food close up view from top

Bisnis Sembako Lancar, 7 Tips dan Aplikasi Distributor Sembako yang Terbaik

Sembako adalah kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi sehari-hari. Oleh karenanya, peluang menjadi distributor sembako makin terbuka lebar. Tak hanya menguntungkan, berjualan sembako juga akan memberikan pengalaman baru yang belum pernah Anda dapatkan sebelumnya. 

Contohnya berkenalan dengan orang-orang baru sekaligus mempererat tali silaturahmi antar sesama manusia. Bagi Anda yang baru memulai bisnis sembako, Anda harus mengetahui bagaimana cara kerja menjadi distributor sembako yang berkualitas. Anda juga perlu mempersiapkan sarana dan prasarana sebelum Anda berbisnis.

Distributor sembako sendiri termasuk usaha rumahan yang memiliki banyak peminat karena barangnya yang dijual merupakan barang kebutuhan sehari-hari. Jika Anda berminat untuk membuka toko grosir sembako maka berikan layanan terbaik kepada toko sembako, toko rumahan dan toko kelontong yang akan membeli produk Anda secara ecer. 

Supaya usaha ini tidak sampai terjadi kerugian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat bisnis Anda ini menguntungkan. Salah satunya adalah aplikasi distributor sembako.

Apa yang dimaksud Aplikasi distributor sembako?

automatic food production line conveyor belt equipment machinery factory industrial food production

Aplikasi distributor sembako merupakan aplikasi atau software berbasis cloud yang berfungsi untuk menyederhanakan sistem distribusi sembako. Tidak dibutuhkan instalasi dan bisa diakses menggunakan web maupun mobile sehingga dapat digunakan di mana saja.

Distributor merupakan salah satu elemen penting dalam rantai pasokan. Menjadi distributor berarti menjalin hubungan dengan rumah produksi dan produsen dengan mendistribusikan produk kepada pengecer.

Seringkali pabrik tidak mengelola pesanan dari pengecer individual. Jika produsen focus pada produksi, maka distributor focus menerima stok dengan jumlah besar pada 1 lokasi dimana nantinya akan membagi pesanan ke konsumen atau pengecer individu. Distributor sembako biasanya akan bekerja sama dengan produsen bahan pokok.

Jika dilihat lebih jauh, kedudukan distributor sembako sangatlah penting bagi toko sembako. Distributor sembako menjadi hulu yang akan mengalirkan air ke hilir, hilir yang dimaksud adalah toko sembako. Masyarakat akan menjadi tempat air bermuara.

SimpliDOTS, aplikasi distributor sembako terbaik

SimpliDOTS Logo Name Horizontal 1

Agar dapat memaksimalkan kinerja perusahaan distribusi sembako yang dikelola, maka setiap distributor membutuhkan sebuah aplikasi distributor sembako atau sistem yang dapat terintegrasi dengan banyak pihak. Distributor sembako membutuhkan strategi yang kuat dan jelas dengan komunikasi yang padat. Jika komunikasi lemah maka kinerja distribusi sembako malah mengalami kesenjangan berujung kelebihan stok barang. Aplikasi distributor sembako merupakan jawabannya.

Tanpa adanya sistem yang baik nantinya akan terjadi banyak kendala dalam distribusi sembako. Misalnya jika inventaris berlebih, maka ini akan memicu beberapa masalah seperti kerentanan terhadap kerusakan produk, biaya penyimpanan mahal hingga produk bisa kadaluarsa. 

Untuk menghindari kejadian tersebut, Anda perlu aplikasi distributor sembako dari SimpliDOTS yang juga dinamakan Distribution Management System (DMS) untuk menjamin kelancaran distribusi sembako Anda. Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan jika menggunakan aplikasi distributor sembako, berikut di antaranya:

  • Mudah dalam mengelola stok barang

Dengan aplikasi distributor sembako SimpliDOTS DMS, Anda akan dengan lebih mudah melacak inventori yang keluar masuk secara teratur. Hal ini akan membantu manajemen dalam mengkoordinasikan level stok gudang dengan lebih tepat. Selain itu, sistem manajemen gudang akan membantu Anda melacak produk dengan lebih mudah dan menghasilkan beberapa prediksi perkiraan pasar berdasar dari analisis musim sebelumnya. Singkatnya, distributor sembako dapat menentukan strategi manajemen persediaan yang layak diaplikasikan.

  • Mudah dalam mengatur sales order

Untuk mempercepat proses pesanan, distributor sembako perlu mengelola dan mengotomatisasikan dengan fitur aplikasi distributor sembako yakni Workforce Management System. Setiap dokumen akan lebih mudah disinkronkan dengan aman ke database sehingga jika ada order maka bisa segera ditindaklanjuti. Dokumen yang sudah masuk ke sistem akan tersimpan dengan aman. Tim sales dapat memperbaharui dan akses informasi produk dengan lebih cepat melalui smartphones masing-masing.

  • Menyediakan grafik

Tak jarang masih banyak distributor sembako yang masih mengkompilasi data yang dibuat sendiri dengan table excel. Nyatanya, car aini malah menyebabkan banyak kesalahan dalam analisis. Jika Anda menggunakan aplikasi distributor sembako, manajemen akan lebih mudah mengkompilasi semua data dan mengubahnya menjadi grafik sederhana yang sudah terstandarisasi sehingga mudah dipahami oleh semua pihak yang membutuhkan. Dari sini, perusahaan akan lebih mudah merefleksikan metrik dalam membuat strategi sistem yang lebih baik ke depannya.

  • Mudah untuk pelanggan loyal

Tentunya sembako menjadi produk yang akan terus dicari meskipun harganya melambung dan pelanggan juga akan datang lagi untuk membeli barang serupa. Di dalam aplikasi distributor sembako SimpliDOTS terdapat juga aplikasi retail. Pelanggan akan merasakan kemudahan dalam berbelanja produk yang diinginkan. Pelanggan dapat memesan barang tanpa perlu antri ataupun datang, cukup pesan secara online dengan aplikasi retail saja. 

Tak hanya itu, pelanggan juga dapat informasi produk dan promo secara real time, melakukan pembayaran dan pengecekan history delivery sehingga tidak terjadi kesalahan dalam setiap transaksinya.

  • Request Demo SimpliDOTS

Itulah manfaat dan fitur yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi distributor sembako dari SimpliDOTS. Bagi Anda para pengusaha distribusi sembako yang ingin mencobanya, Anda bisa request demo aplikasi distributor sembako SimpliDOTS pada tautan ini.

 

Baca juga! : Apa Itu Saluran Distribusi? Serta Bagaimana Tahapannya?

Tips Menjadi Distributor Sembako

factory worker with hairnet hygienic gloves holding tablet computer checking inventory cold food storage

Nah itu tadi beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan aplikasi SimpliDOTS untuk distribusi sembako Anda. Sekarang simak tips menjadi distributor sembako, supaya sukses dan menguntungkan.

1. Identifikasi industri Anda

Langkah pertama untuk menjadi distributor adalah mengidentifikasi industri yang Anda ingin melayani. Sebelum memulai bisnis Anda, Anda harus memutuskan apa yang akan Anda jual dan siapa pelanggan Anda, sebagai distributor biasanya khusus dalam industri tertentu atau menjual produk untuk dasar konsumen tertentu.

Anda harus mencoba untuk memutuskan pasar produk yang Anda tertarik, Anda dapat memilih industri apapun, dari produk teknologi, restoran hingga sembako. Untuk membuat keputusan Anda lebih mudah, penelitian industri yang berbeda dan produk yang dijual di dalamnya. Penelitian ini dapat membantu Anda menemukan informasi tentang pembukaan untuk distributor, potensial marjin keuntungan dan proyek pertumbuhan industri. Informasi seperti itu dapat sangat penting untuk membuat keputusan yang berpengetahuan dan membangun bisnis yang siap untuk pertumbuhan.

2. Buat daftar sembako yang akan dijual pada toko distributor 

Dalam memudahkan untuk mengisi toko distributor sembako yang Anda bangun, buatlah catatan produk mana saja yang akan dijual. Biasanya sembako terdiri dari beras, sayuran, buah, sagu, jagung, gula, minyak goreng, daging ayam, telur, garam, mentega, ikan, susu hingga elpiji. 

Biasanya ikan, daging dan sayur tidak harus ada dalam distribusi sembako karena memiliki pasar sendiri. Jadi Anda bisa pilih produk yang tahan lama seperti minyak goreng, gula, susu, beras, garam dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan beberapa barang lain seperti peralatan mandi, kopi, bumbu dapur, teh dan makanan ringan. 

3. Daftarkan bisnis Anda secara legal

Untuk beroperasi sebagai distributor sembako, Anda akan perlu untuk mendaftarkan bisnis Anda secara legal. Anda mungkin perlu untuk mendapatkan lisensi atau pendaftaran, tergantung pada keadaan bisnis anda berada. Dalam rangka untuk memastikan Anda sesuai dengan bisnis, hubungi pemerintah daerah untuk perijinan usaha dan meminta informasi tentang prosedur untuk mendaftar sebagai distribusi baru bisnis. Mereka akan menyediakan Anda dengan semua yang diperlukan aplikasi dan komponen mendaftarkan perusahaan Anda secara legal.

Ini merupakan langkah penting untuk tetap menjaga hukum kepatuhan terhadap peraturan daerah dapat membantu Anda menghindari perbedaan di masa depan. Selain itu, beberapa produsen dan pembeli anda akan berinteraksi dengan sebagai distributor akan meminta Anda untuk menyediakan dokumentasi dari bisnis Anda, dijual kembali pajak sertifikat atau federal lainnya identifikasi item sebelum bekerja denganmu.

4. Cari pemasok dan produsen

Setelah Anda telah membentuk bisnis distribusi Anda sebagai badan hukum, Anda harus mulai penelitian potensial pemasok dan produsen yang menangani produk yang Anda tertarik untuk distribusi misalnya sembako. Anda bisa sering menemukan informasi tentang menjadi distributor produk di website produser atau menghubungi mereka langsung. Beberapa produser lebih suka menjual produk mereka melalui perjanjian distribusi eksklusif, sementara yang lain bekerja dengan distributor independen yang menjual produk dari berbagai produser.

Karena ada banyak produsen di luar sana untuk memilih dari dan berbagai jenis perjanjian distribusi, ide yang baik untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi sebelum berkomitmen untuk bekerja dengan pemasok dan produsen. Anda sebaiknya memfokuskan energi Anda pada pengusaha dan pemilik yang dapat menawarkan Anda kemitraan yang saling menguntungkan. Informasi rinci dapat membantu Anda membuat keputusan tentang hubungan ini.

5. Rencanakan logistik Anda

Bagian penting dari memulai operasi bisnis adalah merencanakan logistik sesuai. Anda harus mulai dengan mengidentifikasi kemampuan anggaran melalui perhitungan keuangan. Ini akan membantu Anda mendapatkan ide yang lebih baik tentang berapa banyak uang yang dapat Anda investasi untuk menyewa karyawan lain dan membeli produk. Dari sini, coba cari gudang untuk menyimpan produk yang Anda cari untuk dijual dan merancang rencana bagaimana bisnis Anda akan bekerja.

Dalam pembuatan rencana bisnis Anda, Anda harus memasukkan informasi dasar tentang transportasi, pengiriman, infrastruktur dukungan pelanggan dan masalah akuntansi. Rencana ini akan sangat membantu dalam mendapatkan bisnis distribusi Anda dimulai apalagi jika Anda menjadi distributor sembako. Anda dapat membangun lebih kompleksitas dan strategi dalam proses ini ketika Anda mengembangkan bisnis Anda sekitar jenis produsen dan pemasok Anda dengan membuat kemitraan.

6. Terapkan sebagai distributor

Setelah Anda mengidentifikasi produser dan pemasok potensial, Anda harus mendaftar untuk menjadi distributor dengan mereka. Setiap perusahaan akan memiliki proses aplikasi yang unik, tapi hampir semua pemasok akan meminta Anda melalui proses aplikasi untuk melihat apakah Anda akan cocok untuk mereka sebagai distributor produk mereka. Proses ini mungkin memerlukan pertemuan pribadi, tur fasilitas, analisis laporan keuangan, memberikan bukti surat kredit dari institusi keuangan Anda dan langkah-langkah lainnya.

Jika Anda diterima sebagai distributor, Anda dapat memulai pekerjaan nyata dari pemindahan produk dari pemasok ke pembeli. Hal ini penting untuk mencatat, meskipun, bahwa beberapa pemasok, terutama yang lebih besar, mungkin pertama kali mendaftar Anda dalam program pelatihan distributor mereka yang kuat. Mereka merancang program ini untuk membantu distributor mengembangkan pengetahuan yang diperlukan untuk menjual produk mereka secara efektif.

7. Membangun hubungan

Ketika Anda merancang bisnis Anda berdasarkan kemitraan Anda telah dibuat dengan pemasok dan pembeli, Anda harus bekerja dengan sengaja untuk membangun hubungan kerja yang percaya diri dengan mereka. Hubungan ini merupakan bagian kunci untuk menjaga bisnis distribusi yang sehat, sebagai pengusaha memastikan pasokan yang stabil produk, sementara pembeli memastikan aliran penjualan yang stabil. Ini adalah perusahaan yang akan membantu Anda mengembangkan model bisnis yang menguntungkan dan tumbuh sebagai perusahaan.

Oleh karena itu, Anda harus mengidentifikasi titik kontak di semua perusahaan Anda berinteraksi dengan – orang-orang ini dapat membantu Anda efisien navigasi proses produksi dan pembelian. Mereka akan akrab dengan budaya tempat kerja mereka, dan ini bisa sangat berguna saat mengelola bisnis distribusi. Selain itu, mereka dapat terus Anda informasi tentang rincian produk sehingga Anda dapat memberikan bantuan pelanggan yang efektif.

Skill/ Keahlian Umum Dimiliki di Bidang Distribusi

warehouse worker are working warehouse store with inventory shipment

Ada berbagai keterampilan yang bisa berguna saat bekerja sebagai distributor. Tergantung pada industri spesifik Anda dan ukuran bisnis Anda, keterampilan yang tepat yang Anda perlukan untuk berhasil sebagai distributor akan bervariasi. Meskipun demikian, ada beberapa keterampilan dasar yang harus Anda fokuskan untuk dikembangkan saat Anda memulai karir baru yang dapat membantu Anda memasuki bidang distribusi dengan lebih mudah. Keterampilan ini meliputi:

Keterampilan interpersonal: Distributor harus mengembangkan keterampilan interpersonal yang kuat yang biasanya menyertai keterampilan penjualan yang disebutkan di atas. Dari panggilan pembeli yang dingin sampai membangun hubungan dengan produsen, distributor harus menggunakan keterampilan interpersonal mereka untuk menciptakan kompi bisnis yang percaya diri. Keterampilan ini sangat penting karena kemitraan yang aman merupakan komponen penting untuk membangun bisnis distribusi yang sukses.

Keterampilan penjualan: Karena distributor utama menangani penjualan barang dan produk kepada pembeli seperti penjual, pedagang dan bisnis lain, mereka harus memiliki keterampilan penjualan yang sangat baik. Penjualan ini menciptakan keuntungan di belakang bisnis distribusi. Oleh karena itu, penting bagi distributor untuk mengembangkan keterampilan yang dapat membantu mereka memahami kebutuhan pembeli mereka, jenis produk mereka menjual dan bagaimana mereka dapat secara efektif melibatkan pembeli mereka.

Keterampilan penelitian: Distributor harus mengikuti perkembangan tren industri khusus mereka misalnya sembako. Oleh karena itu, penting bagi distributor untuk mengasah keterampilan penelitian mereka sehingga mereka dapat memprediksi tren pasar produk apa yang akan disukai. Mengembangkan kepekaan yang tajam untuk membuat prediksi ini dapat membantu distributor menemukan produk yang relevan dan dapat dijual dan tetap berada di puncak industri mereka.

Kemampuan negosiasi: Banyak distributor sukses mampu membuat kesepakatan menguntungkan dengan produsen dan pembeli yang sama. Untuk mendapatkan keuntungan, Anda akan ingin dapat bernegosiasi pembelian dan perjanjian penjualan yang menguntungkan Anda. Oleh karena itu, mengembangkan dasar kuat keterampilan negosiasi dapat membantu Anda dalam jangka panjang sebagai distributor.

Keterampilan komunikasi: Karena distributor berkomunikasi dengan produsen dan pembeli secara teratur, mengembangkan keterampilan untuk berkomunikasi efektif dapat membantu Keahlian penting ini akan masuk ke dalam permainan hampir semua aspek manajemen bisnis distribusi, termasuk penjualan, negosiasi dan operasi. Jadi, distributor dapat sangat bermanfaat dari membangun dasar yang kokoh keterampilan komunikasi.

Keterampilan operasi: Kebanyakan distributor akan membutuhkan keterampilan operasi yang diperlukan untuk menjalankan sebuah bisnis. Keterampilan operasional ini dapat membantu distributor manajemen, logistik, masalah anggaran, layanan pelanggan dan lainnya komponen kunci untuk menjaga perusahaan. Ketika perusahaan tumbuh, karyawan dapat mengambil tanggung jawab ini, tapi pada awalnya, distributor akan bertanggung jawab untuk tugas-tugas tersebut.

Itulah tadi beberapa tips dan juga alasan mengapa Anda harus menggunakan aplikasi distributor sembako. Request demo aplikasi distributor sembako SimpliDOTS di sini dan rasakan manfaatnya.