Categories: Feature Updates

Penambahan Fitur Multiple Warehouse – Route Optimization [20 Sept 2022]

Saat ini SimpliDOTS telah merilis fitur baru yaitu Multiple Warehouse.

Overview

Di release Delivery & RO kali ini ada beberapa hal yang kita tambahkan fitur baru maupun perbaikan dari sebelumnya berdasarkan feedback dari sebelumnya. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Penambahan fitur multiple warehouse / pickup. Dimana saat proses optimisasi pengambilan barang bisa dari beberapa gudang.
  2. Penambahan informasi expense / pengeluaran dalam satu pengantaran.
  3. Saat generate DO di web, akan terhubung dgn stock. Jadi, terlebih dahulu sistem akan cek apakah stocknya cukup atau tidak.
  4. Dan beberapa redesign lainnya yg bisa dilihat pada penjelasan di bawah :
Tampilan sebelumnya
Tampilan sekarang

Di versi sebelumnya, beberapa user kadang mengalami kesulitan untuk membedakan mana input tentang informasi pengantaran dan juga mana filter mengenai pemilihan surat jalan, karena tergabung bersama.

Di tampilan terbaru ini, kita telah memisahkan antara informasi pengantaran dengan proses pemilihan surat jalan. Agar lebih mudah untuk dilihat dan digunakan.

Sehingga, tampilan terbaru seperti di bawah ini :

Tampilan informasi pengantaran
Tampilan pemilihan tanggal & waktu pengiriman

Setelah memilih tanggal & waktu pengiriman, klik luar kotak tanggal & waktu untuk menyimpan waktu yang dipilih.

Tampilan pemilihan armada

Sudah ditampilkan total jumlah armada yang dipilih dari total armada yang tersedia untuk optimasi rute.

Tampilan pemilihan titik mulai

Setiap titik mulai akan ditampilkan ikon lokasi sebagai penanda apakah titik mulai memiliki latitude dan longitude yang valid. Jika valid, ikon berwarna hijau, jika tidak valid, ikon berwarna abu-abu.

Titik akhir akan mengikuti default setting dari titik mulai yang dipilih. Jika titik mulai yang dipilih bersifat “IsFleetReturnToWarehouse” adalah benar, maka titik akhir akan secara otomatis disamakan dengan titik mulai, akan tetapi nilainya masih bisa diganti lagi.

Penambahan pilihan apakah pengambilan barang dari beberapa gudang atau tidak.

Tampilan untuk aktivasi pemilihan beberapa gudang (tidak centang)

Jika tidak dicentang, maka dapat memilih surat jalan seperti biasa dan barang hanya diambil dari 1 gudang saja yaitu titik mulai.

Tampilan untuk aktivasi pemilihan beberapa gudang (centang)

Jika dicentang, maka opsi pemilihan beberapa gudang diaktifkan. Kemudian, akan muncul informasi mengenai beberapa gudang diaktifkan. Kolom gudang juga akan muncul pada list pemilihan surat jalan.

Tampilan pilih surat jalan

Surat jalan dapat difilter dengan grup pelanggan, waktu (hari ini, kemarin, minggu ini, bulan ini, pemilihan range tanggal pada ikon kalender), dan pencarian nomor DO.

Surat jalan dapat dipilih jika valid (tidak muncul tanda warning).

CASE JIKA AKTIVASI BEBERAPA GUDANG

Setiap surat jalan akan divalidasi alamat, gudang, dan volume. Tanda warning akan muncul jika alamat memiliki koordinat yang tidak valid, gudang yang memiliki koordinat yang tidak valid, atau volume adalah 0 [contohnya seperti gambar di atas]
CASE JIKA TIDAK AKTIVASI BEBERAPA GUDANG

Setiap surat jalan akan divalidasi alamat dan volume. Tanda warning akan muncul jika alamat memiliki koordinat yang tidak valid atau volume adalah 0.
Tampilan Titik Lokasi Sebelum Optimisasi

Di versi sebelumnya, titik lokasi tidak bisa dilihat sebelum optimisasi atau saat masih proses pemilihan delivery order (DO) yang mau dikirim. Sementara feedback dari kawan-kawan Simpli, kalau bisa lihat titik lokasi DO / Pelanggan di maps sangat membantu admin untuk mengetahui pengantaran ini di daerah mana saja.

Jadi di release kali ini, kami sudah menambahkan fitur tersebut untuk mempermudah kawan-kawan Simpli.

Untuk dapat optimasi rute, klik tombol optimasi.

Tampilan setelah optimasi
Tampilan setelah optimasi pada calon rekapitulasi pengiriman / delivery summary
(jika sebelumnya mengaktifkan beberapa gudang)

Jika sebelumnya memilih aktivasi beberapa gudang, maka pada pre- delivery summary akan muncul rute-rute untuk penjemputan dan pengiriman barang.

– Background hijau muda menandakan bahwa rute tersebut adalah untuk penjemputan barang

– Yang tidak memiliki background hijau muda, rute tersebut adalah untuk pengiriman barang

Selain itu, sebelumnya ETA (Estimate Time Arrival) terletak disebelah kanan. Akan tetapi di release kali ini, ETA berada di sebelah kiri agar bisa berdekatan dengan plan sequence delivery. Jadi admin / user bisa lebih mudah melihatnya, urutan pengantaran keberapa dan estimasi sampainya kapan.

Tampilan titik-titik penjemputan / pengantaran sesuai dengan calon delivery summary

Reset: mengembalikan hasil terakhir optimasi

Re-Optimize: mengoptimasi ulang dengan surat jalan yang sudah dipilih diawal

Tampilan untuk surat jalan tidak teroptimasi
Tombol simpan DS di pojok kanan (before)

Sebelumnya tombol simpan surat jalan ada di pojok kanan atas [seperti gambar di atas]. Berdasarkan feedback dari kawan-kawan Simpli, tombol tersebut sulit ditemukan dan sebagian tidak tahu jika posisinya disana.

Maka, diperbaikan kali ini, tombol simpan surat jalan, kita pindahkan ke pojok kanan bawah, sesuai dari saran kawan-kawan Simpli semuanya.

Tombol simpan surat jalan (DS) ada di pojok kanan bawah (after)
Dari detail surat jalan (DS) admin bisa melihat total pengeluaran yg di-input driver dari aplikasi DFA

Di release kali ini, dari detail surat jalan, admin bisa melihat total pengeluaran dari surat jalan ini berdasarkan yg dinput oleh driver dari aplikasi SimpliDOTS DFA (Delivery Force Automation).

Detail / penjelasan pengeluaran

Selain total pengeluaran, dari detail surat jalan (DS), admin juga bisa melihat pengeluaran tersebut digunakan apa saja oleh driver. Jadi admin bisa lebih mudah mengetahui detail pengeluaran driver.

Ohya kawan-kawan Simpli, di release kali ini juga ada beberapa perbaikan untuk menghubungkan fitur-fitur SimpliDOTS terbaru. Yaitu saat generate delivery order dari web SMH, maka otomatis kurangi stock. Jadi kalau kurang stock otomatis DO tidak bisa di generate.


Akan tetapi fitur kurangi stock saat generate DO berlaku saat generate DO nya dari web SMH. Sedangkan kalau dari import Excel, system tidak akan mengurangi stock, ya.

Di template import DO ada penambahan column WarehouseCode

Di release kali ini, di column import DO ada penambahan column warehouseCode, kolom ini di isi dengan kode gudang. Fitur ini berfungsi jika kawan-kawan Simpli menggunakan fitur RO dengan pengambilan barang / pickup dari beberapa gudang [seperti gambar di bawah]. Untuk kolom WarehouseCode tidak wajib diisi, sehingga boleh dikosongkan.

Selamat mencoba, Kawan Simpli! 🙂

Share
Published by
Desvita

Recent Posts

  • Feature Updates

Penambahan Fitur Integrasi DO x Accurate Online (RO) – [23 Nov 22]

Tujuan: Integrasi ini memiliki tujuan untuk mempermudah user yang berintegrasi dengan partner (Accurate Online) dalam pengelolaan data delivery order/surat jalan.… Read More

6 days ago
  • Feature Updates

Sales Force Automation (SFA) Versi 2.13.0 SAP – [23 NOV 2022]

Saat ini SimpliDOTS telah merilis versi terbaru pada SFA yaitu 2.13.0. – SAP [23 Nov 2022]Silakan download aplikasi SFA versi… Read More

3 days ago
  • Feature Updates

SFA Canvass v1.0.0-beta.3 – [15 Nov 2022]

Saat ini, SimpliDOTS telah merilis versi terbaru dari SFA Canvass v1.0.0 Beta.3 yang berfungsi untuk sistem penjualan canvassing. Namun, untuk sementara aplikasi… Read More

2 weeks ago