aplikasi distribusi

Aplikasi Distribusi untuk Mendukung Keberlangsungan Bisnis FMCG di Masa Pandemi

Salah satu industri yang paling berdampak dengan adanya pandemi Covid-19 di Indonesia yakni bisnis Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Meski dikatakan mampu bertahan dari adanya krisis pandemi dengan mencoba belajar, berinovasi serta bangkit dari krisis yang ada, akan tetapi Anda perlu tahu bahwa industri ini diperlukan adanya go digital dengan menggunakan aplikasi distribusi pilihan terbaik dalam menjual produknya. Ini penting lantaran saat ini banyak dari konsumen yang mengalami pergeseran gaya hidup.

Alasan kenapa bisnis FMCG perlu go digital

Seperti yang sudah disinggung di pembahasan sebelumnya, bahwa bisnis FMCG dinilai mampu bertahan dengan adanya krisis pandemi. Hal ini dikarenakan, pada beberapa tahun sejak pandemi melanda Indonesia, permintaan kebutuhan akan barang – barang FMCG ini sendiri dikatakan mengalami peningkatkan dibandingkan dengan tahun – tahun sebelumnya. Bahkan, sektor ini juga dapat tumbuh lebih kuat jika dibandingkan dengan negara – negara lain.

Meski demikian, perubahan gaya hidup konsumen sejak adanya pandemi ini sendiri cukup memberikan dampak tersendiri bagi bisnis FMCG. Hal inilah yang menjadikan alasan kenapa bisnis FMCG perlu dilakukan go digital. Sebab dengan adanya tren go digital ini, maka dapat memastikan bahwa perusahaan tersebut nantinya akan tetap relevan dengan segala perubahan zaman.

Dengan menerapkan adanya tren go digital ini, maka nantinya akan membantu Anda dalam meningkatkan bisnis dengan cara mengidentifikasi area internal bisnis yang berkinerja baik maupun area yang berkinerja buruk. Sehingga, hal inilah yang akan membuat Anda nantinya akan memiliki data yang jelas yang dapat membantu Anda untuk membuat keputusan yang lebih baik mengenai strategi jangka panjang dalam mengamankan bisnis di masa depan. 

Bagaimana perubahan tren konsumen sejak adanya pandemi di Indonesia?

Sebelum membahas lebih lanjut terkait aplikasi distribusi untuk digunakan dalam mendukung keberlangsungan bisnis FMCG, ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui lebih dulu bagaimana perubahan tren tiap konsumen sejak adanya pandemi. Beberapa perubahan tren konsumen yang perlu Anda ketahui yakni sebagai berikut :

  • Konsumen menganggap bahwa dunia sepenuhnya sudah beralih ke mode digital.
  • Konsumen kini lebih proaktif tentang kesehatan mereka dan mengikuti alur alam.
  • Segala hal bisnis kini sudah berfokus pada kepuasan pelanggan.
  • Konsumen semakin sadar akan dampak lingkungan dari tindakan yang dilakukannya dan komunitas yang lebih besar.
  • Konsumen lebih mudah berbelanja barang secara online dengan adanya kemajuan digital seperti misalnya sosial media.

Definisi dan fungsi dari Aplikasi Distribusi

Setelah Anda tahu mengenai alasan dibalik pentingnya bisnis FMCG untuk mengikuti tren go digital, kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui mengenai apa yang dimaksud dari software distribusi itu sendiri. Umumnya, software distribusi dikatakan sebagai sebuah sistem yang dirancang sedemikian rupa dalam membantu memudahkan pengelolaan seluruh aktivitas dalam kegiatan distribusi. Di antaranya yakni seperti proses pesanan penjualan, monitor harga pasar, pengiriman, penagihan dan lain – lain.

Adapun data yang disajikan dalam aplikasi ini yakni dinilai cukup akurat karena sudah berbasis digital. Sehingga, hal inilah yang akan meminimalisir terjadinya kesalahan yang disebabkan adanya human error. Kemunculan software distribusi ini sendiri terbilang gratis dan bisa menjadi solusi paling tepat bagi seluruh bisnis baik dalam cakupan kecil hingga besar yang menghadapi tantangan di pasaran. 

Dikenal sebagai bagian penting dari kegiatan pemasaran, software distribusi sendiri juga memiliki fungsi / kegunaan penting dalam melaksanakan beberapa aktivitas selama proses memindahkan barang dari produsen ke konsumen. Beberapa fungsi / kegunaan dari adanya software distribusi antara lain sebagai berikut :

  • Memudahkan dalam memperbarui data secara otomatis
  • Menyediakan data lengkap secara real timeuntuk memudahkan Anda dalam menganalisa dan melihat performa bisnis yang dijalankan.
  • Membantu memperbarui dan mengarsipkan informasi purna jual dan pelanggan secara cepat dan lengkap.
  • Memudahkan dalam mengetahui berbagai macam informasi penting yang berkaitan dengan kegiatan operasional bisnis Anda.
  • Mengontrol semua gudang yang Anda miliki dari satu tempat.
  • Meminimalisir terjadinya kesalahan yang mungkin terjadi karena adanya human error. 
  • Mengetahui bagaimana kegiatan penjualan dan kondisi bisnis untuk dapat meningkatkan keuntungan.

Keuntungan menggunakan software distribusi untuk mendukung bisnis FMCG

Melihat dari definisi dan fungsi dari software distribusi di atas, Anda juga perlu tahu bahwa software aplikasi ini memiliki banyak sekali keuntungan untuk mendukung keberlangsungan FMCG di masa pandemi. Beberapa keuntungan tersebut antara lain sebagai berikut :

  • Menghemat biaya karena Anda tidak perlu mempekerjakan lebih banyak orang untuk memantau transaksi Anda.
  • Dapat meningkatkan layanan pelanggan dan meningkatkan strategi marketing pada bisnis yang dijalankan.
  • Membantu meminimalisir terjadinya kesalahan yang bisa saja merugikan perusahaan.
  • Dapat menangani semua proses pelayanan bisnis dengan lebih efisien dan cepat karena semuanya dilakukan secara otomatis.
  • Membantu perusahaan untuk memesan sejumlah barang yang retail perlukan dalam waktu tertentu.

Rekomendasi software distribusi untuk bisnis FMCG

Dalam mendukung keberlangsungan bisnis FMCG di masa pandemi, Anda perlu melakukan tren go digital dengan cara memanfaatkan salah satu software distribusi terbaik. Disini, Anda bisa menggunakan software aplikasi bernama SimpliDOTS berbasis cloud yang bisa digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas seperti kegiatan jual beli, hutang piutang sampai dengan memonitor karyawan yang sedang bertugas di lapangan.

Sebagai aplikasi yang juga bisa terhubung dengan aplikasi lain, SimpliDOTS sendiri juga menawarkan banyak sekali manfaat bagi pengguna antara lain sebagai berikut :

  • Menyediakan fungsi kolaborasi dengan mitra dagang.
  • Memudahkan pengelolaan beragam kegiatan operasional distribusi.
  • Memantau kerja secara mobile.
  • Memudahkan mengatur waktu komunikasi antar divisi
  • Melakukan penjadwalan rute agar pengunjungan dan pengantaran lebih efisien.
  • Melacak keberadaan petugas lapangan dan mengontrol kinerja petugas di lapangan.
  • Memudahkan menyajikan data secara lebih cepat, tepat dan akurat.

Demikianlah sekilas informasi mengenai pentingnya bisnis FMCG menerapkan tren go digital dengan aplikasi distribusi untuk mendukung keberlangsungan bisnis di masa pandemi. Cukup dengan memanfaatkan aplikasi pendukung seperti halnya SimpliDOTS, maka kegiatan bisnis di bidang industri akan berjalan dengan lancar.