last mile delivery truck

Mengenal Last Mile Delivery Untuk Distribusi Barang

Last mile delivery atau yang lebih dikenal sebagai logistik jarak jauh adalah pengangkutan barang dari pusat distribusi menuju tempat terakhir (tangan pelanggan). Tujuannya adalah untuk membuat paket sampai pada pelanggan dengan harga terjangkau, cepat, dan akurat.

Menurut Optimorute last mile delivery menghabiskan lebih dari 53% total biaya distribusi perusahaan.

Untuk itulah Anda harus bisa mengoptimalkan proses distribusi last mile delivery agar meningkatkan keuntungan bisnis yang diperoleh.

Artikel ini akan mengupas apa saja hal yang menyebabkan last mile delivery begitu memakan biaya, dampaknya terhadap pendapatan bisnis Anda, serta solusi terbaik untuk mengoptimalkan semua permasalahan distribusi ini.

Mengapa Distribusi dengan Last Mile Delivery Begitu Mahal

Setiap hari mengirim barang ke tangan pelanggan memang merupakan tantangan logistik yang kompleks. Proses pemenuhan last mile ini memang rumit, dan karena itu akan berkontribusi pada biaya keseluruhan.

Kecepatan Pengiriman Rata-rata Rendah

Pengemudi Anda harus mengirimkan barang ke beberapa lokasi yang ada di kota maupun jauh dari kota dan harus melewati jalanan lokal.

Ada kalanya mereka butuh untuk mengurangi kecepatan, berhenti, dan mungkin bisa berakselerasi pada interval yang cepat dan hal ini tentu akan berdampak pada kecepatan rata-rata yang bisa dicapai dan bahan bakar yang dihabiskan.

Jadi selain waktu yang dihabiskan lama, menghabiskan lebih banyak bahan bakar juga karena itulah ada harga lebih yang harus dikeluarkan.

Selain itu, mengemudi dan mengantar paket di kota menyebabkan penurunan kinerja driver jika rute yang diambil tidak efektif. Dengan semua lampu lalu lintas, beragam kendaraan di jalan, dan jalan yang berkelok-kelok, tidak mungkin untuk menghindarinya.

Pengiriman Gagal

Last mile delivery berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan pelanggan akhir, maka dari itu ini berbeda dengan mendistribusikan barang ke pusat distribusi atau mitra rantai pasokan Anda.

Ketika Anda mengirimkan produk pada tangan pelanggan, pengiriman yang gagal adalah bagian besar yang harus dihitung.

Baca Juga: Apa Itu Last Mile Delivery? Perkembangan Dan Keunggulannya

last-mile-delivery-route-map

Rute Rumit yang Menghasilkan Lebih Banyak Perjalanan di Luar Rute

Seperti telah disebutkan tadi, inti dari last mile delivery adalah rute yang dipilih efektif sehingga truk Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan bahan bakar untuk jalanan yang ada di luar rute.

Dengan banyaknya perhentian individu, jauh lebih mudah bagi pengemudi untuk kehilangan jejak rute dan mengumpulkan mil yang tidak perlu.

Ditambah hasil dari penelitian yang menunjukkan bahwa mil di luar rute dapat mencapai hingga 10% dari total jarak tempuh armada pengiriman.

Dampak dari Masalah Last Mile Delivery Terhadap Bisnis

Jika Anda tidak memiliki strategi distribusi ritel yang dioptimalkan untuk pengiriman jarak jauh, Anda membuat bisnis Anda gagal dalam jangka panjang.

Anda akan menghadapi biaya total yang jauh lebih tinggi, pelanggan yang tidak puas, dan banyak tantangan bisnis nyata lainnya.

Biaya Operasional Lebih Tinggi = Margin Keuntungan yang Rendah

Tingkat kegagalan pengiriman yang lebih tinggi serta rute dan jadwal pengiriman yang tidak dioptimalkan menyebabkan biaya operasi yang jauh lebih tinggi.

Pengalaman Pelanggan yang Buruk

Pengiriman mil terakhir memainkan peran penting dalam kepuasan pelanggan. Pelanggan berharap untuk menerima produk mereka tepat waktu, dalam kondisi yang dapat diterima. 

Jika Anda gagal memenuhi harapan ini, Anda akan menurunkan loyalitas pelanggan dan memiliki tingkat pembelian berulang yang rendah.

Lebih Banyak Pembatalan dan Pengembalian (Cancel and Return)

Jika pelanggan merasa bahwa Anda terlalu lama mengirimkan produk yang mereka beli, kemungkinan besar mereka akan membatalkan pesanannya.

Ada juga kemungkinan lebih besar bahwa mereka akhirnya akan mengembalikan produk setelah membeli karena keterlambatan pengiriman.

Cara Terbaik untuk Mengoptimalkan Last Mile Delivery Agar Lebih Hemat Waktu dan Biaya

Cara terbaik untuk menghemat biaya dan waktu pada last mile delivery adalah dengan mengoptimalkan setiap rute pengantaran dan meningkatkan kinerja tenaga delivery Anda.

Delivery & Route Optimization adalah solusi terbaik untuk pengiriman last mile delivery karena dapat mengatur berbagai jadwal kunjungan sesuai jadwal toko dengan fitur multi-stop dan delivery allocation yang tersedia di dalamnya.

Mari bawa layanan pengiriman Anda ke tingkat yang lebih tinggi dengan Delivery & Route Optimization

Coba gratis sekarang dengan klik di sini.

Follow juga instagram kami di sini.