strategi bisnis B2B untuk meningkatkan penjualan distributor dan toko grosiran

5 Teknik Promosi B2B Untuk Meningkatkan Penjualan Distributor & Toko Grosir

Pengen tau caranya meningkatkan penjualan dan Customer Lifetime Value (CLTV)? Baca terus ya!

Risiko kehilangan konsumen dan pendapatan begitu besar kalau bisnis distribusi dan grosir kamu ketinggalan dalam hal efisiensi dan customer experience. Tapi nggak usah takut, karena SimpliDOTS sebagai salah satu aplikasi software distribusi terdepan mau kasih kamu 5 strategi B2B (Business-to-Business) yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan loyalitas konsumen. Yuk scroll ke bawah!

Teknik Promosi 1: Berikan promo-promo ‘Spesial’
promosi spesial sangatlah penting untuk marketing B2B dan toko grosir
Source: Pixabay

Untuk menarik perhatian pengecer dan memasarkan merchandise secara cepat, salah satu cara paling efektif adalah dengan memberikan promosi harian atau mingguan yang menawarkan potongan harga spesial di atas diskon grosiran yang sudah ada.

Bukan hanya itu saja, kita juga bisa kasih potongan harga spesial untuk pengecer yang membeli dalam jumlah banyak untuk mendorong mereka order dalam jumlah yang lebih besar lagi. Penawaran spesial seperti ini juga sangat efektif dalam bisnis berbasis B2B karena bisa membangun loyalitas klien yang sudah ada. Semakin tinggi loyalitas mereka, penjualan akan semakin meningkat pastinya!

Teknik Promosi 2: Berikan insentif untuk pengecer

Untuk mendorong pegawai toko eceran supaya mau merekomendasikan barang kamu, kamu bisa membuat program insentif khusus untuk pegawai-pegawai tersebut. Insentif itu bisa dicoba dari hal yang kecil, seperti e-voucher pulsa ataupun e-voucher buat belanja di supermarket loh! Selain itu, kamu juga bisa membuat program referral, dimana program ini berfungsi untuk mendorong existing clients kamu untuk menawarkan bisnis distributor atau grosir anda kepada network yang mereka punya. 

Baca Juga: Teknik Promosi yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan Penjualan

Teknik Promosi 3: Buatlah proses pemesanan dan pengiriman yang mudah dan menyenangkan

simplidots retail merupakan aplikasi Android yang bantu jualan toko grosir dan wholesaler

Meningkatnya penggunaan dan kesadaran akan teknologi menjadi alasan mengapa penting sekali sebagai distributor dan pengusaha grosir untuk menggunakan teknologi secara pintar dan efisien. Bukan hanya untuk meningkatkan penjualan, tapi juga untuk memberikan pelayanan terbaik untuk para klien kamu.

Kini, dengan adanya platform retail direct-order SimpliDOTS Retail, kamu bisa automasi proses pemesanan dan pengiriman secara akurat dan efisien karena SimpliDOTS Retail bisa dijalankan dari perangkat mobile, dan toko eceran bisa memesan produk dimana saja dan kapan saja, tanpa perlu menunggu jadwal kedatangan salesman dari pihak grosir atau distributor. Nggak ada lagi deh kesalahan pemesanan, karena semua pemesanan akan terekam secara digital!

Download disini: SimpliDOTS Retail

Teknik Promosi 4: Bedakan dirimu dengan menawarkan garansi pengiriman cepat dan tepat waktu

Menawarkan pengiriman cepat dan tepat waktu bisa menjadi differentiator yang unik, karena kamu akan memiliki reputasi yang terpercaya dan dapat diandalkan. Hal ini sangat penting, terutama untuk bisnis B2B yang mengandalkan hubungan baik dengan klien.

Untuk melaksanakan strategi ini, rencanakan dan siapkan dengan baik produk-produk yang diprediksi akan high demand untuk menghindari keterlambatan pengiriman. Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan software SimpliDOTS Retail bisa membantu agar pesanan yang masuk bisa diproses pada hari yang sama sehingga seluruh pesanan dari toko eceran bisa dipersiapkan dan dikirim dengan cepat. Inget ya, masalah keterlambatan bisa merusak kepercayaan dan hubungan baik!

Teknik Promosi 5: Berikan customer service yang ‘WOW’
untuk teknik promosi B2B sangat diperlukan customer service yang berkualitas
Source: Pixabay

Mau penjualan online maupun secara face-to-face, pastikan bahwa konsumen anda mendapatkan bantuan dan layanan yang optimal kapanpun mereka membutuhkan.

Percaya deh, meskipun kamu harus ambil waktu untuk melatih Customer Service (CS) dan salesman kamu, rewardnya akan sangat besar! Dengan melatih mereka dengan baik, terutama untuk menghadapi klien-klien utama di usaha B2B, mereka akan bisa menghadapi setiap permasalahan dan menjaga hubungan klien dengan lebih profesional.

Customer service yang ‘wow’ akan membawa word of mouth marketing yang free alias gratis. Percaya deh, klien-klien kamu akan semangat cerita ke orang lain mengenai customer service kamu yang hebat!

Nah, semoga kalian semua cobain ya strategi-strategi B2B jitu ini, dan jangan lupa buat follow dan sharing strategi-strategi lain yang kalian punya melalui akun Instagram @SimpliDOTS 

Good luck!


Baca Juga: Strategi bisnis distribusi di tengah pandemic Covid-19: Retail Direct Order

WhatsApp chat