konsep pelayanan prima

5 Tips Yang Harus Kamu Perhatikan Untuk Memberikan Pelayanan Prima

Pelayanan yang prima sudah menjadi hukum wajib dalam sebuah perusahaan. Terlebih di tengah persaingan yang semakin ketat, pelayanan prima menjadi satu-satunya senjata yang bisa diandalkan untuk mendapatkan loyalitas konsumen. Namun, memberi layanan yang maksimal kepada konsumen tentu bukan perkara yang mudah kan?

Selain harus memahami karakter konsumen, kamu juga dituntut memiliki sikap yang baik terhadap setiap konsumen. Oke, sebelum lebih jauh lagi, baiknya mari kita bahas beberapa kriteria yang bisa diterapkan dalam memberikan pelayanan prima sebagai berikut:

1. Attitude atau Sikap

Ini nih yang paling penting dalam setiap memberikan pelayanan. Sikap yang baik menjadi dasar yang menggambarkan karakter dari sebuah perusahaan. Sikap yang baik sangat penting dimiliki bagi siapa pun yang berhubungan langsung dengan orang lain.

2. Ability atau Kemampuan
skill meliputi konsep pelayanan untuk kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan
source : pixabay.com

Selanjutnya, kamu juga harus memiliki berbagai kemampuan seperti berikut:

  1. Berkomunikasi secara efektif.
  2. Memiliki pengetahuan yang baik tentang bidang kerja yang dijalani.
  3. Soft skills untuk dapat menangani keluhan pelanggan.
  4. Menjaga rahasia perusahaan.
  5. Tidak mencampur masalah pekerjaan dengan masalah pribadi.
3. Attention atau Perhatian
Meberikan Attention atau Perhatian
source : unsplash.com

Jangan pernah menunjukkan sikap acuh kepada pelanggan ya guys. Terutama bagi kamu yang bersentuhan langsung dengan pelanggan. Memberikan perhatian kepada pelanggan menjadi poin plus yang berdampak pada loyalitas konsumen.

Bayangkan jika kamu di posisi pelanggan, apa rasanya jika kamu dicuekin ketika bertanya atau ingin membeli sesuatu? Kamu mungkin akan kabur dan beralih membeli produk lain, atau bahkan menceritakan perlakuan yang kamu terima di laman sosmed. Nah, biar kejadian ini nggak terjadi di perusahaan tempat kamu bekerja, ada baiknya kamu selalu memberikan perhatian kepada setiap klien atau calon klien yang datang. Apalagi, jika mereka terlihat membutuhkan bantuan, jangan sungkan untuk segera menunjukkan attention langsung kepada mereka.

Perhatian sederhana pun bakal membuat calon konsumen senang, seperti:

  1. Memberikan salam yang sopan dan ramah. 
  2. Menanyakan keperluan pelanggan dengan bahasa yang sopan.
  3. Mendengarkan dengan baik setiap perkataan pelanggan.
  4. Menunjukkan sikap empathy kepada para pelanggan.

Baca juga :  Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Salesman

4. Action atau Tindakan
Action atau Tindakan merupakan salah satu tips dari pelayanan prima
source : unsplash.com

Setelah menunjukkan atensi kepada pelanggan, kamu juga wajib melakukan tindakan untuk menanggapi kebutuhan pelanggan tersebut. Tapi jangan berlebihan ya, pastikan dulu bahwa tindakan yang bakal kamu lakukan memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Jika belum yakin, nggak ada salahnya kok untuk bertanya kepada mereka. Tanyalah apa yang jadi kebutuhan mereka dengan sopan dan ramah. Jika perlu, kamu bisa menyiapkan catatan untuk menulis rincian permintaan pelanggan tersebut.

5. Appearance atau Penampilan

Nah, untuk menunjang pelayanan yang maksimal, kamu juga harus memperhatikan penampilan diri. Penampilan yang rapi bukan hanya mencerminkan karakter dan kredibilitas perusahaan, tapi juga mencerminkan kepribadian dan profesionalitas kamu. Selain busana yang rapi, kamu juga harus memperhatikan kebersihan tubuh. Mengenakan wewangian atau merapikan rambut dapat menjadi poin plus bukan hanya di mata konsumen, tapi juga di mata bos kamu loh!

Baca juga :  Tips Sukses Meningkatkan Penjualan Produk Melalui Hubungan Pelanggan

Jangan lupa follow akun Instagram @SimpliDOTS!