Categories: Feature Updates

Penambahan Fitur Pada SMH (Sales Management Hub) – [27 May 2023]

Pada release kali ini, terdapat penambahan fitur dan tampilan pada menu berikut.
1. Penambahan fitur Time Window & Service Time pada Customer Group
2. Re-design tampilan Fleet/Kendaraan
3. Penambahan fitur Customer Fleet

Pada customer group sudah ditambahkan grup untuk Time Window (jam operasional pelanggan) dan Service Time (waktu penurunan item) untuk kebutuhan pada saat optimasi rute/pembuatan rekap surat jalan.

  • Create Customer Group
Create Customer Group – Time Window

Jika grup yang dipilih adalah Time Window, akan muncul pengisian jam buka dan jam tutup pelanggan.

Create Customer Group – Service Time

Jika grup yang dipilih adalah Service Time, akan muncul pengisian estimasi waktu penurunan barang. Jika checkbox Accumulated drop item time dicentang maka, waktu penurunan barang (input) akan diakumulasi untuk semua pelanggan.

Pemilihan pelanggan untuk grup Time Window
Pemilihan pelanggan untuk grup Service Time

Setelah melengkapi pengisian Customer Group Details, maka dapat memilih pelanggan sesuai dengan grup yang telah dipilih.

  • Detail Customer Group
Detail Customer Group – Time Window
Detail Customer Group – Service Time

Jika tipe grup adalah Time Window, maka akan ditampilkan jam operasional pelanggan.

Jika tipe grup adalah Service Time, maka akan ditampilkan estimasi waktu penurunan barang beserta checkbox akumulasi waktu penurunan barang.

  • Edit Customer Group
Edit Customer Group – Time Window

Pada edit customer group, nama, deskripsi, dan jam operasional pelanggan dapat diedit sesuai dengan yang diinginkan. Pelanggan yang telah dipilih sebelumnya juga dapat dihapus atau menambah pelanggan lain.

Edit Customer Group – Service Time

Pada edit customer group, nama, deskripsi, estimasi waktu penurunan barang dan checkbox akumulasi waktu penurunan barang dapat diedit sesuai dengan yang diinginkan. Pelanggan yang telah dipilih sebelumnya juga dapat dihapus atau menambah pelanggan lain.

  • List Customer Group

Pada laman List Customer Group, telah ditambahkan icon Group Type untuk TimeWindow dan ServiceTime.

  • List Fleet
List Fleet

Pada laman List Fleet, tidak ada perubahan secara tampilan maupun fungsionalitas.

  • Create Fleet
Create Fleet

Section dibagian kiri untuk menunjukkan user sedang berada dibagian spesifik di sebelah kanan.(Fleet Details dan Assign To Customer Fleet). Setiap section dapat diklik dan akan otomatis diarahkan ke bagian tersebut di sebelah kanan.

Pada saat create fleet / tambah armada baru, yang wajib diisi adalah Nama, Nomor Plat, Volume (Panjang, Lebar, Tinggi), dan Berat Armada.

Terdapat penambahan Assign To Customer Fleet yang berfungsi untuk menentukan armada-armada yang dapat digunakan untuk mengantar barang ke tempat pelanggan dan ini bersifat opsional (tidak wajib diisi).

  • Edit Fleet
Edit Fleet

Secara tampilan dan fungsionalitas, laman Edit Fleet sama dengan laman Create Fleet. Untuk seluruh field juga dapat diedit sesuai dengan kebutuhan.

  • Detail Fleet
Detail Fleet

Pada laman Detail Fleet, seluruh data armada ditampilkan seperti gambar diatas.

  • Menu Customer Fleet

Terdapat penambahan submenu baru pada menu Delivery yaitu Customer Fleet.

Fitur Customer Fleet bertujuan untuk mengelompokkan armada-armada yang dapat digunakan untuk mengantar barang kepada pelanggan-pelanggan tertentu. Pengelompokkan armada terhadap pelanggan juga berpengaruh pada saat melakukan optimasi rute / pembuatan rekap surat jalan.

  • List Customer Fleet

Pada List Customer Fleet, ditampilkan data nama, total armada, total pelanggan dan deskripsi customer fleet.

  • Create Customer Fleet

Section di bagian kiri berfungsi untuk menentukan user sedang berada di bagian tertentu (Customer Fleet Details dan Assign Fleet & Customer). Jika diklik, maka user akan otomatis diarahkan ke bagian yang dipilih.

Pada Customer Fleets Details, yang wajib diisi adalah Nama dan Sequence (prioritas dari customer fleet). Jika sudah terisi maka, bagian Assign Fleet & Customer To This Customer Fleet baru akan muncul. Customer Fleet akan auto tersimpan di belakang layar jika melakukan scrolling ke bawah / mengklik tombol Add Fleet.

Ketika mengklik tombol Add Fleet, selain menyimpan data Customer Fleet di belakang layar, juga akan memunculkan popup untuk memilih fleet / armada. Untuk melakukan penghapusan fleet, dapat mengklik tombol x.

Untuk menambah pelanggan dapat mengklik tombol Add Customer dan akan muncul popup untuk memilih pelanggan. Setiap pelanggan yang dipilih akan secara otomatis tersimpan di belakang layar. Jika ingin menghapus, dapat mengklik tombol x, dan akan terhapus secara otomatis di belakang layar.

Jika sudah mengisi seluruh data, untuk menyimpan dapat mengklik tombol Save & New (ini akan menyimpan data di belakang layar dan seluruh field pada laman ini akan direset) dan Save (ini akan menyimpan data di belakang layar dan user akan diarahkan ke laman List Customer Fleet). Jika ingin melakukan cancel, klik tombol Cancel dan akan muncul popup warning yang memberitahukan bahwa data tidak akan tersimpan jika ingin meninggalkan laman tersebut. Popup warning hanya akan muncul jika sebelumnya terdapat data yang sudah tersimpan di belakang layar (seperti data Customer Fleet Details atau data pelanggan yang dipilih sebelumnya).

  • Edit Customer Fleet

Laman Edit Customer Fleet secara tampilan dan fungsionalitas sama dengan Create Customer Fleet.

Jika melakukan penambahan / penghapusan pelanggan dan mengklik tombol Cancel, maka seluruh perubahan akan dikembalikan seperti pada awalnya. Tombol Delete jika diklik akan menghapus data customer fleet tersebut.

  • Detail Customer Fleet

Pada Detail Customer Fleet, ditampilan data mengenai detail dari nama, deskripsi dan sequence (di bagian kiri). Untuk melihat detail armada dan pelanggan dapat mengklik tab Fleet dan Customer.

Published by
Desvita

Recent Posts

  • Produk

Fungsi Produk: Arti, Contoh Implementasi dan Tips Memenangkan Pasar

Fungsi produk menjadi titik sentral dalam pembuatan suatu barang atau jasa. Produsen tentunya telah merencanakan dan mendesain secara matang fungsi… Read More

10 hours ago
  • Strategi Bisnis
  • Strategi Distribusi

Case Study: Strategi Powerful Distribusi Es Krim AICE 5x Lebih Efisien dengan SimpliDOTS

Anda termasuk pecinta es krim? Ya, hampir semua orang memang menyukainya! Cita rasa manis, segar, dan lumer di mulut membuat… Read More

3 months ago
  • Sales Tracking

5 Masalah Aplikasi Sales Tracking yang Umum Ditemui dan Solusinya

Tim sales adalah ujung tombak distributor yang bertanggung jawab menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan agar menghasilkan pendapatan ke perusahaan. … Read More

3 months ago