cara ampuh meningkatkan brand awareness

Cara Ampuh Meningkatkan Brand Awareness Bagi Bisnis

Apa Itu Brand Awareness

Brand atau merek bukan sakadar sebuah nama yang menjadi simbol atau sebutan untuk sebuah produk, brand memiliki arti yang lebih luas dan dimaksudkan sebagai suatu identitas sebuah perusahaan yang menjual atau menawarkan jasa.

Identitas perusahaan direpresentasikan baik dari produk yang ditawarkan, citranya di publik ingin terlihat seperti apa dan hal-hal lain yang lebih kompleks lewat sebuah brand. Oleh sebab itulah brand awareness penting untuk dilakukan. 

Kesadaran merek atau lebih umum dikenal dalam bahasa Inggris brand awareness ialah suatu kondisi di mana konsumen mengetahui keberadaan suatu merek. Konsumen akrab pada suatu merek dan pada praktiknya dapat membedakan merek tersebut dari merek lain.

Dari sudut pandang brand kondisi ini adalah sebuah langkah pertama yang cukup penting untuk membawa konsumen pada tindakan transaksi yang lebih lanjut.

Sebagai konsumen Anda tentu tidak akan mau menggelontorkan uang yang dimiliki untuk membeli sebuah produk dari merek yang tidak akrab dengan Anda. 

Merek lain yang memiliki keakraban dengan konsumen akan memiliki peluang lebih besar untuk dibeli dan itulah alasan perusahaan harus beriklan untuk meningkatkan brand awareness pada konsumen.

Menciptakan kesadaran merek adalah langkah kunci dalam mempromosikan produk baru atau menghidupkan kembali merek yang lama. 

Mengapa Brand Awareness Penting Bagi Kemajuan Bisnis?

Keberadaan merek dalam daftar kesadaran konsumen telah menjelma sebagai suatu komponen vital bagi bisnis. Setiap bisnis dan strategi marketing penting untuk dimulai dengan brand awareness.

Jika konsumen tidak memiliki brand awareness terhadap suatu produk, tidak menyadari brand itu ada, mereka tidak punya pandangan soal brand tersebut, adalah suatu hal yang tidak mungkin konsumen tersebut akan melakukan transaksi untuk produk itu.

Oleh karena itu memikirkan tujuan kesadaran merek untuk konsumen menjadi langkah awal yang mesti ditempuh dalam memasarkan suatu produk. 

Kesadaran merek bukan hanya dilakukan untuk produk baru, namun meningkatkan kesadaran merek terhadap produk lama yang mungkin telah memudar reputasinya juga sama pentingnya, atau mungkin bagi sebuah bisnis yang melakukan rebranding.

Dilihat dari tindak lanjut yang akan dikehendaki seorang konsumen terhadap merek yang memiliki brand awareness tinggi tentu kita bisa dengan mudah mengatakan bahwa brand awareness merupakan komponen pemasaran yang vital dan sangat penting bagi bisnis. 

Kampanye brand awareness tidak hanya akan mengundang konsumen untuk melakukan transaksi pertamanya, namun juga bisa membuat konsumen terus membeli atau mengulang transaksi pada produk Anda.

Identitas Perusahaan di Ruang Keramaian

Meskipun masih sulit untuk mengukur apakah suatu kampanye yang berhasil meningkatkan brand awareness berdampak searah dan menyebabkan peningkatan transaksi atau bahkan niat beli dari pelanggan, memiliki identitas di ruang keramaian jelas diperlukan. 

Ruang keramaian adalah tempat berkumpulnya para audiens yang bisa jadi adalah pelanggan potensial Anda. Perusahaan harus memiliki identitas yang dikuatkan dengan brand awareness agar bisa menjangkau para pelanggan potensial di ruang keramaian untuk dijadikan konsumen.

Untuk meningkatkan kesadaran merek atau membangunnya lewat indikator lain diperlukan upaya yang konsisten bagi sebuah perusahaan terutama pada merek-merek yang mengincar konsumen yang ada di ruang keramaian.

Penting untuk dicatat bahwa jutaan merek terus berkompetisi untuk mengungguli antara satu dengan merek lainnya terutama yang sejenis dalam pasar dagang. Membawa suatu kampanye kesadaran merek yang konsisten dan berdampak pada meningkatnya brand awareness di antara konsumen merupakan sebuah langkah yang baik.

Meskipun pengukuran keberhasilan kampanye brand awareness akan berdampak pada peningkatan transaksi pembelian, brand awareness sangat penting dilakukan bagi bisnis apapun.

Jenis Perusahaan yang Tidak Terlalu Membutuhkan Brand Awareness

Menilik dari jenis produk dan layanan yang disediakan oleh suatu perusahaan, ada beberapa kategori layanan yang tidak terlalu penting untuk meningkatkan kampanye kesadaran merek. Lantas untuk jenis perusahaan apa yang tidak terlalu penting melakukan brand awareness?

Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang mengandung kerumitan karena faktanya selalu penting untuk sebuah merek agar selalu berada dalam daftar kesadaran konsumen. Tetapi, ada beberapa sektor serta kategori yang tidak memiliki banyak konsumen.

Dalam konteks ini perusahaan yang secara konsisten dibutuhkan oleh jenis profesional industri tertentu, untuk proses bisnis tertentu. 

Layanan atau produk yang dikhususkan untuk menangani masalah tertentu, seperti layanan khusus yang tidak langsung menangani konsumen atau penilai rumah yang bekerja dengan bank.

Selain layanan khusus yang tidak langsung berhadapan dengan konsumen, ada juga layanan dan produk yang dibutuhkan oleh konsumen namun tidak memerlukan loyalitas merek untuk bersaing.

Misalnya transportasi objek non logistik, pengangkut sampah, pom bensin, toko serba ada dan sebagainya.

Meskipun begitu dalam konteks kebutuhan lain yang lebih mikro meski produk atau layanan yang disediakan bersifat khusus ada kalanya konsumen juga memilih dengan membandingkan terlebih dahulu. Namun sekali lagi itu dilatarbelakangi oleh indikator mikro yang kompleks.

Bagaimana Brand Awareness Bekerja Bagi Bisnis Anda?

Pasar dagang akan selalu kompetitif untuk persaingan bisnis, sehingga produk atau layanan yang mempertahankan tingkat kesadaran merek mereka pada level yang tinggi akan lebih banyak menghasilkan penjualan.

Dari pandangan konsumen, mereka akan dihadapkan pada pilihan untuk menentukan merek yang mana yang lebih layak untuk dibeli, dan tentu saja pilihan akan jatuh pada merek yang lebih akrab dengan mereka.

Sebagai contoh, mari kita bayangkan jika merek-merek di industri minuman ringan dicopot dari kemasannya sehingga konsumen tidak dapat membedakan. Akibat yang terjadi bukanlah semua produk di lemari pendingin menjadi setara, namun konsumen akan kesulitan untuk menentukan minuman mana yang harus mereka beli.

Selama bertahun-tahun, merek-merek besar seperti Pepsi dan Coca-cola mengandalkan brand awareness agar bisa dijangkau oleh konsumen mereka. Strategi periklanan dan pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek telah mereka lakukan secara konsisten.

Konsistensi yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen dapat pula terjadi dengan cara yang bahkan tidak pernah dipikirkan sebelumnya, seperti diskusi tentang produk dan layanan yang disukai oleh konsumen.

Kini langkah promosi yang bisa dijadikan strategi pemasaran untuk meningkatkan kesadaran merek bisa dibuat untuk mendorong konsumen melakukan diskusi-diskusi yang secara langsung meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen.

Begitulah kiranya kampanye brand awareness akan bekerja untuk menghasilkan peningkatan penjualan pada produk Anda. Di samping itu kampanye kesadaran merek dapat bertindak sebagai penjaring ekonomi yang mencegah pangsa pasar tambahan bagi pesaing. 

Baca Juga: Marketing Automation: Solusi Pemasaran Bisnis

Bagaimana Cara Menciptakan Brand Awareness

Ada banyak cara untuk membangun, menciptakan, dan meningkatkan kesadaran merek bagi sebuah bisnis. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk memulai kesadaran merek bisnis Anda.

  1. Media Cetak

Seperti telah umum diketahui bahwa hari ini kekuatan promosi yang dapat dijangkau oleh media cetak tidak sekuat dulu. Namun, masih ada konsumen yang memiliki loyalitas atau bertahan untuk membaca koran atau majalah.

Gunakanlah peluang itu untuk menjangkau pelanggan potensial Anda, misalnya dengan menempatkan iklan di lokasi yang strategis seperti pada bagian surat kabar yang ditargetkan dan dapat menarik perhatian audiens untuk menciptakan kesadaran merek.

Bisnis Anda juga dapat ditingkatkan kesadaran mereknya dengan beriklan di majalah yang berfokus secara konsisten membahas yang berhubungan dengan bisnis Anda, majalah yang memiliki konsistensi dan pelanggan yang loyal tentu dapat dijadikan indikator yang potensial.

  1. Maksimalkan Lokasi Fisik yang Potensial

Anda tentu tidak asing dengan iklan-iklan di baliho besar yang terpasang di sepanjang jalan protokol yang banyak dilalui kendaraan. Ketahui bagaimana Anda dapat menjangkau pelanggan potensial Anda dan maksimalkan lokasi fisik yang dapat menjangkaunya.

Beriklan di lokasi fisik yang menjadi tempat bertemunya produk Anda dengan konsumen seperti di dalam toko dapat digunakan juga sebagai cara untuk menciptakan kesadaran merek. Produk-produk yang secara impulsif dibeli sangat cocok untuk memaksimalkan lokasi ini.

bagaimana media sosial mampu meningkatkan brand awareness
source: unsplash.com
  1. Buat Kompetisi di Media Sosial

Seperti halnya jalanan yang bercabang-cabang, menarik kesadaran konsumen untuk menciptakan brand awareness juga bisa dilakukan dengan banyak cara. Pilihan yang sangat banyak itu juga ditawarkan oleh media sosial.

Ada banyak pilihan untuk menjangkau pelanggan dengan memaksimalkan penggunaan media sosial. Salah satunya adalah lewat menyelenggarakan kompetisi bagi audiens media sosial.

Buatlah sebuah kompetisi atau kontes di media sosial seperti kontes yang mengharuskan audiens mengirim foto atau video, lalu buat sebuah persyaratan yang akan memancing audiens tersebut membagikan keikutsertaannya. 

Dengan tersebarnya postingan audiens di kalangan sanak keluarga atau sahabat akan membuat kesadaran merek produk Anda tercipta.

  1. Local Partnership

Strategi lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan menjalin local partnership atau kemitraan lokal. Selain untuk bisnis yang memang berorientasi lokal, keterlibatan dengan komunitas lokal juga bisa membantu meningkatkan kesadaran merek di komunitas tersebut.

Anda bisa melakukannya dengan mengadakan seminar atau festival dan bermitra dengan para pebisnis lokal di suatu tempat.

  1. Branding yang Unik

Branding yang unik memungkinkan brand Anda timbul atau dalam hal ini unggul di antara kerumunan brand sejenis. Salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran merek yang bagus adalah dengan membangun identitas brand yang unik.

Merek yang memiliki identitas tersendiri sehingga dapat dibedakan dari merek lain bisa membuat audiens terkesan dan secara tidak langsung kesadaran merek brand Anda akan muncul dalam daftar kesadaran mereka.

Salah satu cara jitu untuk meningkatkan kesadaran band adalah dengan memberi merek Anda identitas merek yang unik dan menyenangkan. Jika Anda bekerja di sebuah industri di mana sedikit komedi atau kepribadian sesuai, menjadi keterlaluan dapat membuat merek Anda sangat berkesan.

  1. Sponsor

Banyak kegiatan atau acara yang akan dilaksanakan membutuhkan sponsor untuk mendanai kegiatan tersebut agar dapat berlangsung. Brand Anda bisa masuk ke sana dan menjadi sponsor, dan itu adalah cara lain yang efektif untuk menciptakan brand awareness.

Ikut terlibat dalam acara-acara non-benefit seperti untuk amal atau donasi pada korban bencana alam juga dapat dijadikan tempat untuk menimbulkan kesadaran merek.

  1. Brand Awareness yang Ditargetkan

Dengan modal yang minim sebuah bisnis tentu menginginkan secara ajaib bisa menjangkau konsumen mereka yang potensial dan memunculkan kesadaran merek di masing-masing kepala mereka.

Banyak dari brand-brand yang melakukan kampanye kesadaran mereka dengan membayar televisi demi menayangkan produk mereka atau memasang baliho-baliho besar di jalan-jalan protokol yang dilalui banyak calon konsumen.

Hal yang pertama perlu dilakukan dalam membuat brand awareness yang ditargetkan adalah dengan mengetahui bagaimana konsumen potensial Anda beraktivitas. Penting untuk memahami cara mereka melakukan interaksi dengan produk dan menentukan media paling efektif yang dapat menjangkaunya.

Kita ambil contoh pada kampanye brand awareness yang dilakukan oleh brand mobil mewah super mahal seperti Lamborghini atau Ferrari. 

Kedua perusahaan tersebut tidak pernah menayangkan atau dengan kata lain membayar untuk mengiklankan produk mereka di televisi. Mereka tidak membuat iklan TV karena orang yang duduk-duduk menonton televisi bukanlah target audiens mereka.

Konteks pernyataan ini adalah, produk yang dikeluarkan oleh Lamborghini atau Ferrari dibandrol dengan harga yang sangat mahal, sehingga jika mereka membayar untuk iklan di tayangan prime time, mereka hanya membayar untuk menjangkau lebih dari 90% audiens yang tidak akan bisa menjadi pelanggan mereka.

Mungkin pernyataan itu akan mengusik hati orang-orang dengan cara yang buruk, namun itu jelas logis untuk tidak membakar uang perusahaan demi kampanye brand awareness yang tidak diperlukan.

Memasang kampanye kesadaran merek yang ditargetkan akan membuat produk perusahaan Anda bisa menjangkau pelanggan potensial yang sangat terpilih di antara sekelompok audiens yang cukup potensial. 

Hari ini telah banyak media yang dapat dimaksimalkan untuk menjangkau pelanggan potensial Anda. Pilihlah media dan strategi pemasaran yang paling tepat dijadikan sebagai indikator kunci yang dapat menjangkau lebih banyak pelanggan potensial produk Anda. 

Contoh Lain Brand Awareness yang Ditargetkan Secara Sempit

Menargetkan audiens dalam melakukan kampanye kesadaran merek yang ditargetkan bisa dilakukan dengan lebih spesifik lagi.

Salah satunya ada dalam perusahaan yang masuk ke dalam kategori B2C terutama B2C sekunder seperti perusahaan yang hanya perlu memiliki kesadaran merek di kalangan profesional atau real estat.

Ada juga layanan atau produk yang masuk kategori B2B saja seperti perusahaan yang hanya memerlukan kesadaran merek untuk profesi tertentu. Bisa juga untuk layanan B2C seperti fotografer wedding yang hanya membutuhkan kesadaran merek di antara pasangan yang sudah siap untuk menikah.

Penutup

Brand awareness merupakan komponen dasar yang vital untuk melakukan tujuan dari strategi pemasaran, meskipun indikator keberhasilannya belum dapat diukur secara langsung terhadap dampaknya bagi niat konsumen untuk membeli.

Namun, meski begitu menciptakan kesadaran merek di ruang keramaian dapat membawa pelanggan potensial untuk melakukan transaksi pertamanya dan membuat pelanggan lebih dulu mengulang transaksi.

Di samping itu kampanye brand awareness yang dilakukan dengan konsisten dan terukur juga dapat bertindak sebagai penjaring ekonomi yang mencegah pangsa pasar tambahan bagi pesaing. 

Selain meningkatkan penjualan lewat kampanye kesadaran merek Anda juga perlu meningkatkan pelayanan distribusi Anda dengan sebuah sistem yang dapat mengoptimasi kinerja pelayanan Anda.

Pakai Software Distribution Management dari SimpliDOTS sekarang juga!

SimpliDOTS adalah aplikasi distribusi barang yang telah diakui dan dibuktikan ribuan mitra bisnis dan klien di seluruh Indonesia. Dilengkapi fitur Distribution Management System, SimpliDOTS Sales Force Automation, SimpliDOTS Retail, FMCG Solution, dan banyak lagi. 

Penasaran apakah SimpliDOTS cocok untuk mengelola distribusi barang dan jasa bisnis Anda? Daftar melalui tautan ini untuk coba GRATIS 14 hari.