5 Cara Analisis Data Tingkatkan Distribusi Produk FMCG, Apa Saja Metodenya?

distribusi produk FMCG

Pasar distribusi produk FMCG di Indonesia sangat besar dan potensial. Itulah mengapa, distributor berlomba-lomba memberikan performa terbaik agar dapat memenangkan persaingan.

Seperti yang kita tahu, produk FMCG (Fast-Moving Consumer Goods) adalah barang-barang yang selalu kita butuhkan setiap hari, contohnya seperti makanan, minuman, sabun, pasta gigi, dan kosmetik, dan sebagainya.

Nah, pernahkah Anda terpikir bagaimana produk-produk itu bisa sampai di toko tepat waktu dan selalu ada ketika kita butuhkan? Ya, jawabannya adalah proses distribusi atau pengiriman barang yang efektif dan efisien.

Di era digital seperti sekarang, hampir semua lini bisnis menggunakan data sebagai kunci keberhasilan operasional usaha. Tak terkecuali, perusahaan distribusi produk FMCG memanfaatkan analisis data untuk memahami kebutuhan konsumen.

Dengan analisis data, distributor bisa mengetahui kapan dan di mana permintaan produk akan meningkat. Jadi, distributor dapat mempersiapkan ketersediaan stok dengan baik.

Analisis data membantu perusahaan dalam banyak hal. Misalnya, mereka bisa memprediksi kapan stok akan habis dan segera mengisi ulang sebelum benar-benar kosong. Mereka juga bisa melihat tren belanja konsumen, sehingga bisa menyiapkan produk yang tepat di waktu yang tepat. Semua ini membuat distribusi produk FMCG jadi lebih efisien dan tepat sasaran.



Pasar FMCG di Indonesia: Meningkat dengan Analisis Data yang Tepat

640 planning analysis graph company finance strategy statistics success concept and planning for future in office room financial accounting concept

Pasar produk konsumen yang bergerak cepat (Fast Moving Consumer Goods atau FMCG) di Indonesia adalah salah satu yang terbesar dan tumbuh paling cepat di antara negara-negara sekitarnya di Asia Tenggara.

Beberapa faktor utama yang mendorong pertumbuhan pasar ini adalah peningkatan daya beli yang disebabkan oleh naiknya pendapatan pribadi serta urbanisasi yang mengubah gaya hidup masyarakat.

Meskipun ada inflasi saat ini, pasar tetap relatif kuat, menunjukkan perubahan positif tahun-ke-tahun sebesar 3,3 persen dalam nilai pasar FMCG pada kuartal kedua 2023 berdasarkan data Statistia.

Beberapa faktor utama yang mendorong pertumbuhan pasar ini adalah peningkatan daya beli yang disebabkan oleh naiknya pendapatan pribadi serta urbanisasi yang mengubah gaya hidup masyarakat



Lanskap Pasar FMCG di Indonesia

Dikutip dari Statistia, pasar FMCG di Indonesia telah berkembang seiring dengan meningkatnya permintaan dan perubahan gaya hidup penduduknya. Beberapa poin penting mengenai lanskap pasar ini adalah:

  • Pengeluaran rumah tangga: Sejak 2018, rumah tangga di Indonesia mengalokasikan hampir 20 persen dari total pengeluaran rumah tangga mereka untuk produk FMCG.
  • Peningkatan pengeluaran konsumen: Pada kuartal kedua 2023, setiap segmen FMCG di negara ini mengalami peningkatan dalam rata-rata pengeluaran konsumen per perjalanan, dengan segmen makanan mencatat perubahan tertinggi.
  • Perdagangan tradisional: Menjadi saluran penjualan utama untuk produk FMCG di Indonesia, dengan pangsa pasar sebesar 83 persen pada kuartal ketiga 2023.
  • Saluran online: Nilai penjualan e-grocery telah mengalami pertumbuhan dalam beberapa tahun terakhir dan diperkirakan akan mencapai sekitar 5,6 triliun dolar AS pada tahun 2026.
Industri FMCG di Indonesia didominasi antara lain oleh perusahaan :
  • Unilever Indonesia telah menghidupkan industri ini dengan menyediakan lebih banyak pilihan produk bagi konsumen Indonesia, mulai dari perawatan pribadi hingga produk makanan.
  • Indofood Membuktikan bahwa kapabilitas lokal dapat bersaing dengan baik di sektor FMCG. Pada tahun 2022, salah satu produknya, Indomie, menempati peringkat pertama di antara merek-merek FMCG terkemuka di negara ini, dengan tingkat penetrasi sekitar 95 persen di kalangan rumah tangga Indonesia. Penjualan bersih PT Indofood Sukses Makmur Tbk, atau Indofood, telah menunjukkan tren kenaikan yang stabil sejak 2014, mencerminkan pertumbuhan yang berkelanjutan di pasar FMCG.


Perilaku Konsumen FMCG di Indonesia Saat Ini

Fungsi Produk: Arti, Contoh Implementasi dan Tips Memenangkan Pasar

Meskipun ada pertumbuhan positif di pasar FMCG Indonesia di tengah inflasi, konsumen Indonesia semakin berhati-hati dalam pengeluaran mereka. Berikut beberapa perubahan perilaku konsumen yang perlu diperhatikan:

– Menghemat Uang

Banyak konsumen Indonesia mencari cara untuk menghemat uang saat berbelanja. Mereka lebih cenderung memilih alternatif yang lebih murah daripada merek premium. Ini menunjukkan bahwa harga menjadi faktor utama dalam keputusan pembelian mereka, terutama di masa ekonomi yang tidak pasti.

– Mengurangi Frekuensi Kegiatan Rekreasi

Untuk mengatasi dampak inflasi, konsumen Indonesia juga menghindari dan mengurangi frekuensi kegiatan rekreasi. Mereka lebih memilih untuk mengalokasikan anggaran mereka pada kebutuhan dasar daripada menghabiskan uang untuk hiburan atau kegiatan yang tidak penting.

– Pengeluaran untuk Kebutuhan Dasar

Survei terbaru mengungkapkan bahwa inflasi memiliki dampak terbesar pada pengeluaran konsumen untuk kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, dan perawatan kesehatan. Konsumen lebih selektif dalam pengeluaran mereka, memastikan bahwa uang mereka digunakan untuk kebutuhan yang paling mendesak.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang pola pembelian konsumen, tren pasar, dan kinerja saluran distribusi melalui analisis data yang canggih, perusahaan FMCG di Indonesia dapat terus meningkatkan performa mereka di pasar yang dinamis ini.

Memanfaatkan data yang akurat dan terkini memungkinkan perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih tepat dan strategis, yang pada akhirnya membantu mereka tetap kompetitif dan relevan di mata konsumen.



Baca juga: Pentingnya Fleet Management System Untuk FMCG


5 Cara Tingkatkan Saluran Distribusi Produk FMCG dengan Analisis Data

640 transportation and logistic import export and transport industry of truck container cargo ship

Di era digital yang serba cepat ini, setiap perusahaan berlomba-lomba untuk memanfaatkan teknologi demi memenangkan persaingan. Salah satu sektor yang sangat diuntungkan oleh perkembangan ini adalah industri Fast-Moving Consumer Goods (FMCG).

Produk FMCG, yang meliputi barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, produk kebersihan, dan kosmetik, selalu memiliki permintaan tinggi dan perputaran cepat.

Namun, tantangan terbesar yang dihadapi oleh perusahaan FMCG adalah bagaimana memastikan produk-produk tersebut tersedia tepat waktu di lokasi yang tepat. Di sinilah peran analisis data menjadi sangat krusial.

SimpliDOTS didukung fitur Business Intelligence dapat mengubah cara distribusi produk FMCG dan membawa bisnis distributor masa kini ke level berikutnya.

1.  Memahami Pola Pembelian Konsumen

Dengan analisis data, perusahaan FMCG dapat mengumpulkan informasi tentang kebiasaan belanja konsumen. Data ini mencakup produk apa yang sering dibeli, kapan biasanya produk tersebut dibeli, dan bagaimana frekuensi pembeliannya.

Informasi ini memungkinkan perusahaan untuk memprediksi permintaan produk secara lebih akurat, sehingga dapat mengelola persediaan dengan lebih baik.

2.  Mengidentifikasi Tren Pasar

Analisis data memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi tren pasar yang sedang berkembang. Dengan mengetahui tren ini, perusahaan dapat menyesuaikan portofolio produk dan strategi pemasaran mereka agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen.

Misalnya, jika ada peningkatan permintaan untuk produk-produk organik, perusahaan dapat fokus pada produksi dan promosi produk-produk tersebut.

3.  Optimalisasi Manajemen Persediaan

Dengan data yang akurat, perusahaan dapat mengatur persediaan secara lebih efisien. Ini termasuk menentukan jumlah stok yang optimal untuk setiap produk di setiap lokasi.

Dengan manajemen persediaan yang lebih baik, perusahaan dapat mengurangi biaya penyimpanan yang berlebihan dan menghindari kehabisan stok yang dapat mengganggu kepuasan pelanggan.

4.  Peningkatan Efisiensi Operasional

Analisis data membantu perusahaan mengidentifikasi area-area yang memerlukan perbaikan dalam rantai pasokan dan distribusi produk FMCG. Misalnya, dengan menganalisis waktu pengiriman dan rute distribusi, perusahaan dapat menemukan cara untuk mempercepat proses pengiriman dan mengurangi biaya logistik.

Hal ini dapat mencakup penyesuaian rute pengiriman atau peningkatan frekuensi pengiriman ke lokasi-lokasi tertentu.

5.  Pengambilan Keputusan yang Lebih Tepat

Data yang dianalisis dengan baik memberikan dasar yang kuat untuk pengambilan keputusan. Mulai dari keputusan tentang pengembangan produk baru, promosi, hingga alokasi keungan dan tenaga kerja, semua dapat dilakukan dengan lebih tepat berdasarkan data yang tersedia.

Analisis tersebut bukan hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga membantu dalam merancang strategi bisnis yang lebih efektif.



SimpliDOTS Business Intelligence (BI) Mendukung Efisiensi Saluran Distribusi Produk FMCG di Indonesia

netsales

SimpliDOTS adalah salah satu software distribusi terbaik yang menawarkan fitur Business Intelligence untuk memantau lebih dari 100 analisa data pintar langsung dari smartphone.

Dengan memanfaatkan analisis data yang didukung oleh SimpliDOTS Business Intelligence (BI), berikut adalah beberapa fiturnya untuk meningkatkan performa distribusi:

Account Report

Melacak dan menganalisis laporan akun untuk memahami performa dan kesehatan keuangan bisnis.

Purchase Report

Memantau laporan pembelian untuk mengoptimalkan proses pengadaan dan mengelola persediaan dengan lebih efisien.

Stock Report

Melihat laporan stok secara real-time untuk memastikan ketersediaan produk dan menghindari kehabisan atau kelebihan stok.

Sales Report

Mengakses laporan penjualan yang memberikan wawasan tentang produk terlaris, tren penjualan, dan performa tim penjualan.

Sales Report II

Menyediakan laporan penjualan tambahan dengan analisis yang lebih mendalam untuk strategi penjualan yang lebih efektif.

User Activity Report

Melacak aktivitas pengguna untuk mengawasi kinerja tim dan mencegah kecurangan sejak dini.

 



Baca juga: Mengenal Sistem Distribusi yang Cepat Dan Efisien


Keuntungan Menggunakan SimpliDOTS Business Intelligence

salesreport

Dengan menggunakan software distribusi terbaik didukung fitur Business Intelligence dari SimpliDOTS, distributor dapat:

·         Memantau Performa Tim Sales Force

Semua data performa tim penjualan dapat dilihat melalui perangkat smartphone, tablet, maupun desktop. Hal ini memudahkan supervisi dan memastikan bahwa setiap anggota tim bekerja sesuai standar perusahaan.

·         Mencegah Kecurangan Lebih Awal

Data tersedia secara real-time sehingga manajer atau supervisor dapat mendeteksi dan mencegah kecurangan sejak awal, sehingga menjaga integritas bisnis.

·         Analisis Data Lebih Tajam

Business Intelligence memungkinkan analisis data yang lebih mendalam dan tajam. Hal ini dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih tepat dan strategis.

·         Supervisi Lebih Mudah

Dengan akses data dari smartphone, supervisi tim menjadi lebih mudah dan fleksibel. Anda dapat mengawasi bisnis kapan saja dan di mana saja.



Baca juga: Aplikasi Distribusi untuk Mendukung Keberlangsungan Bisnis FMCG


Kurangi Fake Sales Visit dengan SimpliDOTS: Solusi Distribusi Lebih Efisien

simplidots aplikasi distributor 3 edited 1

Distribusi produk FMCG di Indonesia menghadapi berbagai tantangan, salah satunya adalah kejujuran dan efisiensi tim sales. SimpliDOTS hadir untuk mengatasi masalah ini dengan aplikasi SimpliDOTS Sales Supervision yang memantau performa dan visit salesman Anda kapan saja dan di mana saja.

Berikut adalah beberapa masalah yang sering dihadapi dalam distribusi produk dan bagaimana SimpliDOTS bisa menjadi solusi.

Masalah Umum yang Dihadapi dalam Distribusi Produk FMCG
1. Fake Sales Visit

Salah satu masalah terbesar yang dihadapi oleh perusahaan distribusi adalah laporan kunjungan penjualan palsu atau tidak akurat. Beberapa salesman mungkin melaporkan kunjungan yang sebenarnya tidak dilakukan, yang dapat mengganggu data penjualan dan merugikan perusahaan.

Dengan aplikasi Sales Supervision dari SimpliDOTS, Anda dapat memantau lokasi dan aktivitas salesman secara real-time. Ini memastikan bahwa setiap kunjungan yang dilaporkan adalah kunjungan yang benar-benar terjadi, sehingga data penjualan Anda lebih akurat.

2. Kurangnya Transparansi

Tanpa alat yang tepat, sulit untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang performa tim sales. Kurangnya transparansi ini dapat menyebabkan keputusan yang kurang tepat dalam strategi penjualan dan distribusi.

SimpliDOTS memberikan transparansi penuh dengan menyediakan data performa tim sales yang dapat diakses kapan saja. Anda dapat melihat laporan kunjungan, aktivitas penjualan, dan berbagai metrik lainnya yang membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik.

3. Manajemen Waktu yang Buruk

Salesman yang tidak efisien dalam mengelola waktu mereka dapat mengurangi produktivitas dan menghambat target penjualan. Tanpa pengawasan yang baik, masalah ini sering kali tidak terdeteksi.

Dengan fitur pemantauan waktu dan lokasi, SimpliDOTS membantu Anda memastikan bahwa salesman Anda menggunakan waktu mereka dengan efisien. Anda dapat melihat berapa lama mereka menghabiskan waktu di setiap lokasi dan merencanakan rute yang lebih efisien.

4. Kesulitan Mengawasi Tim yang Terpencar

Mengawasi tim sales yang tersebar di berbagai lokasi bisa menjadi tantangan besar. Komunikasi yang tidak efektif dan kurangnya koordinasi sering kali menjadi masalah utama. Untungnya, Aplikasi Sales Supervision dari SimpliDOTS memungkinkan manajer atau supervisor memantau setiap anggota tim sales di berbagai lokasi secara real-time cukup dalam satu platform SimpliDOTS.

Tentunya, aplikasi berbasis Cloud akan mempermudah koordinasi tim ketika bekerja dan memastikan bahwa semua anggota tim bekerja sesuai dengan standar  prosedur perusahaan.



Wujudkan Distribusi Sukses & Efisien Seperti 400+ Distributor Terkemuka di Indonesia

Bergabunglah dengan deretan distributor terkemuka seperti AICE, Khong Guan Square 1, Himudo, dan masih banyak lagi perusahaan distributor lainnya. Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama tim kami untuk mencapai efisiensi dan kesuksesan distribusi produk FMCG!

FMCG2

Coba demo GRATIS SimpliDOTS Distribution Management System sekarang! Atau chat via WhatsApp: 6285373704528 untuk info selengkapnya.

SimpliDOTS juga hadir di media sosial , jangan lupa follow, like, comment dan subscribe untuk mendapatkan update terbaru melalui: Facebook:SimpliDOTS, Instagram:@SimpliDOTS, LinkedIn:SimpliDOTS, Youtube: @SimpliDOTS dan Twitter (X):@SimpliDOTS.

Ayo, raih kesuksesan distribusi produk FMCG bersama software distribusi terbaik, SimpliDOTS!

Sumber
– simplidots.com
– mile.app
– instagram @simplidots
– Statistia.com

Bagikan Artikel ini via

Artikel Terkait