Software Delivery & Route Optimization Bikin Manajemen Supply Chain  Lebih Hemat, Kenapa ya?

Software-Delivery-Route-Optimization-Bikin-Manajemen-Supply-Chain-Lebih-Hemat

Manajemen supply chain yang efektif adalah kunci kesuksesan distributor. Di dunia bisnis yang semakin rumit, mengelola aliran barang, informasi, dan keuangan dari supplier ke pelanggan itu sangat menantang, kan?

Nah, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan optimasi rute distribusi. Teknologi ini bisa memangkas biaya operasional dan bikin pengiriman jadi lebih efisien.

Lantas, gimana optimasi rute distribusi bisa membantu menghemat biaya operasional dan meningkatkan kinerja distributor? Di artikel kali ini, kita akan bahas selengkapnya. Simak sampai akhir, ya!



Kenapa Manajemen Supply Chain yang Efisien Itu Penting?

Software Delivery Route Optimization Bikin Manajemen Supply Chain Lebih Hemat51

Manajemen supply chain yang efisien memastikan produk tersedia di tempat dan waktu yang tepat, mengurangi biaya penyimpanan, dan bikin pelanggan happy. Tapi, kompleksitas jaringan distribusi dan perubahan kondisi pasar bikin semuanya jadi tantangan besar.

Optimasi rute distribusi adalah proses merencanakan dan mengatur rute pengiriman dengan cara paling efisien. Tujuannya? Meminimalkan biaya operasional seperti bahan bakar dan waktu perjalanan, sambil memastikan pengiriman tepat waktu.

Dengan teknologi aplikasi Delivery modern, perusahaan bisa merencanakan rute terbaik berdasarkan berbagai faktor seperti jarak, waktu tempuh, kondisi lalu lintas, dan jenis kendaraan.



SimpliDOTS: Solusi Keren untuk Efisiensi Bisnis Logistik

Software Delivery Route Optimization Bikin Manajemen Supply Chain Lebih Hemat1

Capek menangani manajemen supply chain? Jangan khawatir! SimpliDOTS punya solusi keren yang mengelola armada pengiriman Anda lebih efisien hingga 30%. Ini dia keunggulannya:

1. Berbasis Cloud, Praktis dan Fleksibel

Aplikasi manajemen supply chain ini berbasis Cloud technology, jadi Anda dapat mengelola bisnis kapan saja dan dimana saja Cukup buka aplikasi ini dari mobile atau desktop, dan Anda dapat mengakses rute pengiriman order secara real-time.

2. Optimasi Rute Tercepat, Bensin Lebih Hemat

SimpliDOTS membantu Anda merencanakan rute tercepat untuk pengiriman. Hasilnya? Penggunaan bahan bakar jadi lebih hemat, dan waktu tempuh jadi lebih singkat.

3. Multistop Route Planner

Dengan software distribusi terbaik ini, Anda bisa merencanakan pengiriman ke banyak tujuan sekaligus. Praktis, kan? Tidak perlu bolak-balik, semua tujuan bisa diantar dalam satu perjalanan.

4. Estimated Time of Arrival (ETA)

Anda bisa mengetahui perkiraan waktu tiba (ETA) dengan akurat. Hal ini berguna untuk merencanakan jadwal pengiriman dan memastikan barang tiba tepat waktu.

5. Optimasi Sales Force & Driver

Aplikasi ini juga membantu mengoptimalkan penggunaan Sumber Daya Manusia seperti tim sales force dan driver. Nama driver dan nama salesman tercatat secara rapi dan terstruktur untuk mempermudah pembuatan dokumentasi atau rekapan surat jalan.

6. Automated Delivery Allocation

Alokasi pengantaran dilakukan secara otomatis berdasarkan ketersediaan armada, driver, lokasi, jarak, volume barang, hingga prediksi kondisi lalu lintas. Semuanya cukup dikelola dalam satu platform aplikasi Delivery, bebas ribet dan lebih praktis.

7. Auto Calculate Packing

Dengan fitur ini, Anda bisa mengkalkulasi kapasitas volume kendaraan atau armada dengan jumlah pengantaran barang. Hal ini dapat meminalisir kesalahan seperti barang tertinggal atau  salah hitung kapasitas.

8. Digital Status dan Pengelolaan Pengiriman

Lihat status dan kelola pengiriman yang telah dipesan secara digital melalui aplikasi rute atau route mapping. Semua jadi lebih mudah dan teratur.

9. Live Tracking

Pantau posisi seluruh armada serta tujuan masing-masing secara real-time melalui peta. Anda bisa tahu di mana posisi setiap kendaraan setiap saat.

10. Delivery Window

Ketahui waktu tiba di tujuan (ETA), jam buka toko, serta kapan kendaraan Anda tersedia dari Software Logistik SimpliDOTS. Aktivitas pengiriman/ delivery pesanan lebih terjadwal dan rapi.



Perbedaan Planning Route Cara Lama vs. Cara SimpliDOTS

Cara Lama:
  • Menggunakan cara manual atau banyak tools seperti Google Maps dan telepon untuk merencanakan rute driver
  • .
  • Pesanan yang tiba-tiba membludak akan menghabiskan banyak waktu untuk dikelola tanpa software ekspedisi.

  • Pelanggan menanyakan status pengantaran, tapi tidak bisa dijawab langsung karena tidak tahu posisi driver.

  • Merencanakan rute menghabiskan banyak waktu dan membutuhkan banyak pengalaman.

  • Rute yang direncanakan belum tentu yang paling efektif dan paling efisien.
  •  
    Cara SimpliDOTS:
  • Hanya menggunakan satu aplikasi untuk merencanakan rute driver melalui aplikasi logistik.

  • Pesanan yang membludak bisa dikerjakan dengan baik dan tenang karena dikelola secara otomatis oleh SimpliDOTS.

  • Pelanggan menanyakan status pengantaran? Cukup lihat posisi live driver di peta dengan aplikasi rute atau software ekspedisi.

  • Merencanakan rute secara instan melalui aplikasi, bahkan oleh orang tanpa pengalaman.

  • Dengan aplikasi logistik pintar, rute yang direncanakan sudah pasti yang paling efektif dan efisien.
  •  


    Baca Juga: Route Planner Alat Untuk Membuat Rute Jadi Efektif


    Ribet Urusin Armada Delivery? Kenalan dengan SimpliDOTS Delivery & Route Optimization, Yuk!

    Software-Delivery-Route-Optimization-Bikin-Manajemen-Supply-Chain-Lebih-Hemat

    Perkenalkan SimpliDOTS Delivery & Route Optimization, aplikasi logistik pertama di Indonesia yang berbasis web dan mobile tanpa perlu instalasi. Dengan berbagai fitur canggih, urusan pengantaran jadi lebih mudah dan efisien. Yuk, simak fitur-fitur unggulannya!

    1. Multistop Route Planning

    Mengantar dan mendistribusikan pesanan barang ke banyak tujuan jadi lebih efektif dan efisien. Aplikasi ini membantu merencanakan rute terbaik untuk menghindari kemacetan dan halangan lainnya. Waktu pengiriman lebih cepat dan hemat bahan bakar kendaraan.

    2. Delivery Windows

    Fitur ini memberikan estimasi waktu yang tepat untuk jam buka toko, jam keberangkatan, dan jam tiba. Tidak ada lagi cerita telat karena semua sudah terjadwal dengan baik.

    3. Geo-coding

    Dengan geo-coding, Anda bisa menyimpan alamat dan koordinat pelanggan sehingga langsung muncul di peta aplikasi setiap kali dibuka. Tidak perlu repot mencari alamat lagi.

    4. Re-route

    Banyak kejadian tak terduga di rute perjalanan? Jangan khawatir! Dengan fitur re-route, Anda bisa langsung mengubah rute perjalanan untuk menghindari hambatan.

    5. Integrasi 3rd Party

    Sudah punya aplikasi akuntansi atau lainnya? Integrasikan saja dengan aplikasi SimpliDOTS. Semua data bisa sinkron dengan mudah, membuat manajemen jadi lebih terorganisir.

    6. Driver Position Tracking

    Pantau posisi semua armada delivery dan tujuan mereka dalam satu peta. Dengan fitur ini, Anda bisa memastikan semua pengiriman berjalan sesuai rencana dan meminimalisir kendala di lapangan.



    SuperApps for Distributor SimpliDOTS, Perencanaan Pengantaran Barang Anti Ribet

    route maps2

    Punya bisnis yang sering harus melakukan pengiriman barang ke banyak tujuan? Jangan sampai waktu dan tenaga Anda terbuang percuma hanya untuk merencanakan rute pengiriman.

    Gunakan fitur Delivery & Route Optimization SimpliDOTS dan rasakan manfaatnya untuk mempermudah alur proses manajemen supply chain dan pengiriman barang. Mulai dari pembuatan rute secara otomatis, alokasi armada, live tracking, dan masih banyak lagi yang akan membuat pengiriman jadi lebih mudah dan efisien!

    Dengan Delivery & Route Optimization SimpliDOTS, semua bisa diatasi dengan mudah dan cepat. Yuk, nikmati fitur-fitur berikut ini:

    • Alokasi Armada

    Tidak perlu pusing lagi membagi armada untuk setiap pengiriman. Sistem otomatis dari SimpliDOTS akan mengalokasikan armada sesuai dengan kebutuhan pengiriman. Semua dilakukan secara cerdas berdasarkan ketersediaan kendaraan, volume barang, dan waktu kerja driver.

    • Penentuan Rute Paling Efektif

    Dapatkan rute terbaik untuk setiap pengiriman. SimpliDOTS akan menghitung rute paling efektif untuk menghemat waktu dan bahan bakar. Anda bisa menghindari kemacetan dan hambatan lainnya dengan mudah.

    • Antar Barang Secara Multistop

    Kirim banyak barang ke banyak tujuan dalam sekali jalan. Fitur Multistop Route Planning memungkinkan Anda untuk mengantarkan barang ke berbagai lokasi dengan rute yang paling efisien.

    Selain itu, SimpliDOTS juga dilengkapi dengan fitur Live Tracking yang memungkinkan Anda untuk memantau posisi armada secara real-time. Anda bisa tahu posisi driver dan tujuan mereka hanya dengan melihat peta di aplikasi.



    Pilih Perencanaan Rute yang Mana: Google Maps vs. Route Optimization SimpliDOTS?

    Stok Produk FMCG Tetap Segar dengan Management Distribusi, Gimana Caranya?

    Mungkin Anda berpikir, “Perencanaan rute bisa dengan pakai Google Maps aja, gak sih?” Bisa kok, tapi ada banyak kelemahannya. Google Maps hanya bisa dipakai kalau titik pengantaran sedikit sekali.

    Namun, Google Maps tidak mempertimbangkan faktor-faktor seperti delivery time window, muatan barang, dan lainnya. Disinilah Route Optimization Software bekerja!

    Dengan software Route Optimization, Anda bisa merencanakan rute pengantaran paling pendek dan efisien. Jumlah titik pengantaran yang bisa direncanakan juga banyak, jadi lebih fleksibel dan efektif untuk bisnis.

    Mau buat distribusi lebih mudah dan efisien? Coba SimpliDOTS sekarang dan rasakan perbedaannya! Dengan satu aplikasi, Anda bisa mengelola semua pengiriman dengan lebih praktis dan hemat waktu.



    Baca juga: Optimasi Rute untuk Perusahaan Distribusi


    Sudah Siap Membuat Manajemen Armada/ Fleet Management Lebih Efisien dengan SimpliDOTS?

    Stok Produk FMCG Tetap Segar dengan Management Distribusi, Gimana Caranya?

    Pengiriman kurang maksimal? Harus memakai banyak tools untuk mengoptimasi rute driver? Tidak tahu posisi driver kecuali melalui telepon? Pengiriman boros bahan bakar dan tidak efektif? Saatnya beralih ke SimpliDOTS Route Optimization, aplikasi logistik yang diciptakan khusus untuk mengoptimalkan rute pengiriman logistik.

    ·       Rute Pengiriman Otomatis dan Efisien

    SimpliDOTS Route Optimization memungkinkan Anda mengoptimalkan rute hanya dengan satu aplikasi secara otomatis.

    Sistem yang cerdas akan membagi surat jalan ke beberapa armada sesuai ketersediaan kendaraan, volume, dan jenis kendaraan, waktu kerja driver, tujuan pengantaran, dan jam buka tutup outlet.

    Anda bisa menyusun delivery order dengan fitur import data atau melalui custom integration. Setelah itu, rekap pengantaran barang dan tombol pintar “Optimize” akan membantu menemukan rute terbaik sesuai dengan jarak, jumlah armada, driver, dan volume barang.

    Dilengkapi dengan ETA (Estimated Time of Arrival), aplikasi ini memastikan pengiriman sesuai jadwal dengan perkiraan waktu tiba.

    ·       Pantau Armada dengan Fleet Monitoring

    Penasaran apakah armada sudah sampai tujuan atau belum? Dengan fitur Driver Position Tracking, Anda bisa memantau posisi armada dan tujuan mereka langsung di peta.

    Tidak perlu lagi khawatir tentang lokasi driver atau efektivitas rute pengiriman, karena semua bisa dipantau secara real-time.

    ·       Automasi Pengantaran dengan Delivery Force Automation (DFA)

    Dengan Delivery Force Automation (DFA), proses pengantaran barang jadi lebih cepat, efisien, dan aman. Aplikasi DFA untuk driver dilengkapi dengan fitur lokasi pelanggan yang akurat dan urutan pengantaran yang sudah diatur secara efisien.

    Salah satu fitur andalannya adalah Electronic Proof of Delivery, yang memungkinkan pelanggan memberikan tanda tangan digital sebagai bukti pengantaran.

    Tanda tangan digital dan dokumentasi pengantaran sangat penting untuk memastikan semua proses berjalan dengan transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

    Dengan adanya dokumentasi yang lengkap, Anda bisa memantau setiap detail pengiriman, mulai dari waktu, durasi, hingga kondisi barang saat diterima.

    Hal ini tidak hanya meningkatkan akurasi data pengiriman, tetapi juga memberikan rasa aman bagi pelanggan karena bisa memastikan barang diterima dengan baik.

    Penggunaan teknologi ini juga membantu mengurangi beban administrasi, meminimalkan kesalahan manusia, dan meningkatkan koordinasi tim penjualan.



    Ayo, Optimalkan Manajemen Supply Chain Anda dengan SimpliDOTS Hari Ini!

    aplikasi sales FMCG

    Optimasi rute distribusi adalah langkah cerdas memangkas biaya operasional dan meningkatkan efisiensi dalam manajemen supply chain. Didukung fitur-fitur canggih dari SimpliDOTS, distributor dapat mencapai pengiriman yang lebih cepat, hemat biaya, dan irit bahan bakar transportasi armada.

    Dengan Delivery & Route Optimization SimpliDOTS, Anda bisa memangkas biaya operasional dan meningkatkan efisiensi pengiriman. Tidak perlu pusing dengan rute yang ribet, semua diatur otomatis dan terencana dengan baik. Yuk, optimalkan manajemen supply chain Anda sekarang juga dengan SimpliDOTS!

    Coba DEMO Gratis SimpliDOTS Delivery & Route Optimization sekarang juga! Segera hubungi Whatsapp tim admin SimpliDOTS dan optimalkan manajemen supply chain Anda hari ini!
    Ingin manajemen pengantaran Anda selalu optimal? Dapatkan update terbaru dan tips menarik dari SimpliDOTS di media sosial, Facebook dan Instagram.



    Sumber:
    – SimpliDOTS.com
    – Instagram @simplidots
    – Youtube : @simplidots

    Bagikan Artikel ini via

    Artikel Terkait