Pelajari Lebih Lanjut
Categories: Logistik Tips & Trik

Tips Memilih Logistic Provider yang Sesuai untuk Bisnis Anda

Keberadaan perusahaan logistik sangat penting dari sisi manapun. Dilihat dari fungsinya secara umum, penyedia jasa logistik memang memiliki peranan penting sebagai pemasok. Selain itu, fungsinya adalah sebagai penghubung produk dari hasil bisnis kepada seluruh konsumen.

Bisnis yang selalu menghasilkan barang maupun produk-produk tertentu sangat bergantung dengan logistic provider. Tentu saja hal ini berkaitan dengan semakin berkembangnya pemasaran dan hubungan dagang yang sudah dalam sampai jarak jauh. Ini dia tips memilih logistic provider yang sesuai dengan bisnis Anda.

 

Tips Memilih Logistic Provider Untuk Bisnis

Penyebaran produk yang harus merata membuat peranan perusahaan logistic sangatlah penting. Hubungan simbiosis mutualisme kedua jenis perusahaan ini haruslah selalu terjalin harmonis agar bisa berjalan seiringan. Berikut ulasannya!

 

sumber : transportgeography

 

Pengertian Logistik dalam Bisnis

Sebelum membahas tips memilih logistic provider untuk bisnis, ada baiknya untuk mengetahui pengertian logistik dalam bisnis terlebih dahulu. Logistik sendiri merupakan aliran barang maupun jasa dari pemasok menuju penerima. 

Peranan logistic provider tentunya sangat penting mengingat penyebarannya memerlukan kerja sama dari pihak lain, tidak bisa dikerjakan oleh perusahaan Anda sendiri. Penyedia jasa pengiriman ini pasti akan mendapatkan keuntungan yang signifikan seiring dengan kebutuhan pengiriman yang meningkat.

Untuk memaksimalkan layanannya, perusahaan penyedia pengiriman tersebut memerlukan modal transportasi agar segala pengiriman bisa dilakukan sesegera mungkin. Untuk memajukan bisnis, usaha Anda memerlukan kerja sama dengan perusahaan logistik.

Tujuannya untuk memudahkan dalam pengembangan usaha dan distribusi barang ke seluruh daerah. Bisnis kecil pun sebenarnya tetap memerlukan kerja sama dengan perusahaan satu ini. Yang terpenting adalah tepat memilih logistic provider sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Perusahaan logistik sendiri memang memiliki sejarah yang panjang. Mengingat peranannya sangat besar dalam pengoptimalan penggunaan modal bagi perusahaan. Hal ini juga bermanfaat agar penggunaan modal untuk memperoleh barang kian maksimal. Kondisi barang yang tepat akan membuat pengeluaran biaya lebih efisien.

 

sumber : freepik

 

Cara Memilih Logistic Provider yang Sesuai untuk Bisnis

Ada beragam penyedia pengiriman logistic yang tersebar di Indonesia. Layanan jasa yang dihasilkan juga sangat beragam. Mulai dari pengiriman lokal, cepat, kargo, sampai luar negeri. Adapun untuk mempermudah pertimbangan pengiriman, berikut ini beberapa tipsnya.

 

  • Pilih Perusahaan yang Ekspedisinya Merata

Pertama-tama, sebaiknya pilihlah perusahaan yang sudah memiliki ekspedisi merata di seluruh daerah. Maksudnya adalah sudah memiliki kantor atau anak cabang yang menjadi pos pengiriman barang. 

Hal ini akan membuat pengiriman logistik menjadi tidak mengalami keterlambatan serta konsumen lebih mudah dalam menerima barang. Selain itu, jika ekspansinya sudah luas, jika ingin mengirim logistik ke daerah terpencil pun tidak akan mengalami kesulitan.

  • Memberikan Kemudahan

Bekerjasama dengan perusahaan yang memudahkan adalah salah satu keuntungan tersendiri. Jasa logistik yang ditawarkan sebaiknya mampu memberi kemudahan untuk mengembangkan bisnis tidak hanya dalam skala besar, melainkan juga skala menengah.

Hal ini menandakan bahwa perusahaan tersebut fair dalam melayani. Semua lini bisnis pun dapat bekerja sama sehingga kredibilitas perusahaan akan semakin baik di mata para mitranya.

  • Pilih yang Varian Harganya Beragam

Untuk pengiriman produk barang, sebaiknya pilih logistic provider yang memiliki varian harga beragam. Rata-rata harganya dihitung dari jarak tempuh serta berat barang. Tentunya semakin berat barang, harganya semakin tinggi. Semakin jauh jarak, harganya semakin naik. 

  • Pastikan Sudah Terkenal Kredibilitasnya

Kredibilitas perusahaan haruslah jelas dan terkenal baik. Jika Anda memilih logistic provider yang terkenal akan layanannya serta ketepatan waktunya yang bagus, tentu saja akan memberikan keuntungan tersendiri bagi bisnis.

Barang yang dikirim akan aman, pengiriman ke tempat lain menjadi terjamin serta tidak menimbulkan was-was tidak sampai ke konsumen. Selain itu, kredibilitas layanan satu ini yang baik juga bisa dilihat dari bagaimana pemberian solusi jika terjadi masalah dengan logistik.

Pada umumnya, perusahaan yang baik akan memberikan jaminan asuransi selama pengiriman. Proses klaim serta pengurusannya sampai masalah selesai juga tidak berbelit-belit sehingga konsumen dan pengguna jasa menjadi tenang. 

  • Memiliki Tarif yang Jelas

Dalam berbisnis, tarif merupakan hal penting untuk diketahui. Bisnis layanan logistik yang baik tentunya memiliki tarif yang jelas. Biasanya standar tarif dapat dilihat di situs resminya. Selain itu tarif yang bersaing juga diberikan agar layanan tersebut mampu meraih hati konsumennya.

Pastikan logistic provider yang Anda tuju memiliki tarif yang jelas. Jika memang ada layanan kargo atau special service, tentunya akan lebih baik guna menghemat biaya kirim sehingga profit perusahaan menjadi lebih terkontrol. 

  • Pengiriman dapat Diprediksi Waktunya

Logistic provider yang baik tentunya dapat memberikan jaminan waktu bagi kliennya. Waktu pengiriman biasanya dapat diprediksi di awal. Tentu saja waktu yang dijanjikan harus tepat waktu, bahkan lebih cepat.

Jika Anda menggunakan layanan logistik yang waktunya sulit diprediksi, maka sebaiknya carilah jasa lain yang lebih kompeten. Tentu saja hal ini berguna untuk mengantisipasi hal-hal tertentu. Lebih cepat logistik sampai, tentu akan menghemat waktu dan berpotensi menambah profit usaha. 

  • Jaminan Keamanan

Yang satu ini jangan sampai Anda lewatkan. Jaminan keamanan usaha haruslah menjadi hal penting untuk ditawarkan. Jaminan keamanan dalam penyedia logistik bisa berupa ketepatan waktu, jumlah barang yang tidak berkurang maupun rusak, serta jaminan asuransi.

Logistik yang dikirim tentu saja mengharuskan Anda mengeluarkan biaya cukup banyak. Bayangkan jika keamanannya saja sudah diragukan, tentu saja hal ini akan berdampak buruk bagi usaha, bahkan untuk jangka panjang. 

  • Kemudahan Pelacakan

Yang selanjutnya adalah adanya kemudahan pelacakan. Melacak proses pengiriman logistik sudah seharusnya diberikan kemudahan. Baik itu melalui website, aplikasi, atau layanan lainnya.

Jika proses pelacakannya saja tidak begitu transparan, maka kredibilitas perusahaan perlu dipertanyakan. Selain itu, provider yang baik juga akan memberikan layanan tanya jawab apabila konsumen mengalami kesulitan tracking dalam hal pengiriman. 

  • Tempat Perusahaan yang Jelas

Sebenarnya sangat mudah memilih logistic provider yang sesuai untuk bisnis. Cara paling sederhana adalah tempat perusahaannya sudah Anda ketahui secara jelas. Untuk saat ini, layanan logistik memang sangat banyak di internet. Tarif yang terjangkau dan jaminan layanan yang menggiurkan tak ketinggalan diberikan.

Namun jika tempat perusahaannya saja tidak bisa dipertanggung jawabkan, Anda harus waspada. Pastikan kantor cabang dan pusatnya bisa Anda ketahui alamatnya dan dijamin real untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

  • Banyak yang Merekomendasikan

Anda bisa memilih layanan penyedia logistik yang direkomendasikan banyak orang. Cari tahu melalui testimonial yang dimilikinya. Review yang ada di internet juga bisa menjadi salah satu patokan yang menarik untuk dilihat.

Anda bisa menanyakan ke rekan bisnis juga untuk pilihan logistic provider yang terpercaya. Semakin banyak yang merekomendasikan, maka semakin kredibel dan menarik layanan tersebut untuk digunakan. 

  • Layanan Customer Service yang Ramah

Yang selanjutnya dapat dilihat dari layanan CS yang ramah. Jika dari customer servicenya saja tidak begitu ramah dan solutif, tentu saja hal ini akan memberi kesulitan tersendiri.

Anda akan kesulitan memperoleh informasi jika proses pengiriman menjadi terkendala. Pastikan layanan tersebut memiliki nomor pengaduan dan customer care yang jelas sehingga bisa dihubungi sewaktu-waktu. 

 

sumber : freepik

Alasan Harus Menggunakan Layanan Logistic Provider

Baik perusahaan yang masih dalam tahap start-up maupun yang sudah berkembang, sebenarnya sangat memerlukan layanan logistic provider. Tentu saja kerja sama dengan pihak ketiga ini memberikan beberapa alasan tersendiri untuk dilakukan. Diantaranya.

  • Menggunakan Teknologi Terbaru

Salah satu keuntungan menggunakan logistic provider adalah penggunaan teknologi terbaru selama proses penanganan. Dengan membayar biaya yang bersaing, Anda bisa langsung dengan mudah memperoleh penanganan gudang dengan teknologi yang mutakhir.

Pengiriman dan segala proses yang berkaitan dengan logistik juga bisa dilakukan secara lebih mudah. Hal inilah yang membuat peranan logistic provider dalam usaha sangat penting, asalkan Anda memilih jenis layanan yang tepat. 

  • Terjamin Sertifikasi

Biasanya untuk layanan logistic provider sudah memiliki jaminan sertifikasi yang bagus. Untuk mengelola gudang sehingga bisa berjalan secara optimal, diperlukan sertifikasi tersendiri. Walaupun terlihat sederhana, sebenarnya pengelolaan logistik memerlukan ilmu tersendiri.

Untuk perusahaan yang baru merintis, tentu tidak ada waktu sampai memiliki sertifikasi untuk urusan gudang. Anda bisa mendapatkannya secara mudah dengan bekerjasama menggunakan logistic provider yang tentunya kualitasnya sudah terjamin sertifikasi sehingga lebih aman dan layanannya maksimal. 

  • Anda Lebih Fokus pada Bisnis

Bisnis yang dikelola haruslah dilakukan secara fokus. Untuk bisa lebih fokus, Anda memerlukan kerjasama dengan pihak lain, termasuk untuk urusan logistik. Tentunya jika urusan tersebut sudah dipegang oleh yang tepat, Anda hanya tinggal memikirkan proses pemasaran dan langkah lainnya. 

  • Penanganan Dipegang Oleh Ahli

Sesuatu yang ditangani oleh ahli, tentu akan memberikan hasil yang baik. Termasuk untuk urusan gudang. Jika ditangani oleh ahlinya, bisnis pun akan berkembang lebih baik. Layanan satu ini biasanya sudah digawangi oleh ahli-ahli tersendiri.

Tentunya penanganan yang dilakukan oleh ahlinya akan memberikan output yang maksimal. Anda bisa mencari layanan tersebut di forum-forum online agar bisa memilih produk yang tepat. 

  • Fleksibel

dengan bantuan jasa dari logistic provider, diharapkan bisnis menjadi lebih fleksibel. Pemilik usaha tidak perlu lagi terlalu stres dalam menangani logistik dan segala pendukungnya. Anda hanya perlu menyerahkannya ke pihak ketiga.

Jika memerlukan ruang yang lebih besar untuk urusan pergudangan, Anda hanya perlu bernegosiasi, kemudian layanan tersebut akan memberikan solusi atas kebutuhan Anda.

Banyaknya layanan yang bisa diakses secara online juga sangat memudahkan siapapun yang menggunakannya. Termasuk dengan memilih logistic provider. Anda bisa menggunakan metode online untuk melakukan pengecekan dan sebagainya. Hal ini membuat bisnis bisa dilakukan secara mobile dan tentunya mudah dilakukan. 

  • Hemat Waktu dan Biaya

Waktu dan biaya adalah dua hal yang sangat penting dalam usaha. Bayangkan jika untuk urusan logistik saja Anda memerlukan biaya besar dan waktu yang panjang. Tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap jalannya usaha Anda. Jika menggunakan logistic provider, waktu untuk pengadaan dan pengiriman pun menjadi terpangkas.

Mengapa hal demikian bisa terjadi? Sebab Anda tidak harus membagi fokus antara mengurus bisnis dengan logistik. Urusan logistik dan segala hal yang berkaitan dengannya ditangani secara penuh oleh pihak ketiga. Anda hanya mendapatkan laporan pertanggung jawabannya saja. Tentunya biaya dan waktu pun lebih terpangkas.

Belum lagi untuk perusahaan yang baru merintis, tentu saja akan sangat berat jika harus mengeluarkan uang untuk membangun gudang, menyediakan kendaraan yang cukup banyak, dan hal lainnya yang berkaitan dengan gudang.

Pergudangan dan manajemennya juga harus dipelajari dalam waktu yang tidak singkat. Jika bisnis harus terus berjalan, tentunya layanan dari pihak ketiga ini sangat bermanfaat untuk digunakan. 

  • Pengiriman Terjamin

Untuk urusan pengiriman, bekerjasama dengan logistic provider akan memberikan jaminan tersendiri. Pengiriman yang terjamin tentunya juga berkaitan dengan keamanan barang. Anda dapat memastikannya jika bekerja sama dengan pihak ketiga.

Jika terjadi masalah selama pengiriman pun, Anda bisa mengurusnya secara mudah. Adanya layanan asuransi dan jaminan klaim yang mudah juga menjadi faktor lain mengapa jasa satu ini penting bagi lini usaha Anda. 

  • Layanan Pelanggan Meningkat

Jika urusan logistik tidak memberikan kesulitan berarti, tentunya layanan terhadap pelanggan akan meningkat. Distribusi barang, pengadaan, perawatan, dan hal lainnya yang terkait dengan logistik akan terjamin.

Tentunya kebutuhan tersebut akan lebih mudah Anda peroleh apabila menggunakan layanan logistic provider. Proses ini juga sangat berguna untuk membantu meningkatkan kualitas usaha Anda. 

  • Mudah Dilacak

Salah satu alasan mengapa Anda memerlukan logistic provider karena adanya jaminan kemudahan dalam proses pelacakan. Barang yang mudah dilacak akan membuat pengiriman menjadi terjamin.

Estimasi ready sampai ke mitra pun akan bisa diprediksi. Hal ini akan membantu perusahaan dalam menentukan waktu pengiriman, penyediaan logistik, dan hal lainnya yang berkaitan dengan masalah waktu.

  • Pengiriman Barang dalam Jumlah Besar Lebih Mudah

Pengiriman barang dan penyediaan logistik dalam jumlah besar memerlukan effort khusus. Tentu saja Anda memerlukan bantuan pihak ketiga agar hal ini bisa tertangani secara maksimal. Pengiriman yang mudah akan membantu Anda dalam keberlangsungan bisnis.

Untuk barang dalam jumlah besar, biasanya akan ditangani dengan SOP khusus. Anda dapat menanyakan perihal ini ke mitra penyedia logistik dan menerapkannya jika hendak melakukan pengadaan barang dalam jumlah besar. 

  • Asuransi Sebagai Jaminan

Untuk urusan keamanan, adanya asuransi bisa menjadi jaminan tersendiri. Hal ini bisa Anda dapatkan dari logistic provider. Tentunya asuransi yang sebagai jaminan ini sangat membantu agar bisnis menjadi lebih maksimal.

Risiko kehilangan atau kerusakan logistik menjadi lebih diminimalisir dengan adanya jaminan tersebut. Pastikan logistic provider yang Anda gunakan memiliki layanan asuransi sebagai jaminan keamanannya. 

  • Pesanan Sampai Lebih Cepat

Terkadang ada hal-hal yang mendesak sehingga logistik harus sampai ke pihak lain secara cepat. Dengan menggunakan layanan satu ini, Anda akan lebih mudah mendeliverikan barang sampai ke tujuan secara cepat.

Tidak perlu repot-repot mengurusnya sendiri, karena sudah menggunakan layanan pihak ketiga. Yang terpenting adalah memilih logistic provider yang kredibel agar jalannya usaha tidak terganggu.

Baca juga : Mengenal Perbedaan Inbound Logistic dan Outbound Logistic

Nah, begitulah beberapa tips memilih logistic provider yang sesuai untuk bisnis. Aplikasi SimpliDOTS merupakan salah satu pilihan ideal sebagai super apps bagi perusahaan distribusi. Aplikasi SimpliDOTS berbasis clouds untuk mempermudah penyimpanan data. 

Pengelolaan logistik pun akan menjadi lebih optimal dengan aplikasi SimpliDOTS. Pastikan Anda menggunakan aplikasi SimpliDOTS untuk mendukung kelancaran distribusi produk bisnis Anda. Yuk, coba SimpliDOTS gratis (14 hari trial) daftar di sini, ya!

Share
Published by
Jowan Kho
Tags: Alasan Harus Menggunakan Layanan Logistic Provider Cara Memilih Logistic Provider Yang Sesuai untuk Bisnis Pengertian Logistic Tips Memilih Logistic Provider
  • Recent Posts

    • Fast Moving Consumer Goods (FMCG)
    • SimpliDOTS
    • Software

    5 Macam Software ERP Untuk Bisnis FMCG

    Di zaman yang serba cepat ini, semua hal termasuk arus informasi di dalam internal perusahaan, juga dituntut untuk menjadi sangat… Read More

    • Distribusi

    Apa itu Manajemen Pembelian atau Purchasing Management dalam Distribusi?

    Ada berbagai fungsi dasar yang dimiliki oleh suatu perusahaan, dan salah satu dari fungsi dasar tersebut adalah manajemen pembelian atau… Read More

    • Penjualan
    • Sales Dan Distribusi

    Sales Cycle, Tahapan dan Cara Memaksimalkan untuk Penjualan

    Dalam dunia perdagangan, hampir setiap transaksi mengikuti pola tujuh proses atau siklus yang sama. Memang tidak semua penjual mengetahui dan… Read More