Categories: Sales Tracking

5 Masalah Aplikasi Sales Tracking yang Umum Ditemui dan Solusinya

Tim sales adalah ujung tombak distributor yang bertanggung jawab menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan agar menghasilkan pendapatan ke perusahaan.  Namun, banyak perusahaan menghadapi kesulitan dalam mengelola dan memantau kinerja tim sales. 

Oleh karena itu, sales tracking adalah kunci yang bisa membantu kinerja tim penjualan lebih efisien. Dalam bisnis distribusi, aplikasi sales tracking akan membantu memantau aktivitas tim sales dimanapun berada. 

Seringkali, tim sales force harus selalu bergerak dan bertemu pelanggan di berbagai tempat. Masalahnya, bagaimana manajer atau supervisor dapat memantau apakah tim sales sudah memaksimalkan waktu bekerja dengan baik

Nah, disinilah aplikasi sales performance dan sales tracking berperan penting! Dengan fitur monitoring dan tracking sales yang modern, aktivitas tim sales bisa diakses dalam satu dashboard aplikasi. Manajer atau supervisor bisa merancang strategi meningkatkan penjualan yang lebih optimal.

Software sales tracking yang ada di dalam Distribution Management System (DMS) merupakan salah satu fitur andalan yang mendukung Sales Force Automation (SFA). Informasi tentang lokasi Salesman akan tercatat dalam website fitur Tracking DMS. 

Tak cuma itu, informasi tentang sisa daya baterai ponsel sales serta waktu dan tanggal terakhir penggunaan aplikasi juga akan muncul di layar dashboard. Monitoring tim sales akan lebih mudah dan praktis, kan!

Lebih lanjut lagi, dilaporkan oleh laman LeadSquared, teknologi sales automation akan sangat meningkatkan efisiensi penjualan sebesar 58% serta mengurangi tingkat kesalahan manusia sebesar 19%.

Oleh karena itu, dalam postingan kali ini, kita akan telusuri apa saja masalah umum dijumpai dalam penggunaan aplikasi sales tracking, keunggulan, dan cara mengoptimalkannya untuk penjualan bisnis FMCG (Fast-Moving Consumer Goods). Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!



Masalah-masalah Umum Dihadapi Tentang Sales Tracking

img src

Bisnis FMCG yang bergerak dinamis dan cepat sangat membutuhkan pengelolaan tim sales secara modern dan fungsional. Perkembangan teknologi digital membuat banyak distributor mengandalkan aplikasi sales tracking untuk memantau dan mengelola aktivitas tim sales force. 

Namun, tidak jarang masih ada beberapa kendala yang harus dihadapi perusahaan dalam pemantauan sales force. 

Di bawah ini, kita akan membahas beberapa masalah umum yang sering ditemui dalam sales tracking, serta solusi yang dapat membantu meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan.

1. Kurangnya Analisis Data Pelanggan

Salah satu masalah utama yang sering dihadapi oleh bisnis adalah kurangnya analisis data pelanggan. Tanpa memahami apa saja preferensi dan perilaku pelanggan, sulit bagi distributor untuk mengarahkan tim sales representative ke arah yang tepat. 

Hal ini dapat mengakibatkan penjualan yang kurang efektif dan kurangnya kepuasan pelanggan. Solusinya, penggunaan aplikasi sales tracking dengan fitur Business Intelligence adalah alat analisis data yang kuat dan interaktif. 

Fitur tersebut dirancang untuk membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dan tepat. Dengan menggunakan fitur ini, perusahaan dapat menggali informasi perusahaan yang berharga, seperti tren penjualan, preferensi pelanggan, atau efektivitas strategi pemasaran.

2. Tugas Administratif Secara Manual

Tahukah Anda bahwa kehilangan produktivitas tim sales berarti pemborosan biaya perusahaan sampai miliaran rupiah tiap tahun? 

Menurut studi oleh Salesforce, sebagian besar salesman/ salesperson menghabiskan sekitar 64% waktu mereka hanya untuk tugas administatif berulang, bahkan hanya sepertiga sisa waktu yang benar-benar dipakai untuk penjualan. 

Jadi, bagaimana cara agar tim sales force bisa mengurangi tugas administratif dan membuat sales lebih maksimal berjualan? 

Faktanya, merencanakan rute yang efektif memang butuh banyak waktu, tenaga, dan pikiran. Tetapi menggunakan aplikasi sales tracking dengan route management tentunya akan membantu tim sales merancang rute terefektif secara otomatis. 

3. Kecurangan Akibat Kurangnya Monitoring

Tanpa pemantauan yang tepat terhadap kinerja tim, sulit bagi bisnis untuk mengidentifikasi anggota tim yang berkinerja baik dan yang masih perlu mendapatkan tambahan dukungan. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan produktivitas dan kinerja keseluruhan tim sales.

Fitur sales tracking & monitoring dapat membantu mencegah kecurangan/ tindakan fraud lebih awal karena manajer bisa mengakses aplikasi selama 24 jam dimanapun sales person berada. Performa salesman bisa dilihat dalam laporan digital, termasuk top customer dan top product, hingga posisi terkini, semuanya cukup diakses dalam satu dashboard. 

Di sisi lain, terdapat fitur Key Performance dari aplikasi sales performance agar sales person bisa menganalisa target penjualannya sendiri. Salesman dapat memaksimalkan produktivitasnya dan lebih mudah memahami target yang akan dikerjakan ketika bekerja. 

4. Potensi Kehilangan Data

Banyak bisnis menghadapi risiko kehilangan data-data penjualan atau data pelanggan yang berharga. Hal ini karena mereka masih mengandalkan penyimpanan berbasis kwitansi kertas atau surat bon yang bisa tercecer/ hilang. 

Pada gilirannya, hal ini mengakibatkan kerugian finansial dan reputasi bagi bisnis. Oleh karena itu, sangat penting menggunakan solusi software sales force automation dan sales tracking yang berbasis teknologi Cloud.

Data bisa disimpan secara digital di cloud untuk mengurangi risiko kehilangan data penjualan dan memastikan informasi penting usaha tetap aman diakses kapan saja dan di mana saja. Selain itu, Anda juga dapat memastikan bahwa data selalu up-to-date dan akurat.

5. Pencatatan Laporan Manual

Terakhir, masalah umum dihadapi tim penjualan dalam distribusi adalah masih mencatat laporan secara manual. Akibatnya, laporan dikirim tidak tepat waktu, kurang akurat, bahkan tidak real-time. Hal ini bisa menghambat perusahaan saat akan mengambil keputusan cepat. 

Untungnya, penggunaan aplikasi sales tracking yang dilengkapi fitur laporan otomatis akan sangat menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Data penjualan tersimpan dalam database berbasis Cloud untuk bahan pertimbangan membuat keputusan bisnis lebih tepat waktu. 

Dengan mengidentifikasi dan mengatasi masalah-masalah teresebut, distributor FMCG dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional tim penjualan supaya mampu bersaing di pasar industri yang kompetitif. 

Di era bisnis yang terus berkembang, penting untuk memilih software sales tracking yang tepat dan mampu memenuhi kebutuhan distribusi perusahaan dengan baik. Sebagai distributor masa kini, pilihlah software sales seperti SimpliDOTS untuk membantu mengoptimalkan kinerja bisnis khususnya distributor.



Baca Juga: Penjualan Lesu, Ada 5 Strategi Agar Tim Sales Tetap Semangat



Memanfaatkan Live Tracking SimpliDOTS untuk optimalisasi kinerja Sales Team

img src

Tahukah Anda bahwa penggunaan Live Tracking bisa menjadi kunci untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas tim sales B2B? 

Dengan fitur ini, Anda bisa mendapatkan informasi langsung tentang posisi terkini salesman serta lokasi kunjungan toko/ kunjungan pelanggan.

Di dalam Live Tracking, Anda dapat menemukan keunggulan menarik, seperti:

  1. Posisi Terkini Salesman

Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah melacak di mana posisi salesman Anda saat ini. Hal tersebut sangat membantu mengoptimalkan rute perjalanan dan memastikan bahwa salesman sudah berada di tempat yang tepat saat diperlukan.

  1. Lokasi Customer

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat lokasi toko/ lokasi pelanggan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk merencanakan kunjungan dengan lebih efisien biaya transportasi dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan.

  1. Route Maps

Fitur ini memungkinkan distributor untuk melihat penyebaran rute perjalanan salesman dalam tampilan Maps. Dengan begitu, Anda bisa merencanakan rute perjalanan yang lebih efisien dan menghindari kemacetan lalu lintas.

  1. Daily Visit

Anda juga bisa melihat laporan kunjungan harian salesman dengan fitur ini. Setiap kali salesman melakukan kunjungan harian, dashboard menampilkan aktivitas pelacakan salesman secara terperinci. Hal ini memastikan bahwa setiap kunjungan pelanggan telah dilaksanakan oleh sales force di lapangan dengan baik. 

  1. Daily Visit Maps

Serupa dengan fitur sebelumnya, Daily Visit Maps memungkinkan Anda untuk melihat laporan kunjungan harian salesman dalam tampilan Maps. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang rute perjalanan tim sales dalam satu layar dashboard.



Bagaimana cara menggunakan SimpliDOTS Tracking Agents?

Untuk menggunakan semua fitur di atas, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi SimpliDOTS Tracking Agent melalui Google Play Store. Dengan aplikasi ini, pelacakan performa salesman akan lebih mudah, terutama untuk memantau posisi mereka secara real-time.

Jadi, bagaimana cara menggunakan menu Live Tracking ini? Pertama-tama, Anda perlu mengunduh aplikasi SimpliDOTS Tracking Agent melalui Google Play Store. 

Setelah berhasil login, Anda akan masuk ke dalam laman yang berisi berbagai informasi penting seperti: 

  • Status Service : Mengatur status penggunaan aplikasi.
  • Ketepatan Lokasi: Mengatur keakuratan lokasi sesuai kebutuhan.
  • Frekuensi: Mengatur frekuensi waktu yang akan terupdate di aplikasi. Hal ini akan berpengaruh dengan baterai handphone.
  • Jarak: Mengatur rentang jarak yang akan ter-update di aplikasi. Secara default jarak dibuat 0 karena ingin mendapatkan data yang akurat.
  • Status: Fitur ini berisi informasi posisi Salesman & aktivitas penggunaan aplikasi. Informasi posisi terupdate berada di urutan paling bawah.
  • Bersihkan : Fitur yang berfungsi untuk menghapus data di aplikasi. Walaupun sudah terhapus, namun data tetap akan masuk ke fitur tracking (website DMS).


Apa saja kelebihan tracking posisi GPS terhadap kinerja tim sales?

img src

Sales tracking atau pelacakan terhadap posisi sales memiliki banyak keuntungan bagi perusahaan distribusi. Berikut adalah beberapa yang paling umum:

  1. Monitoring salesman cepat dan mudah

Melalui aplikasi sales tracking yang terpantau di GPS, perusahaan distribusi bisa mengoptimalkan rute, jadwal, dan biaya operasional bisnis. Sebagai contoh, supervisor dapat menggunakan pelacakan GPS untuk melihat posisi salesman dan mengidentifikasi manakah karyawan yang sudah bekerja sesuai standar perusahaan.

  1. Meningkatkan produktivitas

Pelacakan GPS dapat membantu meningkatkan produktivitas dengan melacak lokasi salesman secara real-time. Hal ini akan sangat membantu salesman yang melakukan kunjungan toko/ pelanggan ke daerah terpencil atau kunjungan pertama kali. 

Selain itu, dalam situasi tertentu atau kondisi yang membutuhkan bantuan tim sales tambahan, salesman akan tetap bisa dimonitoring melalui pelacakan lokasi GPS tersebut. 

  1. Menemukan titik koordinat dengan efektif

Secara otomatis, aplikasi sales akan menemukan lokasi toko yang akan dikunjungi salesman lebih cepat dan mudah. Salesman hanya perlu mengikuti rute yang sudah ditetapkan, yang dilengkapi dengan petunjuk di peta. 

Fitur ini juga memungkinkan untuk membatasi area cakupan untuk salesman. Mereka dapat menentukan titik koordinat (geotag) dari outlet yang sudah dikunjungi untuk memudahkan kunjungan selanjutnya. 

Tentunya, hal ini akan berdampak pada efisiensi biaya bahan bakar kendaraan, mempercepat waktu tempuh, dan penghematan biaya lainnya.

  1. Koordinasi tim sales

Tidak perlu lagi menelepon secara berkala atau bertanya-tanya di mana posisi salesman berada. Sebab, hanya dengan beberapa klik, manajer dapat melihat posisi salesman secara real-time dan memastikan bahwa mereka sedang bekerja sesuai dengan yang diharapkan.

  1. Mempermudah audit toko

Fitur pelacakan posisi salesman juga membuat audit toko menjadi lebih gampang. Anda bisa dengan mudah menemukan toko yang ingin dikunjungi oleh salesman, bahkan sebelum mereka sampai di sana. 

Dengan begitu, Anda bisa merencanakan kunjungan lebih efisien dan memastikan bahwa semua toko sudah dikunjungi sesuai jadwal.



Baca Juga: Sales Force Management: Cara Memenangkan Distribusi Penjualan



Mau Tingkatkan Produktivitas Sales? Coba SimpliDOTS Tracking Agents Sekarang!

Itulah beberapa informasi mengenai aplikasi sales tracking yang akan sangat mendukung kinerja tim sales force perusahaan distribusi FMCG. Segera coba demo gratis SimpliDOTS Tracking Agents sekarang dan buktikan sendiri bagaimana kecanggihannya membawa produktivitas tim sales ke level yang lebih tinggi. 

Jangan ragu untuk Coba GRATIS SimpliDOTS sekarang juga dan rasakan perbedaannya dalam operasional harian tim sales Anda.

Ambil langkah inovatif untuk mencapai target penjualan dan tingkatkan kinerja bisnis distribusi dengan SimpliDOTS hari ini. Hubungi Chat Whatsapp SimpliDOTS untuk info lebih lanjut!

Ref:
https://www.leadsquared.com/learn/sales/how-gps-tracking-for-sales-reps-improves-sales-performance
https://financesonline.com/online-sales-management-software-statistics
https://a.sfdcstatic.com/content/dam/www/ocms-backup/assets/pdf/misc/state-of-sales-report-salesforce.pdf
http://industrialsupplymagazine.com
https://www.reconinsight.com/improve-distributor-sales-performance
Published by
Simpli Distribusi

Recent Posts

  • Aplikasi Distribusi
  • Distribusi
  • Teknologi

4 Kunci Sukses Distribusi FMCG di Era Digital: Teknologi Analisis Data

Tahukah Anda, mengapa kunci kesuksesan distribusi FMCG berada pada teknologi analisis data (big data)? Bukan hanya distributor barang konsumen saja,… Read More

1 week ago
  • Sales Tracking

4 Tren Distributor FMCG 2024: Optimalkan Penjualan dengan Aplikasi Sales Tracking

Bicara tentang tren di dunia distributor FMCG 2024, kita perlu tahu bagaimana memanfatkan teknologi seperti aplikasi sales tracking mampu memaksimalkan… Read More

1 week ago
  • Sales Force Automation
  • Sales Tracking
  • Software

Tingkatkan Efektivitas Sales Visit, Inilah 13 Solusi Aplikasi Canvassing dalam Distribusi Terbaru

Hari gini masih mengandalkan jadwal sales visit berbasis kertas dan diketik manual  di spreadsheet oleh tim admin? It’s yesterday! Di… Read More

1 week ago