aplikasi digital untuk distributor

Mengenal SimpliDOTS, Aplikasi Digital Yang Dirancang Untuk Memudahkan Distributor

Tak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 telah memukul telak sektor bisnis di dunia. Termasuk di Indonesia, penyebaran virus corona yang begitu cepat membuat pemerintah memberlakukan kebijakan pembatasan pergerakan orang dan barang demi menghambat penularan Covid-19. Kebijakan ini tentu sangat mempengaruhi geliat usaha di Indonesia.

Salah satu sektor bisnis yang terganggu akibat Covid-19 adalah bisnis distribusi. Pelaku bisnis distribusi produk mengalami penurunan performa akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan pemerintah. PSBB berdampak pada kebijakan pembatasan yang dilakukan oleh beberapa daerah tujuan distribusi, akibatnya para distributor pun kesulitan mengirim pasokan barang kepada pelanggan yang berlokasi di kawasan yang terkena pembatasan.

Belum lagi pelanggan retail dan toko-toko kecil yang mulai membatasi kontak fisik dengan para distributor. Karena takut tertular virus Corona, retailer mulai menolak kedatangan salesman yang biasa mewakili distributor melakukan order barang. Padahal, pasokan barang yang ada di gerai-gerai retail pun semakin lama semakin menipis.

Dengan kebijakan pembatasan PSBB seperti ini, tentunya distributor juga harus melakukan penyesuaian termasuk perubahan terhadap jadwal kunjungan dan pengantaran. Hal ini dilakukan demi efisiensi dan juga untuk mengikuti arahan pemerintah dalam melakukan physical distancing. 

Sistem berbasis aplikasi digital untuk distributor tentu akan sangat membantu di situasi seperti sekarang. Selain untuk membatasi kontak fisik, sistem juga dapat memperingkas proses pemesanan dari retailer kepada distributor.

Lantas adakah sistem yang seperti itu?

Tentu saja ada, sebagian distributor pasti pernah mendengar istilah Distribution Management System (DMS). Apa itu DMS?

Mengenal Distribution Management System (DMS)

DMS merupakan sistem berbasis aplikasi digital yang dirancang untuk distributor dan digunakan untuk memudahkan pelaku distribusi saat melakukan order penjualan, pembelian, mengatur persediaan barang dan membuat akuntansi keuangan.

Melalui aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan segala data dan dokumen bisnis secara efektif dan efisien. Umumnya, aplikasi DMS berbasis web app yang mampu dijalankan melalui berbagai perangkat elektronik seperti komputer dan ponsel pintar.

Sistem berbasis aplikasi digital ini sangat cocok digunakan untuk perusahaan dengan jumlah tenaga lapangan (sales force) yang banyak. DMS dibangun dengan sistem terintegrasi yang menghubungkan perusahaan dengan berbagai divisi termasuk divisi sortasi, packing dan pengiriman. Karena berbasis digital, aplikasi ini akan menyajikan data akurat yang tentu meminimalkan kesalahan yang mungkin terjadi akibat faktor human error.

Penggunaan Distribution Management System

Bagi distributor, DMS merupakan pilihan bisnis yang terbaik. Sesuai namanya, DMS memiliki fungsi yang lebih tinggi untuk kebutuhan distribusi barang. DMS dapat digunakan untuk melakukan proses pemesanan, penjualan, pembelian, mengelola persediaan dan mencatat akuntansi keuangan perusahaan.

Salah satu DMS yang bisa Anda gunakan adalah SimpliDOTS. SimpliDOTS adalah layanan DMS berbasis cloud yang dirancang khusus untuk memudahkan distributor dalam mengelola dan meningkatkan efektifitas distribusi. Anda bisa menggunakan SimpliDOTS untuk melakukan pembelian, penjualan, hutang piutang dan memonitor posisi karyawan yang sedang bertugas di lapangan.

SimpliDOTS DMS menjadi sistem inti yang dapat terhubung dengan berbagai aplikasi seperti Sales Force Automation, Retail Direct Order dan Monitoring.

Sales Force Automation (SFA) merupakan sistem berbasis aplikasi digital mobile yang bisa digunakan untuk para salesman, driver dan collector di lapangan untuk melakukan pemesanan, pengantaran dan penagihan. Pesanan atau pencatatan tagihan di aplikasi mobile ini akan otomatis tersinkron dengan divisi lain seperti admin dan kasir melalui Distribution Management System.

Retail Direct Order merupakan sistem berbasis aplikasi digital mobile yang digunakan untuk memperingkas proses order. Aplikasi ini dapat digunakan para pelanggan untuk melakukan pemesanan produk tanpa harus melalui perantara salesman. Dengan aplikasi ini, distributor dapat mengetahui kebutuhan para pelanggan mereka secara cepat dan akurat.

Monitoring and Supervision merupakan sistem berbasis aplikasi digital yang biasa digunakan oleh supervisor atau pekerja di level manajerial. Sesuai namanya, monitoring berguna sebagai alat pantau untuk mengawasi kinerja salesman, driver dan collector agar sesuai dengan target yang telah ditentukan dan memudahkan Anda dalam melacak keberadaan salesman dan melihat jalur distribusi yang mereka lalui.

Berikut merupakan manfaat menggunakan aplikasi SimpliDOTS DMS
  1. Menyediakan fungsi kolaborasi dengan mitra dagang.
  2. Mengelola berbagai operasional distribusi secara lebih mudah.
  3. Memudahkan pemantauan kinerja melalui perangkat mobile.
  4. Mempersingkat waktu komunikasi antar divisi.
  5. Melakukan penjadwalan rute demi efisiensi pengunjungan dan pengantaran.
  6. Melacak keberadaan petugas lapangan dan melakukan kontrol terhadap pekerja yang bertugas di lapangan.
  7. Mengelola data penting perusahaan menjadi laporan dan grafik yang mudah dibaca demi peningkatan kinerja yang dikenal dengan Business Intelligence (BI).

Siapa Yang Cocok Menggunakan SimpliDOTS DMS?

Umumnya, perusahaan yang membutuhkan DMS adalah perusahaan yang memiliki tenaga penjual di lapangan yang banyak, jumlah produk (SKU) yang banyak, dan perputaran yang cepat. Perusahaan seperti Fast Moving Consumer Goods (FMCG), merupakan jenis perusahaan yang sangat cocok menggunakan aplikasi SimpliDOTS DMS. Selain perusahaan distributor FMCG, distributor lain yang juga membutuhkan antara lain distributor bahan bangunan (building material), distributor makanan, distributor kosmetik (cosmetics), distributor rokok, distributor alat kantor (business supply).

WhatsApp chat