header fmcg terbesar indonesia

10 Perusahaan-Perusahaan FMCG Terbesar di Indonesia

Apakah Anda pernah mengetahui tentang perusahaan FMCG? Jika belum, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya termasuk apa saja brand/perusahaan-perusahaan FMCG, maka dari itulah simak terus hingga selesai ya.

Barang Konsumen yang Bergerak Cepat atau Fast Moving Consumer Goods (FMCG) merupakan sebuah perusahaan yang memang memproduksi berbagai jenis produk untuk menunjang kehidupan sehari-harinya. Produk tersebut dikemas dalam bentuk kemasan dan perputaran omsetnya pun cepat.

Pengertian FMCG

Pengertian FMCG
sumber : freepik

Fast Moving Consumer Goods atau FMCG adalah suatu sebutan yang digunakan untuk berbagai produk dengan harga terjangkau/murah dan bisa terjual dengan cepat. Sebagai contohnya saja adalah produk-produk untuk rumah tangga konsumen, yang biasanya ukuran waktu untuk menyimpannya pun berlangsung sebentar. Contoh dari barang FMCG rumah tangga seperti kosmetik, obat-obatan, minuman atau makanan ringan, peralatan mandi dan lain sebagainya.

Untuk istilah FMCG ini memang tidak semua negara-negara di dunia mengenalnya, karena hanya negara tertentu saja. Tapi meskipun demikian, biasanya FMCG ini akrab digunakan pada wilayah Asia, Eropa dan Oceania. Bagaimana dengan Amerika? Kalau di Amerika, biasanya tidak menggunakan istilah FMCG, melainkan menggunakan istilah lain seperti Consumer Packaged Goods (CPG).

Suatu bisnis dijalankan pasti dengan tujuan tertentu, seperti agar produk yang dihasilkan lebih banyak dikenal orang, banyak yang menggunakan produknya, mendapatkan keuntungan dan lain sebagainya. Banyak orang yang menaikkan harga produk yang dijual hingga berkali-kali lipat demi mendapatkan keuntungan cepat. Tapi pada kenyataannya banyak juga perusahaan yang menjual berbagai barang dengan harga terjangkau tapi keuntungan yang didapatkan sungguh menggiurkan.

Tapi, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Bisnis apakah yang menjual harga murah tapi bisa memberikan keuntungan yang banyak? Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah dari jumlah barang FMCG yang dijual. Jadi jika barang FMCG yang dijual secara eceran atau satuan memang perusahaan hanya akan mendapatkan sedikit keuntungan. Dan sebaliknya, jika perusahaan menjual berbagai produk tersebut dengan jumlah yang besar, tentu keuntungan yang didapatkan perusahaan juga besar.

Secara umum, FMCG memang memiliki beberapa produk dengan usia simpan yang tidak terlalu lama, lebih berfokus ke loyalitas konsumen dan juga produk yang bisa dikonsumsi atau digunakan dalam kegiatan sehari-harinya. Maka dari itulah, berbagai perusahaan dengan sektor FMCG, bisa dipastikan bahwa volume perdagangannya besar, dan bahkan sudah banyak perusahaan FMCG yang melintas ke berbagai negara di dunia. Dengan demikian, kita bisa menyimpulkan bahwa jaringan distribusi yang luas amat sangat penting sehingga suatu perusahaan dapat sukses.

Baca juga : Cara Agar Perusahaan FMCG Kecil Dapat Menjadi Besar

Karakteristik Perusahaan FMCG

Sebelum kita membahas mengenai brand/perusahaan-perusahaan FMCG terbesar di Indonesia, maka terlebih dahulu kita akan mengetahui apa saja yang menjadi karakteristik dari perusahaan FMCG ini.

1. Karakteristik FMCG dari Perspektif Konsumen

  • Yang pertama adalah pembelian yang berulang.
  • Harga yang lebih terjangkau atau murah.
  • Waktu penyimpanan yang berlangsung lebih pendek dari barang lain, selain FMCG.
  • Dikonsumsi oleh konsumen secara terus-menerus.

2. Karakteristik FMCG dari Perspektif Penjual

Sedangkan untuk karakteristik produk FMCG yang dilihat dari perspektif penjual adalah sebagai berikut:

  • volume penjualan yang tinggi karena FMCG sering digunakan oleh konsumen.
  • Margin kontribusi yang rendah.
  • Dan yang terakhir adalah distribusi ekstensif.

Ragam Jenis Produk FMCG

Di awal tadi kita memang sudah mengetahui sedikit mengenai apa saja contoh dari produk FMCG ya. Untuk lebih jelas dan lengkapnya lagi mengenai ragam jenis produk FMCG, Anda dapat mengetahui berbagai kategorinya di bawah ini:

  1. Makanan olahan, seperti pasta siap seduh, bubur ayam siap seduh, sereal, mie instan, nasi instan dan lain sebagainya.
  2. Minuman, seperti air mineral dalam kemasan, jus kemasan, soda, kopi kemasan, jelly, nata de coco, es cokelat kemasan dan lain sebagainya.
  3. Pastry, seperti berbagai snack yang memiliki rasa manis, kue, roti dan lain sebagainya.
  4. Makanan segar dan beku, seperti sayuran, salad buah, salad sayur, kentang goreng beku, chicken nugget, sosis ayam, sosis sapi, bakso, chicken karage, udang tempura dan lain sebagainya.
  5. Obat-obatan, seperti vitamin dan obat yang bisa dibeli oleh konsumen meskipun tanpa resep.
  6. Alat kebersihan, seperti sabun pencuci piring, pembersih lantai, deterjen dan lain sebagainya.
  7. Kosmetik dan perawatan pribadi, seperti pasta gigi, sampo, sabun mandi, lulur tubuh, body lotion, sabun pembersih wajah, makeup, hand cream ataupun berbagai kosmetik lainnya.
  8. Perlengkapan untuk menunjang pekerjaan kantor, seperti penggaris, pena, pensil, penghapus, spidol, dan lainnya.

Selain ragam jenis produk FMCG di atas, sebenarnya masih ada banyak jenis produk FMCG lain, namun sebagian besarnya memang seperti 8 poin di atas tadi. 

Pada intinya produk atau barang FMCG diproduksi secara besar-besaran, karena konsumen pun sering membeli produk FMCG ini. Barang FMCG maksimal dapat disimpan selama 2 tahun saja.

10 Brand/Perusahaan-Perusahaan FMCG Terbesar di Indonesia

Dan sekarang kita telah masuk ke pembahasan mengenai apa saja brand/perusahaan-perusahaan FMCG terbesar di Indonesia. Yang pastinya perusahaan-perusahaan di bawah ini sudah sangat akrab dengan Anda, karena bisa dengan mudah ditemukan mulai dari di warung kecil, minimarket hingga supermarket besar.

1. Indofood

indofood fmcg terbesar
sumber : jakpost

Di urutan pertama adalah Indofood yang memang di Indonesia sendiri namanya sudah sangat terkenal karena produk mie instannya yaitu Indomie. Berkat merek Indomie, perusahaan Indofood kini telah sukses dikenal tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di negara lain yang ada di kawasan Asia, Eropa dan lainnya.

Meskipun orang-orang lebih banyak mengetahui Indofood adalah perusahaan mie instan, pada kenyataannya Indofood tidak hanya memproduksi mie instan saja. Ada berbagai jenis produk lain seperti sirup, produk olahan susu, bumbu penyedap rasa, makanan ringan, dan makanan bayi.

Dulunya, perusahaan ini bukanlah bernama Indofood, melainkan PT Panganjaya Intikusuma, setelah itu namanya pun diubah menjadi PT Indofood Sukses Makmur di tahun 1994. Sedangkan untuk di BEI (Bursa Efek Indonesia), Indofood lebih dikenal dengan sebutan INDF. Harga IPO perdana saham Indofood kini seharga Rp 7.175 ribu per lembarnya.

2. Procter & Gamble (P&G)

p&g brand fmcg terbesar
sumber : marketing-interactive

Anda pasti sudah tidak asing dengan perusahaan yang bernama Procter & Gamble atau yang lebih sering dikenal dengan P&G ini ya. P&G adalah salah satu perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang pada saat itu ditemukan pada tahun 1837 oleh William Procter dan James Gamble. Perusahaan ini lebih berfokus untuk memproduksi berbagai produk kesehatan dan juga kebersihan pribadi. Produk-produk tersebut juga dibagi menjadi ke beberapa jenis, yaitu produk kosmetik, keluarga, bayi dan rumah.

3. Wings Indonesia

wings indonesia fmcg terbesar
sumber : wartaekonomi

Wings Indonesia juga sama seperti Indofood yang juga dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi mie instan dengan brand Mie Sedaap. Wings Merupakan perusahaan FMCG yang bisa dikatakan populernya sama seperti Indofood. Salah satu jenis produk dari Wings Indonesia yang paling dikenal oleh masyarakat adalah sampo.

Tapi sebenarnya, tidak hanya itu, karena Wings Indonesia juga memiliki berbagai produk FMCG lainnya seperti minuman, bumbu dapur seperti kecap manis, sabun mandi, sabun untuk mencuci baju dan juga makanan.

Sedangkan untuk beberapa merek/brand yang paling dikenal adalah Sabun Giv, Teh Rio, Ale-Ale, Sabun Ekonomi, Sabun Wings, TOP Coffee, sabun Nuvo, Nuvo hand sanitizer dan lain sebagainya.

Wings Indonesia hadir pada tanggal 21 September tahun 1948. Awalnya perusahaan ini tidak bernama Wings Indonesia, tapi Fa Wings. Kemudian nama diganti lagi menjadi Wings Surya, hingga entah sejak kapan nama Wings Indonesia resmi digunakan oleh perusahaan ini. Karena kemunculannya yang sudah sejak lama, tidak heran ya bahwa Wings Indonesia sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia.

4. Kapal Api Global

kapal api indonesia fmcg terbesar
sumber : latifatulchusna

Ada banyak brand kopi yang ada di Indonesia, bahkan setiap daerah memiliki brand kopinya sendiri. Tapi jika masyarakat ditanya mengenai kopi instan sachet yang paling sering dibeli, pasti jawabannya adalah Kapal Api.

Kopi memang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia, bahkan untuk sebagian orang setiap pagi hari akan jadi lebih bersemangat jika menikmati secangkir kopi hangat. Tidak hanya digunakan sebagai brand kopi, tapi Kapal Api juga digunakan untuk nama perusahaannya yaitu Kapal Api Global.

Perusahaan yang berdiri pada tahun 1979 ini awal perjalanannya bermula di Sidoarjo dan seiring dengan berjalannya waktu telah berkembang menjadi perusahaan FMCG besar di Indonesia.

Selain dimulai dari Santos Jaya Abadi, ternyata perusahaan Kapal Api Global juga membawahi berbagai unit bisnis lainnya, antara lain yaitu dari PT Excelso Multi Rasa, PT Santos Premium Krimer, PT Agel Langgeng, PT Fastrata Buana, hingga PT Sulotco Jaya Abadi.

5. Unilever Indonesia

unilever fmcg
sumber : jakpost

Jika berbicara mengenai perusahaan FMCG besar di Indonesia, pasti tidak lengkap rasanya jika tidak memasukkan perusahaan yang satu ini, yaitu Unilever. Unilever dikenal sebagai raksasa dari bisnis di Indonesia, padahal kenyataannya bukan hanya di Indonesia saja karena Unilever juga menjadi raksasa dari bisnis internasional. Kita bisa dengan mudah menemukan produk dari perusahaan Unilever di berbagai tempat, mulai dari warung kelontong, minimarket, supermarket dan lain sebagainya.

Produk dari Unilever pun ada beragam jenisnya, mulai dari Royco, Pepsodent, Sabun Lux, sabun Lifebuoy, Sunlight, Sunsilk, Rinso dan berbagai brand lainnya.

Seseorang yang mendirikan Unilever bernama William Hesketh Lever pada tahun 1890-an. Ia juga menciptakan sabun anti kuman Lifebuoy pada tahun 18904, dan selanjutnya menciptakan sabun cuci piring Sunlight di tahun 1930-an yang hingga saat ini masih berada di pasaran dan menjadi sabun pencuci piring yang paling laris.

6. Johnson & Johnson.

johnson johnson baby fmcg terbesar
sumber : bbci

Perusahaan FMCG yang selanjutnya adalah Johnson & Johnson. Nah, perusahaan Johnson & Johnson yaitu merupakan suatu perusahaan multinasional yang didirikan pada tahun 1886. Perusahaan Johnson & Johnson ini lebih berfokus untuk memproduksi produk kesehatan, produk pertolongan pertama, produk bayi dan tidak lupa produk kecantikan.

Berbagai produk yang dihasilkan dari Johnson & Johnson adalah baby oil, sabun mandi bayi, bedak bayi dan lain sebagainya.

7. Frisian Flag Indonesia

frisian flag susu fmcg indonesia
sumber : wartaekonomi

Frisian Flag Indonesia juga menjadi salah satu perusahaan FMCG terbesar yang ada di Indonesia. Brand ini memang lebih identik dengan produk minuman seperti susu. Sedangkan produk dari Frisian Flag Indonesia yang paling terkenal adalah susu kental manis Bendera.

Ada berbagai jenis susu yang diproduksi oleh Frisian Flag Indonesia seperti susu bubuk, susu siap minum, susu kental manis (seperti susu Bendera), susu khusus untuk ibu dan balita, susu untuk batita dan lainnya.

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa Frisian Flag adalah anak dari perusahaan asal Belanda yaitu FrieslandCampina. Dari perusahaan Belanda tersebutlah, susu kental manis dapat masuk ke Indonesia dengan nama Soesoe Tjap Bendera di tahun 1922.

Karena respon masyarakat Indonesia yang cukup bagus mengenai produk tersebut, pada tahun 1969 akhirnya pabrik dengan nama Frisian Flag akhirnya dibangun di kawasan Pasar Rebo, Jakarta. Mulai dari kemunculannya, lambat laun perusahaan ini semakin berkembang hingga sebesar sekarang.

Hingga saat ini Frisian Flag menjadi salah satu produk susu yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

8. Mayora

mayora fmcg
sumber : tempo

Perusahaan Mayora didirikan pada tahun 1977 ini pastinya juga sudah tidak asing lagi ya di telinga masyarakat Indonesia. Produk-produk andalan dari perusahaan Mayora adalah seperti kopi, permen, biskuit dan makanan ringan lainnya yang juga populer dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Mayora juga menjadi incaran banyak pelamar kerja, karena karena jenjang karir yang dianggap sangat menjanjikan.

9. The Coca-Cola Company

coca cola fmcg indonesia
sumber : kompas

Mendengar namanya saja kita sudah mengetahui produk apa yang dihasilkan oleh perusahaan ini ya. The Coca-Cola Company adalah suatu perusahaan multinasional yang berasal dari Amerika Serikat. Perusahaan ini khusus memproduksi dan juga memasarkan berbagai minuman kemasan yang tentunya non-alkohol dan minuman-minuman ini sangat mudah kita jumpai.

Meskipun The Coca-Cola Company markasnya ada di Amerika Serikat, franchisenya juga tersebar di banyak tempat dan bahkan produk-produknya telah didistribusikan sejak tahun 1889.

Meskipun bisa dibilang “hanya” menjual produk minuman saja, tapi keuntungan yang didapatkan dari penjualan minuman-minuman tersebut sangat tinggi. Apalagi produk-produknya telah dikenal oleh sebagian besar masyarakat dunia.

10. Nestlé

nestle indonesia fmcg
sumber : twimg

Dan terakhir ini adalah Nestlé yang merupakan sebuah perusahaan multinasional juga asal Swiss. Nestlé lebih dikhususkan untuk memproduksi produk FMCG seperti makanan dan minuman. Jika dilihat berdasarkan dari dari revenue dan matriksnya, Nestlé merupakan perusahaan produsen makanan yang terbesar di dunia.

Perusahaan Nestlé sendiri didirikan pada tahun 1905 dan ternyata hasil gabungan dari perusahaan Anglo-Swiss Milk Company dan Farine Lactée Henri Nestlé yang didirikan pada 1866.

Perusahaan ini pun akhirnya berkembang dengan sangat pesat pada saat perang dunia pertama dan kedua (WW 1 dan WW 2). Produk-produk yang dihasilkan dari Nestlé adalah  air mineral dalam kemasan, sereal, kopi, teh, berbagai makanan beku, susu steril, kudapan dan makanan hewan. Dan ternyata Nestlé juga menjadi salah satu pemegang saham dari L’Oreal yang merupakan salah satu perusahaan kosmetik multinasional terbesar di dunia.

Baca juga : Menentukan Target Pasar Yang Tepat Untuk Bisnis FMCG

Aplikasi yang Paling Tepat untuk Bisnis FMCG

Merchant logo 1611808981

Aplikasi juga sangat dibutuhkan oleh bisnis FMCG. Aplikasi tersebut adalah SimpliDOTS yang akan membantu kelancaran jalannya bisnis FMCG. Berikut alasan kenapa bisnis FMCG memerlukan aplikasi SimpliDOTS:

  1. Adanya fitur Collection, sehingga akan sangat memudahkan Anda pada saat proses penagihan. Jadi, Anda tidak perlu lagi membawa banyak dokumen yang merepotkan.
  2. Interface yang menarik dan simple sehingga lebih mudah untuk digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun.
  3. Adanya fitur untuk cek history pembayaran sehingga memudahkan manajemen keuangan perusahaan untuk penataan.

Aplikasi SimpliDOTS juga memiliki berbagai fitur menarik lainnya yang sangat ideal bagi perusahaan besar, menengah dan kecil sekalipun. Daftar sekarang di sini GRATIS 14 hari uji coba aplikasi SimpliDOTS. 

Baca juga : Blockchain Dan Pengaruhnya Dalam FMCG