partner-bisnis-yang-tepat

10 tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat

Tidak salah lagi, memilih mitra atau partner bisnis Anda adalah salah satu keputusan terpenting yang akan Anda buat saat memulai bisnis dan memulai proyek Anda yang sedang berkembang. 

Memilih partner bisnis tidaklah mudah, dibutuhkan ketelitian dan kewaspadaan serta rasa saling memahami. Setiap proses bisnis membutuhkan saluran komunikasi yang terbuka untuk memiliki hubungan bisnis yang sehat. 

Dukungan dari satu atau lebih mitra tidak hanya memperkuat posisi keuangan Anda, tetapi juga  memungkinkan Anda untuk menyelesaikan fungsi dan tugas dalam  waktu yang lebih singkat, serta pengalaman dan keterampilan untuk mencapai tujuan dan sasaran bisnis. 

Membangun hubungan bisnis yang sukses terutama bergantung pada kepercayaan dan keterampilan komunikasi. Karena, seiring waktu, Anda harus memiliki ikatan yang memungkinkan Anda membuat keputusan atau berbagi risiko. 

Kunci mendasar dalam memilih mitra adalah menemukan seseorang yang memiliki visi dan antusiasme yang sama dengan Anda untuk mengembangkan proyek yang ingin Anda laksanakan. 

Mitra yang tepat adalah seseorang yang tidak hanya berbagi minat dengan Anda, tetapi dengan siapa Anda dapat menjalin ikatan di luar hubungan bisnis. 

Saat memilih partner bisnis Anda, pastikan prinsip dan prioritas Anda selaras dan sepakati kompromi yang dapat Anda buat masing-masing. 

Perhatikan kualitas partner bisnis Anda, dia harus menjadi orang yang rendah hati yang tidak melampaui pendapat lain, tetapi lebih rasional dalam membahas berbagai keputusan.

Alasan Kenapa Anda Perlu Partner Bisnis

Berbeda dengan pernikahan, mitra atau partner bisnis adalah hubungan yang kompleks dan intens. Mitra yang sukses mengendalikan emosi mereka, menyelesaikan konflik, dan dengan cepat belajar bahwa mereka harus berkompromi untuk menjadi sukses dan bertahan. 

Dalam kebanyakan kasus, hubungan pribadi yang dekat dengan teman atau anggota keluarga yang menjadi mitra biasanya terganggu oleh stres dan kesulitan  membuat keputusan bisnis dan keuangan yang serius. 

Saat memilih partner bisnis, baik mitra atau teman yang dihormati harus ditanggapi dengan serius, bukan anggota keluarga atau teman dekat. 

Dua adalah perusahaan, tiga adalah kerumunan. Ini adalah pepatah lama yang bisa sempurna untuk kemitraan dan harus didengar. Dengan tiga mitra, potensi konflik yang berkelanjutan meningkat kecuali satu mitra memiliki saham mayoritas. 

Seringkali karena perbedaan kepribadian, filosofi, atau bisnis, dua mitra yang sama dapat secara konsisten bekerja sama untuk mengalahkan mitra yang tersisa. Dua mitra yang setara, menurut definisi, umumnya bekerja pada kompromi dan menemukan solusi yang dapat diterapkan satu sama lain, karena alternatif ini dapat menyebabkan kegagalan bisnis atau kemitraan. 

Terlepas dari siapa partner bisnis Anda, ada tindakan pencegahan keamanan tertentu dan praktik bisnis terbaik yang harus ditinjau dan diikuti dengan cermat untuk menghindari potensi konflik yang menimbulkan bencana. 

tips-memilih-partner-bisnis-yang-tepat

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu membangun bisnis dengan melibatkan partner bisnis:

  1. Anda Mungkin Akan Merasa Kesepian Setelah Mencapai Puncak

Keputusan untuk mencari mitra bisnis atau co-founder mungkin merupakan keputusan terpenting kedua yang akan Anda buat, hanya setelah Anda membuat keputusan untuk memulai bisnis Anda. 

Anda bisa menelusuri jejak-jejak pengusaha atau langsung menanyakannya jika mempunyai teman seorang pebisnis bahwa menjadi pebisnis bisa menjadi sangat kesepian.

  1. Memperluas Relasi dan Memperkuat Keahlian  

Banyak bisnis yang mulai berkembang dan pebisnis akhirnya sukses setelah mereka menjalin kerja sama dengan partner bisnisnya.

Pebisnis yang sukses terus menyadari bahwa mereka dapat memperoleh manfaat ketika mereka  menemukan mitra bisnis yang kuat yang melengkapi keterampilan mereka. 

Dengan membawa partner bisnis dan pengenalan mitra bisnis atau co-founder akan membawa dinamisme baru. Bisnis Anda sekarang memiliki dua orang yang membuat keputusan paling penting dan orang lain, dan mungkin keluarga lain, yang harus Anda pertimbangkan secara finansial. 

Anda juga memiliki orang lain untuk dipertimbangkan secara emosional. Tantangan interpersonal dan emosional tidak boleh diremehkan dan banyak bisnis berjatuhan karena meremehkan masalah ini.

Alasan sebenarnya untuk berbisnis adalah untuk memanfaatkan diri sendiri dan mengurangi risiko bisnis. Fokus pada persimpangan  apa yang penting dan apa yang Anda lakukan yang terbaik, dan minta partner  bisnis Anda untuk melakukan hal yang sama. 

Temukan kecocokan terbaik dalam indikator-indikator lain. Dengan partner bisnis, Anda mencoba mencapai situasi satu tambah satu sama dengan sepuluh. Itulah kekuatan daya ungkit. Baik Anda sedang membangun startup yang berkembang pesat, startup teknologi, restoran, atau bisnis, menemukan partner bisnis adalah keputusan pribadi. 

  1. Penguatan Emosional

Menjalankan suatu bisnis itu sangatlah sulit, banyak orang memimpikannya dan mulai menjalankan bisnisnya namun sudah tidak terhitung berapa banyak bisnis yang jatuh dan tidak membawa pendirinya ke mana-mana.

Dibutuhkan perjalanan panjang yang harus diisi oleh keteguhan dan tekad yang keras untuk terus berjuang. Ketika segala sesuatunya tidak berjalan seperti yang Anda bayangkan, atau ketika Anda menderita kerugian finansial yang signifikan, Anda bisa mengalami depresi. 

Memiliki partner bisnis tidak hanya mengurangi beberapa stres yang terjadi selama resesi bisnis, tetapi juga berarti Anda memiliki seseorang yang tahu persis apa yang  Anda alami. Apakah Anda kecewa, frustrasi, atau benar-benar bersemangat, pasangan Anda akan bersama Anda. 

  1. Peningkatan Produktivitas 

Selain persaingan yang hebat dengan kompetitor bisnis Anda, dorongan dari internal seperti rekan bisnis merupakan faktor lain yang akan mendorong produktivitas Anda.

Bekerja dengan orang lain juga dapat membuat Anda  menyelesaikan pekerjaan dua kali lipat. Meskipun mungkin tampak jelas, benar-benar berpikir tentang apa artinya. Pikirkan setiap kali daftar tugas Anda telah mencapai proporsi epik. 

Pikirkan semua waktu Anda menunda tujuan Anda karena Anda melakukan terlalu banyak. Tiba-tiba, ketika Anda bekerja dengan partner bisnis semua tugas yang dipertaruhkan dapat didelegasikan kepada orang lain. 

Produktivitas Anda akan berlipat ganda, dan Anda akan memiliki seseorang di sisi Anda untuk merayakannya saat Anda berhasil.

Baca Juga: Cara Ampuh Meningkatkan Brand Awareness Bagi Bisnis

10 Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat

Pertimbangan Anda untuk memilih mitra bisnis yang tepat bergantung pada industri dan kebutuhan Anda. Terlepas dari bidang aktivitas Anda, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dengan cermat sebelum memutuskan mitra bisnis Anda. 

Dengan mempertimbangkan hal-hal yang terkait prospek yang akan membuat bisnis Anda semakin berkembang, berikut ini adalah 10 tips memilih partner bisnis yang tepat:

 1. Tentukan Prinsip Kerja Anda 

Indikator terbaik untuk memulai menemukan partner bisnis adalah seberapa baik partner Anda dapat menyelaraskan dengan prinsip kerja yang Anda yakini tanpa kompromi. Prinsip-prinsip ini adalah ekspresi terbaik dari prioritas dan tujuan Anda dan bagaimana Anda akan membuat keputusan di masa depan. 

Fokus pada prinsip-prinsip yang membedakan Anda  dan jangan buang  waktu  mencari kesempurnaan. Perkuat prinsip-prinsip ini dengan mitra yang memiliki prinsip yang sama dengan Anda untuk membuat dampak perbedaan yang terasa antara Anda dengan kompetitor.. 

Prinsip kerja adalah hal terpenting yang membawa Anda menuju kesuksesan dan stabilitas sejak awal perjalanan kewirausahaan Anda. 

 2. Buat Perjanjian Kemitraan Bisnis yang Sempurna 

Setelah Anda secara eksplisit mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar Anda, carilah hal-hal yang ingin Anda pertahankan karena ini akan menentukan kemampuan Anda untuk beradaptasi dengan pasangan Anda. 

Misalnya, jika Anda menghargai kejujuran, Anda harus memiliki ruang untuk  kritik dan  kemampuan tingkat tinggi untuk menghadapi konsekuensi dari kejujuran partner Anda dengan klien. Dan jika Anda menghargai kecepatan daripada kekuatan dan kinerja, Anda harus memiliki kemampuan tingkat tinggi untuk mengikuti gaya kerja partner bisnis Anda. 

Untuk mengetahui batas-batas daya tawar Anda, penting juga partner bisnis Anda untuk mengetahuinya agar dapat menentukan  apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dalam hubungan profesional Anda. 

Klarifikasi faktor-faktor penentu hubungan ini di awal kemitraan untuk menghindari perselisihan di masa depan atau setidaknya mengurangi kesalahpahaman. 

 3. Pahami Diri dan Nilai kekuatan dan kelemahan Anda 

Sebagai manusia, kita semua  memiliki kekuatan dan kelemahan. Akui kelemahan Anda dengan jujur ​​dan transparan, jangan melebih-lebihkan kelemahan Anda, dan jangan membodohi diri sendiri di depan orang lain. 

Pengusaha paling sukses adalah mereka yang mengelilingi diri mereka dengan orang-orang yang dapat menguatkan mereka dan mengurangi kelemahan mereka. Pilih pasangan yang bisa menambal kelemahan Anda dan membuat Anda lebih kuat. 

 4. Tentukan Relasi Seperti Apa yang Ingin Anda Jalin 

Apakah Anda ingin memiliki hubungan  dekat? Atau apakah Anda ingin partner bisnis Anda melakukan bagian mereka? Apakah Anda menginginkan patner bisnis independen yang Anda percayai yang dapat membuat semua keputusan yang diperlukan untuk menjalankan bisnis Anda, atau apakah Anda ingin mereka mempercayai Anda? 

Semua pertanyaan itu harus Anda jawab sendiri karena kerja sama yang sehat mengharuskan Anda transparan dalam menjelaskan harapan pencapaian partner Anda saat menjalin kemitraan.

 5. Pilihlah Partner Bisnis yang Rendah Hati

Pekerjaan Anda mungkin memerlukan tingkat kepercayaan yang tinggi dari partner bisnis Anda  dan kemampuan  untuk meyakinkan klien.

Pilihlah partner bisnis yang rendah hati di depan diri mereka sendiri dan memiliki kemampuan luar biasa untuk mendengarkan pendapat yang berbeda dan baru dan cepat beradaptasi  dengan kebutuhan perusahaan. 

Segera setelah memulai proyek, Anda akan menemukan bahwa segala sesuatu yang Anda dan partner bisnis Anda rencanakan dapat berubah saat sedang menguji proyeksi. 

Kemampuan partner bisnis Anda untuk mengakui kesalahan dan bersikap rendah hati akan meningkatkan kemampuan Anda untuk menahan guncangan pasar. 

cara-memilih-partner-bisnis

 6. Partner Bisnis yang Kreatif dan Bergairah itu Penting 

Anda dan partner bisnis tidak harus bekerja 12 jam sehari setiap hari agar bisnis Anda sukses, tetapi pilihlah partner bisnis setara yang pekerja keras dan bersedia membantu Anda. 

Banyak perusahaan yang bermitra menunjukkan bahwa salah satu penyebab utama perselisihan antara partner bisnis adalah perasaan bahwa salah satu dari mereka bekerja lebih keras daripada yang lain, yang menyebabkan keluhan yang menyesakkan yang dapat menyebabkan kehancuran kemitraan. 

 7. Mengelola Konflik dengan Partner Bisnis Sebelumnya

Suatu perusahaan tidak selalu menemukan jalan mulus tanpa hambatan dalam proses perkembangannya, akan selalu ada konflik internal antara partner bisnis Anda atau karyawan bahkan sering juga masalah dari eksternal.

Pemikiran awal Anda tentang cara dan metode untuk menyelesaikan kesulitan dan ketidaksepakatan ini akan menghemat waktu Anda yang berharga dalam menemukan solusi yang efektif ketika hal itu terjadi. 

Meluangkan waktu dan upaya untuk menemukan formula umum dengan partner bisnis Anda sejak dini adalah investasi yang berhasil dan akan membatasi perselisihan apa pun yang mungkin timbul dengan Anda di masa depan.

8. Jujur dan Dapat Dipercaya 

Saat mengelola kemitraan, Anda dan partner bisnis harus setuju untuk tidak terlibat dengan bisnis kompetitor. Namun, ada kasus di mana salah satu partner bisnis diam-diam menjalankan bisnis kompetitor. 

Ini adalah kurangnya kejujuran dalam bermitra. Apa artinya itu bagi Anda? 

Jika Anda harus bermitra dengan partner bisnis yang jujur ​​dan dapat dipercaya, itu adalah kunci bisnis yang sangat sukses. Pilih partner bisnis yang sudah lama Anda kenal  untuk menghindari masalah kepercayaan dan kejujuran pada saat pendirian perusahaan. 

9. Pengambil keputusan yang baik 

Perusahaan yang sukses adalah hasil dari tumpukan keputusan yang baik. Ketika Anda memiliki pembuat keputusan yang baik; Seseorang yang dapat menimbang situasi yang berbeda dan yang mampu memberikan analisis atau harapan untuk masa depan adalah apa yang Anda butuhkan dalam berbisnis. 

Misalnya, jika barang Anda tidak bergerak secepat yang Anda harapkan, apa lagi yang bisa Anda lakukan untuk menjualnya lebih cepat dan tetap mendapat untung? 

Sebagai mitra, Anda membutuhkan seseorang yang dapat membuat keputusan yang baik dalam skenario seperti itu. Pengambilan keputusan berjalan seiring dengan kreativitas. Ini berarti bahwa mitra kreatif lebih cenderung membuat keputusan yang lebih baik. 

10. Relasi Bisnis dan Pengalaman

Mempertimbangkan relasi bisnis yang dimiliki partner bisnis Anda juga merupakan komponen penting yang harus dicatat. Pilihlah partner bisnis yang memiliki relasi yang bisa membuat bisnis Anda berkembang pesat. 

Dengan menemukan seseorang yang tahu di mana mendapatkan barang dengan harga rendah atau di mana menjual barang dengan harga yang relatif lebih tinggi. Ini akan sangat membantu mewujudkan impian  bisnis Anda dan mendorong pertumbuhan bisnis. 

Sebagai seorang pengusaha, Anda harus menyelesaikan uji tuntas sendiri. Jika Anda belum pernah memasuki jenis bisnis yang ingin Anda mulai, ada baiknya Anda menjalin bisnis dengan mitra yang memiliki tingkat pengalaman tertentu. 

Pengalaman  bisnis sangat penting, terutama dalam hal penilaian risiko, penilaian musiman, dan minimalisasi biaya. 

Mencari partner bisnis dengan pengalaman dalam bisnis Anda akan sangat membantu ketika Anda memiliki masalah. Mitra yang baik dapat menawarkan Anda solusi yang sangat solid setelah berpartisipasi dalam proses konsultasi.

Penutup

Memutuskan untuk menjalin kemitraan bisnis dengan orang lain adalah keputusan terpenting untuk kemajuan bisnis Anda.

Partner bisnis dapat menjadi aset terbesar perusahaan atau malah tanggung jawab terburuk Anda. Memutuskan dengan siapa Anda akan menjalankan perusahaan dapat menjadi salah satu keputusan bisnis terpenting yang pernah Anda buat. 

Dengan mempertimbangkan alasan dan tips di dalam memilih partner bisnis di atas dengan cermat dapat membantu Anda menemukan orang yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. 

Luangkan waktu untuk mengambil keputusan sehingga Anda dapat menemukan mitra bisnis yang benar-benar sesuai dengan Anda, ide bisnis Anda, dan tujuan Anda. Sementara untuk urusan distribusi pengantaran barang serahkan saja pada Delivery & Route Optimization dari SimpliDOTS.

Tingkatkan layanan pengantaran barang Anda dengan menciptakan rute terbaik yang dapat membuat kinerja driver Anda lebih optimal.

SimpliDOTS Delivery & Route Optimization (RO) akan meningkatkan layanan distribusi Anda dalam hal pengantaran barang ke tingkat yang lebih tinggi dengan membuatnya jadi lebih cepat dan hemat.

Langsung coba SimpliDOTS Delivery & Route Optimization (RO) menggunakan layanan demo yang tersedia dengan klik tautan ini.

Follow juga akun resmi instagram kami @simplidots untuk informasi dan tips bisnis setiap harinya.