5 Tips Jitu Yang Efektif Untuk Memasarkan Produk Baru

5 Tips Jitu Yang Efektif Untuk Memasarkan Produk Baru

Kalian pernah dengar gak sebuah kunci kesuksesan bisnis? Ada anggapan bahwa kesuksesan sebuah bisnis itu terletak pada strategi pemasaran yang tepat serta kemampuan inovasi untuk meluncurkan produk-produk baru. Tapi gimana sih caranya punya strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan produk baru?

Sebelum obral sana sini, kalian harus merancang strategi pemasaran yang tepat terutama untuk produk baru. Tanpa strategi yang matang, inginnya dapat untung, eh malah buntung. Mengejar cuan itu nggak sekadar jual murah yang penting laku, ada kriteria khusus yang bisa kalian ikutin untuk memasarkan produk baru. Apa saja itu, yuk kita bahas satu persatu!

Baca juga : Meningkatkan Potensi Bisnis Menjadi Skala Besar dengan Cara Efektif

1. Lakukan Riset Pasar
Analisa pasar dalam menentukan penjualan produk baru
www.pexels.com

Buat kamu yang ingin meluncurkan produk baru, riset pasar itu penting banget guys. Tujuan riset pasar itu buat cari tahu besar kecilnya potensi produk yang dijual dan siapa konsumen potensial. Hasil riset yang kamu himpun, bakal berpengaruh banget sama yang namanya tingkat penjualan.

Kalau hasil risetnya menunjukkan potensi dari target pasar yang dipilih cukup besar dan dianggap menjanjikan, kamu bisa segera pasarkan produk tersebut. Namun bagaimana kalau hasil risetnya tidak menunjukkan trend positif? Jangan sedih, kamu bisa mengevaluasi produk  agar memiliki nilai lebih atau bahkan bisa mencari target pasar lain.

Makanya, sebelum memasarkan produk baru, penting untuk memperhatikan produk yang dibutuhkan konsumen. Jika kamu sudah menemukan pasar yang membutuhkan produk yang kalian jual, maka tidak akan terlalu sulit mencari konsumen, bisa jadi konsumen yang akan mencari produk kamu.

Saat riset pasar, kamu juga bisa mempelajari dan mengetahui tingkat persaingan dari kompetitor bisnis sejenis. Tujuannya, tentu agar strategi pemasaran yang diterapkan dapat berjalan efektif.

2. Lakukan Promosi untuk Memperkuat Brand Awareness
promotion
www.pexels.com

Promosi menjadi hal penting yang harus dilakukan dalam berbisnis. Tanpa promosi, bagaimana cara konsumen mengenal produk atau bisnis yang kamu jalankan? Apalagi buat produk-produk baru, promosi wajib dilakukan untuk memperkenalkan produk kamu ke pasaran. 

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan elemen pendukung lainnya ketika melakukan promosi. Contohnya,  seperti lokasi pasar, target konsumen, juga kelebihan produk kamu dibandingkan dengan produk sejenisnya.

Strategi promosi yang baik akan menunjukkan kualitas produk yang ditawarkan,  apalagi kalau produk tersebut baru. Dengan harga promosi yang murah, ditambah bonus atau hadiah menarik akan membuat calon konsumen tertarik untuk membeli.

Salah satu strategi yang sering dianggap berhasil adalah memberikan diskon, atau kupon belanja. Selain kupon, kamu juga bisa mempengaruhi persepsi konsumen dengan memasang testimonial positif terhadap produk yang kamu jual.

Cara ini sangat efektif loh. Ulasan positif atas sebuah produk, membuat konsumen tambah yakin ketika ingin membeli produk tersebut. Jika kamu pernah berbelanja di marketplace online, apa yang pertama kali kamu lihat ketika ingin membeli produk dari sebuah toko? Kalau kamu melihat ulasan positifnya, maka selamat, kamu adalah konsumen yang cerdas.

3. Berikan Pelayanan Terbaik
gambar seseorang sedang mengantarkan pesanan menggambarkan dari suatau pelayanan
www.pexels.com

Pelayanan yang baik bisa memberikan tingkat kepuasan baik juga terhadap konsumen  dan akan berdampak pada perkembangan produk baru. Selain itu, pelayanan yang baik akan memperluas market size dan customer loyalty karena konsumen akan mau membeli produk yang kita tawarkan dalam jangka waktu lama dan juga melakukan word-of-mouth marketing kepada network yang mereka miliki.

mengelola hubungan baik dengan konsumen itu gak kalah penting juga ya guys. Beberapa riset membuktikan, customer journey berperan penting dalam pengambilan keputusan membeli sebuah barang. Sediakan juga program kartu member untuk kedepannya, memberikan hadiah tambahan, atau potongan harga untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen dan meningkatkan kepuasan mereka terhadap bisnis atau produk-produk baru kamu.

Baca juga : Tips Sukses Meningkatkan Penjualan Produk Melalui Hubungan Pelanggan

4. Gunakan Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi
handphone dengan tampilan aplikasi media sosial
www.pexels.com

Pemasaran produk baru akan berjalan lebih baik jika menggunakan media komunikasi juga. Saat ini, kamu nggak perlu lagi memasarkan produk secara konvensional lewat koran, radio dan semacamnya karena kehadiran internet membuat segalanya semakin mudah. Kamu bisa menyapa pelanggan mu lewat medsos atau blog yang ada pada website bisnis kamu. Terutama bBuat bisnis baru berskala kecil sampai menengah, media sosial dapat menjadi pilihan tepat untuk memasarkan produk baru Karena hampir 60% konsumen mengetahui informasi dari internet atau media sosial. 

Media sosial juga efisien karena biayanya yang jauh lebih murah dibandingkan beriklan di media konvensional seperti TV, radio dan koran. Bahkan jika kamu mengerti pengetahuan dasar digital marketing dan sosial media marketing, memasarkan produk baru bisa menjadi jauh lebih efektif. 

Kamu pasti sudah tau kan kalau media sosial itu bisa digunakan juga untuk beriklan. Instagram misalnya, platform besutan Facebook ini menyediakan fitur bisnis. Dari fitur ini kamu bisa mendapatkan berbagai data tentang audiens, seperti seberapa besar konten produk kamu menjangkau audiens, dan seberapa banyak audiens yang penasaran terhadap produk baru kamu.

Baca juga : 5 Teknik Promosi yang Dapat Dilakukan untuk Meningkatkan Penjualan

5. Kerjasama dengan Reseller dan Dropship
gambar kalimat reseller menunjukan untuk kerja sama dengan reseller dan dropshier
www.pexels.com

Strategi pemasaran dengan reseller dan dropship juga bisa dilakukan untuk memasarkan produk-produk baru. Cara ini banyak dilakukan oleh pelaku bisnis yang berjualan di marketplace online dan tak sedikit dari mereka yang sukses berkat bantuan reseller dan dropshiper.

Tapi, jangan asal memilih reseller dan dropshiper ya. Agar tidak merugi, kamu bisa menetapkan target penjualan sebelum melakukan kerjasama lebih jauh lagi. Kamu juga bisa membuat sistem pemasaran dan jalur distribusi antar reseller, agar produk mu lebih tersebar merata ke berbagai daerah yang menjadi target pasar dari produk yang kamu jual.

WhatsApp chat