Categories: Software

Tingkatkan Penjualan Dengan Canvassing Software

Apa Itu Canvassing Software?

Canvassing software merupakan program komputer yang dirancang untuk membantu dalam melakukan kampanye pemasaran atau sales melalui pintu ke pintu atau metode canvassing menjadi lebih mudah dan akurat hanya dengan menggunakan aplikasi. 

Bagaimana software Canvassing Dapat Membantu bisnis anda?

Berbeda dengan canvassing konvensional biasanya, di mana seorang penjual atau tim penjualan secara langsung mendatangi calon pelanggan potensial atau prospek di lokasi yang strategis, seperti di jalanan atau di depan pintu rumah, dan berinteraksi dengan mereka untuk mempromosikan produk atau layanan yang ditawarkan.

Keunggulan Canvassing Software

Canvassing software merupakan suatu keharusan bagi anda yang ingin memajukan management bisnis terutama pada bidang sales. Dengan memodernisasi metode sebelumnya dengan merekam segala aktifitas anda dengan menggunakan kertas.

Dapat mengurangi beban yang dirasa tidak diperlukan seperti dalam halnya tracking, data personal. Dengan menggunakan software ini dapat membantu penargetan yang lebih terukur, teknik canvassing efisien dan membuat keputusan strategis berbasis data.

Efisiensi dan efektivitas

Canvassing konvensional biasanya menggunakan teknik yang dilakukan dengan menggunakan lembaran kertas atau formulir yang telah dipersiapkan sebelumnya yang berisi informasi tentang produk atau layanan dan kontak penjual.

Canvassing software, menghilangkan kertas dan meminimalisir pengambilan data yang tidak akurat melalui penggunaan platform terpusat yang intuitif. Hal ini membuat penelusuran menjadi lebih efisien dan efektif, baik secara langsung maupun melalui penelusuran seluler. Hal ini memungkinkan tim sales anda menjangkau lebih banyak orang dan mendapatkan lebih banyak wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk kampanye Anda.

Analisis data dan target pasar

Canvassing software membantu dalam mengumpulkan informasi pelanggan yang relevan, termasuk nama, alamat, nomor telepon, dan email. Setelah data pelanggan dikumpulkan, Software ini memungkinkan pengguna untuk membuat jadwal kunjungan atau panggilan telepon ke pelanggan. Pengguna juga dapat mengatur peta rute untuk meminimalkan waktu perjalanan.

Canvassing software memungkinkan pengguna untuk melacak kemajuan kampanye mereka. Ini dapat dilakukan dengan menambahkan catatan kunjungan atau panggilan ke profil pelanggan, sehingga pengguna dapat memastikan bahwa mereka tidak melewatkan siapa pun. Canvassing software dapat membantu dalam menganalisis data yang dikumpulkan selama kampanye. Ini termasuk mengidentifikasi trend dalam perilaku pelanggan, menentukan daerah yang paling responsif terhadap kampanye, dan mengidentifikasi strategi pemasaran atau sales yang paling efektif.

Cara Kerja Canvassing Software

Integrasi dengan sistem informasi

Canvassing software biasanya akan terhubung dengan sistem informasi yang telah ada dalam sebuah perusahaan, seperti CRM (Customer Relationship Management), untuk memperoleh data yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas canvassing. Integrasi ini memungkinkan software untuk mendapatkan informasi tentang prospek potensial dan pelanggan yang sudah ada, sehingga dapat melakukan pengumpulan data yang lebih efektif.

Proses pengumpulan data

Setelah terhubung dengan sistem informasi, canvassing software akan mulai melakukan pengumpulan data dengan menggunakan beberapa metode, seperti survei online, kuesioner, dan wawancara langsung dengan calon pelanggan atau pelanggan yang sudah ada. Data yang dikumpulkan dapat berupa informasi demografis, preferensi produk, dan sebagainya.

Analisis data dan strategi pemasaran

Setelah data terkumpul, yang akan dilakukan selanjutnya adalah menganalisis data tersebut untuk menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan strategi pemasaran. Analisis ini dapat mencakup informasi tentang segmen pasar yang paling menjanjikan, preferensi pelanggan, dan faktor-faktor lain yang mempengaruhi keputusan pembelian. Dari sini, perusahaan dapat membangun strategi pemasaran yang lebih efektif dan menargetkan pasar dengan lebih baik.

Aplikasi Canvassing Software SimpliDOTS

Jika anda sudah paham dengan seberapa pentingnya canvassing software dalam membantu bisnis anda. Selanjutnya anda juga dapat mengetahui bahwa anda harus memastikan software yang sesuai dan terpercaya untuk bisnis anda.

Simplidots merupakan salah satu canvassing  software di indonesia yang mudah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan anda saat ini. Simplidots juga sudah di percaya oleh 200+ perusahaan distributor di seluruh Indonesia

Simplidots software canvassing berfungsi untuk membantu sales dalam memantau penjualan, mengelola stok barang, mengkonfirmasi pembayaran, serta mencetak faktur penjualan di lapangan dengan menggunakan printer bluetooth yang terintegrasi. Dengan adanya software ini, tim di kantor dapat melihat laporan penjualan secara real-time atau pada saat itu juga. Selain itu, sistem ini dapat diakses hanya melalui satu aplikasi. Anda juga dapat mencoba trial gratis selama 14 hari dengan klik tautan ini.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, cara kerja canvassing software melibatkan integrasi dengan sistem informasi yang sudah ada, pengumpulan data melalui berbagai metode, dan analisis data untuk membangun strategi pemasaran yang lebih efektif.

Canvassing software dapat sangat berguna bagi organisasi pemasaran atau sales yang ingin memaksimalkan upaya kampanye mereka. Dengan membantu dalam pengumpulan data, penjadwalan kunjungan, pelacakan kemajuan, analisis data, dan komunikasi pelanggan, canvassing software dapat memungkinkan pengguna untuk mencapai hasil yang lebih baik dari kampanye mereka.

Share
Published by
Desvita

Recent Posts

  • Strategi Bisnis
  • Strategi Distribusi

Case Study: Strategi Powerful Distribusi Es Krim AICE 5x Lebih Efisien dengan SimpliDOTS

Anda termasuk pecinta es krim? Ya, hampir semua orang memang menyukainya! Cita rasa manis, segar, dan lumer di mulut membuat… Read More

1 month ago
  • Sales Tracking

5 Masalah Aplikasi Sales Tracking yang Umum Ditemui dan Solusinya

Tim sales adalah ujung tombak distributor yang bertanggung jawab menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan agar menghasilkan pendapatan ke perusahaan. … Read More

1 month ago
  • Aplikasi Distribusi
  • Distribusi
  • Teknologi

Aplikasi Sistem Distribusi untuk Manajemen Stocklist di Gudang, Apa Pentingnya?

Jika Anda menjalankan bisnis eCommerce atau distributor FMCG (Fast-Move Consumer Goods), manajemen stok barang di gudang dan aplikasi sistem distribusi… Read More

1 month ago