Categories: Blog SimpliDOTS

Penjualan Lesu, Ada 5 Strategi Agar Tim Sales Tetap Semangat

Sales force atau sales team merupakan ujung tombak perusahaan dan merupakan kekuatan pendorong keberlangsungan bagi setiap bisnis dagang. Sangat penting untuk menjaga agar tim sales tetap semangat, mengingat mereka merupakan bagian yang memelihara salah satu aset terbesar perusahaan, yaitu pelanggan, mencari prospek, mengejar prospek, mengubah prospek menjadi konsumen, dan menjadikan konsumen sebagai pelanggan loyal.

Tim sales merupakan karyawan yang setiap hari harus berjuang dalam tekanan yang berat dan berkompetisi dengan sales force perusahaan lain untuk memenangkan pasar dan memenuhi target penjualannya. Tim sales juga selalu bekerja dalam tekanan dan persaingan, seringkali menimbulkan kelelahan fisik dan psikis yang berpotensi menciptakan demotivasi pada dirinya.

Jika keadaan seperti ini terjadi, maka Anda sebagai orang yang berkepentingan dalam bisnis harus tahu cara cara untuk memberikan motivasi tim sales tersebut. Anda harus mampu meningkatkan semangat tim sehingga memaksimalkan potensi mereka dan mendapatkan hasil terbaik.

Ketika Anda menghadapi penjualan yang mulai lemah, maka Anda bisa melakukan 5 strategi berikut ini agar tim sales tetap semangat dan termotivasi.

1. Tetapkan Goals
Source : unsplash.com

Dalam menetapkan sales goal atau sales target ada baiknya dikomunikasikan terlebih dahulu kepada sales force / sales team. Selain itu, goals harus disesuaikan dengan porsi tim sales dan menggunakan bahasa mereka. Dan yang paling utama, goals atau target haruslah jelas dan achievable. Artinya, tim sales tahu cara mencapainya, strategi, dan amunisi yang harus digunakan.

Tim sales Anda mungkin memiliki target setiap minggu, bulan, maupun setiap tiga bulan. Setiap aktivitas yang memiliki target dapat menjadi lebih efektif jika target tersebut memenuhi kriteria specific, measurable, attainable, reasonable, and timely.

Sebagai contoh, target penjualan di tim sales dengan target lima customer dapat menjadi target yang dapat dicapai di perusahaan Anda. Sementara hal ini dapat digunakan juga sebagai target yang memotivasi tim sales, pada saat yang sama juga dapat membantu untuk mengatur strategi atau langkah yang akan ambil jika pada pertengahan bulan mereka belum mencapai bahkan hampir setengahnya. Strategi ini dapat membantu tim sales tetap semangat untuk meningkatkan kinerja maupun dapat mengurangi risiko untuk hilangnya kesempatan-kesempatan yang ada.

Baca juga : Tak Hanya Uang, Ini 5 Cara Mengapresiasi Tim Sales Anda

2. Fokus pada Tujuan
Source : unsplash.com

Selain goals, Anda harus memperhatikan tujuan atau aktivitas tertentu yang telah ditetapkan. Misalnya, jumlah cold calls yang dilakukan setiap hari atau menjadwalkan canvasing setiap minggunya. Tujuan yang terfokus akan meringankan beban untuk anggota tim sales dalam melakukan penjualan. Selain itu, fokus pada tujuan akan memberikan kebebasan pada tim sales yang ingin membangun hubungan yang positif dan baik dengan pelanggan

Salah satu menentukan tujuan yang terfokus adalah dengan menetapkan misi dan visi dari tim sales tentang cara mencapai goals. Misalnya membuat perencanaan dan strategi agar dapat mencapai tujuan perusahaan serta tujuan diri sendiri.

Bila fokus pada tujuan yang lebih tinggi, maka akan lebih mudah bagi tim sales untuk mencapai target yang lebih kecil. Misalnya, jika perusahaan memberikan target penjualan untuk 10 perusahaan, Maka jangan halangi tim sales yang memiliki target penjualan pribadi sebesar 2x lipat.

Baca juga : Cara Efektif Meningkatkan Penjualan dengan Promosi Ala Milenial

3. Bangun Kepercayaan
Source : unsplash.com

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun kepercayaan. Tim sales pasti akan semakin bersemangat jika mengetahui bahwa yang telah dilakukannya selama ini akan sangat bermanfaat untuk perusahaan.

Anda perlu memberi gambaran yang besar untuk menjelaskan betapa pentingnya segala usaha dan jerih payah yang diberikan oleh setiap tim sales bagi perusahaan, karena segala upaya dan pengorbanan yang mereka berikan akan memberikan dampak yang besar terhadap perusahaan dan pekerjaan rekan-rekan kerja lainnya.

Salah satu cara umum yang bisa Anda lakukan untuk membangun kepercayaan adalah dengan memberikan komisi dan bonus. Bahkan, pemberian insentif atau bonus sudah seharusnya menjadi standar perusahaan. Sehingga, saat tim sales dapat terus termotivasi untuk bekerja..

Cara lainnya untuk memotivasi tim sales adalah memberikan penghargaan atas segala yang telah diraih. Berikan pujian kepada tim sales dengan sederhana seperti memberikan “high five” atau memberikan pengumuman kecil pada saat briefing di pagi hari.

Sehingga, akan membuat tim sales percaya kepada Anda dan lebih termotivasi. Doronglah tim sales agar dapat saling memberikan penghargaan satu dengan yang lain dan saling memberikan penghargaan apabila ada rekan yang berhasil. Dengan cara seperti ini, secara tidak langsung Anda sedang membangun tim sales yang solid dan memperkuat kepercayaan hubungan satu tim dengan yang lain.

Baca juga : Mengenal SimpliDOTS, Aplikasi Digital Yang Dirancang Untuk Memudahkan Distributor

4. Budaya Kerja yang Nyaman
Source : unsplash.com

Mungkin sebelumnya sudah banyak orang yang mengatakan bahwa bekerja di lingkungan kerja yang menyenangkan dan nyaman adalah salah satu cara agar tim kerja tetap termotivasi dengan baik, termasuk tim sales Anda.

Dengan menciptakan lingkungan penjualan yang positif, maka dampaknya adalah penjualan tim sales bisa maksimal. Setidaknya ada lima faktor kunci dalam menciptakan lingkungan penjualan yang nyaman, yaitu:

  1. Tim sales harus tahu dan memahami arah dan tujuan mereka terhadap target dan goals yang diberikan.
  2. Pastikan tim sales telah memiliki keterampilan (skills) dan sumber daya (resources) untuk dapat mencapai tujuan (goal) dan target mereka.
  3. Pastikan bahwa setiap tim sales bisa memantau kinerja (performance) mereka dengan teratur.
  4. Hindari dan singkirkan potensi yang menimbulkan ancaman, dan selalu siap dengan rencana cadangan (contingency plan), jika segala sesuatunya tidak berfungsi sesuai rencana semula.
  5. Ciptakan komunikasi yang baik antara tim sales
5. Kreatif Menemukan Antusiasme
Source : unsplash.com

Anda sebagai seorang pemimpin pasti sudah tahu bahwa tugas Anda tidak semudah membalikkan telapak tangan. Manajer yang hebat selalu mendapat tantangan yang luar biasa, khususnya untuk memotivasi setiap anggota tim.

Tim sales bisa tetap termotivasi jika mereka memiliki pemimpin atau manajer yang bisa memberikan mereka semangat, menjadi teladan yang baik, dan membawa pengaruh positif ke lingkungan kerjanya. Karena itu, Anda harus bisa menunjukkan kreativitas Anda sebagai manajer agar para tim sales bisa mendapatkan antusiasme.

Cobalah Anda melakukan diskusi secara personal dengan setiap anggota tim sales. Coba dengarkan keluhan dan saran mereka, catat jika memang perlu. Gali informasi tentang mereka sebanyak-banyaknya dan sedetail mungkin.

Setelah Anda mengetahui tentang kendala, antusiasme, serta usaha yang sudah dilakukan tim sales, maka saatnya untuk memberikan solusi dari setiap kesulitan anggota tim sales, baik secara individu maupun tim.

Motivasi yang baik akan memberikan dampak luar biasa untuk tim sales dan penjualan bisnis Anda. Oleh sebab itu, pastikan perusahaan Anda selalu mengapresiasi kinerja tim sales ya!

Membantu mempermudah dan menyederhanakan tugas tim sales di lapangan juga bisa menjadi salah satu bentuk apresiasi perusahaan, bukan? Manfaatkan fitur dan layanan SimpliDOTS untuk kemudahan bisnis Anda di bidang distribusi barang.

Kami siap membantu Anda. Hubungi kami sekarang juga di www.simplidots.com

Share
Published by
astrid
Tags: strategi penjualan

Recent Posts

  • Bisnis
  • Distribusi

Memulai Bisnis Distribusi, Yuk Persiapkan Hal Penting Ini

Mau memulai bisnis distribusi? Pilihanmu sudah tepat. Usaha distribusi bisa menjadi pilihan yang prospektif sebagai lini usaha karena potensinya yang… Read More

  • Pemasaran
  • Penjualan
  • Strategi Bisnis

Bingung Menentukan Harga Jual Produk?

Harga mempunyai peranan yang penting sebagai alat bantu untuk sukses dalam strategi pemasaran. Mengapa? Karena penetapan harga merupakan bagian penting… Read More

  • Distribusi
  • Produk

Aplikasi Stok Barang : Solusi Mudah Membuat Berbagai Jenis Laporan Stok Barang

Agar bisnis lebih mudah dikelola dan dikembangkan, salah satu aspek yang perlu dipertimbangkan adalah manajemen inventaris. Kamu harus mampu mengatur… Read More