Perusahaan Logistik Terbaik di Indonesia

Perusahaan-Perusahaan Logistik Terbaik di Indonesia

Pernahkah Anda mendengar kata logistik? Dan apa yang tersirat di pikiran Anda setelah mendengar kata logistik ini? Pasti pikiran kita langsung kepada berbagai barang-barang yang perlu dikirimkan ke suatu tempat, ya. Namun, pengertian logistik sendiri sebenarnya lebih dari itu. Untuk di perusahaan sendiri, logistik merupakan sesuatu yang sangat erat kaitannya dengan perencanaan dan juga pengendalian aliran barang maupun material. 

Sedangkan tujuan dari logistik secara luas adalah untuk mengatur barang atau material hingga sampai ke tujuan tentunya dengan kondisi, jumlah dan di waktu yang tepat. Agar dapat meningkatkan performa dan kemampuannya dalam meminimalkan biaya operasi maka sangat dibutuhkan sistem dan juga peran yang bagus dari tim logistik di suatu perusahaan.

Pengertian Logistik

Kita sudah mengetahui sedikit gambaran mengenai logistik ya, nah sekarang kita akan mengetahui apa yang dimaksud dengan logistik. Logistik sebenarnya adalah suatu rangkaian proses manajemen yang meliputi kegiatan-kegiatan seperti perencanaan, implementasi hingga pemeliharaan dan juga pengawasan terhadap suatu proses perpindahan (baik itu barang ataupun perlengkapan tertentu) mulai dari titik awal hingga sampai ke titik penggunaan.

Logistik Terbaik Indonesia Definisi Sistem Logistic
sumber : freepik

Sistem Logistik

Pada sistem manapun tentu terdapat berbagai komponen yang memang mendukung sistem tersebut agar bisa tetap berjalan dengan baik. Dan di bawah ini ada 5 komponen yang dapat mendukung arus barang dan tentunya industri logistik, antara lain yaitu:

  • Lokasi Fasilitas Logistik

Komponen yang pertama adalah lokasi fasilitas logistik, komponen ini wajib ada agar perusahaan dapat menentukan ke mana tujuan perencanaan dan melalui apa material dan produk-produk diangkut. Perusahaan juga menyediakan berbagai fasilitas sebagai bentuk pelayanan terhadap user, fasilitas tersebut meliputi pabrik, gudang dan toko-toko pengecer.

Lokasi yang bagus dan juga strategis akan memberikan banyak keuntungan untuk perusahaan. Tentunya perusahaan logistik menginginkan efisiensi, bukan? Dengan lokasi yang strategis maka akan meningkatkan efisiensi.

  • Transportasi

Jangan lupakan mengenai transportasi pada sistem logistik, karena transportasi merupakan komponen yang sangat penting. Biasanya sebuah perusahaan memiliki 3 alternatif agar bisa mendukung kemampuan transportasinya, diantaranya sebagai berikut:

  • Armada peralatan swasta yang dapat disewa ataupun dibeli.
  • Adanya kontrak khusus sehingga bisa diatur dengan spesialis transport agar bisa mendapatkan kontrak dari jasa-jasa pengangkutan.
  • Memperoleh jasa-jasa dari suatu perusahaan transportasi yang sudah memiliki izin (legally authorized) yang memang menawarkan pengangkutan dari satu tempat ke tempat lainnya, tentu dengan biaya yang disesuaikan.

Merencanakan sistem logistik yang baik, tentunya harus terlebih dahulu mempertimbangkan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi mutu pelayanan transport, antara lain yaitu biaya, kecepatan dan konsistensi.

  • Manajemen Pengadaan Persediaan

Dalam sistem logistik, manajemen pengadaan persediaan adalah suatu bagian dari perusahaan yang fungsinya untuk mengatur berbagai persediaan barang yang dimiliki. Perusahaan logistik pun harus bisa mengelola dengan baik bagaimana memperoleh persediaan, proses penyimpanan yang baik, hingga sampai persediaan tersebut dikeluarkan atau dimanfaatkan.

Sedangkan untuk tujuan dari manajemen pengadaan persediaan pada sistem logistik yaitu untuk bisa mempertahankan jumlah item barang hingga sesuai dengan sasaran pelayanannya.

  • Komunikasi

Seperti yang kita ketahui bahwa komunikasi memang sangat penting. Sistem logistik pun tidak bisa lepas dari yang namanya komunikasi. Komunikasi adalah suatu kegiatan saling bertukar informasi antara seluruh proses logistik dan juga pelanggan perusahaan di suatu sistem logistik.

Komunikasi yang terjalin dengan baik pastinya akan menguntungkan dan juga memudahkan pekerjaan. Sedangkan komunikasi yang buruk akan memberikan dampak negatif atau masalah, seperti:

  • Penilaian trend laju logistik yang tidak tepat (salah). Jika hal ini terjadi maka akan mengakibatkan arus logistik mengalami kekurangan persediaan barang-barang atau bahkan bisa menimbulkan komitmen yang berlebihan antara suatu perusahaan dengan pemasok dari perusahaan tersebut, pelanggan menengah dan juga pelanggan akhir.
  • Timbulnya gangguan terhadap prestasi sistem, yang mengakibatkan proses koreksi yang kurang atau berlebihan atau adanya ketidakstabilan.
  • Penyimpanan

Dan komponen yang terakhir adalah penyimpanan. Penyimpanan dalam sistem logistik adalah meliputi seluruh aspek operasional logistik seperti pergerakan, pengepakan, dan juga pengemasan barang. Semua aspek operasional ini tentunya berhubungan dengan persediaan agar dapat memenuhi kebutuhan suatu produk atau material.

Untuk perusahaan logistik, sistem logistik ini merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan agar bisa menjamin transaksi tetap berjalan. Perusahaan logistik yang sudah memiliki jaringan fasilitas terpadu akan mendapatkan kedudukan terbaik dalam memperoleh keuntungan jangka panjang dan juga bisa lebih baik dibandingkan dengan para pesaingnya. Hal tersebut terjadi karena perusahaan logistik sudah memiliki kemampuan transportasi yang handal dan pengelolaan persediaan yang baik.

Baca juga : Tips Memilih Logistic Provider Yang Sesuai Untuk Bisnis Anda

Peran Logistik di Perusahaan

Lantas, apa saja peran logistik di perusahaan? Tentunya tim logistik yang memiliki kemampuan untuk bekerja secara efektif makan dapat meningkatkan upaya pemasaran dengan cara memberikan perpindahan secara efisien sebuah produk kepada para pelanggan. Dan di bawah ini ada penjelasan lebih lanjut mengenai apa saja tugas logistik di dalam suatu perusahaan:

  • Logistik Berorientasi pada Pemasaran

Logistik memiliki tugas untuk memainkan peranan yang sangat penting dalam suatu perusahaan agar dapat memuaskan para pelanggannya. Di samping itu juga, logistik memiliki peran penting agar perusahaan bisa memperoleh keuntungan.

  • Logistik Memberikan Nilai Tambah untuk Waktu dan Tempat

Setiap perusahaan yang ingin maju, tentu bukan hanya berorientasi pada keuntungan saja, tetapi juga  ingin setiap produknya memiliki kualitas yang terbaik, sehingga dengan cara inilah perusahaan bisa mendapatkan pelanggan yang setia. Selain itu dengan adanya sistem logistik yang baik, maka nilai tambah juga diberikan kepada konsumen seperti terhadap waktu dan juga tempat.

  • Logistik Memungkinkan Perpindahan Produk/Barang Ke Konsumen Secara Lebih Efisien

Sistem logistik pun bisa menciptakan suatu proses memasok produk yang benar, pada waktu yang benar, di tempat yang benar dan tentunya di kondisi yang benar juga. Sehingga konsumen pun bisa dengan mudah memanfaatkan produk tersebut meskipun dengan biaya yang murah.

  • Logistik adalah Aset Kepemilikan

Sistem logistik yang ekonomis dan efisien haruslah dijaga dengan baik oleh perusahaan. Pangsa pasar pun tentunya akan meningkat jika perusahaan bisa menyediakan produk ke para konsumennya dengan cepat namun dengan biaya yang ekonomis. Bahkan tidak semua perusahaan logistik memiliki aset kepemilikan ini.

Logistik Terbaik Indonesia Tugas Staff
sumber : freepik

Tugas Staf Logistik

Staf logistik adalah pegawai pelaksana yang biasanya terdiri dari pelaksana administrasi logistik dan juga pelaksana teknis logistik. Dan di bawah ini adalah berbagai tugas staf logistik yang perlu Anda ketahui:

  1. Membuat dan juga membagikan form mengenai permintaan barang atau produk.
  2. Meminta dan tentunya mengumpulkan form permintaan barang yang sebelumnya telah diisi oleh unit kerja dan disetujui oleh atasan.
  3. Melakukan rekapitulasi data permintaan barang yang dibutuhkan oleh unit.
  4. Melakukan pemesanan produk atau barang.
  5. Mengecek barang yang datang. Pengecekan meliputi jenis,volume dan kondisinya.
  6. Menyusun dan menyimpan barang yang disesuaikan dengan jenisnya.
  7. Menyiapkan berbagai barang yang sesuai dengan kebutuhan unit.
  8. Mencatat berbagai pengeluaran barang pada kartu stock.
  9. Mendistribusikan barang.
  10. Menghitung fisik barang dan juga mencatatnya ke kartu stock sesuai dengan jumlah fisik barang tersebut.
  11. Membuat laporan berupa buku tentang penerimaan dan pengeluaran barang.
  12. Pembuatan laporan baik bulanan atau triwulan yang berisi laporan penerimaan dan pengeluaran barang.

Perusahaan Logistic Terbaik di Indonesia

Kita telah mengetahui logistik lewat berbagai penjelasan di atas, dan sekarang kita akan mengetahui apa saja perusahaan logistic di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, sekarang ini memang banyak sekali perusahaan logistic mengingat perannya yang begitu penting. Tapi di Indonesia sendiri ada 3 perusahaan logistic terbaik, apa saja perusahaan tersebut? Mari simak di bawah ini.

  • Pos Indonesia

Siapa yang tidak mengenal Pos Indonesia? Bahkan Pos Indonesia menjadi salah satu perusahaan logistic terbaik. Pos Indonesia merupakan perusahaan BUMN yang sebelumnya bergerak dalam penjualan perangko. Sedangkan dalam jasa pengiriman, Pos Indonesia sudah tidak diragukan lagi kualitasnya sehingga masuk ke dalam list perusahaan logistic terbaik di Indonesia. 

Sudah beroperasi selama puluhan tahun lamanya, membuat Pos Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya dan menjadi kepercayaan masyarakat Indonesia. Bahkan Pos Indonesia tidak hanya melayani pengiriman barang, tetapi juga dokumen-dokumen penting dan uang ke berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

  • JNE

Di urutan ke dua ada JNE yang masuk ke dalam salah satu dari 3 perusahaan logistic terbaik yang ada di Indonesia. Bahkan sejak kemunculannya ini JNE sudah banyak memikat hati masyarakat Indonesia. JNE pun memiliki sistem pemasaran dan juga distribusi yang tidak kalah berkualitas dari perusahaan logistic lainnya, sehingga JNE bisa dengan mudah bersaing dan juga mengembangkan bisnisnya ini. 

Tidak hanya itu, dalam menjalankan bisnisnya JNE juga memanfaatkan teknologi terkini yang bisa diakses oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Penggunaan teknologi terkini sangat dibutuhkan karena bisa mempermudah para pelanggan dalam menggunakan jasa perusahaan logistik dan tentunya akan meningkatkan kualitas perusahaan.

  • J&T

Dan di urutan ke tiga ada J&T. Meskipun bisa dibilang masih baru jika kita bandingkan dengan kedua perusahaan logistik sebelumnya, tapi J&T ini sudah mampu menjadi perusahaan pilihan masyarakat. Sejak berdiri pada tahun 2015, J&T terus berkembang dengan baik. 

Meskipun layanan terbaik yang diberikan oleh J&T, tapi pelanggan tetap bisa merasakan harga yang terjangkau. J&T juga dapat mengirimkan berbagai barang ke seluruh wilayah di Indonesia.

Logistik Terbaik Indonesia
sumber : freepik

Startup Logistik Asli Indonesia

Selain perusahaan logistik terbaik di Indonesia tadi, ternyata juga ada banyak startup logistik asli Indonesia, lho. Apa saja ya? mari kita simak list nya di bawah ini.

Didirikan pada tahun 2016 oleh Edi Topan dan Albertus Putra. Expeditio merupakan perusahaan startup logistik asli Indonesia yang memberikan layanan pengantaran barang hingga ke luar negeri namun dengan biaya yang terjangkau.

Selanjutnya adalah CariTruk yang didirikan pada tahun 2016. Sesuai dengan namanya, CariTruk menyediakan layanan penyewaan truk untuk pengantaran barang ke berbagai wilayah yang ada di  Indonesia. Truknya mulai dari pick up box, tronton, hingga wingbox. Anda juga bisa memesannya secara online lewat situs CariTruk ini.

Kargo merupakan startup logistik yang asli Indonesia. Kargo sendiri didirikan pada tahun 2015. CEO dan Founder Kargo yaitu Yodi aditya. Kargo menjadi marketplace jasa logistik yang menyediakan truk antar kota dan juga antar pulau di seluruh Indonesia. Mulai dari truk Engkel, Colt Diesel, Fuso, Wingbox, Tronton, Cargo hingga Kontainer disediakan oleh Kargo. Fokus Kargo adalah untuk melayani pengiriman barang dalam ukuran besar, mulai dari 30 kilogram hingga 30 ton, dan juga termasuk melayani pengantaran sepeda motor atau mobil. Jadi Kargo ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki bisnis dan akan mengirimkan dengan jumlah yang besar ke luar kota.

Paket ID didirikan pada tahun 2016 oleh Dika Maheswara yang juga merupakan CEO dan Co-Founder dari Paket ID. Paket ID menjadi marketplace jasa logistik dengan memiliki layanan agar dapat membantu e-commerce dalam memproses pengiriman mereka dengan menggunakan cara mem-booking melalui web dan aplikasi yang tersedia. Paket ID juga membantu berbagai layanan logistik yang sudah ada, seperti JNE dan Tiki. 

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan startup yang satu ini ya. Paxel merupakan startup logistik yang berbasis aplikasi dengan mengusung layanan same day delivery tentunya dengan biaya pengiriman yang terjangkau sehingga para konsumen bisa tetap hemat menggunakan jasa Paxel.

Paxel sendiri didirikan oleh Bryant Christanto (CEO), Zaldy Ilham Masita (Co-Founder), dan juga Johari Zein (Co-Founder) pada tahun 2018. Sekarang ini Paxel baru mengakomodasi layanan di area Jabodetabek dan Bandung saja, meskipun demikian Paxel akan mengembangkannya hingga ke seluruh Indonesia. Untuk pemesanan layanannya hanya cukup menggunakan aplikasi. Maksimal dalam 8 jam barang akan sampai ke tempat tujuan, sangat cepat bukan? Saat ini, Paxel memiliki armada lebih dari 200 sepeda motor dan lima armada mobil.

Di atas merupakan startup logistik asli Indonesia. Meskipun hanya ada 6 startup, sebenarnya masih ada berbagai startup logistik lainnya di Indonesia yang berkualitas dan bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda jika ingin menggunakan layanannya.

Baca juga : Mengenal Perbedaan Inbound Logistic Dan Outbound Logistic

Software SimpliDOTS untuk Perusahaan Logistik & Distributor

SimpliDOTS merupakan aplikasi yang sangat cocok untuk perusahaan dengan kegiatan utamanya pendistribusian barang. Meskipun sudah banyak aplikasi serupa, tapi SimpliDOTS memiliki berbagai fitur lain yang sangat menarik, seperti:

  • Ordering
  • Manajemen stock
  • Route & direction
  • Collection
  • Delivery
  • Promo scheme
  • KPI Self Analyze
  • Dokumentasi Pekerjaan

Memonitor pendistribusian barang pun tentunya akan lebih mudah dengan SimpliDOTS ini. Dengan interface yang baik sehingga memudahkan para pengguna baru untuk menggunakan aplikasi SimpliDOTS ini. Bisnis distribusi tentunya akan jauh lebih efektif dan efisien dengan kehadiran SimpliDOTS.

Memang tidak mudah untuk membangun sebuah bisnis, terutama bisnis distribusi. Tapi semakin berkembangnya zaman maka ada berbagai teknologi yang bisa mempermudah kita dalam menjalankan bisnis, salah satunya dengan SimpliDOTS.

Tertarik pakai aplikasi SimpliDOTS, jangan ragu! Segera klik link ini untuk pakai GRATIS (14 Hari) Aplikasi SimpliDOTS dengan fitur-fitur fungsional dan lengkap.