Tingkatkan Efektivitas Sales Visit, Inilah 13 Solusi Aplikasi Canvassing dalam Distribusi Terbaru

Aplikasi Canvassing, Solusi Tingkatkan Efektivitas Sales Visit dalam Distribusi Terbaru

Hari gini masih mengandalkan jadwal sales visit berbasis kertas dan diketik manual  di spreadsheet oleh tim admin? It’s yesterday! Di era teknologi digital saat ini, ada cara cerdas mengelola kunjungan outlet lebih inovatif.

Bayangkan salesman bisa langsung mengakses jadwal, detail kunjungan toko, hingga membuat rekapan cukup dari smartphone atau tablet. Pasti lebih simpel dan praktis, kan?

Tak perlu repot dengan kertas, mengetik spreadsheet dan bolak-balik ke kantor hanya untuk pengajuan tanda tangan ke manajer atau supervisor. Inilah saatnya menggunakan solusi sales canvassing modern untuk menjalankan operasional distribusi FMCG lebih efektif.

Nah, kali ini kita akan bahas beberapa solusi keren yang bisa membantu meningkatkan efektivitas sales visit perusahaan distribusi FMCG, mulai dari mengoptimalkan rute kunjungan hingga memastikan semua data tercatat rapi secara otomatis. Mari simak pembahasannya berikut!



Kenapa sih aplikasi sales canvassing/ sales visit dengan aplikasi mobile itu penting?

Aplikasi Canvassing, Solusi Tingkatkan Efektivitas Sales Visit dalam Distribusi Terbaru

Seperti yang kita tahu, sales canvassing seringkali harus melakukan banyak kunjungan pelanggan atau kunjungan toko ke berbagai titik yang dijadwalkan.

Tim sales force memiliki mobilitas yang cukup tinggi. Untuk itu, kepraktisan dan fleksbilitas adalah suatu keharusan. Jika salesman menawarkan produk dengan brosur kertas atau melakukan transaksi dengan bukti faktur kertas, proses yang manual akan terlihat ketinggalan zaman.

Belum lagi jika terjadi kesalahan input atau struk bukti transaksi hilang dan tercecer. Tentunya, hal ini merugikan perusahaan.

Aplikasi sales canvassing dapat menyederhanakan tugas administratif ketika melakukan kunjungan toko dan bisa diakses melalui smartphone. Dengan akses digital tersebut, sales force yang bekerja di lapangan bisa lebih produktif serta catatan sales visit bisa lebih akurat.

Selain itu, aplikasi ini juga membantu supervisor dan manajemen melihat stok barang di semua lokasi gudang maupun di penyimpanan mobile sales canvasser.

 



Baca juga: Best Basic Strategy: 4 Tugas Sales Canvassing untuk Teknik Penjualan


Sales Canvasser vs Sales Staff Umum, Apa Bedanya?

Saat ini, perusahaan manufaktur dan distribusi seringkali memiliki sales canvasser yang langsung turun ke lapangan untuk menawarkan produk perusahaan dengan sistem penjualan langsung. Namun, bagaimana perbedaan antara sales canvasser dan staf sales biasa?

Seperti halnya staf sales, sales canvasser bertemu dengan prospek, menawarkan produk, mengirimkan pesanan, dan melakukan berbagai administrasi selama kunjungan ke toko. Mulai dari menerima dan mengirim pesanan, membuat faktur, mengumpulkan pembayaran, hingga laporan lainnya.

Bedanya, sales canvasser menjual produk perusahaan langsung ke pelanggan dengan membawa produknya secara langsung. Jadi, pelanggan bisa membeli dan mendapatkan produk langsung di tempat.

 



Distribusi FMCG perlu mengoptimalkan sales visit/ sales canvassing, gimana caranya?

Aplikasi Canvassing, Solusi Tingkatkan Efektivitas Sales Visit dalam Distribusi Terbaru

Sales canvassing berperan dalam penawaran produk dan bertransaksi langsung dengan pelanggan. Oleh karena itu, hampir setiap hari salesman melakukan kunjungan toko (sales visit) sesuai jadwal masing-masing.

Tapi bagaimana memastikan bahwa setiap salesman benar-benar melakukan tugas sesuai prosedur perusahaan dan tidak melakukan kecurangan?

Di masa lalu, kunjungan sales mungkin masih bisa dicurangi karena berbasis kertas, namun di era teknologi modern, perusahaan distribusi FMCG bisa menggunakan aplikasi sales canvassing atau aplikasi sales tracking.

Dengan inovasi modern ini, manajer dapat melacak keberadaan salesman dan driver yang melakukan kunjungan toko.

Tak hanya itu, aktivitas sales juga bisa dipantau dalam satu dashboard secara real-time, seperti memeriksa dokumen, membuat rekapan surat jalan, hingga mendapatkan tanda tangan digital transaksi. Yang terpenting, manajer dapat mengakses laporan kunjungan harian sales hanya sekali klik.

Langkah inovatif ini tentunya dapat mengurangi waktu yang dihabiskan salesman dalam hal administratif sehingga salesman bisa lebih fokus membuat sebanyak mungkin deal.

Berikut adalah lima cara untuk memaksimalkan efektivitas sales visit:

1. Rencanakan rute yang paling efisien

Pertama, tim penjualan perlu melakukan perencanaan rute. Kinerja sales canvassing tidak akan efektif bila hanya bolak-balik toko tanpa prospek. Aplikasi sales canvassing seperti SimpliDOTS dilengkapi fitur perencanaan rute paling efisien secara otomatis.

Sales canvasser yang melakukan kunjungan toko dapat melihat langsung di smartphone berbagai detail sales visit. Mulai dari nama salesman, nama customer/ outlet toko, nama produk, jumlah, total transaksi, waktu check-in dan check-out, dll.

Sebelum rute dapat direncanakan, manajemen dapat membagi wilayah dan menugaskannya kepada canvasser yang tepat. Hal ini dapat mencegah tumpang tindih antar canvasser dan memastikan setiap canvasser mendapatkan wilayah secara efisien.

2. Catat data pelanggan

Tidak semua toko yang dikunjungi akan siap membeli saat itu juga. Kebanyakan dari mereka mungkin akan mengatakan, “tidak, terima kasih.”

Eits, jangan khawatir, kata “tidak” bukan berarti keputusan akhir. Ada kemungkinan di masa mendatang sebagian pelanggan berubah pikiran dan tertarik dengan penawaran tersebut.

Itulah mengapa, pencatatan data outlet toko harus tersimpan rapi dan terorganisir agar bisa digunakan nantinya. Gunakan aplikasi sales canvassing yang memungkinkan sales mencatat data pelanggan melalui perangkat mobile.

3. Jangan lupa istirahat

Setiap salesman memahami betapa pentingnya mendapatkan prospek sebanyak mungkin. Namun, jangan abaikan juga kesehatan tubuh. Canvassing dan sales visit bisa sangat melelahkan.

Penting untuk beristirahat agar kesehatan tim penjualan terjaga dan bersemangat saat kunjungan outlet/ pelanggan. Selain itu, penelitian membuktikan bahwa istirahat sesekali sebenarnya akan meningkatkan produktivitas dan efektivitas kinerja karyawan.

Jika Anda adalah manajer tim penjualan, jangan khawatir tentang kecurangan salesman. Aplikasi canvassing SimpliDOTS memiliki fitur Sales Tracking untuk melacak posisi salesman. Fitur ini meningkatkan kepercayaan antara manajer dan tim sales force di lapangan.

4. Bangkitkan persaingan sehat

Untuk meningkatkan motivasi tim penjualan, manajemen bisa memberikan hadiah atau reward kepada salesman berprestasi atau mencapai kinerja terbaik.

Misalnya, jika seorang salesman berhasil mencapai target 100 kunjungan toko atau keuntungan sekian rupiah, dia bisa mendapatkan hadiah berupa liburan gratis atau uang insentif.

Hal ini bukan hanya meningkatkan efektivitas sales visit, tapi juga produktivitas tim secara keseluruhan.

Fitur Performa Salesperson SimpliDOTS didesain untuk mendukung kompetisi sehat di antara tim penjualan. Gunakan software canvassing terbaik ini untuk melihat:

  • Total Volume Penjualan: Total nilai penjualan keseluruhan.
  • Jumlah Faktur: Total jumlah faktur penjualan.
  • 10 Salesman Terbaik: Daftar 10 salesman berdasarkan performa terbaik. Arahkan kursor ke nama salesman untuk melihat detail performa seperti:
    • Penjualan: Total nilai penjualan bersih yang dicatat dari salesman tersebut.
    • Top 10 Pelanggan: Sepuluh pelanggan terbaik berdasarkan nilai penjualan bersih dari salesman.
    • Top 5 Kategori: Lima kategori terbaik yang berhasil dijual oleh salesman
    • Top 5 Merek: Lima merk terbaik yang berhasil dijual oleh salesman

5. Kembangkan mental tahan banting

Salesman perlu memiliki mental kuat dan “tahan banting”. Pasalnya, ia akan lebih sering mendengar “tidak” daripada “ya.” Pahami bahwa canvassing adalah aktivitas penjualan yang menantang.

Itulah mengapa distributor produk FMCG perlu fitur Sales Tracking dengan penjadwalan kunjungan toko. Manajer dapat menambahkan rute harian Salesman, nama toko yg akan dikunjungi dan mengatur urutan kunjungan dimulai dari toko terdekat.

Anda bisa menambahkan lebih dari satu toko untuk kunjungan dalam satu hari. Setelah semua toko terurut, klik tombol “Save” untuk menyimpan rute kunjungan Salesman.

Lakukan langkah yang sama untuk hari-hari berikutnya seperti Selasa, Rabu, dan seterusnya sesuai jadwal rute sales yang direncanakan.



Baca juga: Sales Force Management: Cara Memenangkan Distribusi Penjualan


Raih Efektivitas Sales Visit dengan SFA SimpliDOTS

Body 3

Aplikasi SimpliDOTS hadir untuk memudahkan para sales dalam melakukan kunjungan outlet harian dan mingguan lebih efisien.

Tidak perlu ribet, cukup pakai SimpliDOTS, semua jadwal bisa diatur dan muncul di smartphone salesman. Berikut penjelasan mengenai berbagai fitur dan keuntungan aplikasi ini.

1. Atur Jadwal Visit Anti Ribet

Mengatur jadwal kunjungan tidak pernah semudah ini. Dengan fitur Daily Route di menu Master Data, sales dapat membuat jadwal harian dan mingguan yang terintegrasi langsung ke smartphone mereka. Hal ini dapat memudahkan perencanaan rute kunjungan sehingga waktu kerja manajemen dapat digunakan secara efisien.

2. Efisiensi Pembuatan Order

Salesman bisa langsung membuat order saat kunjungan toko. Selain menghemat waktu, hal ini penting untuk memastikan data pesanan tercatat secara real-time dan akurat.

3. Jadwal dan Lokasi Kunjungan yang Terstruktur

SimpliDOTS memungkinkan sales untuk melihat dan mengatur jadwal harian serta mingguan mereka. Informasi ini muncul langsung di smartphone, sehingga tidak ada lagi alasan untuk melewatkan sales visit outlet.

4. Menambah Outlet Baru dengan Geo-Tagging

Menambah outlet baru kini lebih mudah dengan fitur geo-tagging. Salesman bisa langsung memasukkan data lokasi baru dengan akurasi tinggi, memudahkan proses monitoring dan pengelolaan.

5. Konektivitas Data Penjualan

Data penjualan di lapangan bisa terkoneksi langsung ke supervisor atau admin di kantor. Sangat membantu pemantauan performa penjualan secara real-time dan pengambilan keputusan strategis.

6. Menghindari Kecurangan

Dengan sistem yang terintegrasi dan data yang transparan, risiko kecurangan dapat diminimalkan. Semua transaksi dan aktivitas sales tercatat secara real-time, sehingga memungkinkan untuk mendeteksi dan mencegah tindakan fraud sejak dini.

7. Mengatur Stok dan Sales Canvassing

Stok bisa langsung dialokasikan ke HP salesman. Cukup satu handphone untuk mengatur jadwal sales visit, stok gudang canvass, pembelian, dll.

8. Tidak Perlu Ribet dengan Jadwal Visit

Masih susah buat jadwal visit? Cukup pakai software SimpliDOTS, bisa buat jadwal harian dan mingguan yang muncul di smartphone salesman.

9. Membuat Sales Invoice Langsung di Lapangan

Sales dapat membuat invoice langsung saat kunjungan, yang terintegrasi dengan bluetooth printer untuk kemudahan dicetak jika dibutuhkan.

10. Melihat Stok Secara Real-Time

Stok yang dibawa oleh sales canvass dapat dipantau secara real-time, dan jumlah stok akan langsung ter-update saat terjadi penjualan di lapangan.

11. Data Tim Lapangan Terupdate Cepat

Tim di kantor dapat melihat hasil data tim lapangan lebih cepat dalam satu aplikasi, memungkinkan respons dan pengambilan keputusan yang lebih cepat.

12. Peningkatan Efisiensi

Dengan sistem distribusi canvassing dari SimpliDOTS, performa sales canvassing bisa menjadi tiga kali lebih efisien, meningkatkan penjualan dengan cara yang lebih praktis dan terstruktur.

13. Kemudahan Order dan Invoicing

Pesanan dan invoice dapat dibuat langsung di lokasi pelanggan menggunakan handphone, memudahkan proses transaksi dan pembayaran secara otomatis diterima oleh sistem sales management perusahaan.



Baca juga: Software Delivery & Route Optimization Bikin Manajemen Supply Chain  Lebih Hemat


Tunggu Apalagi, Ayo Maksimalkan Sales Visit Anda dengan SFA SimpliDOTS!

SimpliDOTS hadir dengan aplikasi Sales Force Automation (SFA) yang memudahkan pekerjaan sales, taking order, melihat jadwal dan lokasi sales visit, hingga menambah outlet baru lengkap dengan geo-tagging.

Berbasis Cloud Technology yang bisa diakses melalui perangkat mobile dan desktop, data sales visit dan pesanan terdata dengan rapi dan mudah dibaca.

Sales canvasser Anda bisa membuat invoice langsung di lokasi pelanggan, menerima pembayaran otomatis, dan menginput data laporan dalam waktu kurang dari 1 menit, semua hanya dengan satu Dashboard real-time SimpliDOTS.

Ingin tahu bagaimana rasanya bekerja se-efisien ini? Yuk, coba fitur-fitur SimpliDOTS sekarang dan rasakan perbedaannya! Dapatkan DEMO gratis Sales Force Automation atau chat kami di WhatsApp: +6285373704528.

Menangkan persaingan di industri distribusi yang efisien dan terdepan dengan SimpliDOTS! Ikuti Instagram: @simplidots dan YouTube: SimpliDOTS Channel untuk mendapatkan tutorial Distribution Management System, info webinar, dan konten inspiratif lainnya. Mari bersama-sama tingkatkan produktivitas tim sales Anda hari ini!



Sumber:

SimpliDOTS.com
Instagram : @simplidots
Panduan-DMS.SimpliDOTS.id
LinkedIn.com

Bagikan Artikel ini via

Artikel Terkait