5 Macam Software ERP Untuk Bisnis FMCG

5 Macam Software ERP Untuk Bisnis FMCG

Di zaman yang serba cepat ini, semua hal termasuk arus informasi di dalam internal perusahaan, juga dituntut untuk menjadi sangat cepat. Lebih tepatnya, tidak hanya cepat tapi juga akurat. Sebab, kecepatan dan keakuratan ini berpengaruh terhadap kualitas pelayanan perusahaan dan pendapatan perusahaan tersebut secara langsung. 

Oleh karena itu, saat ini ada software ERP yang siap membantu mengelola arus informasi di perusahaan Anda. Software ERP atau Enterprise Resource Planning adalah software yang mengintegrasikan aliran data internal perusahaan dari setiap stakeholder yang membutuhkan. 

Dengan aplikasi ini, Anda tidak hanya dapat mengetahui berapa jam karyawan Anda melakukan lembur demi mendapatkan hasil yang maksimum tetapi juga berapa total gaji lembur yang diberikan oleh bagian keuangan kepada karyawan tersebut. 

Hal ini tentu memudahkan manajemen untuk mengambil keputusan, entah itu keputusan terkait keuangan, pengelolaan sumber daya manusia dan bahkan keputusan terkait supply bahan baku dan produk jadi ke pasaran. 

Oleh karena itu, saat ini ada banyak software aplikasi yang beredar di Indonesia. Namun, sayangnya seringkali software-software tersebut kurang cocok untuk digunakan dalam bisnis tertentu. Sebab, seperti yang kita ketahui, masing-masing industri memiliki karakteristik yang berbeda. 

Begitu pula dengan bisnis FMCG atau Fast Moving Consumer Goods. Tidak semua software ERP cocok untuk digunakan di bisnis ini sebab, struktur bisnis FMCG berbeda dengan struktur bisnis industri lainnya seperti, industri manufaktur atau jasa. Berikut ini, 5 software ERP terbaik yang cocok untuk digunakan dalam bisnis FMCG:

1. Software ERP : iDEmpire

5 Macam Software ERP Untuk Bisnis FMCG
sumber : comparecamp

iDEmpire adalah salah satu software ERP yang cocok dengan bisnis FMCG. Alasannya adalah konfigurasi dan modul software ini dapat diubah sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Belum lagi software ini juga bisa dipakai secara bebas biaya alias gratis. Hanya saja, usia software ini sudah mencapai 20 tahun sehingga Anda perlu mengembangkannya sedikit lebih lanjut agar penggunaan software ini sesuai dengan kebutuhan bisnis FMCG terkini. 

Akibatnya, meskipun gratis Anda harus mengeluarkan waktu tambahan atau sejumlah biaya untuk mempelajari dan mengoptimalkan software ini dalam bisnis Anda. Namun, proses pembelajaran terbaik adalah belajar sambil praktik meskipun terkadang ada biaya yang harus dikeluarkan. 

2. Software ERP : Oracle E-Business Suite (EBS)

5 Macam Software ERP Untuk Bisnis FMCG
sumber : pingkey

Software ERP ini adalah salah satu software yang dikembangkan oleh Oracle Corp, salah satu perusahaan teknologi komputer terbesar di dunia. Software ini terdiri dari beberapa aplikasi pengelolaan data perusahaan yang sudah terintegrasi satu sama lain sehingga arus informasi perusahaan tersebut dapat diakses dengan lebih mudah. 

Alasan mengapa software ini cocok untuk perusahaan yang bergerak di bidang FMCG adalah aplikasi yang disediakan sudah sangat lengkap mulai dari aplikasi pengelola keuangan hingga aplikasi pengelolaan manajemen gudang serta kapasitas penyimpanannya yang sangat kuat. Berikut ini aplikasi yang disediakan software asal Amerika Serikat ini:

  • Oracle CRM (Customer Relationship Management)

Dengan aplikasi ini Anda bisa mengelola data yang berkaitan dengan customer Anda seperti, mengelola call center, menerima pesanan dari customer, menerima komplain dan lain-lain. 

  • Oracle Financial

Software ERP ini, akan membantu Anda mengelola keuangan perusahaan Anda mulai dari pencatatan jurnal keuangan harian, pengelolaan kas, analisis keuangan dan lain sebagainya. 

  • Oracle Human Resource Management System (HRMS)

Software Oracle juga menyediakan aplikasi khusus untuk menangani permasalahan sumber daya manusia di perusahaan Anda. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengatur data karyawan perusahaan mulai dari masalah perekrutan, gaji, bonus hingga pesangon jika ada karyawan Anda yang pensiun. 

  • Oracle Logistic

Oracle Logistic adalah modul yang bisa Anda manfaatkan untuk mengelola alur logistik barang dan jasa di perusahaan Anda. Alur ini bisa mulai dari proses produksi dan kendala nya hingga barang tersebut sampai di gudang. 

  • Oracle Transportation Management System

Aplikasi ini adalah aplikasi yang digunakan oleh perusahaan untuk memastikan bahwa barang yang mereka produksi telah sampai di gudang, retailer atau bahkan konsumen secara langsung. Aplikasi ini dibutuhkan mengingat seringkali ada kendala dalam proses pengiriman yang berakibat kepada keterlambatan penyampaian barang ke pihak terkait. 

  • Oracle Warehouse Management System

Pengelolaan kapasitas gudang adalah salah satu kunci efisiensi dalam pengiriman barang dan jasa terutama untuk produk-produk perusahaan FMCG. Hal ini mengingat bahwasanya komoditas yang diproduksi perusahaan FMCG adalah komoditas yang memiliki tanggal kadaluarsa. Akibatnya, perlu pengelolaan gudang yang efektif dan efisien.

Baca juga : Mengapa Aplikasi Logistik Dibutuhkan Oleh Perusahaan Anda?

3. Software ERP : SAP Business One

5 Macam Software ERP Untuk Bisnis FMCG
sumber : RC electronic

Salah satu software ERP yang paling terkenal dan banyak digunakan di Indonesia adalah software SAP Business One. SAP Business One adalah salah satu jenis software ERP merk SAP yang dikembangkan oleh ahli teknologi asal Jerman. 

Software ERP ini banyak digunakan bukan dengan tanpa alasan. Alasannya adalah paket integrasi aplikasi dan data yang ditawarkan sangat lengkap dan bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan. Selain itu, SAP Business One juga tidak hanya tersedia versi Cloud ERP Software saja, tetapi juga tersedia versi On-Premise ERP yaitu software ERP yang khusus dipasang di sebuah perusahaan saja. 

SAP Business One memiliki 15 aplikasi modul yang saling terhubung satu sama lain. 15 aplikasi inilah yang nantinya akan membantu secara langsung proses distribusi data perusahaan. Berikut ini 15 aplikasi modul yang dimiliki oleh SAP Business One:

  • Administration

Aplikasi ini berfungsi sebagai aplikasi yang mengatur aplikasi lain dalam jejaring modul SAP Business One. Oleh karena itu, apabila terdapat perbaikan, modifikasi, pemberian otorisasi kepada pengguna atau hal-hal lain yang terkait dengan aplikasi modul SAP Business One lain perbaikan atau modifikasi tersebut harus melalui aplikasi ini. 

  • Customer Relationship Management

Sesuai dengan namanya, modul ini digunakan untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Hanya saja, modul ini tidak memiliki fitur tertentu secara khusus. Staff hanya bertugas menyelesaikan urusan dengan seorang pelanggan dengan memasukkan request dari pelanggan tersebut ke dalam modul yang lainnya.

  • Financial

Semua data keuangan dan akuntansi dapat Anda kelola melalui aplikasi ini. Dalam aplikasi ini, Anda bisa memasukkan sejumlah besar data akun keuangan harian mulai dari pembelian bahan baku, pendapatan dari pelanggan hingga uang lembur karyawan, semua bisa Anda masukkan dan Anda kelola melalui aplikasi ini. 

  • Opportunities

Seringkali pihak manajemen memiliki pertimbangan lain mengenai peluang pengembangan pasar baru atau peluang memperoleh supplier lain dengan harga yang lebih murah. Semua data mengenai peluang tersebut ada di dalam modul ini sehingga pihak manajemen dapat lebih mudah menentukan arah kebijakan perusahaan yang lebih efektif dan efisien.

  • Sales

Modul ini berfungsi untuk membantu karyawan di bagian penjualan perusahaan Anda untuk mengelola data penjualan mulai dari memasukkan data pesanan dari pelanggan hingga data keuangan yang berkaitan dengan pelanggan tersebut. 

  • Purchasing

Anda dapat mengelola data-data dari bagian pembelian atau pengadaan barang di perusahaan Anda menggunakan aplikasi ini. Data-data yang bisa dimasukkan ada berbagai macam mulai dari data jumlah barang hingga harga masing-masing barang tersebut.

  • Banking

Data-data pembayaran dari aplikasi Sales dan Purchasing kemudian akan masuk ke dalam aplikasi ini. Tujuannya adalah agar setiap pembayaran baik pembayaran masuk maupun keluar perusahaan terjadi secara transparan dan bisa dipertanggungjawabkan. 

  • Business Partner

Aplikasi ini adalah aplikasi master yang digunakan oleh pihak manajemen untuk mengelola data pelanggan, supplier dan lain-lain.

  • Inventory

Aplikasi ini membantu perusahaan untuk mengelola data aliran barang dagangan mereka mulai dari data barang dagang yang baru saja diproduksi hingga data barang dagang tersebut di gudang di daerah-daerah. 

  • Resources

Aplikasi ini adalah aplikasi master yang menyimpan data-data mengenai SDM perusahaan dan mesin-mesin yang digunakan oleh perusahaan tersebut. 

  • Production / Project Management

Modul produksi dan manajemen proyek adalah dua modul yang berbeda yang berkaitan dengan produksi perusahaan. Pada modul produksi, Anda dapat menyimpan data pesanan dari pelanggan dan lain-lain sedangkan pada modul manajemen proyek, Anda dapat menyimpan data proyek produksi yang sedang, akan atau telah dilakukan. 

  • Material Requirement Planning

Modul ini adalah modul yang berkaitan dengan rencana produksi perusahaan. Data-data mengenai berapa jumlah tenaga kerja dan bahan baku yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu proyek di masa depan masuk ke dalam aplikasi ini. 

  • Service

Data-data mengenai kontrak baik itu kontrak dengan supplier, vendor atau bahkan karyawan tersimpan di aplikasi ini. 

  • Human Resource 

Aplikasi ini adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola data karyawan perusahaan. Data-data tersebut meliputi data pribadi karyawan tersebut, prestasi, jumlah gaji yang diterima dan lain sebagainya. 

Dengan fitur selengkap ini, maka tidak heran apabila SAP Business One menjadi salah satu ERP yang paling banyak digunakan. Hanya saja, untuk menggunakan ERP ini, Anda harus merogoh kocek ratusan juta hingga miliaran rupiah. 

4. Software ERP : Odoo

5 Macam Software ERP Untuk Bisnis FMCG
sumber : odoo

Perusahaan FMCG seringkali tidak hanya memiliki sistem pengelolaan barang dagang yang cepat dan tepat tetapi juga seringkali memiliki struktur bisnis yang cukup rumit. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila perusahaan dengan jenis bisnis ini membutuhkan software ERP yang menyediakan modul dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan modul ERP pada perusahaan lain pada umumnya. 

Software Odoo ERP memiliki kelebihan ini. Software ini mempunyai 37 modul yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 37 modul ini secara garis besar dapat dibagi menjadi 6  modul utama yaitu:

  • E-commerce

Modul ini mengintegrasikan data-data yang berkaitan dengan penjualan perusahaan mulai dari jumlah dan jenis pesanan dari pelanggan, rincian pembayaran pesanan pelanggan, hingga portal layanan yang dikhususkan untuk pelanggan. 

  • Customer Relationship Management (CRM)

Software Odoo ERP menawarkan aplikasi CRM dengan user interface yang didesain secara khusus untuk merekam dan menganalisis data penjualan yang dilakukan oleh pengguna software ini. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengakses data penjualan meskipun tidak memiliki sinyal internet yang memadai.

  • Inventory

Aplikasi ini adalah aplikasi dari Odoo ERP yang dibuat khusus untuk membantu pengelolaan stok barang dagang pengguna mulai dari produksi barang, pengantaran barang, penyimpanan barang hingga penerimaan barang dagang oleh konsumen. Stok barang dagang ini meliputi stok yang diproduksi sendiri oleh pengguna tersebut maupun stok yang diambil pengguna aplikasi ini dari supplier. 

  • Manufacturing

Apabila perusahaan Anda memproduksi barang dagang secara mandiri, Odoo ERP menyediakan aplikasi khusus untuk mengatur data-data produksi dan perakitan. Data-data ini mulai dari jumlah mesin dan sumber daya manusia yang digunakan hingga berapa jumlah barang dagang yang berhasil dibuat oleh perusahaan tersebut dalam suatu waktu. 

  • Accounting

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini adalah aplikasi dari Odoo ERP yang dikhususkan untuk pengelolaan keuangan perusahaan. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menyimpan waktu yang Anda gunakan untuk memasukkan data. Sebab, entry data di aplikasi ini dapat dimasukkan secara otomatis. 

  • Employee

Seluruh data yang berkaitan dengan sumber daya manusia disimpan dalam aplikasi ini. Tujuannya adalah agar pemangku keputusan dapat menentukan keputusan yang tepat sesuai dengan data-data pekerja tersebut. 

Kelebihan lain dari software ini adalah software open source yang dapat Anda unduh dengan biaya yang terjangkau. 

Hanya saja, kekurangan dari software Odoo ERP ini adalah modul-modul yang disediakan masih hanya menyediakan fitur yang relatif sederhana sehingga perlu untuk dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. 

 

5. Software ERP : SimpliDOTS

Merchant logo 1611808981

SimpliDOTS adalah salah satu software ERP yang dikembangkan oleh perusahaan pengembang teknologi dalam negeri. SimpliDOTS fokus kepada pengembangan software ERP untuk mempermudah sistem distribusi. Berikut ini alasan mengapa simplidots adalah software ERP yang cocok untuk perusahaan FMCG:

  • Arus informasi yang terintegrasi dan aman. SimpliDOTS menghadirkan kemudahan dan keamanan integrasi informasi perusahaan sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses data-data yang Anda perlukan yang mana kredibilitas dan keamanan data-data tersebut terjamin. 
  • Anda atau karyawan Anda dapat mengakses informasi di manapun dan kapanpun selama ada internet. Salah satu kelebihan Cloud ERP Software seperti SimpliDOTS adalah Anda atau karyawan Anda dapat mengakses informasi atau memasukkan data-data yang diperlukan dimanapun dan kapanpun selama ada internet. Hal ini tentu adalah hal yang esensial bagi bisnis FMCG mengingat dalam industri ini, karyawan dituntut harus bekerja efektif dan efisien. Entah itu, ketika mereka berurusan dengan retailer di daerah atau berurusan dengan gudang perusahaan di daerah-daerah. 
  • Dengan menggunakan SimpliDOTS, Anda bisa mengetahui posisi salesman atau tim penjualan di lapangan secara real time. Tentu hal ini akan memudahkan perusahaan untuk melakukan pengawasan dan penghitungan gaji tambahan, bukan?
  • SimpliDOTS menawarkan software ERP berkualitas tinggi dengan biaya yang terjangkau. Kelebihan lain dari Cloud ERP Software adalah biaya yang lebih rendah daripada On-Premise Software. Sebab dengan Cloud ERP Software, Anda tidak perlu menginstal perangkat keras baru dan menyewa tenaga IT tambahan. Sehingga software ini cocok untuk digunakan oleh UMKM ataupun distributor produk.
  • Modul yang ditawarkan oleh SimpliDOTS cukup lengkap mulai dari aplikasi pengelolaan keuangan, management delivery system hingga pengelolaan data pesanan dari konsumen retail.
  • Software SimpliDOTS sudah memiliki artificial intelligence khusus yang membantu Anda menganalisis data perusahaan. Tentu hal ini akan sangat memudahkan pebisnis atau distributor FMCG mengingat industri FMCG membutuhkan alur input dan analisis data yang cepat, tepat dan akurat. 

Anda bisa membuktikan berbagai keunggulan fitur dan manfaat aplikasi SimpliDOTS untuk bisnis Anda. Klik tautan ini untuk coba pakai GRATIS SimpliDOTS selama 14 hari.

Baca juga : 3 Macam Software Distributor Terbaik Yang Dapat Anda Gunakan Untuk Meningkatkan Distribusi