Fungsi Produk: Arti, Contoh Implementasi dan Tips Memenangkan Pasar

Fungsi Produk: Arti, Contoh Implementasi dan Tips Memenangkan Pasar

Fungsi produk menjadi titik sentral dalam pembuatan suatu barang atau jasa. Produsen tentunya telah merencanakan dan mendesain secara matang fungsi produk, baik itu barang maupun layanan. Hal ini penting untuk menentukan bagaimana suatu produk mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Fungsi produk sepatutnya berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, sebuah aplikasi distributor memiliki fungsi atau kegunaan untuk mengoptimalkan rute transportasi hingga mengirimkan notifikasi status pengiriman ketika paket produk telah sampai di tujuan.

Fungsi produk barang dan jasa mengacu pada peran atau tujuan utama dari sebuah produk dalam memenuhi kebutuhan atau keinginan konsumen. Baik barang maupun jasa memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung pada sifat dan karakteristiknya.

Namun, bagaimana suatu produk bisa mempunyai daya tarik, bahkan sukses menaklukkan pasar? Yuk, simak pembahasannya di sini!



Apa Arti Fungsi Produk?

Secara sederhana, fungsi produk adalah kemampuan atau manfaat utama dari suatu produk yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan praktis atau memberikan solusi bagi pengguna. Dengan kata lain, fungsi produk adalah apapun yang bisa dilakukan produk tersebut dan apa yang bisa dicapai oleh pengguna dengan produk tersebut.

Fungsi produk sering kali menjadi alasan utama konsumen membeli atau menggunakan suatu produk. Alasannya beragam, misalnya karena produk ini mampu menyelesaikan masalah, memudahkan pekerjaan, atau memberikan hasil yang diinginkan.

Lantas, kenapa sih orang membeli suatu produk barang atau jasa? Berikut beberapa poin apa saja kegunaan dan fungsi produk:

·        Dapat memecahkan masalah pelanggan

 Fungsi produk membantu pengguna menyelesaikan masalah tertentu atau memenuhi kebutuhan spesifik. Misalnya, fungsi dari sebuah mesin cuci adalah untuk mencuci pakaian secara efisien.

·        Menghemat waktu

 Banyak produk dirancang untuk menghemat waktu pengguna. Sebagai contoh, microwave memungkinkan pengguna memanaskan makanan dengan cepat dibandingkan dengan metode memasak dengan kompor.

·        Peningkatan kinerja

Produk tertentu sering kali dirancang memiliki fungsi untuk meningkatkan kinerja atau hasil dalam aktivitas tertentu. Misalnya, sepatu lari yang dirancang khusus dapat meningkatkan performa atlet saat berlari.

·        Kenyamanan

Fungsi produk juga bisa mencakup aspek kenyamanan. Misalnya, kursi komputer/ kursi gaming yang ergonomis memberikan kenyamanan saat duduk dalam waktu lama.

Jadi, dapat kita pahami bahwa fungsi produk adalah bagaimana produk dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik pengguna dan memberikan solusi praktis dalam kehidupan sehari-hari.



Baca juga: Mengenal Sistem Distribusi Yang Cepat Dan Efisien


Jenis-jenis produk berdasarkan fungsinya

grocery 1232944 12801

Selanjutnya, mari kita simak beberapa jenis produk yang dikelompokkan menurut fungsinya berikut:

·        Barang Kebutuhan Sehari-hari (convenience goods)

Barang kebutuhan sehari-hari adalah barang-barang yang dibeli konsumen secara rutin untuk memenuhi aktivitas harian. Barang-barang ini biasanya berharga murah dan mudah ditemukan di banyak lokasi. Keputusan pembelian untuk barang-barang ini terutama didorong oleh kenyamanan dan kebutuhan daripada loyalitas merek atau penelitian yang mendalam.

Contoh: produk roti, susu, pasta gigi, dan sabun. Barang-barang ini biasanya ditemukan di berbagai toko dan dibeli secara rutin.

·        Barang Belanja (shopping goods)

Barang belanja adalah produk yang memerlukan waktu dan usaha bagi konsumen untuk membandingkan berdasarkan kualitas, harga, dan kesesuaian sebelum melakukan pembelian. Barang-barang ini biasanya lebih mahal daripada barang kebutuhan sehari-hari dan dibeli lebih jarang. Konsumen bersedia meluangkan waktu untuk mencari informasi dan mengunjungi berbagai toko untuk membuat pilihan terbaik.

Contoh: produk pakaian dan produk elektronik seperti smartphone atau laptop, dan furnitur. Untuk barang-barang ini, konsumen sering membandingkan berbagai merek, membaca ulasan, dan mempertimbangkan fitur terbaik agar sepadan dengan uang yang akan dibayarkan.

·        Barang Spesial (specialty goods)

Barang spesial adalah barang-barang unik dan biasanya mewah yang konsumen lakukan upaya khusus untuk membelinya. Barang-barang ini ditandai dengan fitur yang khas, identitas merek, dan harga yang lebih tinggi. Pembelian barang spesial sering kali dikaitkan dengan tingkat keterlibatan emosional dan loyalitas merek yang tinggi.

Contoh: Mobil mewah seperti Tesla, jam tangan kelas atas seperti Rolex, tas desainer dari merek seperti Chanel, atau makanan dan anggur gourmet. Pelanggan sering mencari produk ini untuk eksklusivitas dan simbol status mereka.

·        Barang Tak Dicari (unsought goods)

Barang tak dicari adalah produk yang tidak secara aktif dicari atau dipikirkan oleh konsumen untuk dibeli. Sering kali, barang-barang ini memerlukan banyak iklan dan penjualan pribadi. Pembelian barang tak dicari biasanya didorong oleh kebutuhan, keadaan darurat, atau kesadaran akan kebutuhan di masa depan.

Contoh: Asuransi jiwa, layanan pemakaman, dan alat pemadam kebakaran. Barang-barang ini umumnya tidak dipertimbangkan oleh konsumen sampai ada kebutuhan khusus atau mereka melihat iklannya di pinggir jalan.



Contoh fungsi produk dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari

Fungsi Produk 3

Berikut adalah beberapa contoh fungsi produk dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari yang menunjukkan bagaimana produk dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik pengguna:

·      Produk FMCG

Contoh produk yang bergerak cepat adalah produk deterjen, sabun, tisu toilet, pasta gigi, dan masih banyak lagi. Semua produk FMCG (Fast-moving Consumer Goods) ini adalah barang sehari-hari yang memiliki permintaan stabil dan berkelanjutan. Memang, produk tersebut tidak selalu menjadi kebutuhan pokok, tetapi produk-produk tersebut telah ada sejak lama di pasar. Kemungkinan besar produk-produk itu akan tetap ada dengan permintaan yang stabil jangka panjang.

Pelanggan mengharapkan agar barang tersebut selalu tersedia. Oleh karena itu, ketersediaan stok barang adalah faktor kesuksesan utama bagi rantai pasokan (management supply chain) FMCG.

·      Produk inovatif

Smartphone, komputer, pakaian fashion, dan sepeda sering kali diperbarui dengan versi terbaru mengikuti trend seiring zaman. Sebagai contoh, meskipun gaun musim panas sudah ada sejak lama, namun hampir setiap desainer akan membuat versi terbaru di musim panas berikutnya.

Tak jauh beda, smartphone terbaru juga selalu dirilis tiap beberapa bulan untuk menggantikan produk-produk versi lama. Produk-produk ini terus berubah dan permintaannya tidak dapat diprediksi dengan siklus hidup produk yang singkat.

·      Jasa

Produk jasa seperti layanan kesehatan, transportasi, atau konsultasi bisnis bertujuan memberikan layanan langsung kepada konsumen dan memberikan solusi pada permasalahan pelanggan. Selain itu, jasa dapat memenuhi kebutuhan immateriil seperti hiburan (teater, konser), informasi (jasa konsultasi, pendidikan), atau keamanan (jasa keamanan).

Produk jasa sering kali melibatkan interaksi personal antara penyedia jasa dan konsumen, yang membangun kepercayaan dan loyalitas.



Baca juga: Aplikasi Sistem Distribusi untuk Manajemen Stocklist di Gudang


Tips memenangkan pasar melalui fungsi produk yang efektif dan efisien

Fungsi Produk 2

Produk yang sukses adalah kunci utama dari bisnis atau merek yang hebat. Banyak pengusaha mencari cara untuk membuat fungsi produk mereka tetap relevan dan dibutuhkan pelanggan seiring waktu.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti agar fungsi produk bisnis selalu diminati pelanggan:

1.        Produk berkualitas dan bernilai

Produk yang hebat adalah produk yang dianggap sangat bernilai oleh pengguna. Produsen harus memastikan bahwa produk tersebut menjadi solusi dalam kehidupan pelanggan dan menambah nilai bagi mereka. Produk harus menarik bagi banyak orang agar bisa mendapatkan keuntungan.

2.        Dengarkan saran pelanggan

Pelanggan sangat penting untuk bisnis. Dengarkan apa kata pelanggan terkait produk tersebut agar bisa membantu perusahaan terus meningkatkan kualitas produk. Caranya adalah meminta pelanggan mengisi kuesioner, membuat forum saran dan masukan, serta meminta pelanggan membuat ulasan produk.

3.        Pemasaran jelas

Pentingnya pemasaran dalam dunia yang cepat berubah saat ini tidak bisa diremehkan. Pesan marketing harus menarik dan membuat orang merasa bahwa produk tersebut menawarkan solusi mudah untuk masalah mereka. Pastikan untuk menonjolkan bagian terbaik dari fitur atau manfaat produk dan tekankan apa yang penting bagi audiens target. Misalnya, Anda menawarkan produk sabun dengan kandungan minyak zaitun untuk mengatasi kulit kering dan pecah-pecah.

4.        Pengalaman pelanggan memuaskan

Pengalaman dan kepuasan pelanggan sangat penting untuk meningkatkan penjualan dan membangun loyalitas pelanggan. Ketika pelanggan menggunakan atau mencoba produk tersebut, pengalaman mereka harus menyenangkan dan tanpa hambatan.

Perhatikan masukan, kritik, dan saran pelanggan selama fase Beta atau setelah peluncuran poduk untuk memastikan pelanggan puas dan siap untuk kampanye pemasaran di masa mendatang.



Optimalkan fungsi produk dengan management supply chain yang efisien didukung aplikasi distributor, SimpliDOTS!

simplidots aplikasi distributor 2

Ketika kita berbicara tentang fungsi produk, setiap distributor perlu merencanakan proses pengiriman terbaik agar kualitas produk tetap terjaga sampai di tangan konsumen.

Dalam hal ini, sangat penting mengelola supply chain (rantai pasokan) yang efisien didukung aplikasi distributor terbaik, seperti SimpliDOTS. Sebagai contoh, proses distribusi produk es krim membutuhkan optimasi rute untuk mempermudah driver dan sales force menentukan lokasi toko yang akan dikunjungi.

Fitur-fitur Aplikasi Distributor SimpliDOTS untuk memaksimalkan sistem rantai pasokan produk:

1.   Pengelolaan rantai pasokan terintegrasi

SimpliDOTS memungkinkan pengawasan seluruh proses distribusi dari produsen hingga retailer. Hal ini memastikan tidak ada hambatan yang mengurangi produktivitas.   Proses manual yang memakan waktu dapat dihilangkan, sehingga alur distribusi menjadi lebih cepat dan efisien.

SimpliDOTS Retail memungkinkan retailer melakukan pemesanan secara online, mengurangi waktu tunggu dan lebih paperless.

2.   Pengawasan kinerja dan distribusi

Melalui SimpliDOTS Monitoring, manajer atau supervisor di kantor dapat memantau kinerja salesforce dalam satu dashboard untuk memastikan target penjualan tercapai. Fitur pelacakan kurir memastikan barang dikirim tepat waktu dan sampai di tujuan dengan cepat.

SimpliDOTS mengintegrasikan divisi penjualan dalam satu sistem, mulai dari laporan performa sales, geotagging, hingga skema promo. Sales perusahaan dapat menunjukkan promo barang dan melakukan placing order langsung melalui aplikasi mobile yang terintegrasi.

3.   Sistem invoicing lebih gampang

Fitur ini memudahkan proses penagihan utang melalui aplikasi mobile. Dengan mobile collection, perusahaan dapat memantau dan menyelesaikan utang dengan lebih efisien dan cepat. Tidak ada lagi penundaan dalam proses penagihan, sehingga cash flow perusahaan tetap terjaga dengan baik.

4.   Posisi stok akurat

Salesman tidak perlu lagi khawatir menjual produk yang tidak tersedia di gudang. Dengan fitur ini, mereka dapat melakukan pengecekan stok secara real-time hanya dengan satu klik. Selain itu, fitur ini juga memudahkan proses retur barang, semuanya bisa dilakukan dalam satu platform aplikasi. Hal ini memastikan ketersediaan barang yang akurat dan pelayanan yang cepat kepada pelanggan. Fitur ini membantu perusahaan mempersiapkan stok barang yang diprediksi akan laku, mengurangi risiko overstock atau stockout.

5.   Jadwal Rute dan Kunjungan Makin Mudah

Dengan fitur ini, perusahaan dapat dengan mudah mengelola jadwal rute dan kunjungan salesman. Dilengkapi dengan petunjuk arah yang terintegrasi dengan peta online, fitur ini memastikan salesman dapat mencapai tujuan mereka dengan efisien dan tepat waktu. Hal ini bukan hanya meningkatkan produktivitas, tetapi juga memastikan pelayanan distributor yang lebih baik dalam mengoptimalkan rantai pasokan.



Baca juga: Mengenal SimpliDOTS, Aplikasi Digital Dirancang Untuk Memudahkan Distributor


Tingkatkan Efisiensi Distribusi dengan Aplikasi Distributor Terbaik, SimpliDOTS!

simplidots aplikasi distributor 3

SimpliDOTS terus mengembangkan fitur baru seperti Business Intelligence (BI) SimpliDOTS untuk membantu menganalisa data distribusi agar tetap relevan dengan kebutuhan pasar. Dengan kemampuan data mining berbasis AI, perusahaan dapat menganalisis barang yang laku di pasar dan memprediksi tren masa depan.

Aplikasi distributor ini menawarkan berbagai fitur fungsional dan menarik untuk membantu proses distribusi produk yang efisien dan efektif.

Jadi, sudah sepatutnya distributor masa kini menjalankan proses distribusi berbasis aplikasi digital yang cepat dan mudah. Dengan SimpliDOTS, Anda bisa mengoptimalkan distribusi, meningkatkan efisiensi perusahaan, dan otomasi tim sales force.

Buktikan keunggulan SimpliDOTS dengan mencoba demo GRATIS! Nikmati Distribution Management System (DMS) yang modern, efisien, dan andal. Ambil langkah pertama menuju distribusi yang lebih cerdas dengan aplikasi distributor SimpliDOTS! Hubungi sekarang di WhatsApp +6285373704528 dan dapatkan informasi lengkapnya.

Terakhir, jangan ketinggalan kabar terbaru dari dunia distribusi! Ikuti akun resmi kami di Facebook @simplidots dan Instagram @simplidots untuk mendapatkan update fitur terbaru dan solusi distribusi terbaik dari SimpliDOTS. Yuk, follow sekarang juga!

Sumber

linkedin.com
personalfinancelab.com
simplidots.com
cambridge-dt.com

Bagikan Artikel ini via

Artikel Terkait