mid adult male manager using digital tablet in distribution warehouse CUF35023

20 Aplikasi Logistik Dan Fitur-Fiturnya Yang Belum Anda Ketahui

Dalam lingkungan bisnis kompetitif seperti saat ini, mengantarkan produk paling tepat ke tempat dan pada waktu yang tepat sembari tetap menghemat biaya adalah aspek terpenting untuk kesuksesan bisnis Anda. Agar senantiasa berada di bagian terdepan, mengerti cara pengoperasian teknologi pintar dengan cara profesional merupakan suatu keharusan.

Terlebih, sekarang telah tersedia aplikasi seluler untuk keperluan distribusi rantai pasokan. Aplikasi semacam ini membantu perusahaan mencapai setiap proses bisnis mulai dari pelacakan inventaris, pengiriman, pemesanan, pertemuan dengan klien, hingga pelacakan tugas dan proyek. Bahkan, ada pula yang dapat menggantikan buku catatan tradisional untuk mempermudah pekerjaan.

Demi keunggulan operasional, Anda harus memanfaatkan segala kepraktisan yang ditawarkan zaman modern. Pasalnya, saat menggunakan teknologi terbaru untuk keperluan bisnis, Anda dapat dimungkinkan meningkatkan fungsionalitas rantai pasokan, produktivitas, dan profitabilitas. Berikut ini merupakan sejumlah aplikasi logistik dan rantai pasokan paling menarik yang mampu membuat pekerjaan Anda tidak hanya mudah, tetapi juga cepat.

1. SimpliDOTS, Aplikasi Logistik yang Paling Direkomendasikan

SimpliDOTS Logo Name Horizontal

Namun jika Anda masih merasa khawatir akan kesuksesan bisnis logistik, maka solusinya adalah memanfaatkan aplikasi logistik SimpliDOTS. Sebuah layanan software berbasis cloud yang dengan teguh berkomitmen membantu perusahaan mengembangkan sistem distribusi barang secara efektif dan efisien. Aplikasi logistik SimpliDOTS disebut juga dengan Delivery & Route Optimization. Biasa dikenal juga dengan Delivery Force Automation.

Selain mengoptimalkan rute, Aplikasi logistik SimpliDOTS menghadirkan fitur-fitur menarik seperti Auto Assignment Delivery di mana sistem secara pintar akan membagi barang secara otomatis ke Armada sesuai dengan ketersediaan kendaraan, supir dan lokasi pelanggan. Fitur lainnya adalah multi stop route planning, di mana aplikasi akan mengoptimasi rute terefektif dan efisien jika akan mengantar ke berbagai tujuan sehingga Anda bisa lebih menghemat budget logistik Anda. Juga ada Auto Calculate Packing yaitu sistem akan mengkalkulasi kemampuan pengantaran sesuai dengan volume kendaraan.

Selain itu, SimpliDOTS  dapat membantu Anda memperoleh data penting sesuai kebutuhan secara real-time. Aplikasi SimpliDOTS berbasis Cloud yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Membantu menangani urusan distribusi dan logistik yang lebih efisien, sehingga karyawan Anda bisa lebih cepat dan fokus menyelesaikan pekerjaan administratif dalam siklus distribusi. 

Keuntungan lainnya, SimpliDOTS bisa digunakan untuk merekam, menyimpan, dan mengelola data berharga yang berguna membantu Anda membuat keputusan bisnis relatif lebih responsif. Bahkan, bisa menjadi alternatif yang bagus untuk mengatur tenaga kerja serta meminimalkan kesalahan manual. Pada akhirnya, profitabilitas perusahaan otomatis akan meningkat signifikan.

Yuk, coba aplikasi logistik SimpliDOTS secara GRATIS dalam 14 hari trial, daftarkan bisnis Anda melalui tautan ini.

2. Hawk-Eye Trucking Log Book

Hawk Eye Truck GPS Log Book by Hawk Eye Log Global Technology Ltd

Salah satu aplikasi logistik truk paling fleksibel yang memungkinkan para pekerja di sektor transportasi menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menyelesaikan urusan administrasi. Sebagai gantinya, waktu tersebut dapat difungsikan dalam pelacakan lokasi GPS.

Oleh karena itu, aplikasi ini merupakan solusi termudah agar pekerjaan sesuai perkiraan, melacak GPS seakurat mungkin, dan menemukan rute truk. Bahkan, tersedia fungsi chatting sehingga para sopir dapat berkomunikasi dengan armada melalui teks dan gambar. Hawk-Eye Trucking Log Book bisa diunduh melalui iOS dan Android.

3. BooksyBiz

Booksy Biz: Smart Scheduling and Business Tools - Aplikasi di Google Play

Aplikasi logistik pintar untuk Android dan iOS yang tersedia mulai dari $29,99 ini menangani semua kebutuhan bisnis dalam rangka membuat janji temu dengan klien. Kehidupan profesional dimungkinkan akan lebih teratur serta mudah hanya bermodalkan ponsel cerdas. Ini karena Anda dapat melihat seluruh agenda rutin harian.

BooksyBiz memungkinkan Anda untuk mengontrol bisnis secara praktis sekaligus membantu menghemat waktu yang berharga melalui. Layanan mandiri klien ini memungkinkan klien melihat kalender Anda dalam kurun 24/7 sehingga dapat memilih slot kosong sesuai keinginan.

BooksyBiz juga menyertakan alat pemasaran dan loyalitas yang mendukung Anda untuk terlibat dengan klien melalui email dan platform media sosial. Dijamin Anda tidak akan rugi meski harus mengeluarkan sejumlah biaya langganan premium karena memang manfaatnya begitu nyata.

4. Daily Route Tracker

Aplikasi logistik Daily Route Tracker memudahkan proses pelacakan waktu yang dihabiskan di setiap pemberhentian untuk setiap pengemudi berbeda. Aplikasi pelacak waktu ini dapat mendokumentasikan nama pengemudi, nama pelanggan, waktu kedatangan, waktu keberangkatan, dan lain sebagainya.

Bagus untuk dimanfaatkan dalam melacak spreadsheet karyawan setiap hari berdasarkan data real-time. Cocok bagi siapa saja, baik pengemudi truk independen yang memerlukan rencana rute andal untuk pencatatan atau para pekerja dalam manajemen armada. Menggunakan aplikasi pelacak rute pengemudi, berarti Anda dapat menghentikan ketergantungan formulir kertas.

5. Scandit

Scandit Raises $80M Led by G2VP to Digitally Transform Traditional Industries Through Computer Vision and Augmented Reality | Business Wire

Scandit memperluas pemindaian kode batang ke manajer inventaris yang paham teknologi saat bepergian. Berbeda halnya dengan pemindai kode batang atau kode QR lainnya, Scandit tidak memerlukan pemindaian yang sempurna agar data dapat diproses.

Aplikasi logistik ini tidak membutuhkan pindai kode batang yang sulit dijangkau atau dilihat secara mudah. Scandit juga diaktifkan dengan kemampuan lintas platform, memungkinkan berbagi data mudah terhubung ke ponsel cerdas, tablet, dan perangkat elektronik lain.

6. OmniFocus
OmniFocus 3 di App Store

Aplikasi logistik manajemen tugas yang bagus ini telah dirilis dalam edisi ketiganya dengan merombak ulang fitur intinya untuk menambah kekuatan pada kemampuan aplikasi. Selain itu, juga turut menghadirkan desain dan fitur baru.

OmniFocus mendukung peningkatan produktivitas bisnis Anda meningkat secara signifikan. Aplikasi manajemen tugas ini sangat baik untuk proyek rumit yang membutuhkan struktur kaku, di mana Anda dimungkinkan melacak proyek hingga selesai. Dapat diunduh di Mac, iPad, dan iPhone.

7. Veeqo
One platform for all your ecommerce fulfilment needs | Veeqo

Veeqo adalah Sistem Manajemen Gudang (WMS) untuk pengecer. Menawarkan solusi lengkap yang memungkinkan pengecer multisaluran untuk mengelola operasi gudang dengan mudah dari satu sistem paling nyaman.

Fitur Veeqo termasuk kemampuan pengambilan, pengepakan, dan manajemen pengiriman. Ada pula Veeqo Scanner untuk pengoperasian gudang yang lebih praktis, serta memungkinkan Anda mengelola beberapa gudang di satu tempat.

Setiap pengiriman akan diperbarui secara otomatis di semua gudang, saluran penjualan, dan pasar yang relevan. Anda bahkan dapat melihat dengan tepat di gudang mana barang-barang berada. Veeqo menawarkan rangkaian fitur paling komprehensif untuk pengecer omnichannel yang berkembang pesat agar tetap berada di puncak gudang mereka.

Baca Juga : Perusahaan-Perusahaan Logistik Terbaik Di Indonesia

8. EazyStock
EazyStock Logo, png - EazyStock

EazyStock adalah aplikasi logistik pengoptimalan inventaris berbasis cloud. Penggunaannya secara sistematis dapat mengurangi tingkat stok berlebih dan usang (persediaan buruk) dari lokasi gudang Anda. Sebagai efek lanjutannya, Anda didukung untuk mengurangi biaya sekaligus meningkatkan ketersediaan barang yang cepat berubah sehingga lebih menguntungkan (persediaan sehat).

Dilengkapi integrasi API yang mudah dengan alat Enterprise Resource Planning (ERP) apa pun. Manajer inventaris dapat mengotomatiskan proses pengadaan dan pengisian ulang barang, di mana secara historis hal ini merupakan perkiraan yang memotong margin keuntungan.

Dashboard KPI mewah menunjukkan bagaimana Anda menumpuk dari bulan ke bulan, serta menyebutkan area di mana ada ruang untuk memotong biaya. Sistem ini memudahkan peramalan dan perencanaan inventaris.

9. Evernote
Evernote Consulting & Training — Technically Simple

Evernote memang tidak dirancang secara khusus untuk bidang manajemen inventaris, pergudangan, dan logistik. Namun demikian, aplikasi logistik ini adalah salah satu alat terbaik untuk mengatur file, gambar, serta dokumen penting. Oleh karena itu, tidak heran pamornya berhasil meraih posisi tertinggi di antara aplikasi seluler rantai pasokan.

Evernote bahkan memiliki teknologi perekaman suara bawaan untuk menangkap memo penting saat Anda jauh dari laptop atau tidak dapat menghabiskan waktu mengetik catatan. Aplikasi ini dapat digunakan tanpa perlu membayar biaya langganan alias gratis.

Tersedia di hampir setiap platform, baik untuk pengguna iOS maupun Android. Cobalah menggunakan Evernote selama beberapa waktu dan percaya produktivitas perencanaan dan kemudahan manajemen dokumen Anda akan meningkat secara drastis. Terutama, saat sedang dalam masa bepergian.

10. Desk
3rwc22wpODgMgoGqkHNRAQp6FHLFvuKTgFWS9PofOYmgY3OtWGKQjK7p7Njz3qmrEQ=s180 rw

Di mana pun lokasinya, Aplikasi logistik Desk memungkinkan Anda dan anggota dalam tim untuk melacak masalah pelanggan saat bepergian. Dengan tidak pernah kehilangan kontak bersama tim atau pelanggan, itu akan menjadi keuntungan tersendiri bagi bisnis logistik.

Anda dapat berkolaborasi relatif lebih baik serta melacak dan menanggapi kasus secara optimal. Anda didukung untuk mempertahankan sekaligus membangun hubungan pelanggan yang lebih kuat. Aplikasi ini tersedia di iOS dan Android.

11. Nimble

H5Gpui4JOR6tp ne0btWxaiL3X2JVsQ7unNC2JaqzdTHY79XRspkHVFsgkOVL6Y9MNXF=s180 rw

Nimble adalah aplikasi logistik manajemen hubungan pelanggan yang memungkinkan Anda menemukan wawasan tentang orang dan perusahaan secara instan, sekaligus membangun ‘Profil Langsung’. Nimble memberikan profil dengan detail penting: siapa orangnya, di mana mereka bekerja, dari mana asalnya, pendapatan, industri, detail CEO, dan detail kontak.

Aplikasi ;pgistik ini juga memiliki fitur yang memungkinkan pelacakan kontak di jaringan Anda. Siapa saja yang perlu Anda temui, Selain itu, juga membantu pemetaan mengenai siapa saja basis klien Anda yang butuh ditindak lanjuti. Nimble tersedia di semua perangkat, sebagian besar browser, dan bahkan platform media sosial tertentu.

12. GasBuddy
GasBuddy: A Platform for Crowdsourced Gas Price Data - Digital Innovation and Transformation

Aplikasi logistik GasBuddy akan membantu Anda menemukan pompa bensin termurah di area tersebut. Dapat diakses secara gratis sehingga menjadikannya salah satu aplikasi seluler rantai pasokan yang lebih umum digunakan. Aplikasi ini secara dinamis mengkompilasi informasi dari basis pengguna besar di seluruh AS dan Kanada untuk membantu Anda menemukan harga terendah dari semua jenis bahan bakar di ribuan stasiun berbeda.

Untuk armada yang terus-menerus mengangkut barang ke seluruh negeri, menghemat beberapa sen per galon dapat bertambah dengan cepat dan menghasilkan penghematan secara serius. Kemudian untuk pengemudi yang terus-menerus di jalan, GasBuddy juga menawarkan poin dan hadiah kepada anggota selama mampu menghasilkan manfaat serius.

13. ServiceMax
SERVICEMAX : Experience asset-centric field service software that increases technician efficiency and customer satisfaction. | Twopir Consulting: Salesforce, Marketing & Analytics Expert

ServiceMax mengkhususkan diri dalam manajemen layanan lapangan. Aplikasi logistik ini dengan mulus mengintegrasikan kontrak layanan lapangan, manajemen pesanan, optimalisasi tenaga kerja, manajemen suku cadang, pemantauan pelanggan media sosial, komunitas pelanggan, dan analitik ke dalam sistem Salesforce.com perusahaan.

Ketika datang untuk membangun tampilan ujung ke ujung dari organisasi layanan Anda, ServiceMax memberikan visibilitas 360 derajat. Menyelaraskan bisnis Anda tidak akan pernah semudah saat menggunakan aplikasi ini.

14. CoPilot Truck

download 5

Aplikasi logistik ini adalah pengubah permainan untuk industri pengemudi truk profesional. CoPilot Truck adalah aplikasi intuitif yang menawarkan navigasi belokan demi belokan paling vital. Tidak hanya sekadar Google Maps biasa karena memang didesain untuk memuluskan perjalanan bisnis logistik.

CoPilot Truck menawarkan algoritma tambahan untuk membantu pengemudi mengikuti rute yang lebih efisien berdasarkan informasi dinamis. Beberapa pertimbangannya meliputi parameter setiap rute, jenis muatan untuk pengangkutan material berbahaya, serta rekomendasi tinggi dan berat truk. Jalankan bisnis Anda ke arah yang benar dengan CoPilot Truck.

15. Checking of Vehicles

Dengan teknologi Near Field Communication (NFC), pemeriksaan kendaraan dapat dilakukan hanya dengan menggunakan Smartphone atau tablet Android. Tag NFC pada kendaraan secara otomatis mencatat lokasi dan registrasi kendaraan tersebut.

NFC adalah teknologi yang berkembang pesat dan merupakan cabang dari identifikasi frekuensi radio (RFID). Perangkat yang menggunakan NFC bisa aktif atau pasif. Contoh perangkat pasif adalah tag NFC, yang ditempatkan pada kendaraan barang.

Perangkat pasif dalam arti tidak melakukan apa pun kecuali mengirimkan informasi kendaraan ke perangkat yang berwenang. Dan perangkat aktif, seperti Smartphone Android Anda, membaca informasi dan mengirimkannya ke perangkat yang berwenang. Hal ini dapat memudahkan dalam pelacakan rantai pasokan barang.

16. Minimizing Delivery Errors

Aplikasi logistik yang mampu membantu meminimalkan masalah pengiriman. Misalnya, ini dapat memberi tahu kantor pusat Anda apa yang dilakukan kendaraan berisi muatan barang pada waktu tertentu.

Contoh lainnya, dalam kasus proyek pengiriman makanan, memindai kode batang yang benar dapat mengubah tombol pada aplikasi menjadi hijau. Di samping itu, membongkar paket yang salah dapat mengubah tombol menjadi merah. Fitur seperti ini berpotensi tinggi mengurangi kesalahan pengiriman hingga 70%.

Tentu, Anda akan mendapatkan keuntungan jauh lebih besar dibandingkan melakukan pengecekan secara manual. Hal-hal krusial sejenis ini sayang untuk dilewatkan karenanya jangan ragu memberdayakan Minimizing Delivery Errors demi kelancaran bisnis logistik Anda.

17. Giving Real-Time Updates

Aplikasi logistik satu ini dapat berintegrasi dengan sistem apa pun yang dimiliki perusahaan Anda, bahkan sistem ERP. Ambil contoh proyek pengiriman makanan. Semua orang penting yang terlibat dalam pengiriman seperti pengemudi, back office, dan manajemen memiliki opsi untuk merekam dan memeriksa penyelesaian pengiriman secara real-time.

Hal tersebut bisa langsung dilakukan dari perangkat seluler mereka. Selain itu, juga mendukung penyesuaian agar sejalan dengan prosedur konfirmasi pengiriman khusus perusahaan Anda. Aplikasi ini mencatat detail pesanan, tanda tangan pelanggan, dan detail perusahaan.

Ada lebih banyak lagi yang dapat dilakukan oleh Giving Real-Time Updates untuk manajemen logistik. Seperti menyimpan rekam jejak harian untuk pengemudi dalam rangka mencatat berapa jam yang dihabiskan, mengingatkan Anda kapan pemeliharaan kendaraan barang jatuh tempo, dan melacak semua statistik utama semua menunjukkan hasilnya melalui grafik interaktif.

18. TomTom Webfleet
TomTom Telematics Celebrates 15 Years Of WEBFLEET | Business Wire

Ketika tenaga kerja bekerja di luar sana, mengelola aktivitas sehari-hari perusahaan Anda bisa sangat menantang. Tetapi dengan aplikasi ini, hal tersebut  bisa jadi jauh lebih mudah. TomTom Webfleet memungkinkan Anda mengelola kegiatan operasional secara praktis dan membantu tenaga kerja Anda fokus pada hal yang lebih penting, yakni pekerjaan di lapangan.

Dengan bantuan aplikasi ini, Anda dapat mengelola armada secara cepat selama 24/7 berbasis daring. Anda hanya perlu mengaksesnya melalui browser web. Tentu, peluang kemudahan seperti yang ditawarkan TomTom Webfleet sangat sayang jika dilewatkan begitu saja, padahal berpotensi besar meningkatkan kinerja perusahaan dalam waktu relatif singkat.

19. TrackVia

TrackVia Announces New CEO | Business Wire

Penggunaan perangkat lunak rantai pasokan TrackVia sepenuhnya dapat menghilangkan alur kerja manual, kertas, atau spreadsheet, serta memberi Anda akses ke pelaporan berbasis real-time. Dengan begitu, Anda akan memiliki wawasan mumpuni mengenai bagian mana yang perlu ditindaklanjuti dari operasi SCM utama.

Gunakan TrackVia dalam rangka merampingkan beban kerja guna mendapatkan kontrol dan visibilitas yang lebih besar di seluruh proses manajemen rantai pasokan. Aplikasi ini tersedia versi web dan seluler dengan menyesuaikan kebutuhan unik Anda.

20. Link Bollore Logistics

LINK - Tracking Solutions

Aplikasi LINK berisi fitur-fitur yang mengatur pengiriman barang pesanan serta menghasilkan laporan melalui notifikasi push, meskipun ponsel sedang offline. Selain memantau, aplikasi ini juga membantu mengakses dokumen pengiriman, menyelesaikan proses pengiriman, dan mengevaluasi kualitas keseluruhan layanan saat pengiriman.p