4 Kunci Sukses Distribusi FMCG di Era Digital: Teknologi Analisis Data

Kunci Sukses Distribusi FMCG di Era Digital: Teknologi Analisis Data

Tahukah Anda, mengapa kunci kesuksesan distribusi FMCG berada pada teknologi analisis data (big data)? Bukan hanya distributor barang konsumen saja, melainkan hampir setiap lini usaha di zaman modern perlu memiliki analisis data yang akurat agar operasionalnya berjalan efektif dan efisien.

Dengan memanfaatkan big data, bisnis dapat membuat keputusan yang lebih baik dan berkelanjutan (sustainability business). Contohnya, perusahaan menggunakan analisis data untuk pengelolaan rute pengiriman sehingga mampu mengurangi jarak tempuh pengiriman, menghemat bahan bakar transportasi armada, serta efisiensi biaya dan mendukung bisnis berkelanjutan.

Tak hanya itu, perusahaan juga bisa mengurangi emisi karbon guna mendukung kelestarian lingkungan berdasarkan analisis data rute pengiriman tersebut.

Pentingnya teknologi analisis data dalam bisnis tidak bisa diabaikan, karena mampu mengarahkan strategi keberlanjutan bisnis (sustainability business) menghadapi tantangan global di masa depan seperti dampak perubahan iklim dan kerusakan lingkungan.

Yuk, kita bahas bagaimana teknologi ini bisa menjadi game changer dalam dunia distribusi!



Teknologi Analisis Data, Senjata Baru Bisnis Distribusi

Kunci Sukses Distribusi FMCG di Era Digital: Teknologi Analisis Data

Di era digital ini, penting bagi perusahaan distribusi FMCG (Fast Moving Consumer Goods) untuk memahami dan memanfaatkan data sebagai aset strategis.

Hal ini karena data dianggap sebagai sumber kekuatan baru atau “new gun” yang dapat digunakan untuk memenangkan persaingan.

Namun, yang paling penting adalah bagaimana kita menggunakan “senjata” tersebut. Data ini harus dianalisis dan ditembakkan dengan tepat agar menghasilkan manfaat yang maksimal.

Berikut beberapa langkah strategis yang bisa diikuti:

  • Analisis data: Pertama, kita harus memahami data tersebut dengan baik. Misalnya, kita harus tahu kebiasaan pembelian konsumen, tren pasar, dan performa produk di berbagai lokasi.
  • Penerapan yang tepat: Setelah memahami data, kita perlu menentukan di mana dan kapan data tersebut akan digunakan. Contohnya, jika data menunjukkan bahwa produk tertentu lebih banyak dibeli pada sore hari ketika konsumen pulang kerja, maka kita bisa fokuskan promosi pada waktu tersebut.
  • Efisiensi biaya promosi: Sebaiknya kita tidak langsung menggunakan promosi besar-besaran (diskon besar) yang bisa menggerus margin keuntungan. Sebaliknya, kita harus mencari cara promosi yang lebih efisien dan tepat sasaran. Misalnya, fokus pada meningkatkan service level atau memperbaiki distribusi FMCG produk.


Baca juga: Software Route Optimization Mudahkan Perencanaan Rute


Peran visualisasi data dalam pengambilan keputusan bisnis

aplikasi sales FMCG

Dikutip dari Webinar SimpliDOTS, “Big Data The Future for Sustainability Business”, setiap customer memiliki karakteristik dan data yang berbeda-beda, tergantung pada kebutuhan dan preferensi mereka. Jadi, menurut  

Jadi, sangat penting untuk memahami siapa audiens dari visualisasi yang kita buat. Misalnya, ketika kita menyajikan data kepada CEO, kita mungkin fokus pada highlights yang penting, seperti performa keseluruhan perusahaan atau tren utama yang mempengaruhi strategi bisnis.

Namun, ketika data disajikan kepada para manager atau supervisor penjualan, mereka mungkin membutuhkan visualisasi yang lebih mendalam, dengan menggunakan tabel atau grafik yang menunjukkan profitabilitas atau produktivitas tiap cabang atau produk secara terperinci.

Data yang disajikan menarik secara visual akan lebih mudah terbaca dan membantu para pimpinan mengambil keputusan strategis. Sebagai contoh, SimpliDOTS Business Intelligence menyajikan data perusahaan dalam sekali klik melalui visual yang jelas, terperinci, dan menarik agar mudah dibaca para pengambil keputusan bisnis.



Transformasi Data Menjadi Nilai Bisnis melalui Analisis dan AI (Artificial Intelligence)

Kunci Sukses Distribusi FMCG di Era Digital: Teknologi Analisis Data

Hampir 81% dari 366 eksekutif yang disurvei oleh Harvard Business Review Analytic Services pada November 2022, mengatakan bahwa perusahaan mereka meningkatkan investasi dalam teknologi data analisis serta kecerdasan buatan.



A. Studi Kasus: Distributor Buah
Kunci Sukses Distribusi FMCG di Era Digital: Teknologi Analisis Data

Sebagai contoh praktis, kita bisa melihat distributor buah seperti Sunpride. Distributor ini memiliki tenda di pinggir jalan untuk menjual buah-buahannya.

Setelah dianalisis, ditemukan bahwa penempatan tenda ini berpengaruh signifikan terhadap sales management.

Strategi yang Diterapkan:

·         Penempatan Strategis

Setelah mempelajari kebiasaan konsumen, tenda dipindahkan ke arah jalan di mana konsumen biasanya pulang kerja. Hasilnya, penjualan meningkat karena banyak konsumen membeli buah dalam perjalanan pulang.

·         Analisis Jalan

Tenda yang berada di jalan besar dengan lalu lintas cepat ternyata kurang efektif karena kendaraan bergerak terlalu cepat untuk berhenti dan membeli. Oleh karena itu, tenda dipindahkan ke jalan sekunder yang lebih kecil dengan lalu lintas yang lebih lambat dan area parkir yang tersedia.

·         SOP Penempatan

Berdasarkan analisis data tersebut, dibuat standar operasional prosedur (SOP) untuk penempatan tenda di lokasi-lokasi strategis lainnya. Hal ini mencakup pemahaman tentang arah lalu lintas, waktu pembelian, dan kebiasaan konsumen.



B. Studi Kasus: Distributor Kartu Operator

Sebagai contoh, kita dapat mengamati distributor kartu operator besar yang mencakup layanan untuk beberapa operator telekomunikasi utama. Distributor ini memiliki jaringan outlet di seluruh kota yang menawarkan kartu SIM prabayar dan layanan terkait.

Strategi yang Diterapkan:

·         Analisis permintaan pasar

Distributor menggunakan data analisis untuk memahami pola permintaan di berbagai wilayah dan segmen pasar. Berdasarkan analisis ini, mereka mengidentifikasi area-area dengan permintaan tinggi dan menerapkan strategi distribusi FMCG yang tepat.

·         Optimasi rute pengiriman

Dengan memanfaatkan teknologi route optimization dan data lalu lintas real-time, distributor mengatur rute pengiriman yang efisien. Mereka mengantisipasi kondisi lalu lintas dan waktu operasional outlet untuk memastikan pengiriman tepat waktu.

·         Penyesuaian lokasi outlet

Berdasarkan data tentang preferensi konsumen dan analisis tren pasar, distributor menyesuaikan lokasi outlet mereka. Misalnya, mereka menempatkan outlet di area-area dengan populasi padat atau di sekitar pusat perbelanjaan yang ramai.

·         Personalisasi promosi

Menggunakan data tentang perilaku pembelian pelanggan, distributor melakukan promosi yang lebih personal dan efektif. Mereka mengirimkan penawaran khusus atau diskon kepada pelanggan berdasarkan preferensi mereka yang tercatat.

Melalui pendekatan tersebut, distributor kartu operator dapat mengoptimalkan operasional mereka secara keseluruhan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memperluas pangsa pasar dengan cara yang lebih efektif dan efisien.



Baca juga: Optimisasi Rute Untuk Perusahaan Distribusi Itu Penting Lho, Kenapa Ya?


Bagaimana cara mengambil keputusan strategis berdasarkan data analisis/ big data?

Kunci Sukses Distribusi FMCG di Era Digital: Teknologi Analisis Data

Keputusan strategis adalah pendekatan untuk mengambil keputusan yang didasarkan pada data yang efisien dan metodis, mengurangi risiko yang mengarah pada pertumbuhan bisnis dan pengembangan lebih lanjut, serta membedakan dari pesaing. Berikut beberapa caranya:

1.      Mengidentifikasi tren dan pola

Analisis data membantu bisnis mengenali tren dan pola, serta memahami lebih baik pelanggan dan pasar mereka.

Contohnya, perusahaan e-commerce dapat menganalisis angka penjualan dan data untuk menentukan produk mana yang paling laris, yang dapat membantu dalam keputusan stok dan penataan barang dagangan.

2.      Mengoptimalkan sumber daya dan kinerja

Dengan menganalisis data kompleks, bisnis dan organisasi dapat meningkatkan efisiensi operasional dan sumber daya mereka.

Dengan menganalisis data, bisnis dapat mengidentifikasi ketidakefisienan dalam operasi mereka dan mengambil langkah untuk menyederhanakan proses, mengurangi biaya, dan meningkatkan produktivitas.

Dengan cara ini, mereka meningkatkan peluang untuk meningkatkan profitabilitas dan kesuksesan bisnis.

3.      Mengukur dan memonitor hasil

Melalui analisis data dan penggunaan KPI (Key Performance Indicators), bisnis dapat mengukur dan memonitor hasil dari tindakan mereka, seperti dalam kasus kampanye pemasaran.

Dengan menganalisis data, bisnis dapat mengidentifikasi pasar baru, segmen pelanggan, dan produk atau layanan yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi, dan kemudian memanfaatkan informasi tersebut untuk merencanakan strategi dan keputusan investasi mereka.



Optimalkan pengiriman dan dukung bisnis berkelanjutan (sustainability business) dengan SimpliDOTS Sekarang!

Kunci Sukses Distribusi FMCG di Era Digital: Teknologi Analisis Data

Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana perusahaan besar memastikan pengiriman produk selalu tepat waktu dan efisien? Di era digital, teknologi seperti big data dan analisis data menjadi kunci sukses distribusi FMCG.

Mari kita lihat bagaimana SimpliDOTS, aplikasi Route & Delivery Management, memanfaatkan teknologi ini untuk mendukung bisnis berkelanjutan.

1. Delivery Force Automation (DFA)

DFA memungkinkan alokasi pengantaran secara otomatis berdasarkan ketersediaan armada, driver, lokasi, jarak, volume barang, hingga prediksi kondisi lalu lintas. Dengan menggunakan big data, SimpliDOTS dapat memprediksi dan mengatur pengiriman dengan lebih efisien, mengurangi jarak tempuh, dan menghemat bahan bakar.

Hal ini tak hanya mengurangi biaya operasional, tetapi juga membantu mengurangi emisi karbon, mendukung tujuan bisnis yang berkelanjutan.

2. Smart Delivery Allocation

Teknologi ini membagi surat jalan ke beberapa armada sesuai dengan traffic, jam operasional outlet, muatan, ketersediaan kendaraan, volume, jenis barang, dan variabel lainnya.

Dengan analisis data yang mendalam, SimpliDOTS dapat memastikan bahwa setiap pengiriman dilakukan dengan cara paling efisien dan ramah lingkungan.

Penggunaan rute yang optimal tidak hanya menghemat waktu dan biaya, tetapi juga mengurangi dampak lingkungan dari operasional pengiriman.

3. Akurasi Lokasi

SimpliDOTS menyediakan aplikasi yang lengkap, dilengkapi dengan lokasi akurat pelanggan dan urutan pengantaran yang efisien hanya dengan sentuhan jari.

Dengan teknologi ini, pengemudi dapat mengikuti rute yang telah dioptimalkan, memastikan pengiriman cepat dan tepat sasaran.

Selain meningkatkan efisiensi operasional, aplikasi SimpliDOTS juga membantu mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi karbon, mendukung sustainability business.

4. Electronic Proof of Delivery

Fitur ini memungkinkan pengantaran yang lebih pasti dengan tanda tangan digital dari pelanggan, waktu, durasi, serta dokumentasi pengantaran.

Dengan sistem ini, SimpliDOTS memastikan setiap pengiriman tercatat dengan akurat, mengurangi kesalahan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Selain itu, dokumentasi digital membantu mengurangi penggunaan kertas, mendukung upaya pelestarian lingkungan.



SimpliDOTS Supervision untuk Maksimalkan Kinerja tim Sales Force

Kunci Sukses Distribusi FMCG di Era Digital: Teknologi Analisis Data

SimpliDOTS Supervision adalah sebuah aplikasi kompak yang dirancang khusus untuk supervisor atau manajer dalam industri distribusi FMCG. Aplikasi ini memberikan kemampuan untuk memantau dan mengoptimalkan kinerja tim lapangan dengan berbagai fitur penting:

·         Tracking Performa Tim

Supervisor atau manajer dapat melacak dengan akurat kinerja dan aktivitas setiap salesman, termasuk penggunaan perangkat mereka.

·         Informasi Piutang

Fitur koleksi di SimpliDOTS Supervision tidak hanya menampilkan jumlah piutang tetapi juga detail yang lebih mendalam tentang status piutang untuk membantu pengambilan keputusan yang lebih baik.

·         Pantau Kunjungan Harian Salesman

Aplikasi ini memungkinkan pemantauan langsung terhadap jumlah kunjungan harian, biaya efektif, dan pencapaian target penjualan setiap individu salesman.

·         Pantau Sebaran Customer

Memfasilitasi pengaturan teritorial atau pemetaan area dengan lebih mudah, memungkinkan manajemen yang lebih efisien atas wilayah pemasaran.

·         Pantau Target Penjualan

Laporan mengenai target penjualan salesman dapat dipantau secara real-time, memberikan visibilitas yang lebih baik dan memungkinkan respons cepat terhadap perubahan situasi di lapangan.

Dengan mengintegrasikan teknologi big data dan analisis data, SimpliDOTS tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga berkontribusi pada bisnis yang berkelanjutan (sustainability business).

Penggunaan rute yang optimal, alokasi pengiriman yang cerdas, dan dokumentasi digital semuanya berperan dalam mengurangi dampak lingkungan dan memastikan masa depan yang lebih hijau dan efisien.

Di samping itu, melalui SimpliDOTS Supervision, supervisor atau manajer dapat mengambil keputusan yang lebih tepat waktu dan efektif berdasarkan data yang akurat dan terperinci mengenai kinerja tim lapangan mereka.



Baca juga: Route Optimization Software: 8 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilihnya


Tren Distribusi FMCG Terbaru: Manfaatkan Analisis Data SimpliDOTS Business Intelligence

Dengan memanfaatkan data secara efektif, distribusi FMCG dapat mengoptimalkan strategi sales management, meningkatkan efisiensi operasional, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

SimpliDOTS Business Intelligence (BI) adalah alat yang sangat penting dan memungkinkan pengumpulan data dari berbagai sumber, seperti Delivery Force Automation (DFA) dan data harian lainnya.

Tak hanya itu, SimpliDOTS Business Intelligence (BI) yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan oleh para distributor. Hebatnya lagi, distributor skala kecil hingga menengah dapat menggunakan BI untuk kebutuhannya.

Kunci Sukses Distribusi FMCG di Era Digital: Teknologi Analisis Data

Bagi distributor dengan skala lebih besar, dapat menggunakan visual dashboard SimpliDOTS yang mengkonsolidasikan data dari seluruh cabang menjadi satu platform di portal. Hal ini sangat memungkinkan analisis data tingkat lanjut dan pengambilan keputusan strategis yang lebih mendalam, sesuai kebutuhan mereka yang lebih kompleks dan skala yang lebih besar.

Jadi, jangan tunggu lama, segera gunakan aplikasi SimpliDOTS untuk meroketkan bisnis distribusi FMCG Anda hari ini! Coba DEMO Gratis dengan klik tautan ini atau konsultasikan detailnya via Chat Whatsapp kami. Buktikan keunggulan fitur SimpliDOTS sekarang!



Sumber:

Youtube SipliDOTS : Big Data The Future for Sustainability Business

Harvard Business Review Organization (hbr.org)

Bagikan Artikel ini via

Artikel Terkait