Cara Mendapatkan Supplier Barang Impor/Luar Negeri

Cara Mendapatkan Supplier Barang Impor/Luar Negeri

Sebagian besar dari kita pastinya mengetahui ya apa yang dimaksud dengan ekspor dan impor. Tapi apakah Anda mengetahui tentang pengertian ekspor dan impor secara keseluruhan? Pada suatu negara, pastinya kegiatan ekspor dan impor mempunyai peranan yang sangat penting karena memang berkaitan erat dengan perekonomian di suatu negara. 

Dan pada kesempatan kali ini kita akan lebih mengetahui bagaimana cara untuk mendapatkan supplier barang impor / luar negeri. Maka dari itu untuk Anda yang sedang bingung bagaimana cara untuk mendapatkan supplier luar negeri, bisa membaca pembahasan kali ini hingga selesai, ya.

Cara Mendapatkan Supplier Barang Impor/Luar Negeri Globe Dunia
sumber : unsplash

Pengertian Barang Impor

Ada berbagai pendapat mengenai impor, antara lain sebagai berikut:

  • Pengertian impor berdasarkan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, yang dimaksud dengan impor adalah pemasukan barang dan sebagainya dari luar negeri.
  • Sedangkan pengertian impor berdasarkan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan yaitu pemasukan barang atau jasa dari luar negeri atau daerah pabean untuk diedarkan ke dalam negeri atau daerah lalu lintas bebas; jasa yang diterima dari luar negeri, seperti asuransi, transport, tenaga asing diperhitungkan juga sebagai impor (impor). 
  • Selain itu, ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa impor adalah suatu aktivitas memasarkan produk atau barang dari daerah Pabean atau membeli berbagai produk dan barang dari luar negeri agar bisa memenuhi kebutuhan dasar di dalam negeri atau negara.

Dari ketiga penjelasan tersebut, sederhananya bisa kita simpulkan bahwa impor adalah suatu kegiatan membeli barang dari luar negeri.

Contoh Kegiatan Impor

Ada berbagai contoh kegiatan impor, seperti:

  • Komoditas Pangan

Indonesia sebagai negara agraris yang dimana komoditas pangannya melimpah namun beberapa tahun yang lalu mengimpor kedelai dari Argentina, Amerika Serikat, Paraguay dan Malaysia sebanyak 1,19 juta ton.

  • Daging Sapi dan Produk yang Berbahan Dasar Sapi

Tingginya harga daging sapi lokal, maka menjadi salah satu alasan yang membuat pemerintah Indonesia banyak mengimpor daging sapi dari luar negeri. Karena adanya rantai niaga yang cukup panjang sehingga membuat biaya produksi dan juga transportasi bertambah. Indonesia paling banyak mengimpor daging sapi dari negara Australia sehingga menjadikan harga daging sapi menjadi sedikit lebih terjangkau.

  • Gandum

Indonesia sendiri memang tidak memiliki kebun gandum sehingga untuk bisa memperoleh gandum, maka harus mendatangkan produk gandum dari luar negeri.

  • Produk Lainnya

Dan contoh lain dari kegiatan impor adalah produk kosmetik atau perawatan wajah dan tubuh dari Korea atau Amerika yang memang tidak ada di Indonesia sehingga harus melakukan impor dari negara asal produk yang ingin dijual tersebut.

Tujuan dan Manfaat Impor

Kegiatan impor dilakukan pastinya karena ada tujuan tertentu, namun tujuan utamanya adalah agar bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri. Selain itu, dengan adanya kegiatan impor ini menjadi salah satu bentuk kerjasama antara dua negara atau lebih dan juga sebagai bentuk dari komunikasi. Setiap negara setidaknya memiliki satu hal yang bisa membuatnya memiliki hubungan baik dengan negara lain, nah kegiatan impor inilah salah satunya.

Tujuan dari adanya impor ini juga untuk bisa meningkatkan neraca pembayaran dan mengurangi keluarnya devisa pada negara lainnya.

Sedangkan untuk manfaat dari aktivitas impor di suatu negara antara lain:

  • Dapat memperoleh barang dan juga jasa yang tidak bisa dihasilkan oleh suatu negara akibat terbatasnya sumber daya manusia (SDM) atau terbatasnya sumber daya alam (SDA) karena faktor geografis dan berbagai faktor lainnya sehingga negara tersebut membutuhkan impor.
  • Mendapatkan bahan baku.
  • Dan juga bisa mendapatkan teknologi yang lebih modern, karena di negaranya sendiri belum memproduksi atau belum ada teknologi tersebut.

Baca juga : Tips-Tips Sukses Membangun Bisnis Distribusi

Komoditi Ekspor dan Impor

Cara Mendapatkan Supplier Barang Impor/Luar Negeri
sumber : misterexportir

Yang dimaksud dengan komoditi adalah suatu produk baik berupa barang ataupun jasa yang mampu memenuhi kebutuhan dari si pembeli. Selain itu, jenis komoditi yang akan di ekspor pada suatu negara juga seharusnya memiliki keunggulan ataupun kelebihannya sendiri. Tapi, setidaknya ada tiga faktor yang mampu mempengaruhi keunggulan pada suatu komoditi, yaitu faktor alam, teknologi dan juga biaya produksi. Dan ketiga faktor tersebut bisa Anda ketahui di bawah ini:

  • Faktor Alam

Kondisi geografis di suatu negara sehingga mampu mempengaruhi keunggulan pada suatu komoditas. Misalnya saja di Indonesia yang terdapat banyak pohon karet tumbuh dengan subur karena memiliki iklim tropis.

  • Faktor Teknologi

Memanfaatkan teknologi untuk pembuatan komoditi memang sangat berpengaruh besar untuk kualitas produk. Jadi bisa kita katakan bahwa unggulnya suatu produk komoditi juga bisa disebabkan karena penggunaan teknologi yang semakin maju.

  • Faktor Biaya Produksi

Dan yang terakhir adalah faktor biaya produksi yang juga mempengaruhi keunggulan pada suatu komoditi. Biaya produksi yang tinggi ataupun rendah akan sangat berpengaruh terhadap harga barang. Jadi jika biaya produksi yang terbilang rendah, maka harga produk atau barang pun juga rendah dan sebaliknya.

Peluang Usaha Barang Impor

Kita sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan impor, apa saja manfaat dari aktivitas impor dan berikut dengan contoh-contohnya. Nah, sekarang pembahasan akan mengenai cara mendapatkan supplier barang impor / luar negeri, namun sebelum itu kita akan mengetahui terlebih dahulu bagaimana peluang usaha barang impor. Sehingga untuk Anda yang menginginkan usaha barang impor, bisa lebih mudah untuk memahaminya.

Jika berbicara mengenai peluang usaha barang impor, pasti tidak bisa lepas dari negara China ya. Banyak orang di luar China yang ingin mendapat barang impor China karena harganya yang memang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan produk luar negeri lainnya dan bahkan dari dalam negeri. Dengan harga produk yang jauh lebih murah ini, maka Anda bisa mendapatkan margin yang lebih besar, bukan? Selain itu Anda juga bisa memberikan harga yang bersaing untuk dijual nantinya.

Cara Mendapatkan Supplier Barang Impor/Luar Negeri Made in China
sumber : itimanufacturing

Jika Anda berminat dengan bisnis distributor barang impor, China bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk Anda. Karena selain dengan harganya yang terjangkau, barang dari China juga lebih beragam setidaknya dalam beberapa bulan sekali ada produk baru yang bisa dijual di pasar. Dengan adanya produk baru, maka orang-orang juga akan lebih tertarik untuk membelinya pada Anda.

Selain China, Anda juga bisa mendatangkan produk dari Korea atau Jepang. Seperti yang kita ketahui, produk kosmetik dan perawatan tubuh dari Korea dan Jepang memang sangat digemari saat ini di Indonesia dan bahkan dunia sehingga bisa menjadi peluang yang sangat bagus untuk usaha distributor yang Anda jalankan.

Cara Mendapatkan Supplier Barang Impor / Luar Negeri

Dulunya untuk membuka usaha distributor barang impor / luar negeri memang cukup sulit dan juga membutuhkan biaya yang besar. Tapi sekarang semakin berkembangnya zaman dan juga teknologi yang semakin maju, maka kita bisa lebih mudah untuk mendapatkan supplier barang impor ini karena komunikasi bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Jika Anda ingin membuka usaha distributor barang impor maka sekarang adalah waktu yang tepat. Selain bisa mendapatkan barang dengan harga yang terjangkau, Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan supplier barang impor dari luar negeri. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan supplier dari luar negeri baik itu secara offline maupun secara online yang memang lebih memudahkan kita.

Tidak perlu berlama-lama lagi, yuk langsung saja kita simak berbagai cara untuk mendapatkan supplier barang impor di bawah ini:

  • Mencari Supplier di Marketplace / E-commerce

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah mencari supplier barang untuk usaha Anda di marketplace atau e-commerce. Sekarang ini memang ada begitu banyak e-commerce yang bisa kita pilih. Namun meskipun demikian, hanya ada beberapa e-commerce yang terkenal di seluruh dunia sehingga banyak digunakan oleh supplier barang impor, antara lain e-Bay, Alibaba dan AliExpress. Selain itu, ketiga e-commerce tersebut juga terkenal di kalangan importir.

Tapi jika Anda memang ingin membeli barang dalam jumlah yang banyak, lebih disarankan untuk menggunakan Alibaba. Karena di Alibaba Anda bisa mendapatkan barang dengan harga yang jauh lebih murah, namun tetap ada jumlah minimal pembeliannya.

Dan di bawah ini ada langkah-langkah untuk impor barang di Alibaba.

  1. Membuat akun sesuai dengan identitas Anda.
  2. Carilah berbagai barang yang Anda inginkan.
  3. Periksakan kredibilitas supplier.
  4. Lakukan negosiasi dengan supplier.
  5. Lakukan pembayaran.

Caranya memang sangat mudah ya, sama seperti saat kita membeli berbagai barang di e-commerce yang ada di Indonesia. Sedikit tips yang bisa Anda lakukan, sebelum membayar pastikan supplier yang Anda pilih memang yang terpercaya dan mendapatkan rating bagus di e-commerce tersebut.

  • Carilah Distributor Barang Impor di Indonesia

Siapa bilang untuk mendapatkan barang impor harus mendapatkan supplier di luar negeri? Karena di Indonesia sendiri juga sudah banyak distributor barang impor contohnya di Jakarta atau Batam. Meskipun bukan supplier langsung dari luar negeri, tapi harga yang ditawarkan pun biasanya tidak berbeda jauh.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari mencari barang impor di Indonesia adalah pengiriman yang lebih mudah, pengiriman akan jauh lebih cepat, tidak perlu mengurus perizinan bea impor dan perizinan impor lainnya.

  • Mengikuti Komunitas Importir

Nah, manfaat lainnya dari berkembangnya teknologi adalah Anda bisa dengan mudah mengikuti komunitas importir. Dengan bergabung ke komunitas ini tentunya Anda akan mendapatkan berbagai informasi dan juga bertukar pikiran dengan banyak orang mengenai impor barang mulai dari supplier luar negeri, bagaimana proses untuk impor barang dan juga berapa biaya yang biasanya perlu dikeluarkan untuk membeli produk-produk dari luar negeri tersebut.

  • Mengunjungi Event Pameran Barang Impor

Cara mendapatkan supplier barang impor / luar negeri yang selanjutnya adalah dengan mengunjungi event pameran barang impor yang ada di kota Anda. Misalnya saja saat Anda mengunjungi pameran dan ingin mendapatkan supplier dari China, maka harus mendatangi booth supplier China.

Dengan mengunjungi secara langsung event pameran ini maka Anda bisa melihat produk, harga dan mengetahui secara jelas bagaimana kualitas dari barang tersebut. Nah, jika Anda tertarik maka bisa melakukan negosiasi untuk saling bekerjasama.

Tapi sayangnya untuk event pameran seperti ini memang cukup jarang di Indonesia. Kalaupun ada pastinya berlokasi di kota-kota besar dan bisa saja jaraknya jauh dari tempat tinggal Anda.

  • Mengunjungi Secara Langsung Gudang Distributor

Dan cara yang terakhir untuk bisa mendapatkan supplier barang impor / luar negeri adalah dengan mengunjungi secara langsung gudang distributor. Memang sih Anda perlu memiliki budget besar karena biaya untuk mengunjungi negara dimana tempat gudang distributor berada.

Meskipun demikian, ada berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi distributor secara langsung seperti prosedur impor barang yang sudah jelas, negosiasi secara langsung, bisa mengetahui kualitas dari produk yang Anda ingin beli, kelegalan pabrik dan lain sebagainya.

Baca juga : Mengapa Aplikasi Logistik Dibutuhkan Oleh Perusahaan Anda?

Pentingnya Usaha Distributor Barang Impor

Cara Mendapatkan Supplier Barang Impor/Luar Negeri
sumber : unsplash

Membuka usaha distribusi barang impor memang sangat penting. Karena barang impor merupakan produk atau barang yang berasal dari luar negeri sehingga jika Anda tidak mengetahui caranya akan sangat sulit untuk bisa mendapatkan produk tersebut.

Banyak persyaratan yang perlu Anda penuhi untuk bisa mendapatkan produk impor dari luar negeri pernyataan yang berupa izin impor, patuh terhadap berbagai peraturan bea dan cukai, dan lain sebagainya. Melihat banyaknya persyaratan sehingga akan terasa cukup menyulitkan ya, maka dari itulah memilih distributor barang impor di Indonesia merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan.

Ciri-Ciri Distributor Barang Impor yang Terpercaya

Melihat ada banyak pedagang nakal yang ingin keuntungan sepihak saja, maka Anda perlu berhati-hati dalam memilih distributor barang impor. Selain itu bisa saja produk yang dikirimkan pada Anda adalah produk yang berbeda dari yang Anda pesan atau memiliki kualitas yang tidak baik. Berikut ini ada berbagai ciri distributor barang impor terpercaya, antara lain:

  • Berpengalaman

Pengalaman memang tidak bisa bohong ya. Dengan sudah berpengalaman maka bisa dipastikan bahwa distributor barang impor tersebut sudah dipercaya oleh banyak orang dan mampu menangani pelanggan dengan baik.

  • Ramah

Distributor yang terpercaya pastinya akan memberikan kesan ramah dan hangat kepada pelanggannya. Mereka juga akan menjawab berbagai pertanyaan Anda dengan sangat baik dan sabar.

  • Fast Respon

Ciri yang selanjutnya adalah fast respon. Dengan fast respon ini menandakan bahwa distributor tersebut memprioritaskan Anda.

  • Pelayanan Terbaik dalam Dunia Digital

Maksudnya seperti penyediaan fitur inventaris real time, katalog online, dan riwayat pesanan online.

  • Efisien Waktu

Mereka juga bisa melayani pembeli atau pelanggan dengan memanfaatkan teknologi untuk bisa efisiensi waktu.

  • Beragam Transaksi Pembayaran

Beragamnya jenis transaksi pembayaran tentu akan sangat memudahkan Anda.

  • Menjelaskan Secara Detail

Distributor yang terpercaya juga akan menjelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan produk yang dijualnya sehingga tidak hanya menguntungkan pihak mereka saja.

Pentingnya Aplikasi Distribusi untuk Usaha Distribusi Barang Impor

Memang cukup merepotkan ya jika harus melakukan secara manual pendataan atau pencatatan mengenai usaha distribusi. Selain memakan waktu, kesalahan pun akan semakin besar. Tapi tenang saja, masalah tersebut bisa Anda atasi dengan penggunaan aplikasi distribusi SimpliDOTS.

Aplikasi ini memiliki berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

  • Bisa diakses lewat desktop dan mobile.
  • Sales taking order dari mobile.
  • Lacak posisi sales lapangan di peta.
  • Supervisi performa, KPI dan penjualan tiap sales.
  • Ciptakan Rute otomatis dengan Manajamen Rute.
  • Simpan data pelanggan beserta juga tenggat waktu pembayaran.
  • Kelola stok dan gudang dengan praktis dan terdata.

Anda juga bisa mencoba SimpliDOTS kapan saja untuk mengenali fitur-fitur yang sesuai untuk perusahaan Anda. Daftar di sini sekarang untuk pakai Aplikasi SimpliDOTS selama 14 hari tanpa biaya apapun alias GRATIS !

Baca juga : Perusahaan-Perusahaan Distributor Terbesar Di Indonesia