagi para pebisnis dan perusahaan untuk mengembangkan kegiatan bisnis melalui media elektronik (electronic business). Teknologi bisa mengubah banyak aspek bisnis dan aktivitas pasar. Dalam dunia bisnis perdagangan saat ini, metode bertransaksi telah berinovasi dengan gaya baru yang dikenal dengan sebutan transaksi elektronik (e-commerce) dan e-business. 

Sejalan dengan pemanfaatan teknologi informasi saat ini, tidak bisa terlepas dari integrasi komputer dan teknologi Cloud. Integrasi tersebut sangat penting, khususnya untuk aktivitas pengolah data menjadi beberapa informasi yang berkualitas sehingga bisa dipergunakan untuk suatu alat bantu pengambilan keputusan bagi manajemen perusahaan kapan saja dan dimana saja.

Sistem Informasi yang akurat dan efektif hampir selalu dihasilkan dari pengolahan data berdasarkan computer based (pengolahan informasi berbasis komputer). Sistem informasi yang saling terintegrasi dipastikan bisa menyediakan informasi yang berkualitas, akurat, cepat, tepat, real time, dan sesuai dengan manajemen yang membutuhkan informasi tersebut. Salah satu sistem informasi yang paling dibutuhkan dalam penjualan atau sales adalah aplikasi sales atau aplikasi penjualan. 

Baca juga : Aplikasi Distributor Terbaik Di Indonesia

Pengertian Aplikasi Sales

1. Sales atau Penjualan

Sales atau penjualan adalah salah satu kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan agar bisnis terus berkembang dengan mendapatkan laba atau keuntungan yang diinginkan. Penjualan juga bisa diartikan sebagai proses kegiatan menjual produk yang dimulai dari kegiatan penetapan harga jual sampai dengan produk didistribusikan ke tangan konsumen. 

2. Kegiatan Penjualan

Kegiatan Sales
source : www.freepik.com

Kegiatan penjualan adalah kegiatan pelengkap atau suplemen dari pembelian agar transaksi bisa terjadi. Jadi, kegiatan pembelian dan penjualan merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan agar dapat terlaksananya sebuah transaksi. Maka dari itu, kegiatan penjualan dilakukan dengan serangkaian kegiatan yang meliputi penciptaan permintaan, menemukan pembeli, negosiasi harga, dan syarat-syarat pembayaran. Dalam penjualan, perusahaan harus menentukan kebijaksanaan dan prosedur yang memungkinkan rencana penjualan yang telah ditetapkan bisa terlaksana.

Keberhasilan perusahaan dalam mencapai keuntungan dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam menjual produk. Jika perusahaan tidak mampu menjual, maka perusahaan akan mengalami kerugian. Tujuan aktivitas penjualan secara umum adalah meningkatkan volume penjualan secara total atau meningkatkan penjualan produk- produk yang lebih menguntungkan bagi perusahaan. Maka dari itu, dalam aktivitas penjualan, perusahaan harus merancang strategi untuk mempertahankan posisi penjualan yang efektif melalui kunjungan penjualan secara reguler dan sistem-sistem yang mendukung supaya bisa menunjang pertumbuhan perusahaan. 

Baca juga : Cara Meningkatkan Penjualan Dalam Menghadapi Persaingan Pasar Global

3. Aplikasi Sales

Sistem-sistem pendukung yang digunakan adalah satu kesatuan yang disebut dengan aplikasi penjualan atau aplikasi sales. Jadi, aplikasi sales adalah aplikasi berupa software atau perangkat digital yang dimanfaatkan untuk membantu bisnis dalam mempersingkat, mengoptimalkan, dan mempercepat keseluruhan siklus penjualan atas produk-produk milik perusahaan. 

Aplikasi sales berguna sebagai alat terpenting untuk meningkatkan peluang dalam memperoleh pelanggan, mendukung transaksi, dan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian kembali. Aplikasi sales dapat diterapkan ke berbagai sektor bisnis, baik retail, real estate, bahkan properti. Perusahaan membutuhkan aplikasi sales agar segala divisi yang terlibat dalam penjualan dapat bekerja dengan lebih baik. Selain itu, bagi tim sales keberadaan aplikasi sales akan semakin mempermudah komunikasi dengan prospek atau Lead. Ketika perusahaan semakin dekat dengan pelanggan, maka pelanggan akan semakin memberikan kepercayaan dan loyalitasnya kepada perusahaan. 

Baca juga : Tips Memilih Supplier Dalam Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management)

Beberapa Bentuk Aplikasi Sales dan Manfaatnya

Aplikasi sales diciptakan dengan tujuan yang berbeda satu sama lain sehingga manfaat yang akan didapatkan atas penggunaannya juga menjadi berbeda. Namun, beberapa brand aplikasi sales telah menggabungkan beberapa kebutuhan menjadi satu sehingga lebih efektif dalam pemanfaatannya. Setidaknya ada 5 jenis aplikasi sales yang umum digunakan, yaitu ERP, CRM, sales tracking, point of sales (POS)/aplikasi kasir, dan Sales Force Automation.

1. Aplikasi ERP 

Aplikasi ERP
source : www.freepik.com

Aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) adalah salah satu aplikasi yang paling utama dalam manajemen bisnis. Aplikasi ERP sangat penting untuk memudahkan pengelolaan bisnis secara terintegrasi. Saat ini, hampir setiap perusahaan memperhitungkan penggunaan ERP karena efektif dalam mengintegrasikan berbagai sistem informasi. Informasi yang disediakan melalui aplikasi ERP akan terasi secara real-time, khususnya segala informasi tentang proses bisnis perusahaan yang meliputi proses produksi, order processing, dan inventory management. Aplikasi ERP juga berguna untuk memantau sumber daya perusahaan seperti aktiva, bahan mentah, kapasitas produksi, dan pegawai (termasuk tenaga penjual). Aplikasi ERP berguna untuk pengelolaan data yang berkaitan dengan status komitmen bisnis seperti customer orders, purchase orders, employee payroll, dan lain sebagainya. 

Bagi perusahaan yang menggunakan aplikasi ERP, maka data dapat dimasukkan ke dalam sistem dari berbagai departemen seperti manufacturing, purchasing, sales, accounting, dan lain sebagainya. Selanjutnya, dengan aplikasi ERP perusahaan bisa mengelola data secara sentral sehingga hanya perlu sekali saja memasukkan data. Selanjutnya, data-data akan bisa dimanfaatkan oleh berbagai proses bisnis lainnya. Secara lebih lanjut, aplikasi ERP melancarkan arus informasi yang berjalan lintas fungsi di dalam perusahaan sampai dengan kepada hubungan dengan para stakeholder di luar perusahaan. Jadi, tidak heran jika aplikasi ERP dianggap sebagai induk aplikasi sales.

Baca juga : Big Data Dan Bidang Usaha Big Data Di Indonesia

A. Pentingnya Aplikasi ERP

Pada awalnya, aplikasi ERP hanya digunakan dengan fokus untuk otomasi berbagai fungsi dari back-office. Misalnya untuk keperluan akuntansi, keuangan, pembelian (pengadaan procurement), pergudangan, logistik produksi, perawatan, sales, distribusi, penggajian, dan kepegawaian. Selanjutnya, aplikasi ini dikembangkan untuk berbagai fungsi front-office seperti CRM (Customer Relationship Management) dan SRM (Supplier Relationship Management). Dengan aplikasi ERP, perusahaan bisa melakukan berbagai ragam kolaborasi, baik antar pegawai di dalam perusahaan sendiri maupun kolaborasi antara perusahaan dengan para mitra bisnis. Perkembangan terbaru dari aplikasi  ERP yaitu mengintegrasikan komponen Business Intelligence (BI) dan Management Cockpit. Dengan kedua komponen tersebut, maka aplikasi ERP menjadi solusi yang paling lengkap untuk menjawab kebutuhan sistem informasi perusahaan. 

Aplikasi ERP sangat membantu perusahaan agar segala tim internal yang terlibat bisa bekerja lebih efisien dengan meminimalkan atau menghilangkan halangan yang terdapat pada arus informasi antar unit kerja. Sedangkan sebagai aplikasi sales, adanya aplikasi ERP bermanfaat untuk meningkatkan layanan pelanggan dengan menyediakan satu sumber untuk penagihan dan relationship tracking.

2. Aplikasi CRM

Aplikasi CRM
source : www.freepik.com

Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) merupakan aplikasi yang cukup luas pemanfaatannya karena bisa mengkombinasikan kebijakan, proses, dan strategi yang diterapkan perusahaan menjadi satu kesatuan. Penggunaan aplikasi CRM yang paling utama adalah untuk memperdekat segala bentuk interaksi dengan para pelanggan dan untuk menelusuri informasi dari pelanggan yang sangat penting untuk meningkatkan potensi terjadinya transaksi. 

Sebenarnya, aplikasi CRM merupakan salah satu metode pendekatan terbaru untuk mengelola hubungan antara perusahaan dengan konsumen. Jadi, bisa dibilang jika aplikasi CRM masih termasuk dalam bagian aplikasi ERP. Namun, aplikasi CRM lebih menitikberatkan hubungan dengan pelanggan dengan harapan terdapat komunikasi dan pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda.

A. Pentingnya Aplikasi CRM 

Aplikasi CRM berguna untuk membantu pendekatan agar bisa meningkatkan loyalitas pelanggan kepada perusahaan. Saat ini, teknologi dari aplikasi CRM telah diimplementasikan menggunakan teknologi informasi yang lebih menarik pelanggan baru untuk mendapatkan keuntungan bagi perusahaan. Aplikasi CRM mengedepankan teknik agar pelanggan memiliki keterikatan pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Aplikasi CRM menjadi unsur penting dalam pengambilan data input berupa data profil dari semua pelanggan dan memberikan informasi yang sesuai kepada pelanggan. Informasi tersebut misalnya tentang customer history, kebutuhan-kebutuhan pasar, perkembangan pasar, dan perubahan-perubahan yang mungkin terjadi di pasar. Prinsip dasar penggunaan aplikasi CRM bagi perusahaan terletak pada kemauan untuk meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan dengan usaha tanpa menambah beban biaya perusahaan. Aplikasi CRM merupakan suatu solusi yang relevan dalam penerapan inovasi teknologi informasi untuk persaingan bisnis saat ini. 

Keuntungan penerapan aplikasi CRM dalam perusahaan sangat bervariasi, tergantung pada bidang atau sektor bisnis perusahaan tersebut. Aplikasi CRM menjadi sangat penting bagi perusahaan yang memiliki volume interaksi tinggi dengan pelanggannya. Dengan aplikasi CRM, pelanggan yang memiliki ketergantungan untuk melakukan pembelian secara berulang tidak akan  melakukan pembelian produk lain. 

Baca juga : 7 Strategi Supply Chain Management Yang Perlu Dilakukan Perusahaan

Jadi, aplikasi CRM sebagai salah satu aplikasi sales yang berguna untuk mendapatkan keuntungan penjualan produk terhadap konsumen baru sekaligus mendapatkan keuntungan dari penjualan produk terhadap pelanggan yang loyal.

3. Aplikasi Sales Tracking / Sales Monitoring

Aplikasi Sales Tracking
source : www.freepik.com

Aplikasi sales tracking atau sales monitoring merupakan aplikasi yang menyimpan semua detail aspek dari proses penjualan. Melalui aplikasi tracking, perusahaan bisa melakukan analisis data dan  sales manager dapat membangun strategi berkelanjutan yang dapat membuat target penjualan tercapai. 

Pemanfaatan aplikasi tracking bisa memberi penglihatan yang jelas bagi manajemen terhadap keseluruhan proses sales. Pihak manajemen bisa mendapatkan insight yang dibutuhkan untuk mengubah calon pembeli menjadi pembeli aktif. Aplikasi sales tracking akan memantau keberadaan konsumen dalam aktivitas pembelian pada tahap sales funnel, yaitu Awareness, Interest, Decision, dan Action.

A. Pentingnya Sales Tracking

Sebagai salah satu aplikasi penjualan, aplikasi sales tracking sangat membantu perusahaan dalam mengelola tahapan tersebut dengan mudah. Aplikasi sales tracking dapat melacak calon pembeli saat memasuki tahapan-tahapan dalam sales funnel dan mengingatkan tim sales untuk melakukan follow up atau mengirim konten tertentu berdasarkan tahapan pembelian yang sedang dijalani calon pembeli. 

4. Aplikasi Sales of Point (POS)

Aplikasi Point Of Sales
source : www.freepik.com

Aplikasi Sales of Point (POS) atau aplikasi kasir merupakan aplikasi yang digunakan untuk mendukung transaksi langsung para penjual di berbagai toko retail. Aplikasi ini sangat dibutuhkan untuk toko retail yang memiliki banyak cabang. Aplikasi POS merupakan teknologi yang memadukan antara tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register) sebagai titik terjadinya transaksi penjualan sebuah produk berakhir di tangan konsumen. Dengan Aplikasi POS, aktivitas menjual produk kepada konsumen atau pelanggan menjadi sangat efisiensi.

Aplikasi POS jauh lebih efektif dibandingkan penggunaan kalkulator secara manual atau komputer dengan software yang belum terintegrasi. Aplikasi POS merupakan inovator terbaru untuk menjawab pertumbuhan toko-toko retail yang terus bertambah saat ini.

Baca juga : Sumber Pangan Sehari-Hari, Memahami Distribusi Perdagangan Beras Di Indonesia

A. Pentingnya Aplikasi POS

Sebagai aplikasi penjualan, Aplikasi POS memiliki banyak manfaat, antara lain :

  • Melakukan pendataan yang rinci terhadap setiap transaksi yang terjadi pada tiap-tiap cabang toko retail. 
  • Menyediakan laporan penjualan secara ringkas dan realtime dalam satu periode tertentu sesuai dengan keadaan di lapangan.
  • melakukan pengecekan terhadap stok barang produksi secara otomatis. 
  • mengurangi risiko kecurangan para pegawai karena setiap stok sudah diawasi. 
  • Memudahkan dalam mengganti satu harga produk
  • Mempersingkat proses transaksi dengan konsumen 

5. Sales Force Automation (SFA)

Sales Force Automation (SFA) merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengotomatisasi tugas dari para tenaga penjualan. Aplikasi SFA sangat unggul dalam hal mengotomatisasikan banyak kegiatan dari tenaga penjual, baik individu (sales person) ataupun untuk sebuah tim sales. Misalnya untuk beberapa kegiatan yang melibatkan penjualan, proses order, manajemen pelanggan, forecast penjualan, dan manajemen tenaga penjual. 

Sebenarnya, Aplikasi SFA lebih diutamakan penggunaannya untuk tim sales atau tenaga penjual agar bisa bekerja bekerja dengan cerdas. Aplikasi SFA memiliki fungsi dan manfaat yang cukup potensial untuk memperbaiki kinerja setiap tenaga penjual. Segala aktivitas akan terkontrol dengan maksimal seperti meningkatkan closing, mengurangi siklus penjualan, dan mengurangi sistem administrasi penjualan. 

Baca juga : Mengenal SimpliDOTS, Aplikasi Digital Yang Dirancang Untuk Memudahkan Distributor

A. Pentingnya Aplikasi SFA
SimpliDOTS SFA
source : www.freepik.com

Bagi tim sales, aplikasi SFA sangat berguna untuk menyimpan semua riwayat pemesanan yang dilakukan oleh pelanggan. Dengan demikian, aplikasi SFA sangat dibutuhkan untuk mendukung pemanfaatan aplikasi CRM dalam rangka menjalin hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan. Tim sales akan sangat terbantu dalam meningkatkan kualitas prospek secara lebih efektif. Misalnya dengan menganalisis informasi penjualan sebelumnya, menemukan demografi pelanggan, dan pola pemesanan yang dilakukan pelanggan sebelumnya. Preferensi pelanggan dan hal-hal lain akan diketahui dari data-data yang tersimpan sehingga tim sales bisa menemukan target dan persiapan dalam menghadapi prospek. 

Adanya aplikasi SFA bagi sales person berguna untuk menjaga peluang dengan terus memperhatikan proses pendekatan, hubungan, dan komunikasi terhadap para pelanggan. Tim sales bisa selalu memantau dan mengikuti perkembangan-perkembangan terbaru untuk menemukan pelanggan yang potensial dan menemukan kecocokan antara produk dan kebutuhan pelanggan.

Bagi manajemen penjualan, aplikasi SFA juga berguna sebagai penyimpanan data dan laporan terkait penjualan dan follow up yang sudah diselesaikan oleh sales person. Aplikasi SFA berguna juga sebagai salah satu metode sales leader sehingga manajemen penjualan bisa menemukan metrik yang sesuai menjadi lebih mudah dan disertai dengan kecepatan dalam mengambil keputusan. 

Beberapa manfaat lain dari aplikasi SFA sebagai salah satu aplikasi sales yaitu:

  • Pengolahan data menjadi lebih teratur. 
  • sistem administrasi dan data yang sudah tersimpan dalam satu tempat terpusat sehingga mudah di akses.
  • Menghemat waktu dalam menentukan matrik dari masing-masing prospek 
  • Memudahkan dalam mengatur jadwal seperti menentukan waktu yang tepat untuk menghubungi prospek. 
  • Meningkatkan layanan pelanggan
  • Meningkatkan volume penjualan dan pendapatan bagi perusahaan.
  • Mengukur dan menetapkan target penjualan

Bagi perusahaan Anda, aplikasi SFA merupakan aplikasi penjualan yang paling penting karena terintegrasi secara langsung dengan tim penjualan sebagai ujung tombak perusahaan. Maka itu, SimpliDOTS Sales Force Automation (SFA) akan membantu tim penjualan perusahaan Anda dengan berbagai fitur yang dimiliki. SimpliDOTS SFA sangat unggul dalam user experience dan user interface sehingga salesman, collector, maupun driver mampu bekerja secara lebih optimal, cepat, dan praktis.

Baca juga : Aplikasi Stok Barang : Solusi Mudah Membuat Berbagai Jenis Laporan Stok Barang

Selain itu, terdapat fitur pendukung SimpliDOTS Monitoring, yang bisa membantu manajer atau supervisor memantau kinerja tim penjualan secara realtime cukup dari smartphone. Dengan aplikasi SimpliDOTS SFA, setiap tenaga penjualan dapat memiliki alat pendukung yang lengkap untuk melakukan negosiasi dengan pelanggan di lapangan dan taking order secara real time tanpa harus bolak-balik ke kantor pusat.

Aplikasi SimpliDOTS SFA merupakan salah satu aplikasi penjualan berbasis Cloud yang sangat penting bagi perusahaan Anda untuk meningkatkan kinerja tim penjualan. Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara free trial selama 14 hari hanya dengan registrasi akun via link ini