Cara Agar Perusahaan FMCG Kecil Dapat Menjadi Besar

Cara Agar Perusahaan FMCG Kecil Dapat Menjadi Besar

Selama bertahun-tahun, industri barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG) telah mengalami evolusi yang cepat dan cukup besar. Pertama, platform seperti Amazon telah menjadi jauh lebih populer dan memaksa toko fisik untuk beradaptasi dengan cepat. Di sisi lain, model bisnis baru seperti layanan langganan telah muncul dan melayani pasar khusus. Tentu saja, Internet dan berbagai perkembangan teknologi juga terus memberikan pengaruh terhadap cara perusahaan FMCG menjalankan bisnisnya.

Semua ini bisa menjadi menakutkan untuk sebuah perusahaan FMCG kecil, terutama jika baru saja mulai memulai. Namun, tidak mustahil bagi bisnis skala kecil Anda untuk mendominasi sektor yang sangat kompetitif. Melakukan penelitian pasar bisa menjadi langkah besar dan tidak pasti untuk bisnis FMCG kecil. Perusahaan-perusahaan ini dapat relatif terbatas dalam kapasitas mereka untuk mengembangkan proyek-proyek skala besar dan mengumpulkan pendapat tentang anggaran yang ketat. Hal ini membuat lebih sulit bagi perusahaan untuk menetapkan kebutuhan untuk menghabiskan uang pada sesuatu yang memakan begitu banyak waktu mereka. 

Namun, ada tanpa henti alasan mengapa perusahaan kecil harus berinvestasi dalam penelitian pasar. Tetapi, untuk mencapai keberhasilan, jelas persyaratan bisnis yang khusus diperlukan. Hasilnya bisa sangat berharga dan berwawasan luas. Misalnya, menemukan peluang inovatif di pasar, mendapatkan pengertian tentang konsumen trend atau bahkan meningkatkan kampanye iklan ke tingkat berikutnya. Potensi ada, tapi perusahaan perlu menemukan alat penelitian yang tepat untuk memaksimalkan kesempatan.

Apa itu FMCG?

Apa itu FMCG Cara Agar Perusahaan FMCG Kecil Dapat Menjadi FMCG Besar
sumber : freepik

Secara umum, FMCG adalah barang konsumen yang cepat bergerak. Atau, biasa disebut dengan barang kemasan konsumen. Hal ini mengacu pada produk-produk yang memiliki banyak permintaan, dijual cepat, dan harganya murah. Benda tersebut dianggap “cepat bergerak” karena mereka cepat meninggalkan rak toko atau supermarket karena konsumen terus – menerus menggunakannya secara teratur setiap hari.

Contoh Fast-Moving Barang Konsumen (FMCG)

Barang konsumen cepat bergerak termasuk makanan kemasan, alat toilet, minuman, alat tulis, obat bebas, produk pembersih dan cucian, barang plastik, produk perawatan pribadi, serta barang elektronik pengguna yang lebih murah, seperti ponsel dan headphone.

Beberapa barang konsumen yang bergerak cepat sangat mudah rusak, seperti daging, produk susu, makanan panggang, buah, dan sayuran. Diskon yang ditawarkan oleh toko, dan oleh liburan dan periode musim lainnya mempengaruhi penjualan FMCG.

Baca juga : Pentingnya Branding Bagi Perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG)

Tips membuat perusahaan FMCG kecil menjadi besar

Tips membuat perusahaan FMCG kecil menjadi besar
sumber : merdeka

1. Berambisi boleh, tapi tetap realistis

Menentukan tujuan ambisius dapat menjadi motivasi. Rasanya menyenangkan untuk membayangkan diri Anda di atas, menjadi salah satu yang disebut “pengembang dan pelopor” dari industri Anda. Jangan takut bermimpi sedikit lebih besar, terutama ketika Anda merencanakan tujuan pada tengah dan jangka panjang. 

Namun, seberapa menyenangkan itu untuk membayangkan diri Anda mendapatkan jutaan atau bahkan milyaran, itu juga penting untuk mengingat SMART mnemonic lama: spesifik, dapat diukur, tercapai, relevan, dan tepat waktu. Sangat penting untuk realistis atau Anda akan mengatur diri Anda untuk kekecewaan.

2. Perusahaan FMCG dapat Menggunakan data untuk memperoleh keuntungan.

Saat ini, praktis segala sesuatu di Internet dapat dilacak dan diukur. Sebagai contoh, alat analisis website Anda dapat memberitahu Anda berapa lama pelanggan tinggal di sebuah halaman tertentu, produk yang paling dilihat, dan berapa persen persen dari pembeli meninggalkan keranjang online mereka. 

Sementara itu, situs media sosial seperti Facebook memungkinkan untuk mengumpulkan informasi seperti jenis kelamin, kepentingan, pengalaman pendidikan, dan banyak lagi. Semua ini dapat membantu Anda berhasil memulai bisnis Anda dan menyempurnakan layanan Anda untuk mengatasi masalah dan memenuhi dan melebihi harapan pelanggan.

  • Riset 

Anda dapat menganggap ini sebagai aturan, rencana bisnis Anda tanpa penelitian yang baik tentang pelanggan Anda adalah kegagalan hebat, selalu menempatkan ini dalam pikiran Anda bahwa Anda harus melakukan penelitian dasar pelanggan Anda.

Anda harus mempelajari karakteristik pelanggan Anda agar Anda bisa tahu bagaimana menarik mereka ke merek Anda. Riset ini bukan hanya tentang pelanggan tetapi Anda juga dapat mencari platform yang sempurna untuk mewakili merek Anda, riset tentang format, trend terbaru di media sosial.

  • Audiens Anda

Audiens pasar Anda adalah dasar untuk bisnis Anda, sehingga Anda harus mempelajari karakteristik audiens Anda. Anda harus berinteraksi dengan mereka dengan mengajukan pertanyaan atau meminta mereka untuk menulis review, itu adalah cara terbaik untuk memiliki visi yang sempurna tentang kebutuhan pelanggan Anda dan apa yang mereka harapkan dari merek Anda.

  • Platform media sosial

Kita berada di 2021 dan sekarang tidak ada yang bisa menyangkal efek besar dari media sosial pada hidup kita. Ini adalah cara tercepat di mana orang berkomunikasi, sehingga Anda harus memberikan perhatian yang tepat ketika penelitian platform yang sempurna untuk merek Anda. Anda tidak dapat memilih platform yang tepat jika Anda hanya bergantung pada popularitasnya di antara platform lainnya.

Ini akan menjadi kesalahan besar, jadi Anda harus tahu apa yang ditawarkan setiap platform untuk bisnis Anda, dengan mengetahui sifat setiap platform. Anda harus mendefinisikan tujuan Anda, sebagai seseorang yang bekerja di Perusahaan FMCG mengajukan tujuan Anda di media sosial akan menarik pelanggan untuk membeli produk Anda. 

Tak hanya itu, tambahkan untuk tujuan Anda bahwa Anda harus membangun hubungan yang baik dengan penonton Anda. Pasar FMCG, Facebook, Twitter, dan Instagram akan menjadi platform terbaik untuk produk Anda, karena sifatnya.

  • Format

Setelah memilih platform yang sempurna dimana Anda akan bekerja sama, Anda harus mengikuti format yang sempurna untuk mewakili merek Anda jika Anda ingin hasil yang lebih baik.

Setiap platform adalah dunia itu sendiri, hanya karena jenis postingan tertentu dapat membuat efek besar pada platform, namun tidak berarti membuat efek yang sama pada platform lain.

  • Tren pasar

Tren itu penting, karena mereka lebih seperti panduan untuk Anda. Menyadari tentang tren saat ini dan terbaru dan tidak hanya di media sosial sangat penting untuk strategi penelitian pasar Anda. Mampu memahami tren saat ini, membantu Anda untuk memprediksi pasar masa depan. Tidak hanya itu, terkadang ia memperingatkan Anda tentang kesalahan dengan sistem strategi Anda. Mengetahui trend akan membuat Anda berpikir sedikit lebih dari biasanya, yang berarti ide-ide yang lebih kreatif. Menjaga dengan tren juga membantu Anda untuk memperbaiki strategi perusahaan FMCG Anda.

Riset dalam FMCG dapat memberikan Anda dengan data yang lebih berharga. Dengan bantuan perusahaan penelitian yang dapat diandalkan, Anda dapat melakukan berbagai tes untuk mengukur minat, daya tarik produk, dan banyak lagi. Anda juga dapat mempelajari segmentasi pasar lebih dekat, mengidentifikasi peluang, dan menentukan daerah di mana Anda dapat menawarkan lebih berharga.

Untuk data yang didapatkan dari internet dan penelitian pasar, yang terbaik untuk mendapatkan nomor dan analisis yang paling terbaru mungkin. Dengan cara ini, Anda dapat menjawab lebih cepat untuk perubahan permintaan dari pelanggan modern. Dengan alat dan informasi yang tepat, Anda bahkan dapat mengubah persepsi pelanggan Anda terhadap merek Anda. Ingat: jika dapat diukur, itu dapat diperbaiki.

3.  Perusahaan FMCG Dapat Hadir pada media sosial

‘F’ di FMCG berarti cepat, dan sekarang, media sosial adalah tentang cara tercepat Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Banyak dari mereka menggunakan platform digital tidak hanya untuk membuat pembelian mereka tetapi juga untuk mengeluh jika mereka mendapatkan layanan kurang dari bintang. Media sosial telah memberikan orang-orang panggung yang lebih besar, di mana banyak lebih dari rekan-rekan mereka dapat mendengar mereka, dan Anda dapat bertaruh bahwa mereka bersedia untuk menggunakannya. Jika Anda tidak hadir di platform ini, Anda mungkin tidak menangkap krisis PR potensial yang sedang terjadi.

Namun, kehadiran media sosial Anda bukan hanya untuk mengendalikan kerusakan. Ini juga untuk keterlibatan positif. Anda dapat membuat kampanye yang mendorong perjuangan dan pengadu merek. Anda dapat memulai promosi eksklusif untuk pelanggan yang paling setia. Anda bahkan dapat menggunakan untuk menguasai tren yang dapat memberikan bisnis Anda lebih expose dengan modalitas minimal. Hal kunci untuk diingat adalah bahwa Anda tidak harus berada di setiap situs jaringan sosial. Cari tahu di mana pasar Anda, dan pastikan bahwa Anda memiliki kehadiran yang kuat di platform itu.

4. Harga barang

Sebelum menentukan nilai atau harga produk, pastikan produk Anda sudah memenuhi kebutuhan dan kualitas standar. Itulah sebabnya, Anda harus melakukan penelitian pasar pada pesaing dan di pasar FMCG, ada dua strategi harga yakni EDLP dan HILO.

EDLP: Setiap hari harga rendah adalah strategi harga dimana Anda menawarkan harga rendah untuk pelanggan Anda tanpa harus menunggu untuk jual atau promosi dan ini bekerja pada susu, telur, dan kebutuhan rumah tangga.

HILO: Penetapan harga tinggi-rendah adalah strategi di mana produk Anda diberi harga lebih tinggi daripada pesaing, tetapi harga yang lebih rendah ditawarkan dengan istilah lain, dan itu berlaku untuk cokelat dan produk mewah.

Jadi intinya Anda harus dapat menyeimbangkan dan memilih harga yang tepat untuk setiap produk perusahaan FMCG Anda.

5. Distribusi barang

Distribusi adalah salah satu langkah yang paling penting untuk keberhasilan Anda dalam perusahaan FMCG. Melalui distribusi produk tersedia untuk setiap outlet, yang menunjukkan keterlibatan nyata dengan audiens Anda dan yang terjadi dalam dua cara (melalui outlet dan supermarket, dan website online).

Lingkungan supermarket memungkinkan pelanggan untuk berkomitmen langsung dengan merek Anda dan produk Anda, memungkinkan merek Anda menjadi lebih terkenal dan terkenal, tetapi juga membutuhkan bahwa produk Anda harus tiba tepat waktu. Anda harus memilih pemasok yang memahami tekanan kebutuhan pelanggan. Seorang pemasok yang memahami perubahan musim dan dapat menawarkan sistem manajemen yang baik.

Dan untuk distribusi online, tidak semua produk FMCG dapat dijual online. Tapi dengan peluncuran banyak website yang memungkinkan Anda membeli beberapa produk FMCG online, semakin banyak pelanggan mulai berbelanja online.

Dan karena dunia sibuk, jika pelanggan memiliki niat untuk membeli produk Anda, mereka akan memilih produk pesaing jika Anda tidak tersedia dalam stok online. Tak hanya itu, Anda dapat menguntungkan dari stok online bahwa itu akan memberikan Anda keuntungan bisa mencapai audiens di luar lokasi terbatas, yang tidak tersedia di pasar lokal. Dan jenis distribusi ini dapat bekerja pada kosmetik kecantikan untuk rambut dan kulit, dan dapat bekerja pada elektronik konsumen seperti ponsel, headphone, charger, dan sebagainya.

6. Perusahaan FMCG Melakukan Pemasaran lewat Influencer

Saat ini, Influencer dapat membuat titik balik besar bagaimana rencana strategis Anda di pasar FMCG, karena kekuatan mereka mencapai sejumlah besar dan juga meningkatkan konsumen kesadaran terhadap produk merek Anda. Pengaruh marketing ini sangat berguna karena pelanggan lebih mungkin percaya pada merek FMCG Anda, ketika seseorang yang mereka percaya merekomendasikannya kepada mereka.

7. layanan pelanggan yang ditingkatkan

Ini adalah bagian yang paling penting dalam proses penjualan ketika datang ke Perusahaan FMCG, tim pelayanan pelanggan haruslah professional dan perlu memiliki keterampilan besar dalam berkomunikasi untuk menjaga pelanggan Anda setia kepada bisnis Anda.

Biarkan pelanggan merasa bahwa mereka dapat mengandalkan layanan setelah penjualan Anda untuk produk-produk yang berkualitas tinggi. Data yang Anda terima saat membuat pelanggan mendaftar untuk situs Anda dapat digunakan untuk berkomunikasi lebih lanjut, seperti mengirimkan tawaran khusus kepada pelanggan Anda. Ingat bahwa membuat pelanggan Anda bahagia dan puas membuat bisnis Anda tetap di atas, dan juga membuat pelanggan tetap dengan merek Anda.

8. Jangan lupakan bahwa konsumen itu juga manusia

Dalam pengumpulan dan analisis data, pemasaran kadang-kadang jatuh ke dalam perangkap melihat konsumen hanya sebagai angka dan ini adalah kesalahan besar. Ingat bahwa konsumen Anda, seperti Anda, adalah manusia. Tetap berpusat pada konsumen dengan menghindari terseret ke dalam pusaran spreadsheet, rencana media, dan grafik. Mungkin terdengar klise, tapi coba menempatkan diri di posisi pelanggan Anda, dan berpikir bagaimana Anda akan merespon pada teknik marketing Anda sendiri. Pada akhirnya, apakah Anda adalah Perusahaan FMCG skala kecil atau konglomerat internasional, pemasaran adalah semua tentang emosi dan pengalaman.

Pasar FMCG yang bagus adalah industri yang sangat kompetitif yang membutuhkan banyak keterampilan. Penelitian adalah kunci untuk sukses dan selalu menganalisa hasil pesaing Anda, dan menganalisis Anda juga. Rencana marketing Anda mewakili merek Anda dan ide-ide Anda. Pelanggan Anda adalah ukuran proses Anda. Memasuki dunia barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG) itu menarik, tetapi membutuhkan tim yang kuat, untuk mengikuti pasar.

Anda mungkin pernah mendengar ini sebelumnya, tapi keberhasilan sejati tidak dicapai dalam semalam. Lebih dari itu, hanya ada segenggam unicorn di laut ribuan bisnis. Dengan kerja keras yang digabungkan dengan penggunaan teknologi dan informasi yang tepat, Perusahaan FMCG yang kecil pun dapat menjadi besar.

Baca juga : Permasalahan Umum Yang Sering Terjadi Di Bisnis FMCG Dan Cara Mengatasinya

SimpliDOTS, aplikasi distribusi keuangan terbaik Untuk Perusahaan FMCG

Merchant logo 1611808981

Setiap Perusahaan FMCG baik skala kecil maupun Perusahaan FMCG besar harus menggunakan aplikasi keuangan online yang sudah terintegrasi dengan cloud. Sistem ini akan membantu proses transaksi dan distribusi dalam perusahaan FMCG. Salah satunya adalah SimpliDOTS, yang siap menjawab semua tantangan yang perlu dihadapi oleh Perusahaan FMCG terutama pada industri distribusi barang. 

Aplikasi ini akan membantu Anda sebagai Perusahaan FMCG kecil dalam mengembangkan bisnis Anda supaya lebih besar. Kemudahan bisa didapatkan dengan menggunakan SimpliDOTS SFA yang cocok untuk salesman, SimpliDOTS monitoring untuk manager, dan SimpliDOTS retail untuk pengecer. 

Nikmati semua kemudahannya dengan mendaftar melalui tautan ini dan dapatkan trial aplikasi SimpliDOTS GRATIS selama 14 hari.

Baca juga : Software untuk Distributor Di Perusahaan FMCG