Optimisasi Rute, route optimization and delivery

Optimisasi Rute Untuk Perusahaan Distribusi Itu Penting Lho, Kenapa Ya?

Ketika perusahaan distribusi punya puluhan, bahkan ratusan toko atau retailer yang harus dikunjungi, maka delivery driver route planner adalah solusi ideal agar semua pengiriman barang berjalan lancar.

Bayangkan, bagaimana jika sopir truk harus membuat sendiri rencana rute yang akan dilalui secara manual? Tentunya, kurang efisien dan memakan waktu, kan!

Padahal, hampir sebagian besar industri, upah sopir dan biaya bahan bakar kendaraan saja sudah menghabiskan sekitar 60% total biaya operasional per kilometer.

Wah, bila tiap pengiriman paket dikondisikan tanpa ada route optimization atau optimisasi rute, bukan cuma perusahaan saja yang merugi.

Tapi, paket yang dikirimkan juga jadi lebih lama sampai ke tangan konsumen atau toko retail, karena banyak masalah yang akan muncul. Seperti tersesat jalan, kendala mesin, boros biaya transportasi, harga produk harus dinaikkan, dan lainnya. Semuanya ini akan berdampak pada kepuasan pelanggan.

Maka itu, perusahaan distribusi sangat layak menggunakan alat delivery planning system yang tepat. Pasalnya, perusahaan dapat menghemat jarak tempuh sampai 20% dan meningkatkan kapasitas pesanan atau pengiriman barang sampai 100%, tanpa perlu menambah armada.

Hal ini juga sangat efekti membantu optimisasi rute ketika musim-musim sibuk. Seperti ketika Ramadhan, Lebaran, Natal, Tahun Baru, dan sebagainya. Pada gilirannya, akan berdampak signifikan untuk menambah profit perusahaan distribusi.

Tertarik ingin menambah profit perusahaan Anda dengan optimisasi rute? Dalam panduan berikut, kita akan membahas apa itu optimisasi rute dan bagaimana hal ini bisa menguntungkan bisnis distribusi. Mari kita simak bersama, yuk!

Apa itu optimisasi rute?

Pentingnya Software Distribusi Aplikasi Route Optimization untuk Perusahaan Distribusi
source : www.freepik.com

Dalam dunia ekspedisi atau pengiriman barang, route management system adalah sebuah keharusan.

Optimisasi rute adalah proses meningkatkan efisiensi rute yang dilalui agar bisa sampai lebih cepat dan memberikan layanan lebih baik kepada klien atau pelanggan.

Transport management system umumnya dirancang untuk membantu bisnis memaksimalkan pesanan atau pengiriman barang. Pada transport management system ini, dapat dipantau dan dicatat secara sistematis beberapa informasi pengiriman yang penting dan relevan. Seperti jadwal pengemudi, jam yang tersedia, pemberhentian total, perkiraan waktu muat, dan persyaratan legalitas dokumen.

Route optimization bukan hanya tentang menemukan jalur terpendek dari titik A ke titik B saja. Melainkan, bagaimana menemukan rute paling efisien untuk banyak variabel berbeda.

Optimisasi rute harus relevan dengan perusahaan. Entah itu, perusahaan menawarkan pengiriman langsung ke konsumen, atau berada di jalur mata rantai pasokan untuk supplier atau toko retailer.

Membuat rute bagi sales atau sopir akan menjadi proses yang terkadang memakan waktu, biaya, dan pikiran. Tetapi, dengan alat yang tepat seperti delivery driver route planner, hal ini dapat diotomasi, hemat waktu dan uang.

Baca juga: Last Mile Delivery : Menjawab Tantangan Kebutuhan Logistik Indonesia

Apa saja teknologi di balik software logistik atau route optimization?

Sebagian besar bisnis transportasi atau pengiriman saat ini memakai aplikasi mobile tracker, maupun aplikasi transportasi lainnya untuk optimisasi rute. Sebut saja yang paling populer seperti aplikasi Google Maps.

Google Maps banyak dipakai karena kemudahan dan kepraktisannya. Bahkan, banyak digunakan oleh para pengemudi Gojek, Grab, dan Uber untuk mengantarkan barang atau makanan sebagai salah satu aplikasi transportasi favorit kurir.

Bergantung pada jenis perusahaannya, aplikasi kurir berbasis GPS navigasi yang sederhana mungkin masih bisa diterapkan. Di mana, penumpang dibawa langsung ke tujuan, atau hanya ada satu atau beberapa barang yang dikirim secara lokal.

Namun, bayangkan kalau perusahaan distribusi yang berskala lebih besar, menggunakan Google Maps. Tentunya, kurang efektif dan perlu solusi delivery planning system yang lebih optimal untuk merencanakan rute.

Mengapa software optimisasi rute lebih dari sekadar navigasi GPS?

closeup smartphone with gps application 1098 21636
source : www.freepik.com

Secara sederhana, jawabannya ada pada jumlah fitur dan fungsional software optimisasi rute yang lebih bagus. Sopir atau kurir biasanya hanya bisa merencanakan rute dengan 10 titik pemberhentian melalui Google Maps yang berbasis GPS.

Alamat lokasi tujuan yang akan dilalui juga harus diinput secara manual ke Google Maps, sehingga terkadang akan memakan waktu dan tenaga kalau jumlah titik tujuannya banyak.

Sebagai contoh, untuk sebuah truk pengiriman yang akan melewati 100-200 titik lokasi pemberhentian dalam satu hari. Maka, jika merencanakan optimisasi rute memakai Google Maps akan menjadi mimpi buruk logistik. Perlu diingat, ini hanya untuk satu truk saja, loh!

Coba bayangkan jika perusahaan distribusi punya 100-200 truk? Atau, ketika perusahaan harus mengerahkan semua armada untuk mendistribusikan barang ketika musim-musim sibuk seperti Lebaran atau Tahun Baru. Tentunya, perusahaan akan kewalahan. Karena itu, software optimisasi rute menawarkan lebih dari sekadar pelacakan dan navigasi GPS dan sangat dibutuhkan perusahaan.

Apa saja keunggulan aplikasi dengan Delivery & Route Optimization?

Perangkat lunak yang terintegrasi dengan fitur Delivery & Route Optimization memiliki banyak fungsi yang ideal untuk bisnis logistik atau distribusi.

Kalau di Google Maps, Anda harus memasukkan alamat tujuan satu per satu secara manual. Maka, dengan software optimisasi rute, Anda bisa secara otomatis mengimpor alamat dari database.

Selain itu, aplikasi Delivery & Route Optimization juga berbasis Cloud sehingga bisa diakses kapan saja dan dari mana saja berada melalui tablet, smartphone, atau laptop.

Selanjutnya, titik pemberhentian juga bisa diatur dan disesuaikan kebutuhan. Sopir bisa mengantar banyak barang ke banyak tujuan tanpa ribet. Bahkan, dapat diketahui waktu tiba di tujuan (Estimated Time Arrive) sehingga manajer atau supervisor dapat memantau secara live posisi seluruh armada serta tujuannya melalui aplikasi.

Fitur lainnya yang berguna adalah prediksi kondisi lalu lintas dan volume barang. Hal ini penting mengingat kondisi jalan yang padat lalu lintas akan menghambat pengiriman. Sopir dapat mengubah rute dengan cepat atau memilih jalan memutar yang lebih lancar dan rute akan diperbarui secara otomatis. ‘

Dengan fitur Delivery & Route Optimization, posisi sopir dan armada bisa diketahui secara live. Jadi, pelanggan bisa menelepon ke CS untuk menanyakan ETA atau kapan paket mereka sampai. Kemudian, CS bisa dengan mudah melihat di aplikasi logistik seberapa jauh jaraknya menuju tujuan pelanggan.

Apa manfaat aplikasi logistik dengan fitur Delivery Planning & Route Optimization untuk bisnis Anda?

Masalahmasalah supply chain dalam fmcg
source : www.freepik.com

Berikut adalah beberapa manfaat aplikasi logistik yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda. Di antaranya:

1. Meningkatkan pendapatan per pengemudi dan mengurangi biaya transportasi.

Sekarang, pikirkan distributor mana, yang tak ingin mengurangi biaya operasional dan meningkatkan pendapatan tiap pengemudinya? Pasti semuanya setuju, kan!

Hampir semua bisnis distribusi menghadapi tantangan yang sama. Yaitu biaya operasional yang membengkak selama pengiriman terkadang sulit dihindari. Tapi, bagaimanapun distributor perlu berupaya agar biaya operasional bisa seefisien mungkin dan tidak membuang-buang bahan bakar dengan percuma.

Dengan memperhitungkan semua biaya, mulai dari upah per jam hingga jarak tempuh, transport management system atau delivery driver route planner dapat membantu distributor.

Terutama dalam hal efisiensi biaya, memperbaiki layanan, serta memaksimalkan kinerja armada. Memungkinkan tiap pengemudi untuk menyelesaikan lebih banyak pengiriman barang. Pada akhirnya, akan meningkatkan omset dan keuntungan bisnis.

2. Meningkatkan kepuasan pelanggan.

Di dunia bisnis modern seperti saat ini, ulasan pelanggan memegang kunci penting dalam kesuksesan usaha. Banyak pelanggan yang lebih percaya ulasan sesama pelanggan, atau rekomendasi dari influencer, ketimbang melihat iklan produk/ jasa yang ditayangkan.

Hampir 90% konsumen menggunakan internet untuk menemukan bisnis lokal pada tahun 2019. Sedangkan, 82% membaca ulasan pelanggan sebelum mengambil keputusan atau membeli produk.

Ini artinya, bukan cuma raksasa e-Commerce semacam Shopee atau Tokopedia saja yang perlu diperhatikan pelaku usaha dalam hal ulasan. Melainkan, hampir semua jenis bisnis yang berhadapan dengan konsumen juga harus menjaga reputasi nama yang baik.

Kalau pelanggan mempercayakan uangnya pada bisnis Anda, maka bisnis Anda juga harus mempunyai reputasi online yang realistis dan ulasan positif.

ETA real-time, live tracking, dan notifikasi yang dikirim sebelum pengiriman dapat membantu bisnis meningkatkan produktivitas, serta menghindari penundaan alias gagal kirim. Hal ini tentunya akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas merek.

3. Mendistribusikan beban kerja lebih efektif dan meretensi karyawan.

Apakah saat ini pengelolaan jadwal kerja pengemudi dan pengiriman masih dilakukan secara manual? Jika Anda seperti kebanyakan bisnis, Anda mungkin  mengatur jadwal kerja pengemudi berdasarkan wilayah.

Artinya, setiap pengemudi memiliki wilayah pengiriman masing-masing. Contohnya, katakanlah Rudi mengirimkan barang ke area Jawa Barat, Tony ke bagian Jawa Timur, dan Irwan ke area wilayah Jawa Tengah.

Ini adalah metode yang paling cepat dan paling mudah dilakukan oleh aplikasi logistik dengan fitur delivery driver route planner. Merancang rute secara instan jadi lebih praktis, bahkan oleh perencana rute yang masih pemula atau belum berpengalaman.

Di sisi lain, terkadang perubahan di menit-menit terakhir tak bisa dihindari. Jadi, sangat penting untuk mencari sopir lainnya bila ada yang izin tidak masuk atau sakit.

Ketika ada sopir yang perlu digantikan karena sakit, aplikasi logistik dengan fitur auto delivery allocation akan secara otomatis menghitung ketersediaan dan menentukan driver baru yang menggantikan, berdasarkan lokasi/ jarak, volume barang atau kapasitas armada.

Baca juga: Cara Memilih Software Manajemen Route Planner

Contoh penerapan optimisasi rute untuk berbagai industri.

masalah supply chain dalam fmcg delivery
source : www.freepik.com

Apakah kamu baru mulai bisnis distribusi, atau sedang meningkatkan sistem distribusi yang lebih efisien? Berikut adalah beberapa contoh penerapan optimisasi rute di beberapa perusahaan:

#1. Pengantaran makanan.

Untuk distributor makanan atau perusahaan pengiriman makanan, route optimization atau delivery planning system sangat penting. Sebab, hal ini tak hanya memangkas biaya operasional. Tapi, juga menghindari makanan yang basi atau tak layak konsumsi selama perjalanan.

Perlu diingat, pelanggan selalu ingin tahu dan update di mana posisi paket mereka setiap saat. Karena itu, dengan aplikasi logistik pelacakan dengan fitur Live Tracking secara real-time sangat penting.

#2. Logistik.

Saat mengirimkan kargo jarak jauh, memilih rute yang tepat dapat membuat semua perbedaan. Masalahnya, terkadang ada beberapa hal yang umum dihadapi. Seperti: jarak atau rute yang jauh, pengelolaan armada yang sangat banyak, biaya lembur karyawan, dan lainnya.

Dibutuhkan pengelolaan jadwal kerja sopir agar tidak membebani dan bisa beristirahat dengan baik. Selain itu, fitur transport management system juga membantu pemeliharaan kendaraan dan aset transportasi perusahaan.

#4. Ritel & distribusi.

Sebagai distributor, ketika Anda memasok barang ke mitra bisnis, pengiriman produk yang tepat waktu adalah kunci kepuasan pelanggan. Sudah lumrah jika pelanggan menuntut pelacakan real-time atau pembaruan yang update tentang posisi paketnya. Lalu, bagaimana route optimization bisa mengatasi hal ini? Di dalam sistem optimisasi rute terdapat fitur Live Tracking dan ETA yang tepat. Sehingga, pelanggan bisa tetap up-to-speed.

#5. Sales person.

Sales person atau agen penjualan yang bekerja dalam cakupan wilayah luas, bisa menghabiskan banyak waktu di jalan. Tapi, dengan optimisasi rute yang lebih efisien, bisa meningkatkan hasil, sekaligus menurunkan biaya operasional. Dilengkapi manajemen rute aplikasi kunjungan sales jadi lebih mudah dipantau dan diakses lewat perangkat seluler atau desktop.

Aplikasi Distributor SimpliDOTS mengintegrasikan route optimization dan sales tracking.

Optimisasi rute adalah kebutuhan bagi distributor. Rute yang direncanakan dengan baik, bukan hanya mengurangi jarak tempuh armada. Namun, juga mencegah pengiriman terlambat yang dapat menurunkan tingkat kepuasan dan pengalaman pelanggan.

Dengan aplikasi distributor SimpliDOTS, manajemen rute jadi lebih mudah, cepat, dan otomatis. Pelanggan, tim CS, atau pihak lain bisa melihat posisi paket yang dikirimkan dan ETA real-time. Selain itu, route optimization menghemat bahan bakar yang akan sangat berdampak besar pada anggaran bisnis.

Mengelola pesanan bisa lebih tenang karena dikerjakan secara otomatis dengan aplikasi logistik SimpliDOTS. Bahkan, posisi driver juga bisa dilihat secara live pada peta.  Kalau dulu merencanakan rute menghabiskan banyak waktu dan pikiran, sekarang dengan aplikasi optimisasi rute dari SimpliDOTS semuanya jadi semudah menggerakkan jari!

Buktikan efektivitas pengiriman dan optimisasi rute sampai 30%. Optimasi rute makin cepat, bensin juga lebih hemat. Bagaimana aplikasi rute SimpliDOTS mengoptimasi delivery perusahaan Anda? Dilengkapi manajemen rute driver, route mapping, pengelolaan kriman secara digital, dan masih banyak lagi fitur-fitur menakjubkan lainnya untuk memudahkan delivery barang.

Jadi, dengan aplikasi logistik SimpliDOTS, rute yang direncanakan sudah pasti paling efektif dan efisien. Rute dirancang secara instan untuk memudahkan driver sampai di titik tujuan.

Tunggu apalagi, yuk coba aplikasi SimpliDOTS GRATIS DEMO 14 hari dan konsultasi sekarang. Yuk, buktikan kemudahan fitur-fitur aplikasi logistik SimpliDOTS selengkapnya untuk optimalkan rute dan tenaga delivery. Follow dan like Instagram @simplidots atau kontak Whatsapp: 0812 2776 1242 untuk info lebih lanjut, yaa.