Mengapa Aplikasi Logistik Dibutuhkan Oleh Perusahaan Anda?
aplikasi-logistik-3PL4321-GambarUnggulan

Mengapa Aplikasi Logistik Dibutuhkan Oleh Perusahaan Anda?

Saat ini, peningkatan volume pengiriman dan transportasi menjadi semakin rumit. Oleh karenanya, kebutuhan akan manajemen logistik yang kuat semakin meningkat. Manajemen logistik adalah faktor utama dalam keberhasilan pengelolaan semua perusahaan dan mempengaruhi keuntungan secara langsung. Selain itu, memenuhi permintaan pelanggan dan memberikan layanan yang baik adalah salah satu tujuan manajemen logistik yang baik.

Apa itu manajemen logistik?

Manajemen logistik adalah bagian dari manajemen rantai pasokan yang merencanakan, menerapkan, dan mengendalikan arus. Tak hanya itu, pengelolaan logistik juga meliputi: penyimpanan produk, layanan dan informasi terkait memenuhi kebutuhan pelanggan.  

Tujuan Utama Manajemen Logistik

Manajemen distribusi seakan-akan tidak pernah berhenti. Isi kendaraan dengan muatan penuh, kontrol jalur, bongkar muat, dan begitu seterusnya. Semua ini membutuhkan banyak waktu dan usaha. Pengembangan software atau aplikasi logistik memudahkan perusahaan untuk mengatasi masalah mereka. 

aplikasi_logistik_6_3PL
sumber : unsplashed

Pada dasarnya, sebelum berinvestasi di teknologi manajemen dengan mengandalkan bantuan dari luar, Anda ingin memastikan bahwa ini akan dapat membawa hasil yang efektif. Jadi, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengukur efek dari praktek-praktek baru.

  • Meningkatkan pendapatan
  • Memperbaiki struktur biaya operasi
  • Mengurangi biaya transportasi secara keseluruhan
  • Meningkatkan layanan pelanggan

Banyak perusahaan meminta bantuan penyedia logistik pihak ketiga (3PL). Karena, konsep sederhana ini sering kali menjadi sangat kompleks dan tidak mudah dijalankan. 3PL memiliki keahlian dan teknologi canggih untuk menghemat biaya dan meningkatkan proses yang lebih efisien ketimbang hanya mengandalkan semuanya secara manual tanpa sentuhan teknologi.

Apa itu 3PL?

aplikasi_logistik_3PL
sumber : freepik.com

Third Party Logistics atau 3PL adalah layanan yang disediakan oleh bisnis ke organisasi di mana beberapa atau seluruh sistem logistik dialihdayakan. Pengalihdayaan ini mencakup pergudangan hingga pengiriman, memungkinkan organisasi untuk fokus pada bagian lain dari bisnis. Perusahaan 3PL menyediakan berbagai layanan di bidang logistik. Ini termasuk transportasi, pergudangan, pengambilan dan pengepakan, perkiraan inventaris, pemenuhan pesanan, pengemasan, dan pengiriman barang.

Memanfaatkan 3PL memberi bisnis keunggulan logistik yang andal, dan memaksimalkan profitabilitas melalui gabungan pengetahuan dan sumber daya. 3PL dapat mengidentifikasi dan mengisi celah dalam rantai pasokan Anda. Keahlian, praktik terbaik, dan teknologi mereka dapat diintegrasikan ke dalam proses bisnis. Integrasi ini penting untuk memecahkan tantangan paling kompleks dalam manajemen logistik dan menjadikan rantai pasokan Anda lebih cepat dan responsif. Cobalah untuk bekerja sama dengan supplier atau pemasok pihak ketiga sebagai mitra yang saling bersinergi. 

Baca juga : Tips-Tips Sukses Membangun Bisnis Distribusi

Mengapa harus menggunakan Layanan Logistik Pihak Ketiga?

Layanan logistik pihak ketiga dapat memperluas basis pelanggan, memasuki pasar baru, atau menciptakan pengalaman pelanggan positif. Namun, semakin banyak perusahaan besar dan UKM yang membutuhkan supply chain yang bisa diandalkan. Di sinilah kita membutuhkan penyedia jasa penyalur model 3PL atau TPL.

Manfaat 3PL

aplikasi_logistik2
sumber : unsplashed
  • Menghemat biaya dan waktu

Melakukan outsourcing barang dapat menghemat banyak waktu dan uang untuk perusahaan. Jika menggunakan pemasok 3PL, tidak perlu berinvestasi ke ruang gudang, teknologi, transportasi dan tenaga kerja untuk menjalankan proses distribusi. Dengan menggunakan 3PL pemasok bisa mengurangi biaya dari kesalahan yang mahal, dan membangun jaringan logistik global dengan modal yang rendah dan tingkat keuntungan yang tinggi. 

Selain itu, 3PL dapat menghemat waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan jaringan pasokan. Tidak perlu khawatir tentang dokumen, tagihan, audit, pendidikan, penyebaran tenaga kerja, dan pengoptimalan yang relevan untuk memasok produk ke tempat yang dibutuhkan.

  • Jaringan sumber daya yang banyak

Penyedia 3PL memiliki jaringan sumber daya yang luas dan menawarkan keunggulan ketimbang hanya mengandalkan pasokan jaringan  internal. Dengan jaringan sumber daya 3PL, setiap langkah rantai pasokan dapat dijalankan dengan cara yang paling efisien dan hemat biaya. 

3PL dapat mengurangi overhead dan memberikan layanan sesegera mungkin dengan menggunakan diskon hubungan dan volume. Jika memilih 3PL pemasok bisa menggunakan sumber daya yang tidak bisa digunakan dalam perusahaan.

  • Skalabilitas dan Fleksibilitas

Penyedia 3PL dapat memperluas ruang, tenaga kerja, dan transportasi sesuai permintaan stok. Perusahaan dengan jangka waktu musiman dapat beralih tanpa stres di antara naik turunnya industri. Sehingga, lebih banyak ruang dan sumber daya dapat digunakan saat dibutuhkan. 

Dengan menggunakan penyedia 3PL, bisnis bisa tumbuh menjadi area baru tanpa hambatan. Selain itu, seiring berkembangnya, penyedia 3PL membantu memperluas dan sumber daya agar mendukung pertumbuhan pasar baru.

  • Optimasi Berkelanjutan

Penyedia 3PL memiliki sumber daya yang bisa menyesuaikan dan memperbaiki setiap link dari rantai pasokan. Ahli 3PL dapat memenuhi kebutuhan pengguna dengan cara yang tercepat, efisien, dan hemat biaya. Penyedia 3PL memiliki alat yang bisa menggunakan teknologi untuk merekonstruksi rantai pasokan dan memungkinkan produk tiba di waktu dan tempat yang dibutuhkan. 

Software manajemen berkualitas dapat menganalisis serta memantau praktik untuk menghilangkan inefisiensi dan menyederhanakan rantai pasokan. Dengan melakukan outsourcing layanan 3PL, proses distribusi terus-menerus ditingkatkan. Penyedia logistik dalam perusahaan memaksimalkan keuntungan, menyingkat waktu tunggu, dan mendukung untuk meningkatkan layanan pelanggan.

  • Keahlian Industri yang Berkelanjutan

Penyedia 3PL memiliki pengetahuan tentang praktik terbaik industri, dan selalu mengikuti perkembangan terbaru dalam teknologi, manufaktur, dan logistik. Software atau aplikasi 3PL mampu melakukan pelaporan tingkat lanjut, manajemen inventaris, dan memberikan visibilitas untuk memantau seluruh proses. Pakar 3PL menerapkan praktik Just in Time untuk memastikan jumlah inventaris yang benar, dikirim kapan, dan di mana Anda membutuhkannya. 

Outsourcing logistik memungkinkan perusahaan Anda untuk fokus pada inti kompetensi, dan meninggalkan sisanya ke ahlinya. 3PL layanan akan memungkinkan Anda untuk memiliki ketenangan pikiran anda mengetahui logistik kebutuhan yang sedang ditangani dapat diandalkan, profesional berpengalaman.

  • Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

3PL provider dapat lebih cepat memberikan layanan kepada semua pelanggan. Karena mereka dapat menggunakan jaringan distribusi 3PL efisien dan mapan.

Baca juga : Trend Bisnis Distribusi Yang Akan Bertransformasi Tahun 2021

Lalu, mengapa aplikasi logistik dibutuhkan oleh perusahaan Anda?

Seperti yang dijabarkan di atas, peranan manajemen logistik sangat berpengaruh banyak untuk kelancaran bisnis Anda. Dengan menggunakan 3PL tentunya proses manajemen logistik perusahaan Anda akan lebih efektif dan efisien. Di era sekarang implementasi dari 3PL sudah semakin banyak berkembang, seperti implementasi 3PL pada aplikasi mobile. 

3PL mengidentifikasi bagaimana pelanggan, vendor, koper dan mitra rantai pasokan lainnya mengakses data. Salah satu sumber utama adalah aplikasi mobile. Aplikasi ponsel yang terhubung ke Apple, Android, tablet, dan komputer adalah tren ke 3PL lainnya.

manajemen_logistik3
unsplashed.com

Sebagian besar aplikasi mobile berbasis pada platform Android atau iOS. Melalui 3PL dan layanan pelaksanaan, data pelanggan dan alat pelacakan pesanan yang memungkinkan anda mengakses informasi pemesanan, status, dan dengan cepat mengirimkan pesanan akan disediakan.

Melalui fitur ini, 3PL akan lebih memuaskan kebutuhan untuk mengubah pesanan sesuai dengan fleksibilitas perubahan pelanggan dan berbagai kriteria. Untuk lebih memahami seberapa penting dan bergunanya aplikasi mobile logistik, Anda bisa simak beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan aplikasi mobile logistik:

  • Mempercepat Seluruh Proses

Aplikasi mobile logistik akan memproses faktur dengan cepat. Komunikasi antar kantor pusat dan anggota tim logistik akan lancar, mengurangi biaya bahan bakar, dan mempercepat pengiriman.

  • Menampilkan stok barang secara real time

Pengiriman tepat waktu adalah salah satu aspek terpenting dari bisnis apapun, sehingga Anda dapat dengan mudah melacak armada Anda dengan aplikasi logistik. Aplikasi mobile logistik membantu perusahaan dan klien dengan memberikan informasi real time mengenai inventaris barang, membantu mereka menghemat banyak waktu, uang, dan tenaga. 

Aplikasi logistic mobile juga membantu industri logistik untuk melacak pergerakan karyawan lapangan mereka. Selain itu, juga dapat menggunakan wawasan yang sama untuk meningkatkan layanan pelanggan dengan memberikan informasi berbasis GPS yang benar.

Bantuan aplikasi mobile untuk mendapatkan setiap detail secara real-time yang meliputi:

  • Manajemen persediaan
  • Melacak barang yang berbeda
  • Pencatatan
  • Operasi pengiriman
  • Inspeksi dan pemantauan 
  • Dan lainnya
3PL_aplikasi_logistik_7
sumber : unsplashed
  • Manajemen Gudang

Logistik tidak hanya tentang transportasi dan pengiriman barang, tetapi juga tentang pengelolaan gudang Anda dengan baik. Gudang adalah ruang penting tempat semua persediaan disimpan sebelum dikirim ke tujuan akhir.

Penyebaran aplikasi mobile di bidang logistik juga diharapkan meningkat dua kali lipat pada tahun 2020, dan segmen startup juga berkontribusi hingga 50% dari permintaan untuk pengembangan aplikasi mobile logistik.

Segmen terpenting tempat pengembangan aplikasi mobile logistik dan transportasi adalah menyentuh sistem bebas kesalahan dan penanganan barang yang sempurna adalah di halaman dan gudang. Dengan pemanfaatan aplikasi mobile yang didukung dengan fitur terkait industri, pengelola gudang dapat dengan mudah mengurangi kesalahan dan ketidakakuratan yang mungkin terjadi karena upaya manual.

Aplikasi mobile membantu mengotomatisasi proses pencatatan dengan memindai rincian peralatan, ID barang, dan lokasi penyimpanan. Oleh karena itu, manajer gudang dapat dengan mudah mempertimbangkan transaksi dan detail inventaris yang dimasukkan melalui aplikasi mobile dan memperbarui data ke dalam database asli.

  • Mengurangi Biaya dan Menghemat Energi

Kebanyakan bisnis menggunakan aplikasi mobile lebih dari yang ada untuk menghemat data, biaya, waktu dan energi. Pada saat yang sama memudahkan berbagai persyaratan fungsional perusahaan distribusi, berarti bahwa semua tugas dilakukan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Aplikasi mobile dapat mempercepat segalanya, memungkinkan mengoptimalkan rute dan mengoptimalkan Dispatch. Kemudian, ROI akan meningkat secara otomatis.

  • Solusi layanan pelanggan

Aplikasi mobile dapat digunakan untuk memperbaiki lingkungan layanan pelanggan dan meningkatkan kepuasan terhadap layanan. Aplikasi mobile logistik yang disesuaikan untuk layanan pelanggan dapat membantu melacak pengiriman, pemesanan transportasi, konfirmasi persediaan dan pelaporan keluhan. Aplikasi mobile yang disesuaikan akan membantu Anda dalam:

  • Meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan
  • Mendapat feedback atau pendapat dari pelanggan tentang layanan beserta pemecahan masalah.
  • Memberi dukungan dan bantuan untuk pelanggan agar dapat melacak pengiriman dan lain-lain.

  • Pengambilan keputusan yang cepat dan akurat

Seperti halnya aplikasi mobile lainnya, kita dapat dengan mudah menangkap dan memperbarui informasi secara real-time secara acak. Bisnis dapat menemukan solusi terbaik untuk meningkatkan pengambilan keputusan mereka terkait proses transportasi. 

Laporan dan wawasan yang dibuat dalam aplikasi mobile dapat digunakan untuk mencari solusi tercepat ketika terjadi kendala. Karyawan lapangan yang bekerja di industri logistik bisa melakukan panggilan telepon atau chat dengan cepat ke tim terkait, ketika terjadi masalah. Dengan begitu, masalah dapat segera diatasi dan mencegah terjadinya penundaan masalah yang dapat berdampak buruk pada kinerja logistik. 

  • Mengurangi penggunaan kertas

Salah satu keuntungan terbesar dari memanfaatkan aplikasi mobile untuk perusahaan logistik Anda adalah Anda dapat mengurangi penggunaan kertas dan menyingkirkan kerumitan yang terlibat di sana. Alih-alih, setiap aktivitas menjadi otomatis mulai dari menyiapkan tagihan elektronik hingga menerima pembayaran online dan mencatat informasi berharga.

Aplikasi_logistik_3PL_4
sumber : unsplashed
  • Memantau lokasi kendaraan

Saat ini, Anda tahu bahwa sebagian besar aplikasi memiliki fasilitas geo-location dan memang fitur penting ini harus ditambahkan dalam aplikasi mobile logistik. Anda dapat langsung menerima informasi lokasi kendaraan.

Kita dapat melacak lokasinya dengan menggunakan teknologi GPS. Sistem GPS pada dasarnya didasarkan pada pelacakan satelit. Pelacak melacak lokasi kendaraan dan mengirimkan informasi ke server melalui jaringan mobile atau modem satelit.

Di sisi lain, kita juga memiliki kemampuan pelacakan seller yang lebih dominan di daerah perkotaan karena jangkauan jaringan yang jauh lebih baik. Lokasi truk bisa dilacak secara real time. Data akan disimpan dalam memori dan akan tersedia saat jaringan kembali.

  • Entri pesanan dengan cerdas

Solusi entri pesanan mobile memungkinkan Anda menyederhanakan proses input pesanan internal dan pesanan pelanggan. Anda hanya memerlukan smartphone, tablet atau Smart Watch.

  • Meminimalkan Kesalahan Pengiriman

Aplikasi manajemen logistik dapat meminimalkan masalah pengiriman. Misalnya, ini dapat memberi tahu kantor pusat Anda apa yang dilakukan kendaraan barang Anda pada waktu tertentu. Misalnya, dalam proyek pengiriman makanan, memindai kode batang yang benar dapat mengubah tombol dalam aplikasi menjadi hijau. Dan membongkar paket yang salah dapat mengubah tombol menjadi merah. Fitur seperti ini dapat mengurangi kesalahan pengiriman hingga 70%.

Perkembangan teknologi logistik membuat semuanya sederhana dan lebih cepat. Aplikasi logistik adalah cara terbaik untuk mendapatkan solusi transmisi mil terakhir. Mengapa? Karena aplikasi mobile berkualitas tinggi memungkinkan pengumpulan, pengelolaan, dan transmisi data secara real time. Ini akan membantu mengurangi biaya bisnis.

Aplikasi logistik adalah cara yang mudah dan cepat dan interaktif untuk mendukung manajemen real-time, pelacakan dan otomatisasi proses logistik, seperti penyimpanan catatan, pengiriman, inspeksi dan manajemen persediaan.

Masih banyak lagi yang dapat dilakukan aplikasi untuk manajemen logistik. Seperti mengingatkan Anda saat pemeliharaan kendaraan barang Anda jatuh tempo, dan melacak semua statistik utama dan menunjukkan semuanya melalui grafik interaktif yang berbasis cloud sehingga mudah diakses.

Baca juga : Bagaimana IoT (Internet Of Things) Dapat Membantu Distributor?

Aplikasi SimpliDOTS untuk Kelancaran Kinerja Logistik

Semakin kompleks manajemen supply chain perusahaan Anda, tentunya Anda juga harus terus berusaha dalam memenuhi kebutuhan pasar dan memberikan layanan yang memuaskan. Disinilah peran dari 3PL (third party logistic) bekerja. Jika ingin mendapatkan kinerja distribusi perusahaan semakin berjalan lancar, maka sudah saatnya menggunakan teknologi modern berupa aplikasi mobile logistic. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah aplikasi SimpliDOTS.

Aplikasi SimpliDOTS akan membantu Anda dalam mengelola distribusi barang, monitoring, update stok barang, dan pengawasan salesman di lapangan dengan lebih mudah. Aplikasi ini berbasis cloud sehingga Anda bisa dengan mudah mengaksesnya di smartphone Anda. 

Cukup dengan membuka aplikasi SimpliDOTS, Anda sudah bisa memonitoring kegiatan logistik pada perusahaan Anda. Lebih lanjut pakai SimpliDOTS (GRATIS 14 Hari masa trial) klik di sini atau follow dan like  akun Instagram @simplidots.