10 Aplikasi Distribusi dan Fitur yang Wajib Dimiliki Perusahaan

10 Aplikasi Distribusi dan Fitur yang Wajib Dimiliki Perusahaan

Semakin berkembangnya zaman, tentu teknologi juga semakin berkembang. Dan dengan adanya teknologi ini tentu akan membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Pada pembahasan kali ini kita akan mengetahui 10 aplikasi distribusi dan fitur yang wajib dimiliki. Penasaran apa saja aplikasinya? Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Aplikasi Distribusi

definisi aplikasi distribusi
sumber : freepik

Aplikasi distribusi memang sangat membantu para pengusaha untuk menjalankan bisnisnya. Bagaimana tidak, dengan adanya aplikasi distribusi ini dapat meningkatkan fungsionalitas bisnis ke level yang lebih tinggi lagi.

Proses pendistribusian yang awalnya dilakukan secara manual, kini akan menjadi lebih mudah dengan penggunaan aplikasi distribusi yang sudah banyak hadir di Indonesia. Seperti yang diketahui bahwa proses pendistribusian yang dilakukan secara manual akan lebih berisiko mengalami kesalahan pencatatan, memakan waktu yang lebih lama dan yang pasti menjadi kurang efisien.

Aplikasi distribusi merupakan suatu software atau perangkat lunak yang dirancang secara khusus untuk mengelola hampir keseluruhan aktivitas distribusi yang ada di perusahaan Anda. Aktivitas-aktivitas yang dimaksud yaitu mengelola pesanan, melakukan pemantauan harga pasar, pengiriman barang, penagihan, dan aktivitas lainnya. Biasanya, aplikasi distributor ini juga bisa dikenal sebagai DMS (Distribution Management System).

Karena aplikasi yang dijalankan berbasis digital, sudah pasti bisa mengurangi kesalahan-kesalahan yang bisa saja terjadi jika dilakukan secara manual karena kesalahan yang tidak disengaja oleh pegawai. 

Baca juga : 10 Aplikasi Sales Dan Fiturnya Untuk Dukung Bisnis Anda

10 Aplikasi Distribusi dan Fitur yang Wajib Dimiliki 

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan aplikasi distribusi, maka di poin ini kita akan mengetahui apa saja aplikasi distribusi dan fitur yang wajib untuk dimiliki. Yuk langsung saja kita simak.

1. SimpliDOTS

SimpliDOTS Logo Name Square Color

Aplikasi distribusi pertama yang kita bahas adalah SimpliDOTS. Aplikasi ini berbasis cloud sehingga akan sangat memudahkan distributor dalam pengelolaan bisnis distribusi. Tidak hanya itu, SimpliDOTS juga bisa digunakan untuk melakukan aktivitas jual-beli, hutang piutang dan bahkan hingga memonitor posisi karyawan yang sedang bertugas di lapangan.

Aplikasi SimpliDOTS juga dapat terhubung dengan aplikasi lainnya seperti Sales Force Automation, Retail Direct Order dan Monitoring.

Dengan berbagai fitur menarik yang dimiliki SimpliDOTS, maka manfaat-manfaat ini akan Anda dapatkan, antara lain:

  • Tersedianya fungsi kolaborasi dengan mitra dagang.
  • Dapat mengelola berbagai operasional distribusi dengan lebih mudah dan menghemat waktu.
  • Pemantauan kerja bisa dilakukan secara mobile sehingga lebih mudah untuk dilakukan.
  • Waktu komunikasi antar divisi menjadi lebih mudah.
  • Dapat melakukan penjadwalan rute agar memberikan efisiensi pengunjungan dan juga pengantaran.
  • Dapat melacak keberadaan petugas lapangan dan tentunya dapat melakukan kontrol lebih terhadap pekerja yang memang sedang bertugas di lapangan.
  • Data-data penting yang ada di perusahaan akan diubah menjadi laporan dan juga grafik sehingga lebih mudah untuk dibaca, sehingga meningkatkan kinerja yang dikenal dengan Business Intelligence (BI).

2. salesplot.com

Aplikasi Distribusi yang kedua adalah salesplot.com yang memang diciptakan untuk memenuhi kebutuan. Dengan sales officer yang telah tersebar di banyak tempat dan memiliki hubungan langsung dengan toko-toko. Dan selanjutnya data diolah untuk bisa disajikan ke produsen. Berbagai data dan juga informasi dapat langsung diakses melalui salesplot.com. Jadi dengan demikian dapat dikatakan bahwa salesplot.com merupakan kombinasi dari layanan IT dan jaringan lapangan yang ada di seluruh Indonesia.

Dengan beragam fitur yang canggih maka akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Selain itu, sales officer yang ada nantinya mengunjungi setiap toko yang menjual produk-produk dari klien salesplot.com.

3. Scylla

Di aplikasi distribusi Scylla berisikan proses bisnis ideal distribusi sehingga mampu mendukung proses transaksi ataupun proses operasional yang ada pada tingkat cabang ataupun distributor, seperti manajemen, penjualan, penagihan, persediaan, kas, utang piutang dan lain-lainnya.

Kantor pusat juga akan mendapatkan informasi yang akurat dan pastinya lengkap mengenai kegiatan distribusi karena aplikasi Scylla ini juga dapat mengkonsolidasi data dan informasi atas kegiatan cabang atau distributor.

Sebagai solusi masa depan, kini juga hadir Scylla 8 yang dapat mendukung proses pengambilan keputusan bisnis di suatu perusahaan. Selama ada jaringan internet, Scylla 8 dapat Anda akses kapan saja dan dimana saja. 

Tapi, bagaimana jika tidak ada jaringan internet? Tenang saja, karena aplikasi Scylla 8 dapat diakses baik online maupun offline sehingga untuk mengantisipasi beberapa tempat yang memang kurang mendukung koneksi internet. Meskipun demikian, tetap saja Scylla 8 lebih baik digunakan dengan koneksi internet yang mumpuni.

Ada juga Scylla Analytics, yang di mana aplikasi ini dapat dikolaborasikan dengan engine Big Data agar proses data yang dihasilkan dapat menjadi lebih cepat dan juga tentunya dibuat secara khusus berdasarkan dengan kebutuhan pelanggan.

4. Qontak.Com

Aplikasi Distribusi Sales Qontak
sumber : qontak

Aplikasi Distribusi Qontak.com memiliki fitur yang cukup lengkap untuk sistem distribusi di perusahaan Anda. Aplikasi ini menawarkan berbagai macam kemudahan untuk penggunanya sehingga pekerjaan pun bisa menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Tidak hanya itu, pengoperasian aplikasi ini juga tentunya sangat mudah. Berikut ini ada beberapa fitur di Qontak.com yang bisa Anda ketahui:

  • Pelacakan Penjualan (Sales Tracking) 

Fitur yang pertama ini akan memungkinkan Anda untuk mengetahui berbagai tahapan yang ada di dalam proses penjualan dari awal sampai akhir yang direkam dalam sistem, lalu diolah lagi menjadi sebuah data atau analisis. Sebagai contohnya untuk menetapkan target prospek, memilih barang ataupun jasa yang potensial, menentukan kampanye yang sesuai, dan lain sebagainya.

  • Stock management

Fitur ini akan memudahkan Anda untuk mengatur katalog produk yang sesuai dengan pesanan secara otomatis. Pesanan tersebut nantinya akan diintegrasikan secara real time ke dalam sistem manajemen persediaan barang. Sehingga dengan demikian dapat meminimalisir kesalahan yang bisa saja terjadi pada proses penginputan data yang biasanya dilakukan secara manual, pengiriman, atau stok yang habis tanpa pemberitahuan.

  • GPS Tracking

Dapat menampilkan berbagai data yang ada secara lengkap dan tentunya real time baik itu mengenai waktu, lokasi check-in dan juga check-out tenaga sales. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh aplikasi Qontak.com ini adalah terletak pada fitur GPS offline. Dengan fitur tersebut maka Anda dapat melacak lokasi tenaga sales meskipun tanpa adanya koneksi internet. Para pekerja sales juga bisa memperbarui laporannya meskipun tanpa koneksi internet yang memadai, dan kemudian sistem akan melakukan update secara otomatis.

  • Pengambilan Order (Taking Order)

Dengan fitur ini maka akan memungkinkan para tenaga sales untuk mencatat berbagai pesanan yang masuk dari pelanggan lewat aplikasi distributor. Tanpa adanya koneksi internet, pesanan akan terinput secara otomatis. Setelah disimpan, pesanan atau order tersebut yang telah disimpan, selanjutnya akan diteruskan ke divisi terkait jika koneksi internet sudah memadai.

  • Manajemen KPI (KPI Tracking)

Memungkinkan Anda untuk dapat melacak kinerja tim kapan saja dan di mana saja dengan memanfaatkan pengukuran atau indikator yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga tujuan dari bisnis yang Anda jalankan sehingga dapat meningkatkan penjualan dan operasional bisnis.

  • Otomatisasi Dokumen

Dan yang terakhir ini untuk membuat sistem otomatisasi dokumen sehingga  Anda dapat mengunggah berbagai template penting, misalnya: proposal, invoice, quotation dan sebagainya dengan mudah.

5. Megaventory

aplikasi distributor megaventory
sumber : megaventory

Megaventory ini adalah aplikasi distribusi yang juga berbasis cloud yang cocok digunakan untuk bisnis menengah dan menangani berbagai masalah manajemen pesanan dan tentunya inventaris. Fitur manajemen pesanan yang ada di aplikasi ini akan  memudahkan Anda dalam mengelola pesanan penjualan dari pelanggannya. Selain itu juga lebih mudah dalam mengelola pesanan pembelian dari pihak pemasok barang.

Sedangkan untuk fitur manajemen inventaris ini lebih berfokus kepada hal-hal yang tentunya berkaitan juga dengan inventaris, contohnya yaitu memeriksa stok barang di titik-titik lokasi, serta memastikan pengembalian inventaris secara on time, dan juga memeriksa ketersediaan dari pemasok barang.

Ada berbagai fitur yang ada pada aplikasi Megaventory, antara lain sebagai berikut: 

  • Memenuhi pesanan.
  • Manajemen manufaktur.
  • Pembuatan faktur.
  • Dan juga pelaporan.

Setelah fitur-fitur yang dijelaskan tadi, ada juga berbagai fitur menarik lainnya di aplikasi Megaventory ini.

6. ZibDx

ZibDx ini adalah sebuah software manajemen distribusi atau aplikasi berbasis cloud yang dapat digunakan dalam dunia farmasi. Aplikasi ini memungkinkan bisnis farmasi untuk melakukan penjualan, mendistribusikan, dan bahkan mengelola produk di berbagai apotek pada platform terpusat. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, akan ada bermacam manfaat yang bisa Anda dapatkan, antara lain sebagai berikut:

  • Anda dapat melacak status pesanan ada di dalam sistem dan mengurutkan produk hingga sesuai dengan kategori dan subkategori yang ada.
  • Apotek dapat menambahkan produk obat-obatan yang memang diperlukan dalam daftar. Apotek juga dapat memanfaatkan skema yang ditawarkan pada produk, dan yang pasti dapat memfasilitasi komunikasi dengan pihak distributor melalui fitur  chatting yang ada.
  • Dan yang terakhir, distributor juga dapat mengidentifikasi apa saja yang menjadi produk terlaris, pembeli terlaris, dan membuat laporan analitis untuk bisa melakukan pemantauan penjualan secara keseluruhan. Pihak distributor juga bisa mengintegrasikan sistem di ZibDx dengan aplikasi-aplikasi yang lainnya.

7. Zoho

zoho aplikasi distributor
sumber : zoho

Jaringan distribusi bisnis dapat dipantau secara efisien dengan menggunakan aplikasi Zoho, sehingga tentu akan sangat memudahkan Anda. Sistem distributor management software ini memiliki beragam aplikasi yang sangat menarik dan tentunya membantu perusahaan dalam pendistribusian.

Ada beragam manfaat fitur yang bisa didapatkan oleh distributor dengan aplikasi Zoho, antara lain:

  • Manajemen inventaris menjadi lebih mudah dilakukan.
  • Bekerja berdasarkan database pusat yang ada.
  • Mengotomatisasi dan tentunya membuat standarisasi akuntansi di seluruh jalur  yang ada di distribusi.
  • Menyederhanakan pemprosesan pesanan sehingga lebih mudah.
  • Memantau aktivitas penjualan kapan saja dan di mana saja.
  • Pesanan pembelian dapat ditangani secara efisien.

Selain itu, ada juga berbagai manfaat lainnya yang bisa Anda temui dari aplikasi Zoho.

8. Zangerine

aplikasi distributor zangerine
sumber : zangerine

Yang selanjutnya adalah Zangerine. Merupakan aplikasi berbasis cloud yang diciptakan khusus untuk bisnis online berskala kecil hingga menengah, sehingga sangat cocok untuk Anda yang menjalani bisnis UMKM.

Dengan aplikasi distributor ini maka akan lebih memungkinkan penggunanya untuk bisa mengelola database produk dalam jumlah yang tak terbatas (unlimited). Anda  juga bisa  menentukan berbagai atribut produk yang diinginkan untuk menambah informasi, seperti: berat, ukuran, warna, bahan, kelebihan dan kekurangan produk, dan lain sebagainya. Agar halaman dapat dimanfaatkan dengan baik, maka Anda juga dapat membuat tag dan judul yang ramah SEO.

Aplikasi Zangerine ini juga dapat secara otomatis mengirimkan apa saja rekomendasi pembelian, serta secara otomatis dapat memberitahu kepada pengelola untuk melakukan restock jika ada suatu produk atau barang yang hampir habis atau bahkan sudah habis. 

Berbagai fitur pada distribution management software Zangerine adalah sebagai berikut:

  • Manajemen inventaris dan pesanan.
  • Penawaran harga dan pembelian.
  • Manajemen hubungan pelanggan.
  • Point of Sale.
  • Pemasaran, dan sebagainya.

9. Epicor Prophet 21

epicor aplikasi distributor

Ini merupakan sebuah aplikasi distribusi yang juga cloud. Epicor Prophet 21 didukung oleh Microsoft Azure. Yang memang dirancang khusus untuk mempermudah berbagai proses distribusi. Epicor Prophet 21 ini tentunya sangat cocok digunakan di kawasan industri. Anda dapat menggunakan aplikasi ini di browser apa saja, perangkat apa saja, dan kapan saja sesuai dengan keinginan.

Berbagai fitur yang dimiliki oleh distribution management software atau aplikasi ini adalah:

  • Inventaris dan manajemen keuangan.
  • CRM.
  • Manajemen pesanan, penetapan harga, dan pembelian.
  • Managing gudang dan manufaktur.
  • Pengaturan layanan dan pemeliharaan.

10. Oracle NetSuite

fitur aplikasi distribusi oracle
sumber : achrnews

Dan yang terakhir Oracle NetSuite yang merupakan penyedia aplikasi untuk distributor berbasis SaaS (Software as a Service). Aplikasi Oracle NetSuite ini memang berbasis web baik

untuk grosir dan distributor. Manfaat utama dari aplikasi Oracle NetSuite adalah membantu bisnis untuk melaksanakan dan merencanakan alur kerja bisnis.

Aplikasi Oracle NetSuite menawarkan berbagai fitur, antara lain sebagai berikut:

  • ERP
  • Inventaris
  • E-commerce
  • Akuntansi
  • Pemenuhan
  • CRM
Baca juga : 5 Macam Software ERP Untuk Bisnis FMCG

Aplikasi Distributor Dapat Digunakan Pada Bisnis Apa Saja?

Aplikasi Distributor Dapat Digunakan Pada Bisnis Apa Saja
sumber : freepik

1. Industri Otomotif

Distributor di industri ini pastinya memerlukan aplikasi distribusi untuk mengidentifikasi pembuatan / model / tahun pada produk tertentu yang diproduksi.

2. Industri Pakaian

Pelanggan memesan barang untuk pakaian yang disesuaikan dengan warna, tren, dan ukuran, dengan demikian industri ini membutuhkan aplikasi yang bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan dari perusahaan tersebut.

3. Industri Perawatan Kesehatan

Kebutuhan sesungguhnya dari industri perawatan kesehatan tentu berkaitan erat dengan pelacakan nomor seri dari entitas pengiriman individual dan supply chain, karena perusahaan biasanya menangani jutaan pengiriman hanya dalam waktu sehari.

4. Produsen Makanan dan Distributor

Tanggal kode produk yang spesifik tentu sangat dibutuhkan dan merupakan persyaratan yang paling penting untuk industri makanan dan minuman, karena seperti yang diketahui bahwa persediaan tidak boleh dikirim ke pelanggan jika telah melewati batas waktu tertentu. Maka dari itulah sangat dibutuhkan aplikasi yang memenuhi kebutuhan dan persyaratan industri yang memang cukup rumit.

5. Distributor Grosir

Tentunya ada berbagai persyaratan khusus pelanggan yang harus dipenuhi melalui aplikasi distribusi. Format file seperti EDI tentunya harus dikembangkan dan dikelola dengan baik sesuai kebutuhannya.

6. Distributor Industri

Distributor industri memiliki katalog produk yang masif dan salah satu kebutuhan bisnis mendasar mereka adalah penambahan value atau nilai, sehingga dapat menciptakan diferensiasi kompetitif yang memadai. Dengan demikian, mereka membutuhkan aplikasi distribusi untuk mengkompilasi kebutuhan mereka.

Industri-industri tersebut memerlukan aplikasi distribusi yang bisa memenuhi kompleksitas penyimpanan pesanan dan manajemen persediaan yang harus ditangani secara tepat sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Aplikasi SimpliDOTS, Solusi Distribusi Terbaik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa aplikasi distribusi SimpliDOTS ini memiliki fitur yang beragam dan tentunya sangat memudahkan Anda dalam mengelola bisnis. 

Tidak hanya untuk distribusi saja, aplikasi SimpliDOTS juga memiliki fitur menarik lain seperti cek history pembayaran, memudahkan proses penagihan, interface yang menarik, sehingga siapa saja bisa menggunakan SimpliDOTS dengan mudahnya tanpa perlu memahami coding atau pemrograman sama sekali. 

Yuk, pakai GRATIS 14 hari Aplikasi SimpliDOTS dan nikmati fitur-fitur fungsionalnya untuk kegiatan distribusi usaha Anda. Klik tautan ini untuk membuktikannya!

Baca juga : Warehouse Management System Dan Mengapa Anda Harus Mulai Menggunakannya