memahami-situasi-kejenuhan-pasar-dan-mengatasinya

Memahami Situasi Kejenuhan Pasar Dan Cara Mengatasinya

Anda memiliki sebuah restoran yang mendatangkan ratusan orang setiap harinya untuk datang dan menghabiskan uang mereka di tempat Anda. Beberapa bulan kemudian restoran baru muncul di seberang restoran Anda dan pelanggan Anda beralih ke restoran tersebut.

Peristiwa di atas adalah salah satu contoh dari situasi kejenuhan pasar yang tentunya tidak akan menghasilkan lagi penjualan bagi suatu bisnis karena permintaan relatif sudah tidak ada.

Kondisi pasar yang jenuh adalah sebuah ancaman yang nyata untuk suatu perusahaan yang harus diatasi dan untuk paparan yang lebih lengkap tentang situasi kejenuhan pasar atau saturated market akan dibahas di sini.

Apa itu Kejenuhan Pasar?

Saturated market atau kejenuhan pasar adalah suatu kondisi ketika permintaan akan suatu barang telah mencapai puncaknya, posisinya relatif stabil sehingga untuk menghasilkan lebih banyak permintaan di ruang keramaian menjadi sulit.

Ketika saturated market terjadi suatu perusahaan perlu mengambil tindakan agar bisnis tetap bisa menghasilkan penjualan. Untuk itulah strategi-strategi yang akan menarik perusahaan dari situasi kejenuhan pasar adalah hal yang perlu direncanakan.

Hal yang biasanya menyebabkan suatu perusahaan mengalami kejenuhan pasar adalah kondisi tertentu saat sebuah perusahaan tidak melakukan inovasi terhadap produknya.

Pembaruan terhadap suatu produk baik itu dari layanan ataupun harga yang ditetapkan dapat menjadi solusi agar pertumbuhan produk di pasar tidak mengalami stagnasi. Keadaan stagnan inilah faktor yang akan membawa produk pada saturasi pasar.

Dengan terjadinya situasi kejenuhan pasar, stok atau persediaan yang ada di perusahaan akan tertahan dan menjadi berlebih. Kondisi itu jelas adalah sesuatu yang tidak menguntungkan bagi suatu perusahaan. 

Hal ini karena produk dan jasa yang dihasilkan sedang dialihkan ke persediaan baru bulan berikutnya. Salah satu alasan perusahaan mengalami kejenuhan pasar adalah ketika berhenti mendapatkan pelanggan baru.

Ini adalah sinyal bagi produsen bahwa mereka harus mengambil tindakan sekarang untuk menghasilkan penjualan lebih lanjut, dan oleh karena itu, pasar yang jenuh buruk bagi bisnis. Sekarang mari kita lihat alasan mengapa kejenuhan terjadi di pasar-

Faktor Penyebab Kejenuhan Pasar

Ada beberapa indikator yang dapat diukur sebagai dalang di balik terjadinya situasi kejenuhan pasar yang dialami suatu perusahaan seperti telah disinggung di atas.

Beberapa faktor yang disebutkan di sini adalah beberapa alasan eksternal yang menyebabkan suatu perusahaan terjebak dalam situasi kejenuhan pasar.

  1. Layanan yang Sudah Tidak Relevan

Dengan berkembangnya arus informasi dan teknologi tidak selalu membawa dampak positif untuk beberapa perusahaan. Terkadang terdapat beberapa produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan menjadi tidak relevan.

Kebanyakan produk yang mengandalkan kerja konvensional atau manual akan langsung tergerus ketika tercipta inovasi baru di bidang teknologi. Permintaan atau kebutuhan akan layanan tersebut akan langsung turun sekaligus membuat saturasi pasar.

Contoh paling populer adalah ketika munculnya transportasi online yang membuat situasi kejenuhan pasar pada layanan transportasi konvensional.

  1. Munculnya Kompetitor Baru

Bisnis baru adalah sebuah ancaman bagi bisnis serupa yang telah lebih dahulu tersedia di pasar. Dengan munculnya pendatang baru perusahaan yang tidak melakukan inovasi produk mereka tentu akan dengan mudah terdepak.

Bisnis yang baru biasanya akan muncul dengan ide yang sangat fresh dan relevan untuk masalah-masalah baru dan jelas itu merupakan ancaman. Bukan tidak mungkin pesaing baru itu secara langsung dapat menimbulkan situasi kejenuhan pasar bagi perusahaan yang lebih dulu ada. 

  1. Bergantinya Tren

Sifat dinamis pada tren yang menyebabkan cepat bergantinya suatu tren oleh tren lain harus diantisipasi dengan strategi yang baik oleh perusahaan.

Meskipun banyak menguntungkan penjualan, terkadang tren juga dapat menjadi ancaman untuk perusahaan.

Penting untuk menghitung dan mengukur dengan tepat sampai kapan suatu tren akan berlangsung dan menghasilkan penjualan bagi perusahaan. Dengan terukurnya penghitungan masa tren, suatu produk perusahaan tidak perlu risau untuk memikirkan situasi kejenuhan pasar. 

  1. Daya Beli

Daya beli pelanggan adalah faktor penting yang membuat permintaan tidak ada lagi sehingga menyebabkan penjualan perusahaan menurun. 

Permintaan bagaimanapun akan selalu dibatasi oleh daya beli pelanggan. Daya beli tentu saja berkaitan dengan harga yang perusahaan Anda tawarkan dan menyesuaikannya dengan berbagai daya beli yang mungkin adalah suatu keharusan.

Artinya, perusahaan Anda harus mampu untuk bisa menjaga daya beli pelanggan dengan menyeragamkannya ke berbagai kategori. 

Dengan begitu perusahaan Anda bisa menentukan produk mana yang premium yang memiliki pelanggan dengan daya beli tinggi namun terbatas dan produk mana yang akan populer karena diminati oleh pelanggan dengan daya beli yang seragam.

  1. Harga

Setelah permintaan yang selalu dibatasi oleh daya beli pelanggan, poin ini adalah faktor penting yang menentukan daya beli pelanggan.

Menentukan harga yang melebihi batas dari daya beli pelanggan yang sudah Anda targetkan hanya akan menghasilkan penjualan yang sia-sia. Penting untuk mengetahui siapa audiens Anda dan bagaimana kondisi ekonomi mereka.

Dengan mengetahui informasi tersebut Anda dapat menetapkan harga yang sesuai atau bahkan sengaja membuat produk yang diproduksi dengan modal yang sesuai untuk para pelanggan yang telah Anda ketahui seberapa tinggi daya belinya.

Jenis-jenis Kejenuhan Pasar

Untuk dapat memahami dan mengatasi situasi kejenuhan pasar, Anda harus memahami terlebih dahulu pasar tempat perusahaan Anda beroperasi.

Dengan mengetahui jenis-jenis kejenuhan pasar yang ada tentu akan membantu perusahaan Anda untuk menganalisis penyebab dan menemukan solusi terbaik bagi permasalahan kejenuhan pasar Anda.

  1. Kejenuhan Pasar Mikroekonomi

Ada kondisi di mana suatu bisnis statistik penjualannya mengalami penurunan. Jika hal itu terjadi maka perusahaan sedang berada dalam bayang-bayang kejenuhan pasar mikroekonomi.

Banyak indikator yang dapat menjadi penyebab situasi ini, namun yang paling umum adalah munculnya kompetitor baru. Pelanggan bisnis Anda mulai berhenti menggunakan produk Anda setelah adanya produk dari kompetitor baru.

Kondisi ini tentu langsung menyebabkan penjualan perusahaan Anda menurun dan dengan begitu mengarah pada kondisi kejenuhan pasar skala mikro.

  1. Kejenuhan Pasar Makroekonomi

Pada situasi lain terdapat kondisi yang memprihatinkan ketika seluruh perusahaan dalam golongan industri tertentu permintaannya turun atau stagnan. Inilah yang dinamakan sebagai kejenuhan pasar dengan skala makro.

Hal ini tentu merupakan suatu ancaman yang nyata bagi industri tersebut sebab kejenuhan pasar bisa saja terjadi dalam kurun waktu yang lama atau bahkan tidak teratasi.

Salah satu faktor yang membuat situasi kejenuhan pasar makroekonomi adalah ketika suatu teknologi baru diterapkan pada suatu layanan atau produk. 

Contohnya seperti telah disebutkan di atas ketika layanan transportasi berubah total menjadi online dan layanan konvensional terus-menerus berada dalam situasi kejenuhan pasar.

Bagaimana Kejenuhan Pasar Dapat Diatasi?

Situasi kejenuhan pasar merupakan peristiwa yang membutuhkan langkah dan strategi paling efektif untuk mengatasinya. 

Namun sebelum perusahaan berada dalam kondisi tersebut ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

  1. Riset Kompetitor

Seperti telah dipaparkan di atas bahwa kompetitor baik yang baru ataupun yang lama adalah ancaman yang dapat membawa perusahaan Anda berada dalam situasi kejenuhan pasar.

Cara untuk terhindar dari situasi semacam itu adalah dengan melakukan riset terhadap kompetitor Anda. Penting untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh kompetitor Anda atau inovasi baru yang sedang mereka kembangkan.

Dengan meneliti kompetitor Anda dapat menentukan strategi terbaik untuk meningkatkan penjualan agar terhindar dari situasi kejenuhan pasar.

  1. Pengefektifan Harga 

Ketika suatu produk berada dalam situasi kejenuhan pasar, perusahaan yang menjual tentu akan mengalami kesulitan. Banyak perusahaan rela menurunkan harga dari yang telah mereka tetapkan sebelumnya untuk keluar dari situasi kejenuhan pasar ini agar pelanggan tergoda dan permintaan kembali ada.

Penting untuk diingat bahwa kebijakan seperti itu hanya akan menurunkan persentase kerugian perusahaan sehingga cara paling efektif untuk terhindar dari situasi kejenuhan pasar karena hal ini adalah dengan pengefektifan harga.

Dengan membuat harga yang paling pas untuk target konsumen produk Anda situasi kejenuhan pasar mungkin dapat dihindari.

  1. Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan

Memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan Anda dapat membentuk suatu basis pelanggan yang setia. Dengan memiliki basis pelanggan setia Anda tidak perlu khawatir berada dalam situasi kejenuhan pasar.

Basis pelanggan yang setia akan menghasilkan penjualan yang maksimal karena kesetiaan akan selalu dibarengi dengan sikap loyal terhadap produk-produk Anda.

Dengan demikian penting untuk menjaga hubungan Anda dengan pelanggan tetap harmonis agar dapat membentuk basis pelanggan yang loyal terhadap produk Anda. 

Basis pelanggan yang setia juga dapat membuat peluang para kompetitor untuk membuka pangsa pasar tersendat dan membuat peluangnya menjadi ancaman perusahaan Anda jadi lebih kecil.

Dengan adanya hal semacam itu tentu saja akan membuat produk Anda terhindar dari situasi kejenuhan pasar. 

  1. Kreativitas Pengembangan produk

Kreativitas adalah kunci terbaik agar perusahaan terhindar dari situasi penurunan permintaan yang akan menyebabkan kejenuhan pasar. Hal ini tentu saja karena setiap kebaruan akan selalu menarik perhatian pelanggan.

Tidak adanya permintaan yang akan menggiring pada situasi kejenuhan pasar merupakan kondisi yang disebabkan tidak adanya inovasi yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mengembangkan produknya.

Dalam mengembangkan suatu produk dibutuhkan sebuah kreativitas yang dapat membuat produk yang telah usang dan permintaannya terus menurun menjadi produk yang kembali menghasilkan penjualan yang signifikan.

Terkadang kualitas suatu perusahaan terus menurun seiring berlalunya waktu dan kemudian menghilang pada periode tertentu. Untuk dapat mempertahankan kualitas perusahaan dibutuhkan juga pikiran yang kreatif.

Dengan kebaruan dan pikiran kreatif yang dapat mengembangkan produk tentunya bukan hanya akan menarik perhatian pelanggan tetapi dapat membuat pelanggan tersebut melakukan penjualan dan ini adalah langkah yang bagus untuk menghindari situasi kejenuhan pasar.

  1. Menyegarkan Value Perusahaan
pasar-yang-jenuh-mengatasi-kejenuhan-pasar

Suatu perusahaan dapat mengatasi situasi pasar yang jenuh dengan membuat produk atau layanan yang mereka tawarkan lebih bernilai.

Dalam konteks ini penambahan nilai bisa dilakukan 

Seseorang dapat mengatasi pasar yang jenuh dengan menambahkan nilai pada produk dan layanan mereka. Tingkatkan nilai produk seseorang dengan memberikan layanan, manfaat, dan penawaran tambahan. Menawarkan insentif dan up-gradasi memungkinkan konsumen untuk menarik terhadap merek seseorang. Menyediakan layanan pelanggan yang disesuaikan juga dapat membantu mengatasi masalah pasar yang jenuh.

  1. Keseimbangan Produksi

Neraca yang seimbang antara produk yang dihasilkan dengan angka pada penjualan akhir perlu dibuat. Unit-unit yang diproduksi memang perlu memenuhi jumlah permintaan namun jangan sampai melebihi permintaan yang ada.

Perusahaan Anda harus bisa menyeimbangkan dan secara bersamaan juga harus bisa menjangkau setiap sudut pasar yang membutuhkan produk Anda.

Dengan seimbangnya hubungan antara pemenuhan permintaan dan produksi yang tidak melewati batas permintaan tadi Anda tidak perlu mengkhawatirkan situasi kejenuhan pasar karena unit yang Anda produksi akan terus menghasilkan penjualan.

Menjaga keseimbangan produksi dengan kata lain adalah menjaga agar perusahaan Anda tidak akan terjebak dalam situasi kejenuhan pasar.

Baca Juga: Apa Itu Saluran Distribusi? Serta Bagaimana Tahapannya?

  1. Saluran distribusi

Gunakanlah sebaik mungkin saluran distribusi yang perusahaan Anda miliki. Hal ini tentu akan ada kaitannya dengan menjaga keseimbangan produksi dengan kebutuhan atau permintaan dari berbagai sudut yang membutuhkan.

Milikilah sebisa mungkin lebih banyak saluran distribusi Anda. Lebih banyak toko yang ingin bekerja dengan Anda atau mengaitkan nama perusahaan Anda akan mengarahkan lebih banyak orang untuk membeli produk Anda.

Dengan memiliki saluran distribusi dan menggunakannya secara tepat tentu akan membantu menyeimbangan neraca antara unit-unit yang Anda produksi dengan permintaan produk di pasar.

Rantai hubungan inilah yang akan membuat perusahaan Anda terhindar dari situasi kejenuhan pasar yang tidak akan menguntungkan penjualan perusahaan Anda.

Menghindari Situasi Kejenuhan Pasar dengan Meningkatkan Layanan Distribusi

Kejenuhan pasar merupakan situasi di pasar dagang ketika permintaan telah memenuhi batas maksimumnya sehingga tidak lagi menghasilkan penjualan. Ada beragam faktor yang dapat menyebabkan situasi kejenuhan pasar salah satunya ialah kompetitor.

Meskipun dapat diatasi dan meminimalisir kemungkinan terjadinya, situasi kejenuhan pasar merupakan sesuatu yang sulit sekali untuk dihindari. 

Kejenuhan pasar merupakan situasi yang tidak terhindarkan yang akan berdampak buruk terhadap kinerja perusahaan. Ada berbagai cara untuk menghindari atau mengatasi situasi seperti itu jika perusahaan mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh suatu perusahaan agar terhindar dari keadaan atau situasi pasar yang jenuh adalah dengan menciptakan inovasi dan meningkatkan layanan yang ditawarkan pada pelanggan.

Salah satu layanan yang bisa lebih dimaksimalkan agar tercipta basis pelanggan yang loyal dan dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal adalah meningkatkan layanan distribusi perusahaan Anda dengan aplikasi DMS dari SimpliDOTS.

SimpliDOTS Distribution Management Software (DMS) adalah solusi distribusi barang yang modern, real time, dan berbasis teknologi Cloud. SimpliDOTS hadir dengan fitur-fitur lengkap seperti Sales Force Automation, Distribution Management System, Delivery and Route GPS, FMCG management, retail order solution, dan masih banyak lagi. 

Ribuan klien dan distributor di seluruh Indonesia telah membuktikan kecanggihan fiturnya. Tidak butuh instalasi, memantau distribusi barang semudah sekali sentuhan jari, lewat smartphone atau desktop. 

Berikut beberapa keunggulannya: 

  • Memudahkan sales untuk taking orders lewat smartphone.
  • Menciptakan rute paling efisien dengan Route Management. 
  • Mengelola persediaan dan gudang secara rapi dan sistematis. 
  • Analisis dan dashboard yang mudah dipahami.
  • Dapat memantau posisi sales di lapangan. 
  • dan banyak lagi fitur menarik lainnya. 

Yuk, buktikan sendiri efektivitas fitur SimpliDOTS Distribution Management Software untuk bisnis Anda! Silakan mulai dengan layanan demo yang disediakan dengan cara klik tautan ini

Jangan lupa ikuti terus artikel-artikel informatif SimpliDOTS selanjutnya, di laman Blog SimpliDOTS atau follow akun Instagram @simplidots