Mengapa Bisnis Anda Tak Bisa Mengabaikan Sales Force Automation (SFA)?

Semakin banyak masalah yang dihadapi dalam bisnis, tentu semakin banyak pula usaha yang harus dilakukan untuk meningkatkan performa Sales Force sebuah perusahaan. Persaingan bisnis dan penjualan yang semakin meningkat, data-data prospek yang semakin tidak teratur, siklus penjualan yang terlalu panjang, tentu akan membawa dampak negatif bagi tim sales (sales force) yang dapat mengakibatkan penurunan omzet penjualan.

Selain itu, kendala yang muncul akan menambah beban bagi salesman untuk dapat bekerja lebih produktif dan efisien. Rasa frustasi terhadap kinerja dari dalam diri salesman akan menambah masalah dari sisi pribadi yang bersangkutan.

Jika perusahaan dan sales leader tidak mengantisipasi hal ini, maka penurunan penjualan akan semakin meningkat dan tim sales akan semakin tertekan hingga tidak dapat bekerja dengan baik.

Langkah yang dapat diambil oleh perusahaan adalah dengan implementasi aplikasi Sales Force Automation (SFA) berbasis cloud untuk membantu kinerja sales force.

Aplikasi ini memiliki fungsi dan manfaat yang cukup potensial untuk memperbaiki kinerja tim sales. Aplikasi SFA ini dapat juga dipadukan dengan aplikasi sales supervision (monitoring) untuk menentukan dan memonitor target KPI, melihat rute kunjungan, hingga tracking sales force secara real-time.

Baca juga : Kenapa Sales Force Automation Dibutuhkan Oleh Perusahaan Saat Ini?

Pengertian Sales Force Automation (SFA)
source : unsplash.com

Sales Force Automation (SFA) adalah perangkat lunak untuk salesman di lapangan, yang menyediakan kontrol penuh atas seluruh perjalanan pelanggan, mulai dari pemesanan (taking order),  geotagging lokasi pelanggan, pengantaran (delivery), sampai dengan tagihan (collection).

Berbagai tugas berulang yang sebelumnya dilakukan secara manual dan sangat memakan waktu, kini dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Dengan adanya aplikasi SFA, maka perusahaan bisa meminimalisir risiko kesalahan (human error) dan memastikan bahwa setiap informasi selalu akurat dan realtime.

Secara umum, SFA akan memberikan manfaat atau keuntungan bagi perusahaan dan tim yang ada di dalamnya. Berikut ini, alasan bagi sebuah bisnis untuk tidak mengabaikan Sales Force Automation.

Efisien Waktu
source : unsplash.com

Sales leader dapat terlebih dahulu menyusun rute jadwal kunjungan tim sales, yang juga dikenal dengan permanent journey plan (PJP) atau master call plan (MCP).

Jadwal kunjungan yang sudah disusun dapat diakses dari SFA, sehingga tim sales dapat melakukan kunjungan dengan lebih efisien. Sedangkan sales leader dapat mengawasi kinerja salesman melalui aplikasi monitoring.

Manajemen Yang Unggul
source : unsplash.com

Dengan penyimpanan data dan laporan secara tradisional, maka sales leader harus menghadapi laporan-laporan yang tidak teratur dari tim sales terkait penjualan dan follow up yang sudah diselesaikan. Sales leader tidak memiliki banyak waktu untuk mengelola tim sales yang dibimbing.

Namun, dengan kehadiran SFA, data yang diinput dari SFA akan langsung masuk ke system, sehingga sales leader dapat lebih mudah mengakses laporan dengan cepat bahkan secara realtime. Data yang terakumulasi ini dapat diolah menjadi Business Intelligence (BI) report untuk membantu pengambilan keputusan yang cepat.

Pengolahan data yang sebelumnya tidak teratur menjadi lebih teratur. Sehingga, waktu untuk mengatur tim sales jauh lebih banyak karena sistem administrasi dan data sudah tersimpan dalam satu tempat terpusat yang mudah di akses.

Dengan demikian, pengelolaan atau manajemen bisnis yang diberlakukan adalah yang terunggul dari metode-metode lainnya.

Meningkatkan Pendapatan
source : unsplash.com

Keberhasilan tim sales dan tim marketing dalam membaca matrik data dari demografi, pola pembelian, tingkat kebutuhan prospek, dan pelanggan dapat membawa pendapatan yang lebih baik untuk perusahaan yang bersangkutan.

SFA memberikan nilai efektivitas dan efisiensi tim marketing dan tim sales dalam bekerja untuk menemukan pola yang sesuai dengan minat pelanggan.

Dengan demikian, proses interaksi dengan pelanggan akan semakin maksimal dan dapat meningkatkan pendapatan perusahaan yang bersangkutan.

Baca juga : Mengapa Sales Force Automation Begitu Dibutuhkan?

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
source : unsplash.com

Setiap perusahaan pasti memiliki pelanggan yang loyal. Semakin banyak pelanggan yang loyal, maka nilai keberhasilan perusahaan akan semakin tinggi.

Maka dari itu, penting bagi sebuah perusahaan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan-pelanggannya dengan berbagai kebijakan yang mengutamakan kepuasan dan pengalaman pelanggan (user experience).

Dengan bantuan SFA, maka tim sales dan marketing memiliki kesempatan untuk memperbaiki kinerjanya dengan memberikan layanan yang terbaik pada semua pelanggan.

Keberhasilan tim dalam meningkatkan layanan tersebut nantinya akan membawa kepuasan dari pelanggan maupun prospek sehingga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Selain itu, di saat persaingan yang sangat kompetitif, salesman tentu harus bisa menjaga peluang dengan terus memperhatikan proses pendekatan, hubungan dan komunikasi.

SFA merupakan salah satu alat yang dapat digunakan oleh tim sales untuk memantau dan mengikuti perkembangan-perkembangan tersebut untuk menemukan pelanggan yang potensial dan menemukan kecocokan antara produk dan kebutuhan pelanggan.

Analisa yang Efektif
source : unsplash.com

Aplikasi SFA dapat menyimpan semua riwayat pemesanan yang dilakukan oleh pelanggan. Dengan demikian, SFA sangat bermanfaat bagi tim sales untuk meningkatkan kualitas prospek dengan lebih efektif.

Seperti dengan menganalisis informasi penjualan sebelumnya untuk menemukan demografi pelanggan, pola pemesanan yang dilakukan pelanggan, preferensi pelanggan, dan lain sebagainya. Data-data tersebut sangat diperlukan oleh perusahaan untuk menemukan target dan persiapan dalam menghadapi prospek.

Sedangkan bagi tim marketing, dapat membantu tim untuk menggunakan metrik yang lebih spesifik untuk pemasaran serta melakukan monitoring yang lebih efektif.

Agar perusahaan Anda tetap terdepan dalam persaingan dan mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin, maka Anda perlu memastikan bahwa semua proses bisnis Anda harus lebih sederhana.

Anda harus memiliki sistem manajemen penjualan yang gesit dan efektif yang akan memberi Anda informasi yang akurat tentang pelanggan, prospek, dan segala hal seputar bisnis distribusi bagi perusahaan Anda.

Aplikasi SimpliDOTS dirancang khusus untuk mendukung kinerja perusahaan distribusi. Aplikasi SimpliDOTS terdiri dari beberapa mobile apps mulai dari aplikasi Sales Force Automation (SFA), aplikasi Sales Supervision (monitoring), aplikasi Tracker Agent, aplikasi Retail, dan aplikasi Stockist. Semua mobile apps ini terintegrasi ke Distribution Management System (DMS).

Aplikasi SFA dibuat khusus untuk sales force agar dapat melakukan pekerjaan dengan mudah dan cepat. Fitur-fiturnya lengkap, mulai dari taking order, canvassing, rute kunjungan, promo detection, cek stok, geotagging, pengantaran dan tagihan. Semua fitur dapat digunakan secara offline maupun online.

Aplikasi Sales Supervision (monitoring) untuk para manajer / supervisor yang ingin memonitor kinerja tim sales dan pelanggan secara realtime.

Dengan hadirnya aplikasi SimpliDOTS, tim sales, tim marketing, dan tim-tim lain yang terlibat akan terbantu dalam alokasi waktu yang lebih efisien, manajemen yang unggul, serta kecanggihan laporan.

Baca juga : Keuntungan Sales Force Automation Bagi Sebuah Bisnis

Itulah pembahasan tentang Sales Force Automation yang tidak bisa diabaikan pada bisnis perlu diketahui sebelum anda menekuni bisnis distribusi barang. Semoga dapat menambah wawasan anda dan jangan lupa follow Instagram @SimpliDOTS buat informasi bermanfaat lainnya!

Buat distributor atau retailer yang lagi mencari solusi untuk meningkatkan omzet atau sistem mengelola perusahaan yang terpercaya, cobain aja demo gratis 14 hari SimpliDOTS disini.

Share
Published by
astrid
Tags: Strategi Distribusi yang Cepat dan Efisien Strategi Meningkatkan Penjualan
  • Recent Posts

    • Bisnis
    • Distribusi
    • Strategi Bisnis

    Strategi Mendistribusikan Produk Baru Dan Memilih Strategi Yang Tepat

    Sebagai seorang yang sedang terjun dalam dunia marketing, segala proses penjualan hingga mencapai kesepakatan tentu sangatlah penting. Namun, bagaimana Anda… Read More

    1 hari ago
    • Bisnis
    • Blog SimpliDOTS
    • Teknologi

    Sales Motoris, Kanvasing Dan Taking Order, Ini Perbedaannya

    Saat ini persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Semakin banyak orang yang terjun ke dalamnya, semakin besar pula tingkat persaingan… Read More

    3 hari ago
    • Strategi Bisnis
    • Tips & Trik

    Mengenal Covert Selling, Teknik Menjual Tapi Tidak Berjualan?

    Dalam bisnis, kunci meraih penghasilan maksimal adalah tim penjualan atau sales person Anda. Apakah mereka memiliki teknik menjual yang baik… Read More

    1 minggu ago
    • Bisnis

    Apa Itu Saluran Distribusi? Serta Bagaimana Tahapannya?

    Coba Anda ingat-ingat kembali, pernahkah Anda membeli barang langsung dari produsen atau pabriknya? Hmm… mungkin pernah, tapi sangat jarang bukan? … Read More

    2 minggu ago
    • Bisnis

    Mengenal Istilah Ritel, Distributor & Prinsipal Dalam Dunia Distribusi

    Bagi anda yang bekerja di sektor distribusi barang, istilah seperti ritel, distributor, dan prinsipal tentu sudah tak asing lagi terdengar… Read More

    2 minggu ago
    • Bisnis
    • Pemasaran
    • Penjualan
    • Produk
    • Strategi Bisnis

    Positioning Produk Sebagai Strategi Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis

    Tak banyak orang yang tahu bahwa positioning produk merupakan bagian penting dari kesuksesan bisnis. Bagaimana nggak, jika harga produk ditentukan… Read More

    2 minggu ago
    • Bisnis
    • Pemasaran
    • Penjualan
    • Produk

    Baru Launching Usaha Baru? Simak 7 Cara Ampuh untuk Aktivasi Brand

    Selamaatt…! Jadi, brand anda baru saja dirilis? Jangan hanya deg-degan, para pebisnis yang baru saja launching juga harus bersiap untuk… Read More

    2 minggu ago
    • Sales Force

    3 Elemen Penting Untuk Mencapai Sales Force Yang Sukses

    Tim penjualan (sales force) memiliki eksistensi yang sangat penting dalam bisnis. Itulah sebabnya, sales force perlu dikelola dengan tepat. Sehingga,… Read More

    2 minggu ago
    • Blog SimpliDOTS
    • Penjualan

    7 Manfaat Sales Gamification yang Terbukti Meningkatkan Penjualan

    Selama ini permainan dipandang sebagai metode untuk menghilangkan stres dan penat setelah melakukan pekerjaan berat atau sekadar untuk mengisi waktu… Read More

    2 minggu ago