header 10 Aplikasi Sales Force Automation Di Indonesia

10 Aplikasi Sales Force Automation di Indonesia

Sebuah perusahaan tidak hanya dituntut untuk memproduksi barang-barang berkualitas tinggi untuk konsumen tetapi juga dituntut untuk mampu menjaga kelangsungan hubungan mereka dengan konsumen tersebut. Hal ini ditujukan agar bisnis perusahaan tersebut bisa berkelanjutan dalam waktu yang lama. 

Salah satu hal yang diperlukan dalam menjalin keberlangsungan hubungan tersebut adalah kemampuan divisi penjualan untuk menyalurkan barang dagang dengan jumlah dan waktu yang tepat. Meskipun hal ini terdengar mudah, namun pada kenyataannya banyak hal yang harus dihadapi oleh seorang sales untuk memenuhi tugasnya. 

Dengan perkembangan teknologi terbaru, kini ada aplikasi yang siap membantu sales dalam bekerja. Aplikasi tersebut dikenal dengan aplikasi Sales Force Automation (SFA). Dalam berbagai kasus, aplikasi SFA ini termasuk ke dalam aplikasi dan software Customer Relationship Management (CRM). Dengan menggunakan aplikasi ini, kinerja sales menjadi lebih terpantau dan terdata secara otomatis. 

Berikut ini 10 aplikasi Sales Force Automation yang patut untuk Anda coba untuk menjalankan bisnis Anda :

1. Microsoft Dynamics

MS Dynamic aplikasi sales force automation
sumber : riavengine

Ada banyak langkah dalam siklus penjualan, termasuk mengidentifikasi prospek bisnis yang potensial, membuat presentasi, membangun hubungan bisnis, menawarkan produk atau layanan, memenuhi pesanan, dan menindaklanjutinya. 

Sementara itu, terkadang bagi banyak tenaga penjualan, mengelola prospek dan pelanggan itu membutuhkan tahapan berbeda dan menyita tenaga. Maka itu, otomasi penjualan dapat membantu menyederhanakan setiap siklus penjualan. Sehingga, manajer dan tim sales bisa lebih cepat mengambil keputusan penting. 

Microsoft Dynamics adalah aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) yang didirikan dan dimiliki oleh perusahaan Microsoft. Fitur yang disediakan oleh aplikasi ini berfokus pada beberapa jenis organisasi seperti perusahaan keuangan, retail dan lembaga pemerintahan. Walaupun didirikan oleh Microsoft, Microsoft Dynamics dapat digunakan oleh perusahaan skala besar, menengah atau bahkan skala kecil. 

Selain menyediakan fitur Sales Force Automation (SFA), aplikasi ini juga memiliki fitur CRM (Customer Relationship Management) yang lain. Sehingga, Anda tidak hanya akan bisa memasukkan dan melihat data billing dari customer. Tetapi, juga bisa merekam data customer tersebut, melihat riwayat pembelian mereka sekaligus menjalin hubungan baik dengan mereka. 

2. Sales Force Indonesia

aplikasi sales force automation
sumber : phincon

Sales Force Indonesia adalah perusahaan teknologi yang didirikan oleh Marc Benioff, salah satu mantan pekerja di perusahaan teknologi lainnya, Oracle. Benioff dan beberapa rekannya mendirikan perusahaan ini dengan menyediakan berbagai layanan teknologi untuk bisnis. Salah satu layanan yang mereka sediakan adalah software dan aplikasi CRM (Customer Relationship Management) dan Sales Force Automation (SFA). 

Berikut ini beberapa layanan utama yang disediakan oleh Sales Force:

  • Sales Cloud. Software berbasis cloud yang digunakan untuk memantau dan memaksimalkan penjualan perusahaan. 
  • Marketing Cloud. Software berbasis cloud yang digunakan untuk memantau dan memaksimalkan efektivitas kampanye pemasaran perusahaan.
  • Service Cloud. . Software berbasis cloud yang digunakan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan.
  • Salesforce Chatter. Software berbasis cloud yang digunakan untuk membangun komunikasi antar pekerja perusahaan tersebut. 

Keuntungan lainnya menggunakan aplikasi Sales Force automation adalah mudah dimodifikasi / custom sesuai kebutuhan bisnis. Termasuk integrasi dengan core application yang dipakai perusahaan klien. Sales Force diklaim memiliki dukungan tim developer dan programmer handal yang memungkinkan aplikasi berjalan di atas banyak platform dengan teknologi terkini. Selain itu, ada layanan dukungan pelanggan yang merespon dalam 1×24 jam untuk membantu kendala pelanggan.  

3. Pipedrive

aplikasi SFA pipedrive
sumber : pipedrive

Pipedrive adalah perusahaan teknologi asal Estonia yang baru didirikan pada tahun 2010. Meskipun terbilang masih baru, perusahaan ini sudah memiliki 10 kantor cabang di seluruh dunia dan lebih dari 95.000 pelanggan. 

Kesuksesan ini bukannya tanpa alasan. Pipedrive dikenal sebagai perusahaan teknologi yang menyediakan software dan aplikasi sales force automation dan customer relation mangement yang mudah untuk digunakan dan dipelajari. Selain itu, aplikasi buatan perusahaan ini juga secara khusus dibuat untuk memudahkan bisnis dalam skala menengah dan kecil untuk mengelola data penjualan dan pelanggan mereka. 

Dengan Pipedrive untuk Android Anda akan selalu berada di atas jalur penjualan Anda. Akses kontak Anda, buat tugas, dan buat catatan rapat di mana pun Anda berada – semua perubahan langsung disinkronkan ke aplikasi web Pipedrive. Ini membantu Anda fokus pada kontak yang tepat dan memberi Anda lebih banyak kontrol atas hasil penjualan Anda.

Fitur-fitur Pipedrive, antara lain: 

  • Secara otomatis menghubungkan panggilan keluar dengan kegiatan yang terkait dengan penjualan.
  • Akses daftar tugas dan kontak Anda secara instan.
  • Temukan pelanggan dan detail kesepakatan.
  • Pencatatan meeting dan panggilan telepon, dapat disinkronkan langsung ke aplikasi web.
  • Membuat panggilan telepon dan email baru hanya dengan satu ketukan.
  • Log panggilan telepon.
  • Jelajahi bisnis Anda pada tampilan peta.
  • Bisa berjalan di atas platform mobile + web.
Baca juga : Mengapa Bisnis Anda Tak Bisa Mengabaikan Sales Force Automation (SFA)?

4. Indo SFA

Aplikasi sales force automation Indo SFA
sumber : googleplay

Salah satu aplikasi Sales Force Automation di Indonesia adalah Indo SFA. Aplikasi Indo SFA adalah solusi penjualan berupa aplikasi yang berfungsi untuk menyederhanakan tim sales menangani aktivitas sehari-hari. Terutama, dalam urusan order barang, invoicing (faktur tagihan), pembayaran piutang, serta canvassing (menjalin kontak dengan pelanggan lewat telepon, email, SMS, dll). 

Aplikasi Indo SFA mempunyai Dashboard yang dipakai oleh admin sebagai penanggung jawab dalam merancang perjalanan atau kunjungan tim sales ke toko-toko pelanggan setiap hari. Dalam bertransaksi, sales dapat mengandalkan aplikasi Indo SFA untuk sinkronisasi data secara otomatis dengan tim admin yang berada di kantor. Agar nantinya, bisa dilakukan realisasi. 

Selanjutnya, Indo SFA juga menghadirkan fitur online maupun offline bagi tim sales. Sales bisa bertransaksi tanpa ribet jika tidak ada sinyal atau jaringan internet di saat kunjungan toko. Jika ada jaringan internet, data tersebut akan segera disinkronisasi dengan admin.  

5. Freshsales

freshwork CRM aplikasi sales force automation
sumber : freshworkCRM

Freshsales adalah penyedia software sales force automation dan aplikasi CRM yang membantu perusahaan untuk membangun komunikasi antara internal perusahan tersebut sendiri dan membangun komunikasi perusahaan dengan konsumen. 

Freshsales ini menyediakan berbagai fitur seperti, sales tracking, sales management, event tracking, membuat email yang diprivatisasi dan lain-lain. Dengan demikian, Anda tidak hanya bisa mengontrol penjualan produk Anda, tetapi Anda juga bisa menjalin hubungan baik dengan pelanggan Anda. 

6. GoSales App

gosales aplikasi sfa
sumber : googleplay

Aplikasi sales force automation selanjutnya yang bermanfaat bagi tim sales lapangan adalah GoSales App. Manajemen penjualan ini dirancang bagi manajer, distributor, dan produsen yang memiliki karyawan penjualan di lapangan. 

Dengan fitur-fitur seperti pelacakan GPS, tim sales yang bekerja di lapangan, manajemen, dan pencatatan laporan bisa disinkronisasi dengan mudah. Pelaporan order penjualan, pencatatan kehadiran tim sales, cuti, semuanya telah terintegrasi dalam satu platform. Maka itu, aplikasi sales force automation dari GoSales App sangat berguna bagi pengelolaan tim sales di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

Aplikasi GoSales juga menawarkan salah satu sistem manajemen sales force terbaik yang ideal bagi pelacakan atau tracking lokasi, kunjungan toko, hingga pembuatan laporan secara otomatis. Cocok diterapkan untuk berbagai bisnis  seperti FMCG, CPG, Farmasi, Garmen, Otomotif, dan industri lainnya yang memiliki banyak karyawan sales lapangan. 

Dengan aplikasi pelacakan lokasi dari GoSales, kinerja tim penjualan bisa semakin bertambah. Selain itu, manajer penjualan bisa memantau performa tim sales cukup dari perangkat seluler secara akurat, tanpa perlu bergantung pada catatan manual. 

Manajer penjualan juga dapat menentukan rute kunjungan toko terlebih dahulu, melacak lokasi penjual menggunakan GPS, dan melihat stok barang terupdate.

Fitur-fitur GoSales App, antara lain: 

  • Manajemen pesanan/ order
  • Manajemen pengiriman
  • Analisis data secara real time dari Dashboard.
  • Tim sales dapat melacak dan mengelola stok secara instan dan efisien dengan otomasi proses pengiriman, stok, dan faktur tagihan. 
  • Pelacakan aset berbasis kode QR. 
  • Otomatisasi & manajemen sales force di lapangan. 
  • Menampilkan item produk dalam katalog digital. 
Baca juga : 3 Elemen Penting Untuk Mencapai Sales Force Yang Sukses

7. EDOT Partner

edot aplikasi SFA
sumber : facebook edot

Satu lagi aplikasi Sales Force Automation dari Indonesia yang bisa dipertimbangkan. EDOT Partner adalah solusi manajemen tim penjualan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas perusahaan distributor. 

EDOT Partner adalah Sales Force Automation buatan Indonesia yang didesain untuk menangani pekerjaan distributor dalam hal penjualan produk. Meliputi proses pemesanan/ taking order, pencatatan kinerja per outlet, kategori produk, SKU produk, registrasi, hingga monitoring sales person. 

Keunggulan EDOT Partner, antara lain: 

  1. Mendukung kegiatan sales person dengan fitur yang lengkap dan terintegrasi. 
  2. Platform CMS mudah dipahami dan antarmuka sederhana. Bisa menampilkan dashboard report untuk manajer penjualan. 
  3. Mudah diintegrasikan dengan sistem ERP perusahaan. 
  4. Tersedia fitur offline mode, apabila tidak ada koneksi internet, aplikasi masih bisa digunakan. Dan setelah terhubung internet, data akan disinkronisasi secara otomatis. 

Fitur-fitur EDOT Partner, di antaranya: 

  1. Registrasi toko atau NOO (New Opening Outlet).
  2. Pengelolaan kunjungan toko oleh tim sales. 
  3. Data informasi profil outlet/ toko yang dikunjungi. Meliputi profil pemilik toko, alamat toko, kebiasaan belanja, SKU produk yang paling sering dibeli, rata-rata belanja, dll). 
  4. Pemesanan atau taking order. 
  5. retur barang
  6. Pembuatan laporan kinerja salesman secara real-time

 

8. Robi SFA

robi SFA aplikasi
sumber : googleplay

Lebih lanjut, aplikasi sales force automation berikutnya adalah Robi SFA. Aplikasi ini menjadi solusi perusahaan yang melakukan manajemen tim sales force di lapangan. Robi SFA menawarkan aplikasi dengan integrasi GPS yang bisa berjalan di atas platform desktop/ laptop dengan internet. 

Selain itu, manajer penjualan bisa lebih mudah memantau kinerja tim sales lapangan dengan pelacakan lokasi GPS, serta report yang dikirimkan secara real-time. 

Dengan Robi SFA, manajer penjualan bisa lebih mudah mengetahui lokasi sales dan membantu merancang kegiatan penjualan. Dashboard Robi SFA yang mudah dimengerti berdasarkan peta, dapat membantu manajer dalam pengelolaan kegiatan penjualan. Seperti membuat jadwal kunjungan harian sales, memastikan kehadiran sales, update stok, taking order, dan sebagainya. 

Fitur-fitur Robi SFA, antara lain: 

– Pencatatan kehadiran tim sales (presensi) 

– Pengelolaan kegiatan penjualan multi-sentral. 

– Manajemen pelanggan

– Manajemen Cuti/ kehadiran sales. 

– Pencatatan waktu dan lokasi kunjungan toko. 

– Pembuatan jadwal kunjungan toko. 

– Pengelolaan tugas sales. 

– Real time berdasarkan peta tugas dan penjualan panggilan tugas

– Advance data capture dengan gambar dan tanda tangan.

– Bisa memperbarui kunjungan toko yang sudah dilakukan secara real-time. 

– Tampilan peta kunjungan tim sales secara real-time. 

– Report sales dan analisis melalui Dashboard. 

Baca juga : Sales Force Automation (SFA) Bagi Perusahaan Distributor

9. Sarvius

sarvius aplikasi sales force automation
sumber : fiture

Jika Anda membutuhkan rekomendasi aplikasi sales force automation di Indonesia lainnya, Sarvius mungkin bisa jadi pilihan. Sarvius dipakai untuk kebutuhan sales force dan CRM yang menyajikan banyak fitur bagi tim penjualan. 

Selain itu, Sarvius juga bisa menjadi solusi pengelolaan perusahaan distributor agar lebih lancar dan efisien. Dengan aplikasi sales force automation dari Sarvius, distributor bisa mencatat, mengelola, serta menganalisis semua aktivitas pelanggan lewat software berbasis Cloud. 

Ini artinya, Anda bisa mengakses kapan saja dan di mana saja untuk menangani pekerjaan yang terkait penjualan dari satu tempat saja. Tidak semua karyawan bisa mengakses aplikasi sales force automation dari Sarvius berbasis seluler. Sebab, aplikasi sales force automation ini dirancang dengan skema keamanan hanya bisa diakses oleh pengguna yang sudah terdaftar ke dalam sistem. 

Fitur-fitur Sarvius, sebagai berikut: 

– Antarmuka yang simpel sehingga mudah dipakai dan dipahami oleh pemula sekalipun. 

– Pembuatan jadwal kunjungan sales. 

– Pencatatan kehadiran sales yang bisa dijadikan analisis dan tinjauan untuk mengetahui jumlah presensi sales di lapangan. 

– Pengelolaan anggaran khusus sales yang melakukan kunjungan toko harian. 

– Pencatatan dan rekap pengeluaran dana oleh sales. 

– Profil dan informasi tentang outlet secara lengkap. 

– Laporan/ report sales yang bisa dipantau secara real-time. 

10. SimpliDOTS

simplidots

SimpliDOTS adalah aplikasi sales force automation dan software CRM khusus sales-force automation buatan anak negeri. Saat ini, aplikasi SimpliDOTS  telah memiliki pelanggan lebih dari 1000 orang dari 50.000 toko. Dengan menggunakan software dan aplikasi ini, Anda bisa:

  • Mengakses software dari desktop dan handphone.
  • Melihat sales tracking order. 
  • Melacak posisi sales.
  • Menyimpan data pelanggan. 
  • Mengelola data barang di gudang.
  • Melaporkan data penjualan.
  • Terintegrasi dengan aplikasi olah data.
  • dll.

Tak cukup itu, manajemen sales force dari SimpliDOTS juga terdiri dari beberapa bagian fungsional, antara lain: 

  • Dashboard
  • Pelanggan (Customer)
  • Produk (Product)
  • Pesanan (Order)
  • Geo-Tag
  • Synchronize Data
  • Profile

Aplikasi SimpliDOTS, Seperti Sales Force Automation, dilengkapi Dashboard dan Reporting yang akurat dan real-time. Sebagai pebisnis, hal ini sangat penting untuk menambah insight Anda tentang gambaran kondisi tim sales force dalam penjualan bisnis. 

Dari Dashboard SimpliDOTS, distributor dapat memantau informasi penting terkait penjualan. Seperti: performa tim sales harian/ bulanan, grafik penjualan bulanan, sales count, net sales, customer terbaik, dll. 

Nantinya, dari hasil analisis report yang tersaji bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mengambil strategi dan keputusan penting bagi pengembangan bisnis distribusi Anda. 

Pastikan bisnis distribusi Anda tetap lancar dan bekerja efisien didukung teknologi aplikasi khusus distributor seperti SimpliDOTS. SimpliDOTS berbasis Cloud, sehingga mudah diakses kapan saja dan di mana saja. Termasuk untuk memantau sales force yang bekerja di lapangan. 

Melakukan koordinasi antara divisi admin yang berada di kantor dan sales force di lapangan, semakin cepat, fleksibel, dan mudah. Bahkan, Anda bisa mengintegrasikan aplikasi sales force automation dari SimpliDOTS dengan software akuntansi online seperti Jurnal.id. Lupakan pencatatan berbasis kertas dan input manual, sekarang zamannya sistem yang bekerja otomatis untuk kesuksesan bisnis Anda.

Buktikan keunggulan fitur-fitur SimpliDOTS untuk kelancaran bisnis distribusi Anda, dengan daftar melalui tautan ini. GRATIS pakai selama 14 hari! 

Baca juga : Mengenal Layanan Sales Force CRM Dan Fungsinya Bagi Perusahaan