Tak Hanya Uang, Ini 5 Cara Mengapresiasi Tim Sales Anda

Tak Hanya Uang, Ini 5 Cara Mengapresiasi Tim Sales Anda

Tim sales merupakan divisi perusahaan yang harus dipertahankan. Tanpa adanya tim sales, perusahaan tidak akan berkembang dengan lebih baik lagi. Cara untuk mempertahankan tim sales agar mau tetap bekerja di perusahaan yang Anda pimpin beragam, salah satunya adalah dengan memberikan apresiasi kepada setiap anggota tim sales.

Apresiasi tersebut selain gaji, bisa dalam bentuk bonus yang memang sesuai dengan kinerja yang dilakukannya. Apresiasi tersebut tentu akan memberikan dampak positif dan juga kesan bahwa perusahaan sangat memperhatikan dan menghargai karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Baca Juga : Jangan Keliru! Ini Bedanya Sales & Marketing yang Belum Anda Ketahui

Perihal tentang memberikan apresiasi tersebut juga telah diinstruksikan oleh pemerintah melalui surat edaran Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia, yaitu No. SE07/MEN/1990 Tahun 1990 mengenai Pengelompokan Komponen Upah dan Pendapatan Non Upah, bonus termasuk dalam kategori non-upah.

Berdasarkan aturan tersebut, maka sudah seharusnya pihak perusahaan untuk memperhatikan kembali apresiasi terhadap karyawan yang setia bekerja di perusahaan. Selain itu, apresiasi juga bisa diberikan bagi tim sales yang selalu mencapai goals dan target penjualan.

Adapun apresiasi kepada tim sales yang bisa Anda berikan tidak harus uang. Berikut ini, 5 cara mengapresiasi tim sales Anda.

Hadiah Berupa Waktu Berlibur
Hadiah Berupa Waktu Berlibur merupakan salah satu bentu apreasia yg dapat diberikan kepada tim sales
source : unsplash.com

Apresiasi yang bisa Anda berikan untuk tim sales yang berprestasi adalah dengan memberikan waktu berlibur. Memberikan waktu selama 3-4 hari cuti sudah sangat menyenangkan bagi tim sales yang selalu bekerja di bawah tekanan. Untuk memberikan kesan berbeda, Anda tidak hanya memberikan waktu libur saja, melainkan juga memberi tiket liburan yang bisa dimanfaatkan oleh tim sales tersebut.

Misalnya, memberikan tiket liburan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di dalam maupun di luar negeri. Pemberian bisa dilengkapi dengan fasilitas berupa akomodasi lengkap dan juga yang terbaik.

Pemberian tiket untuk liburan bukanlah tindakan yang berlebihan, tetapi sebagai bentuk apresiasi yang layak diberikan karena tim sales telah berkorban dari segi tenaga, pikiran, waktu, dan lain sebagainya.

Selain tiket liburan gratis mengunjungi tempat wisata dalam dan juga luar negeri, Anda bisa pula menyiapkan tiket perjalan wisata religi gratis, misalnya umroh untuk yang beragama Islam. Pemberian apresiasi yang dilakukan akan membuat tim sales Anda semakin termotivasi dan menantang tim sales lain untuk berlomba-lomba memberikan kinerja yang terbaik.

Selain itu, apresiasi bisa diberikan dengan memberikan tiket acara yang cukup bergengsi. Acara tersebut bisa tentang seminar atau training yang dapat menambah skill dari tim sales Anda. Selain itu, bisa pula tentang event olahraga dunia, konser musik, atau event lainnya yang sangat disenangi oleh tim sales tersebut.

Tentunya tim sales akan senang karena tiket yang diberikan tersebut adalah tiket event terbaik yang diinginkannya. Secara tidak langsung akan memberikan mood yang baik ketika habis waktu liburan dan memulai kerja lagi.

Happy Hour Bersama Rekan Setim
source : unsplash.com

Happy Hour merupakan acara yang selalu ditunggu-tunggu oleh para karyawan. Selain karena hiburan yang menyegarkan pikiran, Happy Hour juga memungkinkan untuk saling mengenal dan mengakrabkan diri. 

Maka itu, Anda bisa memberikan apresiasi dengan cara yang sederhana, misalnya mengajak makan bersama rekan satu tim. Acara bisa dilakukan di waktu senggang saat siang atau malam hari. Sambil melakukan aktivitas makan bersama, pembicaraan tentang pekerjaan juga akan terasa santai dan menyenangkan.

Mengajak makan bersama dengan rekan satu tim bisa diberikan kepada beberapa anggota tim sales Anda yang memang menjalankan tugasnya dengan baik. Hal ini agar bisa dijadikan sebuah motivasi bagi tim sales lain untuk bisa bekerja lebih baik dan bagi tim sales yang berprestasi akan semakin meningkatkan performa terbaiknya dalam bekerja.

Outing/Rekreasi Setim
source : unsplash.com

Apresiasi selanjutnya yang bisa diberikan perusahaan adalah dengan mengadakan liburan bersama teman setim. Tentunya liburan ini bisa dilaksanakan setelah target-target perusahaan terpenuhi dengan baik. Bahkan, Anda bisa juga mengadakan sebuah kompetisi antar divisi. 

Misalnya, apresiasi yang didapat adalah mengadakan liburan gratis bersama rekan-rekan kantor. Liburan bersama rekan kantor bisa dilakukan dengan mengunjungi pantai, menyewa villa, arung jeram, outbound dan lain sebagainya. Selain mendapatkan apresiasi, kekeluargaan juga akan terbangun dengan sendirinya karena susah dan senang ditanggung bersama.

Setiap tim sales yang terlibat akan merasa nyaman dan betah untuk bekerja di perusahaan Anda. Dengan adanya faktor kenyamanan dan kekeluargaan yang terbangun, maka akan memberikan efek betahnya bekerja di perusahaan yang Anda pimpin.

Baca juga : Strategi Diskon Untuk Meningkatkan Penjualan Produk

Cinderamata atau Ucapan Apresiasi Langsung
source : unsplash.com

Cara berikutnya dalam menunjukkan apresiasi kepada tim sales adalah dengan memberikan cinderamata, bisa berupa sertifikat dan juga piala. Tentunya pemberian tersebut dilakukan melalui tahapan dalam sebuah kategori yang telah dilakukan dengan penilaian dengan cukup ketat.  Pemberian apresiasi tersebut akan memberikan dampak positif kepada tim sales Anda, salah satunya adalah kekeluargaan sesama tim sales akan terjalin lebih erat.

Cinderamata seperti pin, jam tangan, atau pulpen mewah, bisa diberikan dalam acara tertentu yang disaksikan oleh tim atau divisi lain di perusahaan. Selain memberikan cinderamata, Anda bisa memberikan ucapan apresiasi secara langsung terhadap tim sales yang berprestasi. 

Secara sederhana mungkin Anda bisa mengucapkan terimakasih kepada yang bersangkutan karena telah menyelesaikan tugasnya dengan baik. Selain itu, Anda bisa memberikan sedikit pujian dengan ucapan yang menunjukkan kagum dengan cara kerja dan hasil kerjanya yang luar biasa.

Ucapan terima kasih dan pujian akan semakin memotivasi tim sales tersebut untuk meningkatkan kualitas kerjanya. Selain itu, bagi yang bersangkutan juga akan menilai bahwa Anda adalah seorang yang peduli dan layak sebagai pimpinan.

Menyediakan Fasilitas Kerja
source : unsplash.com

Salah satu bentuk apresiasi yang tidak kalah penting adalah dengan menambahkan fasilitas kerja bagi tim sales yang berprestasi. Salah satu fasilitas kerja adalah adanya ruang bersantai. 

Fasilitas kerja adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi dengan baik, sehingga tim sales akan semakin gesit dan giat bekerja untuk Anda. Tim sales Anda yang mungkin selalu outdoor tentu sangat lelah sekembalinya ke kantor. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda menyediakan fasilitas khusus berupa ruang santai agar stamina dan mood segera kembali. Contohnya, ruang seperti pantry khusus, dengan fasilitas meja billiard atau meja pingpong, dll.

Setiap manusia butuh pengakuan atau apresiasi dari orang lain, begitu pula dengan tim sales dan seluruh karyawan di perusahaan Anda. Maka itu, jika Anda ingin dihargai dan diakui oleh orang lain, mulailah dari diri sendiri untuk bisa menanamkan rasa peduli dan menghargai antar sesama, termasuk kepada tim sales force yang telah bekerja keras bagi perusahaan.

Dalam hal pekerjaan, jika Anda menginginkan kinerja tim sales yang loyal dan berkomitmen. Maka, tidak ada salahnya untuk mengapresiasi setiap kinerja dengan jenis-jenis apresiasi yang layak dan sesuai. Dengan memberikan apresiasi, maka Anda dan perusahaan juga akan mendapat apresiasi dari setiap karyawan. 

Baca juga : Manfaat SFA Bagi Perusahaan dan Tim Penjualan

Untuk memudahkan perusahaan Anda dalam memberikan apresiasi pada tim sales, Anda dapat menggunakan platform SimpliDOTS melalui fitur SimpliDOTS Monitoring. 

Fitur ini akan mempermudah tugas manajer / supervisor dalam memonitor performa personil maupun penjualan dengan cepat dan realtime. Sehingga, manajer dapat lebih mudah mengidentifikasi kinerja dari tim sales yang terbaik. Ayo, kunjungi www.simplidots.com untuk informasi lebih lanjut dan nikmati kemudahan fitur-fiturnya.

WhatsApp chat