Kini SimpliDOTS Bisa Berintegrasi dengan Accurate Online - SimpliDOTS
Integrasi SimpliDOTS dengan Accurate

Kini SimpliDOTS Bisa Berintegrasi dengan Accurate Online

Peran akuntansi bagi setiap perusahaan sangat penting karena setiap perusahaan membutuhkan pengelolaan data yang akurat yang bisa menunjang efektivitas operasional perusahaan. Pihak-pihak yang berkepentingan akan menggunakan laporan akuntansi sebagai salah satu sumber informasi utama untuk pengambilan keputusan. Informasi. Laporan keuangan menyediakan data-data dari siklus akuntansi yang terjadi dari awal periode hingga akhir periode. Data-data tersebut akan ditampung dan dihimpun dengan informasi-informasi lain. Selanjutnya, informasi akan dianalisis sehingga pada akhirnya bisa dipakai sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.

Saat ini, setiap perusahaan wajib membuat suatu laporan yang berkaitan dengan perkembangan keuangan dalam setiap periode tertentu. Baik perusahaan dagang, distribusi, industri, jasa, dan lain sebagainya. Setiap transaksi yang terjadi, baik terhadap supplier, agen, distributor, atau secara langsung dengan konsumen akan dicatat secara rinci, baik mengenai besarnya arus keuangan yang terlibat hingga proses-proses terjadinya transaksi.

Pentingnya Laporan Keuangan untuk Mengidentifikasi Perkembangan Bisnis

Pentingnya Laporan Keuangan untuk Mengidentifikasi Perkembangan Bisnis
source : www.freepik.com

Laporan keuangan menjadi sangat penting dibuat untuk melihat perkembangan perusahaan tersebut dari sisi pengeluaran dan penerimaan. Laporan keuangan juga bisa memperlihatkan gambaran kondisi keuangan suatu perusahaan dengan sangat jelas. Dari segi entitas perusahaan, laporan keuangan merupakan hasil dari kegiatan operasi normal yang memberikan informasi. Selanjutnya, kinerja keuangan dari laporan keuangan yang telah tersusun memerlukan yang harus supaya bisa dipahami dengan baik.  

Saat ini, perkembangan laporan keuangan telah mendukung pemanfaatan teknologi, yaitu adanya sistem keuangan berbasis komputerisasi dan internet. Sistem keuangan ini memanfaatkan berbagai macam software akuntansi yang sangat unggul dalam kecepatan, keakuratan, keefektifan, dan kemudahan dalam membentuk jurnal, buku besar, dan laporan keuangan. Dengan software akuntansi tersebut, manajemen perusahaan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan, khususnya yang berkaitan dengan siklus keuangan. Selain itu, software ini menjadi pertimbangan bagi para investor yang ingin menginvestasikan modalnya untuk sebuah perusahaan.

Baca juga : Mengenal Delivery Drone Untuk Keperluan Komersial Di Indonesia

Software Akuntansi Menjadi Kebutuhan Teknologi Finansial

Software akuntansi menjadi sumber pemenuhan informasi yang dijadikan landasan pengambilan keputusan oleh para pemegang saham, kreditur, pengamat ekonomi dan pemerintah. Software akuntansi juga bisa menjadi landasan untuk Analisa Rasio Keuangan karena bisa merinci prestasi operasional perusahaan. Setiap data dan informasi yang diolah dengan pemanfaatan software akuntansi, maka akan didapatkan gambaran tentang perkembangan perusahaan yang sangat penting bagi setiap pihak yang berkepentingan terhadap perkembangan perusahaan. Kegiatan analisis data atau interpretasi terhadap data-data keuangan yang akan dilampirkan dengan mudah dan cepat. 

Pemanfaatan software akuntansi tentu saja membawa perubahan yang sangat besar dibandingkan sistem konvensional. Dulu, dokumen pengeluaran dan pemasukan dan data-data keuangan lainnya disimpan dalam draft fisik berbentuk lembaran dokumen sampai pembuatan laporan keuangan. Kondisi ini memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan. Misalnya, laporan keuangan yang dibuat menjadi tidak akurat atau mengalami keterlambatan dalam menyajikannya karena butuh waktu ekstra untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan. Maka dari itu, pemanfaatan software akuntansi menjadikan aktivitas pelaporan keuangan lebih fokus, spesifik, dan terarah.

Software akuntansi hanya salah satu sistem yang dibutuhkan oleh perusahaan. Banyak software yang saling diintegrasikan untuk mendukung kinerja yang lebih baik. Misalnya dengan mengintegrasikan software akuntansi dengan software Sales Force Automation. Integrasi ini tentu menjadikan siklus operasional dan finansial perusahaan menjadi terarah, karena transaksi yang dicatat dalam laporan keuangan sangat banyak yang berasal dari transaksi penjualan.

Software Mendukung Kinerja Tim Sales Force

Software Mendukung Kinerja Tim Sales Force
source : www.freepik.com

SFA atau sales force automation merupakan otomatisasi terhadap suatu proses penjualan yang melibatkan tim penjualan, teknologi, dan strategi penjualan. Software sales force automation (SFA) berguna sebagai sistem yang bisa mengotomatisasi tugas-tugas tim penjualan. Misalnya untuk melacak interaksi pelanggan, menganalisis perkiraan penjualan, dan mengukur kinerja sales. Software Sales Force Automation (SFA) sangat membantu kinerja sales force dalam melakukan tugas repetitif sehingga menjadi pekerjaannya akan lebih produktif dan mempercepat terjadinya close deal. SFA akan membantu sales force yang terdiri atas tim penjualan dan strategi penjualan yang berada di balik sebuah bisnis untuk mendorong tumbuh pesatnya bisnis tersebut. 

Umumnya, kegiatan sales force akan dihabiskan untuk pekerjaan administratif sehingga sangat mempengaruhi siklus keuangan perusahaan. Maka dari itu, banyak perusahaan yang pada akhirnya mengintegrasikan software Sales Force Automation (SFA) dengan software akuntansi. Salah satunya integrasi terhadap Aplikasi SimpliDOTS Sales Force Automation (SFA) dengan Accurate Online. Dua sistem dengan basic software berbeda namun saling berhubungan ini memberikan kinerja yang lebih baik dan melengkapi satu sama lain. 

Berikut ini, akan dijelaskan integrasi dari Simplidots SFA dengan Accurate Online yang pastinya akan menjadikan perpaduan dua sistem terbaik bagi setiap perusahaan.

Baca juga : Mengenal Siklus Keuangan Dalam Sistem Informasi Akuntansi Distributor

Mengenal Aplikasi SimpliDOTS Sales Force Automation (SFA)

Aplikasi SimpliDOTS Sales Force Automation (SFA) merupakan perangkat yang bisa digunakan untuk membantu tim sales dalam proses penjualan berbasis mobile. Aplikasi ini terbukti sangat efektif dalam membantu perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk. Aplikasi SFA ini bisa membantu para sales untuk fokus pada tugas penting yang berkaitan dengan tugas administratif hingga menghasilkan pendapatan. Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan aplikasi ini misalnya Customer Relationship Management, membangun strategi penjualan, menjadwalkan kunjungan, dan lain sebagainya. SimpliDOTS Sales Force Automation (SFA) sangat efektif untuk merampingkan proses sales untuk melakukan deal dengan konsumen. 

Aplikasi SimpliDOTS Sales Force Automation (SFA) terbagi menjadi 3 platform yang saling terintegrasi. Ketiga platform tersebut yaitu Sales Management Hub (Back Office), Sales Force Automation Mobile, dan Supervisor Mobile.

1. Sales Management Hub (Back Office) Platform

Sales Management Hub (Back Office) merupakan salah satu platform dari SimpliDOTS yang dibangun dengan tujuan utama untuk mempermudah perusahaan distribusi berintegrasi dengan ekosistem rantai pasok. Fitur-fitur yang terdapat dalam Platform ini antara lain :

  • Akun, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mendaftar akun sales automation platform, cara masuk ke Sales Management Hub, cara keluar dari sales Management Hub, dan mengubah Demo Data ke Live Data
  • Langganan, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui cara berlangganan SAP, cara melihat invoice berlangganan, dan cara melihat laporan pembayaran untuk berlangganan.
  • Dashboard SMH, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melihat kesimpulan dari, penjualan, produk terlaris, pesanan, dan pelanggan. 
  • Produk, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui cara menambah produk, cara menambah unit produk, cara menambah divisi, cara menambah gudang, dan cara menambah daftar harga. 
  • Pelanggan, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui cara menambah data pelanggan dan cara menambah waktu pembayaran
  • Pegawai, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui cara menambah pegawai, cara mengubah data pegawai, cara menambah posisi pegawai, dan cara menambah akun pegawai
  • Pesanan, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui cara melihat pesanan dari salesman 
  • Kunjungan, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui informasi kunjungan, geografis kunjungan, dan manajemen rute.
  • Report, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui cara hasil laporan baik laporan penjualan maupun laporan product. 
  • Pengaturan Dasar, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui cara ekspor data, cara import data, dan cara mengubah bahasa
  • Integrasi, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengintegrasikan Aplikasi SimpliDOTS SFA dengan sistem berbasis online, misalnya Accurate Online.

2. Sales Force Automation (Mobile) Platform

Sales Force Automation (Mobile) Platform merupakan aplikasi untuk salesman yang dapat digunakan untuk taking-order, kunjungan harian, geo tag dan NOO secara praktis. Dalam Sales Force Automation (Mobile) Platform terdiri atas beberapa fitur, yaitu :

  • ​Dashboard​, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui data performa terupdated, misalnya performa, grafik penjualan, produk terbaik, dan lain sebagainya.
  • ​Pelanggan (Customer)​, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui cara check in, check out, dan profil pelanggan.
  • ​Produk (Product)​, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui daftar produk.
  • ​Pesanan (Order)​, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk membuat order dan melihat daftar order.
  • ​Geo-Tag​, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui cara mengambil koordinat bagi customer lama ataupun customer yang baru dibuat.
  • ​Synchronize Data​, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim Data dari aplikasi SimpliDOTS Sales Force Automation (salesman) ke web back-office (admin) dan sebaliknya
  • ​Profile, yaitu fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui cara login dan Logout, Clear Transaction & Master Data, Printer Setup, Feedback , melihat profil user, dan melihat versi aplikasi.

Baca juga : Cara Membuat Laporan Laba Rugi Perusahaan Distribusi

3. Supervision (Mobile) Platform

Supervision (Mobile) Platform merupakan aplikasi dari SimpliDOTS SFA yang digunakan oleh supervisor atau manajer sales untuk memonitor kinerja dari kantor. Dengan Platform ini, supervisor bisa memantau semua data pelanggan, keuangan, dan menganalisa performa setiap salesman. Di dalam platform ini terdapat beberapa fitur, yaitu :

  • ​Dashboard Supervision​ yang berguna untuk melihat data penjualan berdasarkan harian, mingguan, dan bulanan.
  • ​Sales​ yang berguna untuk melihat hasil penjualan dari salesman yang menggunakan aplikasi Sales Force Automation.
  • ​Customer ​yang berguna untuk melihat lokasi toko pelanggan berdasarkan hasil geo-tagged dari salesman.
  • ​Daily Visit​ yang berguna untuk melihat laporan kunjungan yang dikerjakan oleh salesman. 
  • ​Profile​ yang berguna untuk menampilkan data diri pengguna dan beberapa fitur seperti; Feedback dan Logout
  • Fitur lain berkenaan dengan Cara Install​, ​Masuk (Login), dan ​Keluar (Logout).

Baca juga : Pentingnya Aplikasi Route Optimization Untuk Perusahaan Distribusi

Mengenal Accurate Online

Accurate Online merupakan software akuntansi berbasis cloud yang memberikan solusi dan kemudahan bagi perusahaan untuk berbagai keperluan accounting. Software ini berbasis cloud, sehingga penggunanya tidak perlu melakukan instalasi, namun bisa langsung memproses pada website. Accurate Online memiliki lebih dari 200 laporan keuangan dan operasional dapat dilihat secara instan tanpa perlu menunggu karyawan menyiapkan laporan. Beberapa bentuk laporan yang bisa dibuat misalnya, laba rugi, neraca, arus kas, buku besar, histori bank, laporan penjualan, laporan pembelian, laporan pajak, dan lain sebagainya.

Software Accurate Online memiliki berbagai fitur yang mendukung untuk laporan keuangan perusahaan. Fitur-fitur tersebut antara lain:

  • Fitur Umum yang sangat berguna untuk aktivitas multi pengguna, multi cabang, multi mata uang, pengaturan karyawan, transaksi berulang, penghafalan transaksi, pengingat/kalender aktivitas, persetujuan transaksi, perhitungan biaya otomatis (FIFO/rata-rata) Cost, profit center berdasarkan proyek, catatan audit transaksi tingkat lanjut, Payroll karyawan, akses grup berdasarkan peran, serta pembatasan akses data tingkat lanjut, 
  • Fitur Penjualan yang memungkinkan melihat dan mengetahui penawaran, pesanan, penjualan, membuat faktur penjualan, retur penjualan, tukar faktur, komisi penjual, pengaturan pelanggan, kategori harga, faktur sebelum pengiriman, pengepakan barang, klaim pelanggan, pengiriman pesanan, mengatur uang muka, penerimaan penjualan, konsinyasi, ketentuan pembayaran, penyesuaian harga jual, dan Smart Link e-commerce
  • Fitur pembelian yang memungkinkan untuk mengetahui permintaan pembelian, pesanan pembelian, membuat faktur pembelian, retur pembelian, penerimaan barang, pembayaran pembelian, pengaturan pemasok, harga pemasok, faktur sebelum penerimaan, 
  • Fitur persediaan yang berguna untuk beberapa aktivitas seperti multi gudang, multi satuan, Nomor seri/nomor batch, Job costing, transfer barang, stok opname, penyesuaian persediaan, pengaturan persediaan, penyesuaian harga pemasok, 
  • Fitur perpajakan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan perpajakan seperti:
    • Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
    • Pajak Penghasilan pasal 23 (PPh 23)
    • Pajak Penghasilan pasal 4 ayat 2 (PPh 4 ayat 2)
    • Pajak Penghasilan pasal 15 (PPh 15)
    • Pajak Penghasilan pasal 21 (PPh 21)
    • Pajak Penghasilan pasal 22 (PPh 22)
    • Dukungan e-Faktur
    • Dukungan eSPT Masa PPh 21/26
    •  Dukungan eSPT Masa PPh 23
    • Dukungan e-Filing
    • Dukungan e-Billing, hingga pengiriman email massal eFaktur ke pelanggan.
  • Fitur buku besar yang memungkinkan pengguna untuk membuat jurnal umum, akun perkiraan, histori akun, log aktivitas jurnal, anggaran, dan pencatatan beban.
  • Fitur kas & bank yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui informasi mengenai pembayaran, penerimaan, transfer bank, rekening koran, rekonsiliasi bank, hingga Smart Link internet banking.
  • Fitur aset tetap yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengaturan perubahan, disposisi, transfer, dan perhitungan depresiasi aset tetap, serta menentukan kategori aset tetap pajak.

Baca juga : Model Distribusi Industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) Di India

Mengintegrasikan Aplikasi SimpliDOTS Sales Force Automation (SFA) dengan Accurate Online

Dengan mengintegrasikan Aplikasi SimpliDOTS SFA dan Accurate Online, maka kinerja keuangan perusahaan akan lebih tinggi. Selain itu, produktivitas setiap tim dalam perusahaan akan maksimal. Untuk melakukan integrasi kedua aplikasi ini, bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Login atau daftar akun SimpliDOTS Sales Automation Platform di https://app.simplidots.co.id/condensed/login
  • Reset Dummy Data pada SimpliDOTS Sales Management Hub dengan mengubah Demo Data menjadi Live Data.
  • Integrasikan Accurate Online dengan pilih gambar Profil, kemudian pilih Pengaturan.
source : https://panduan-sap.simplidots.com/
  • Pilih menu Integrasi, kemudian pada kolom servis pilih Accurate
source : https://panduan-sap.simplidots.com
  • Selanjutnya, akan jendela untuk Otorisasi Accurate Online dan permintaan untuk memberikan izin akses kepada SimpliDOTS Sales Force Automation Platform. 
  • Lihat detail akses perubahan data dengan kemudian pilih beri akses.
source : https://panduan-sap.simplidots.com
source : https://panduan-sap.simplidots.com
  • Jika hanya ada satu database, maka halaman akan otomatis kembali ke menu masuk SimpliDOTS, Namun jika memiliki beberapa database, maka akan diminta untuk memilih database yang diinginkan pada menu Select Database. 
source : https://panduan-sap.simplidots.com
source : https://panduan-sap.simplidots.com
  • Pilih Submit dan masuk kembali ke menu SimpliDOTS Sales Management HUB.
source : https://panduan-sap.simplidots.com

Integrasi akan membuat bisnis Anda lebih cepat dalam memenangkan kompetisi di pasar yang sangat kompetitif seperti saat ini. Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan dalam proses bisnis yang lebih baik dan optimal, khususnya jika Anda mengintegrasikan Accurate Online dan SimpliDOTS Sales Force Automation (SFA). Integrasi dan kolaborasi yang tepat akan memberikan dampak yang baik untuk kemudahan dalam pengembangan bisnis. 

Laporan keuangan dan penjualan merupakan rangkaian mata rantai yang harus saling berhubungan. Tanpa 2 hal ini, dipastikan bisnis Anda tidak akan memberikan income. Awal tahun 2021 adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk membangun bisnis yang kompetitif. Maka dari itu, segera mendaftar pada SimpliDOTS Sales Force Automation (SFA) sekarang juga di sini dan integrasikan langsung dengan Accurate Online.