SimpliDOTS, Solusi Aplikasi Distributor Terbaik Di Indonesia

SimpliDOTS, Solusi Aplikasi Distributor Terbaik Di Indonesia

Era modern saat ini, semua distributor baik yang kecil maupun besar memiliki banyak tantangan yang sama. Mulai dari perubahan permintaan pasar, fluktuasi situasi dalam rantai pasokan dan inventaris produk yang kompleks. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan yang namanya aplikasi distributor. 

Aplikasi distributor merupakan sistem yang dimana akan membantu perusahaan dalam mengelola seluruh aktivitas distribusi. Seperti yang kita tahu, bisnis distribusi merupakan bisnis yang sangat kompleks karena dalam pengelolaannya melibatkan berbagai aspek. Untuk itu diperlukan sebuah sistem yang kuat dan kompeten dalam membantu distributor untuk mencapai efisiensi dan efektivitas proses bisnis. 

Pengertian Distributor

pengertian distributor
sumber : unsplash

Dalam KBBI, distributor adalah orang perseorangan atau badan usaha yang bertanggung jawab dalam mendistribusikan barang (komoditas). Selain itu, distributor juga bisa disebut sebagai penghubung, yang mendistribusikan barang dari produsen ke pengecer.

Biasanya pabrik yang menyelesaikan produksi tidak langsung menjual produknya ke konsumen umum, melainkan ke distributor. Distributor kemudian menjual barang dagangan ke pengecer, dan kemudian menjualnya ke pelanggan biasa dari toko.

Kegiatan Perusahaan Distributor

Kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan distribusi disebut distribusi, yaitu kegiatan mendistribusikan barang atau jasa dari produsen agar barang tersebut sampai ke konsumen.

Perusahaan penerbit biasanya diizinkan untuk memanfaatkan barang yang dijual ke pengecer atau pelanggan mereka.

Tentunya peran distributor sangat penting bagi perusahaan manufaktur yang memproduksi barang. Misalnya, sebuah perusahaan pembuat mi instan yang memproduksi jutaan bungkus mi instan mungkin tidak bisa meminta karyawannya untuk menjual mi instannya langsung ke publik.

Selain sulitnya mencari konsumen, hal serupa tentunya akan mengganggu proses produksi selanjutnya. Untuk itu diperlukan peran distributor sebagai penyalur.

Tantangan yang Dihadapi Distributor di Era Modern

  • Inventory Management

Masalah manajemen persediaan bukanlah hal baru dalam bisnis distribusi grosir. Manajemen persediaan pada dasarnya adalah praktik pelacakan semua barang yang masuk dan keluar dari fasilitas penyimpanan atau gudang.

Penerapan manajemen persediaan sangat penting dalam industri distribusi grosir, karena tanpa itu tidak mungkin untuk mengetahui berapa banyak persediaan yang tersisa di gudang dan berapa banyak yang telah Anda jual. Jika Anda tidak tahu berapa banyak yang tersisa, sulit untuk memutuskan apakah akan membeli kembali.

Secara tradisional, manajemen inventaris dilakukan dengan dua cara: secara manual mengambil inventaris fisik setiap item atau menggunakan perangkat lunak ERP, yang memberikan solusi yang sangat hemat biaya untuk masalah manajemen inventaris yang sudah berlangsung lama.

  • E-commerce

Tren e-commerce B2C akhirnya menghantam industri B2B, dan penerbit di mana pun bekerja keras untuk membangun jaringan online untuk mengejar pesaing mereka.

Masalahnya, sebagian besar distributor tersebut, terutama yang sudah lama berkecimpung di industri ini, tidak semuanya paham akan dunia penjualan online.

Masalah lainnya adalah karena banyak dari perusahaan ini sekarang beroperasi secara online, pelanggan mereka mengharapkan layanan pelanggan B2B yang sama yang disediakan oleh perusahaan B2C untuk pelanggan mereka. Ini berarti merangkul budaya baru dalam memberikan layanan bernilai tambah.

  • Menuntut Pelanggan

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi distributor adalah meningkatnya permintaan dari konsumen setiap tahunnya. Alasan terbesar di balik ini adalah kaum milenial yang sebenarnya tumbuh di era digital.

Sejak milenial tumbuh untuk berdagang barang secara online dan menjelajahi Internet, mereka telah terbiasa dengan standar layanan pelanggan tertentu yang disediakan oleh perusahaan B2C selama bertahun-tahun.

Industri perlahan berubah, jika ingin bertahan, perusahaan pasti akan beradaptasi dengan tren baru ini, tetapi yang menarik adalah bagaimana seluruh kelompok pemilik bisnis beradaptasi dengan teknologi.

  • Disintermediasi

Semakin banyak produsen dan pengecer memotong distributor dan menggunakan jaringan mereka sendiri untuk mengirimkan produk ke pelanggan.

Keuntungan bagi kedua belah pihak adalah keuntungan finansial, karena produsen bisa menjual produknya dengan harga lebih tinggi, sedangkan pengecer tetap bisa mendapatkan produk yang lebih murah dari grosir.

Kekuatan pendorong utama di balik perubahan ini adalah teknologi, karena pengecer dapat langsung mengakses pasar grosir dan berhubungan langsung dengan produsen. Secara kebetulan, teknologi juga menjadi solusi dari masalah yang mengkhawatirkan ini.

Peran Distributor dalam Perekonomian Saat Ini

Peran Distributor dalam Perekonomian Saat Ini
source : www.freepik.com

Dalam perekonomian yang serba cepat saat ini, banyak perusahaan mempertanyakan peran distributor. Jika efisiensi adalah tujuan akhir pabrikan, bukankah masuk akal untuk menyisihkan perantara? Kenyataannya, yang benar justru sebaliknya. Distributor memainkan peran penting dalam menghubungkan produsen dan pelanggan dengan lancar. Mereka dapat mempercepat waktu respons, meningkatkan jangkauan perusahaan, dan bahkan membuat paket nilai tambah yang melengkapi penawaran atau cakupan produk perusahaan. Tanpa distributor, baik pembeli atau penjual harus menjalankan fungsi-fungsi ini, yang berdampak negatif pada keuntungan.

Dengan pasar global yang semakin meningkat dan kompleksitas produk yang berkembang pesat, melayani pelanggan secara eksklusif dari kantor pusat perusahaan tidaklah realistis dan tidak praktis. Tetapi konsolidasi dan perampingan pabrik selama dekade terakhir telah membuat pengguna memiliki lebih sedikit sumber daya untuk layanan teknik dan dukungan.

Distributor khusus membantu mengisi celah tersebut. Ini adalah kesalahpahaman umum bahwa distributor hanya menerima pesanan dan menyimpan stok. Pada kenyataannya, banyak yang memiliki staf ahli teknis yang memiliki pengetahuan untuk menangani masalah seperti menentukan dan mengukur komponen, meningkatkan efisiensi, dan memecahkan masalah kegagalan. Mereka dapat merancang solusi untuk masalah yang sulit dan kompleks menggunakan perangkat lunak dan alat pemodelan terbaik yang tersedia. Mengingat fakta bahwa banyak produsen berpandangan sempit telah memangkas staf teknis mereka dan distributor yang berpengalaman dan berpengetahuan beralih dari aset menjadi kebutuhan.

Karena distributor menangani banyak produk dari berbagai perusahaan, mereka dapat menggabungkan komponen ke dalam sistem turnkey. Jika mereka menjual pompa, kopling, dan segel mekanis, mereka dapat merancang paket lengkap dari blok penyusun ini yang bekerja lebih baik, mempersingkat pengiriman, dan seringkali menurunkan biaya.

Salah satu argumen paling kuat untuk jaringan distributor yang solid adalah bahwa mereka dapat menanggapi dengan cepat permintaan pelanggan – penting dalam lingkungan yang sangat kompetitif saat ini. Menjadi lokal dan gesit, distributor di area geografis utama dapat melayani pelanggan pada tingkat yang sulit atau bahkan tidak mungkin dilakukan dari kantor pusat. Dekat dengan pelanggan juga memungkinkan mereka melihat tren pasar dan meneruskan “kecerdasan” ini kembali ke OEM.

Untuk memaksimalkan hubungan Anda, pertama-tama kenali distributor sebagai bagian integral dari tim Anda dan perlakukan mereka seperti itu. Distributor memainkan peran unik karena mereka adalah mitra bisnis dan pelanggan. Tangani distributor Anda sebagaimana Anda memperlakukan klien terbaik Anda dan bangun hubungan dengan mereka.

Distributor juga perlu mengetahui tentang produk Anda untuk merekayasa, menjual, dan menyervisnya. Karena mereka juga mewakili produk lain, pengetahuan ini bukan bawaan, jadi luangkan waktu untuk mendidik mereka.

Distributor, sekarang lebih dari sebelumnya, adalah penyedia layanan. Mereka tidak hanya menjual produk; mereka memberikan dukungan teknik dan layanan purnajual, mengurangi biaya, dan mengoptimalkan proses, serta mengelola inventaris, yang semuanya menciptakan nilai bagi produsen dan pelanggan.

Sejarah aplikasi distributor

Sejarah aplikasi distributor
source : www.freepik.com

Pada awal tahun 90an inilah berkembang yang namanya aplikasi distributor. Meskipun sederhana, aplikasi distributor yang ada pada saat itu sudah banyak membantu pelaku bisnis distribusi dalam mengelola order pesanan. 

Tentunya dengan seiring berkembangnya teknologi maka semakin berkembang pula aplikasi distributor ini dengan menghadirkan berbagai fitur yang memiliki keunggulan masing-masing. Dengan begitu, distributor dapat memilih aplikasi distributor dan fitur mana yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Mulai dari tahun 2019, sudah muncul berbagai jenis aplikasi distributor namun sayangnya masih banyak distributor yang memilih mengelola bisnis distribusinya dengan cara manual. Faktor lainnya adalah karena aplikasi tersebut tidak cocok dengan bisnis distribusi yang sedang dijalani dan berbagai hambatan lain seperti SDM yang tidak kompeten dan mahalnya biaya investasi.

Fungsi dan Kegunaan Aplikasi Distributor

Berikut fungsi-fungsi yang dijalankan oleh aplikasi distributor yang sangat berguna untuk bisnis Anda:

  1. Pelaporan Otomatis

Aplikasi distribusi memungkinkan pembaruan data secara otomatis. Ini membantu perusahaan mendapatkan laporan data statistik yang cepat dan akurat, yang dapat diakses oleh banyak gadget terintegrasi.

Metode ini memungkinkan laporan Anda memiliki standar kualitas yang dapat ditafsirkan dan meminimalkan risiko kesalahan pelaporan.

Dengan cara ini, Anda dapat membuat keputusan bisnis yang efektif tanpa terlalu banyak menggunakan praktik manajemen tradisional. Anda juga dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas.

  1. Aplikasi Distributor Menyediakan Data Real-Time

Aplikasi Distributor menyediakan data lengkap dari pasar, titik penjualan, saluran penjualan, inventaris, penjualan pembelian, penjualan keluar, promosi, tampilan produk, dll, secara real time atau secara real time.

Hal ini memudahkan Anda untuk menganalisis dan melihat kinerja bisnis Anda. Selain itu, software distributor juga dapat membantu Anda mengelola aktivitas dan melihat kinerja karyawan, melihat ketersediaan bahan baku atau produk, dan melacak pembayaran untuk mendapatkan keuntungan proyek.

  1. Pelayanan Pelanggan Lebih Cepat dan Memuaskan

Aplikasi distributor memungkinkan pembaruan dan pengarsipan informasi purna jual dan pelanggan yang cepat dan lengkap. Hanya dengan beberapa klik, tim CS Anda dapat dengan mudah mendapatkan data yang dibutuhkan, dan dapat langsung dikirimkan ke pelanggan tanpa harus menunggu lama.

  1. Memonitor Bisnis

Dengan fungsionalitas penuh yang disediakan oleh aplikasi distribusi, Anda dapat dengan mudah menemukan semua jenis informasi penting tentang operasi bisnis Anda. Mulai dari persediaan bahan baku, melihat aktivitas karyawan, produk yang terjual, dan kapan waktu laporan penjualan harian tersibuk.

  1. Managemen multi gudang

Aplikasi Distributor Barang memungkinkan Anda mengontrol semua gudang dengan mudah dari satu tempat. Anda tidak perlu lagi mendapatkan data dari setiap manajer gudang untuk menemukan tingkat persediaan. Dengan penyimpanan server cloud, Anda akan dapat dengan mudah mengontrol setiap gudang kapan saja, di mana saja.

  1. Aplikasi Distributor Meminimalisir Human Error

Aplikasi distributor akan mengurangi terjadinya berbagai kesalahan yang mungkin disebabkan oleh karyawan Anda. Dengan bantuan aplikasi distributor, pencatatan dan pendataan barang akan menjadi lebih cepat dan mudah. Dan penerapannya akan semakin meningkatkan efisiensi kerja karyawan, sehingga tidak terlalu merasa bosan dalam bekerja.

  1. Aplikasi Distributor Meningkatkan Keuntungan

Dengan memahami bagaimana penjualan dan kondisi bisnis didasarkan pada data real-time, Anda dapat dengan mudah mengadopsi dan mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan keuntungan.

Aplikasi distribusi SimpliDOTS yang terintegrasi

simplidots

Salah satu aplikasi distributor online yang bisa Anda gunakan adalah SimpliDOTS karena aplikasi ini sudah berbasis cloud sehingga memudahkan Anda dalam mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. Keunggulan yang bisa Anda dapatkan adalah biaya investasi yang terjangkau dan berbagai fitur seperti mobile ordering, tracking system, business intelligence, mobile collection dan lainnya. 

Biaya yang dikeluarkan untuk aplikasi SimpliDOTS ini hanya sebesar Rp 250.000/ user per bulan. Tentunya biaya yang cukup terjangkau ini sudah bisa memudahkan bisnis distribusi untuk menggunakan sistem yang tidak memiliki biaya investasi mahal seperti ERP lainnya. SimpliDOTS sudah digunakan oleh berbagai bisnis distribusi seperti es krim, air mineral, FMCG, alat-alat bangunan dan masih banyak lainnya. 

Baca juga : Prediksi Pertumbuhan Dan Tren Bisnis FMCG Di Indonesia Tahun 2021

Tips memilih aplikasi distributor

Sebelum Anda menggunakan sebuah aplikasi distributor, ada baiknya ada melihat-lihat terlebih dahulu tips bagaimana cara memilih aplikasi distributor yang tepat.

Yang pertama adalah memilih aplikasi distributor yang biaya investasinya tidak terlalu mahal yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang mudah digunakan dan selalu up to date. Jaminan keamanan data dan pelayanan yang cepat dari aplikasi distributor juga perlu diperhatikan. 

Aplikasi distributor SimpliDOTS merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang sedang mencari aplikasi distributor terbaik. 

Tidak hanya harganya yang terjangkau dan penggunaannya mudah digunakan, Anda juga bisa mengontrol keberadaan salesman yang bertugas di lapangan dengan fitur Live Tracking yang ada dalam aplikasi SimpliDOTS ini. Ini akan memudahkan manajemen proses kontrol kinerja sales. 

Aplikasi SimpliDOTs ini telah terintegrasi dan bisa menghubungkan beberapa unit kerja misalnya debt collector, purchaser, admin, kasir, salesman dan driver dalam sebuah sistem. 

Manfaat aplikasi distributor SimpliDOTS

  • Business Intelligence

Fitur ini akan memudahkan Anda mendapat data mining yang akurat secara otomatis. Anda dapat lebih mudah menganalisa data dan membuat keputusan yang lebih tepat. Fitur business intelligence ini merupakan teknologi canggih jadi Anda jangan khawatir.

  • Dashboard Analytics

Statistik dan data Anda akan ditampilkan SimpliDOTS dengan dashboard yang interaktif dan user-friendly. Dengan begitu, Anda bisa langsung mengetahui apa yang sedang terjadi lewat perolehan data yang otomatis dan cepat. 

  • Akses semua data hanya dalam genggaman

Data pemesanan, transaksi, customer dan rute tracking akan terintegrasi secara otomatis. Anda bisa mengecek dan memainkan data Anda sesuka hati baik lewat smartphone, laptop atau device yang ada di sekitar Anda kapanpun dan dimanapun.

  • Melihat data stok yang akurat

SimpliDOTS akan memudahkan Anda dalam mengelola data stok secara lebih mudah dan akurat. Semua perubahan yang terjadi dalam daftar stok Anda secara real time akan terupdate.

  • Menganalisa performa sales dengan tajam

Memantau aktivitas dan performa sales bisa dilakukan dengan aplikasi distributor SimpliDOTS. Baik data penagihan hutang, history penjualan hingga target sales bisa Anda analisis dengan lebih mudah dan cepat.

  • Position tracking

Dengan aplikasi ini, Anda bisa menemukan toko yang ingin Anda kunjungi dengan praktis. Selain itu, aplikasi ini juga memudahkan Anda dalam mengetahui dimana posisi salesman secara lebih cepat dan akurat. Jadi jika terjadi sesuatu dengan salesman, maka Anda bisa segera langsung mengirim salesman lain yang berada dekat lokasi untuk mengecek dan memperbaiki kondisi. 

Baca juga : Pentingnya Aplikasi Route Optimization Untuk Perusahaan Distribusi
  • Akses data history dengan lebih mudah

History hutang customer yang terdata bisa Anda kelola dengan lebih mudah. Seluruh invoice dan transaksi bisa Anda lihat dengan mudah lewat SimpliDOTS mobile. Anda juga bisa mengecek history pengiriman dan perjalanan dengan lebih terkontrol dan cepat. 

  • Membuat promo dengan lebih mudah

Untuk membuat perusahaan semakin ramai pengunjung, maka disinilah fungsi promo berjalan. Dengan adanya promo, semakin banyak customer yang mulai tertarik dengan layanan Anda karena dimulai dari melihat promo yang menarik. Aplikasi ini akan membantu Anda membuat promo hanya dengan sentuhan jari saja. Toko atau perusahaan Anda bisa langsung melihat informasi promo dengan lebih jelas dan real time.

  • Meningkatkan performa sales

Fitur andalan dari SimpliDOTS seperti mobile ordering, manajemen rute, info harga dan stok terupdate, jadwal kunjungan, manajemen delivery dan penagihan mobile akan membuat salesman bekerja dengan lebih efisien dan efektif. Ini juga akan mengurangi terjadinya kecurangan. Dengan begitu performa salesman akan semakin meningkat. Salesman bisa langsung mengakses data dan informasi langsung dari smartphone mereka karena sistem ini berbasis cloud.

  • Memanajemen stok dengan lebih mudah

Sering melihat stok tentunya merupakan hal wajib dilakukan oleh staf bisnis distribusi. Dengan melihat stok, maka proses distribusi bisa berjalan lancar. Selain itu, jika ada produk yang habis, bisa langsung diinformasikan. Untuk itu, aplikasi SimpliDOTS ini akan memudahkan pekerjaan Anda dengan menampilkan data stok secara real time. Tak hanya itu, dengan menu retur, salesman akan bekerja dengan lebih mudah jika mengecek stok, retur barang hingga tukar guling. 

Itulah tadi beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari aplikasi distributor SimpliDOTS. Dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan, tak heran SimpliDOTS menjadi pilihan yang tepat untuk pengelolaan perusahaan distribusi supaya proses distribusi menjadi lebih efisien dan efektif. 

Jika Anda tertarik dengan SimpliDOTS, Anda bisa mencoba demo aplikasi dengan mendaftar akun trial selama 14 hari di sini. Atau, klik link ini untuk melihat langsung fitur-fitur yang ada di SimpliDOTS.

Baca juga : 3 Macam Strategi Distribusi Yang Perlu Anda Ketahui