Jangan Keliru! Cek 10 Aplikasi Sales Dan Fiturnya Untuk Dukung Bisnis Anda!

Jangan Keliru! Cek 10 Aplikasi Sales dan Fiturnya untuk Dukung Bisnis Anda!

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, era digital bisnis sudah didukung dengan berbagai aplikasi atau software yang meringankan beban saat mengelola bisnis. Software penjualan atau aplikasi sales adalah salah satu cara yang paling efisien dalam mendigitalkan alur penjualan. Dalam aplikasi sales, siklus penjualan akan berjalan lebih cepat dan optimal dengan sistem yang sudah terintegrasi CRM dan otomatis.

Customer Relationship Management (CRM) ini berperan penting dalam perintisan suatu bisnis. Aplikasi manajemen ini akan mengatur hubungan antara pengusaha dengan pelanggannya. Jadi aplikasi sales manajemen ini akan melakukan pengelolaan lebih detail kepada pelanggan.

Menurut penelitian Nucleus, otomatisasi penjualan akan mendorong peningkatan produktivitas tim sales sebesar 14,5% dan menghemat biaya hingga 12,2%. Fitur lain dari aplikasi sales seperti manajemen prospek akan mendukung bisnis Anda dalam mendapatkan banyak prospek serta mendorong pelanggan melakukan repeat order.

Sebagai pebisnis, Anda sebaiknya memilih aplikasi sales terbaik yang memenuhi fitur-fitur yang wajib dimiliki. Selengkapnya akan dibahas di bawah ini:

Definisi aplikasi sales

Aplikasi sales merupakan software yang akan membantu pengusaha dalam mengelola konsumen dalam siklus penjualan. Aplikasi sales ini akan bekerja dengan mengoptimalkan kinerja setiap proses tahapan penjualan, mulai dari identifikasi prospek yang potensial, menindaklanjuti prospek, melacak kesepakatan hingga melakukan transaksi.

Aplikasi ini akan memastikan setiap karyawan mendapatkan akses terhadap tools marketing atau data yang akan membantu mereka dalam mencapai target penjualan yang sudah ditentukan. Tak hanya itu, aplikasi sales ini juga memiliki kemampuan dalam membuat laporan dan analisis, hal ini akan sangat membantu tim sales dalam mendapatkan informasi yang relevan sehingga dapat memahami kebutuhan pelanggan hanya dengan satu kali klik.

Kemampuan aplikasi sales ini juga didukung dengan AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang sudah terintegrasi dengan omni channel CRM. Ini akan membantu mengotomatiskan proses dan menghubungkan dengan aplikasi pendukung penjualan lainnya.

Oleh karena kemampuan tersebut, tak heran jika aplikasi sales seperti ini banyak digunakan oleh berbagai pebisnis di seluruh dunia.

Berikut 10 aplikasi sales terbaik yang wajib dicoba:

1. SimpliDOTS

Merchant logo 1611808981

Aplikasi sales pertama yang wajib Anda coba adalah SimpliDOTS SFA (Sales Force Automation). SimpliDOTS ini akan bekerja dengan cepat, maksimal dan mudah mulai dari mengelola ordering (pemesanan), automasi rute kunjungan, product knowledge, pencatatan penagihan, skema promo yang fleksibel hingga manajemen pengiriman yang lengkap dengan navigasi.

Anda juga bisa memantau segala aktivitas salesman mulai dari kunjungan, penjualan, tagihan hingga posisi salesman berada. Semuanya bisa Anda pantau secara real-time melalui mobile Anda. Dengan ini, Anda bisa mencegah terjadinya kecurangan lebih awal, menganalisa data lebih tajam hingga memantau utang piutang pelanggan lebih akurat. Supervisi lapangan juga menjadi lebih terstruktur dan mudah.

Harga: Rp 500.000 / bulan dengan pembayaran per tahun. Tersedia free trial selama 14 hari.

Fitur unggulan dari aplikasi SimpliDOTS SAF:

  • Manajemen rute (permanent journey plan) dan jadwal kunjungan
  • Manajemen stok
  • Manajemen delivery
  • Penagihan lewat mobile
  • Salesman mobile ordering
  • Pemesanan secara instan langsung dari device Anda
  • Histori pengiriman dan pemesanan
  • Laporan hasil pengiriman
  • Integrasi dengan 3rd party sehingga sinkronisasi data lebih mudah
  • Track posisi salesman lebih akurat dan secara real-time
Klik di sini untuk detail lebih lanjut.

 

2. Qontak.com

Aplikasi Sales Qontak
sumber : qontak

Qontak.com merupakan salah satu aplikasi sales terbaik yang ada di Indonesia. Software ini dapat membantu bisnis dalam mengelola dan melacak kinerja tim sales, kanvas dan sales lapangan, sales order, aktivitas tim hingga customer service. Aplikasi Qontak.com ini sudah terintergrasi dengan omnichannel seperti live photo, website business, telepon, WhatsApp, live GPS, media sosial, chat dan sebagainya.

Harga: Rp 200.000 / bulan dengan free trial selama 14 hari untuk setiap penggunanya.

Fitur dari aplikasi Qontak.com yakni:

  • Dashboard dengan report atau laporan yang bisa custom
  • Software order barang yang mudah digunakan
  • Custom aplikasi sales sesuai dengan kebutuhan proses secara instan sehingga dapat mengelola bisnis dengan mudah
  • Melacak kinerja tim sales lapangan dengan matriks khusus untuk operasional bisnis dan meningkatkan penjualan
  • Aplikasi sales melalui mobile App yang dapat digunakan tanpa jaringan internet (live GPS offline)
  • Terintegrasi dengan omnichannel dan WhatsApp
  • Dokumen otomatis untuk salesman

 

3. Sales Screen

aplikasi crm sales screen
sumber : sales screen

Sales Screen adalah aplikasi yang terintegrasi dengan CRM (Customer Relationship Management) yang membuat kinerja bisnis menjadi lebih menarik dan kolaboratif. Aplikasi Sales Screen ini dapat diakses lewat mobile apps baik untuk iOS atau Android. Hal ini memungkinkan tim sales tetap terhubung kapanpun dan dimanapun. Tak hanya itu, Sales Screen juga menawarkan fitur yang dapat membantu Anda dalam memberikan penghargaan terhadap karyawan yakni dengan cara menampilkan seberapa jauh pencapaian mereka ke seluruh layar yang ada di kantor perusahaan.

Harga: mulai dari $ 15 per bulan untuk setiap pengguna.

Fitur unggulan dari aplikasi Sales Screen yakni:

  • Integrasi dengan CRM yang akan menghubungkan dengan aplikasi pendukung penjualan lainnya
  • Mudah diakses secara real-time kapanpun dan dimanapun
  • Dashboard web dapat dikustomisasi guna menampilkan dan mengukur KPI penting
  • Penyajian data penjualan dalam berbagai grafik secara real-time

 

4. Pipedrive

aplikasi sales pipedrive
sumber : pipedrive

Aplikasi Pipedrive akan membantu memberikan gambaran umum mengenai bagaimana penjualan yang bagus dan pengalihan fokus pada kesepakatan yang penting yang didahulukan. Semua pencapaian tersebut akan ditampilkan pada suatu dashboard dari proses penjualan yang efisien. Software ini sudah terintegrasi dengan Google contact, sistem otomatisasi, Google kalender dan software lainnya yang bisa diakses lewat mobile atau desktop.

Harga: mulai dari $ 12.5 / bulan untuk setiap pengguna.

Fitur yang ditawarkan Pipedrive yakni sebagai berikut:

  • Mudah diakses dimana saja karena terintegrasi mobile app
  • Manajemen deals dan prospek yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan usaha Anda
  • Track communications yang dapat melacak Riwayat panggilan dan email
  • Automate and grow dengan otomatisasi tugas yang menggunakan bantuan AI atau kecerdasan buatan
  • Laporan dan insight yang dapat disesuaikan menjadi tampilan yang lebih interaktif namun efisien

 

5. LucidPress

lucidpress aplikasi sales
sumber : lucidpress

LucidPress akan menyimpan semua kegiatan penjualan Anda dalam suatu lokasi yang tentunya mudah diakses. Aplikasi sales ini berfokus dalam menjaga konsistensi merek dna mempersingkat waktu proses pembuatan konten. Aplikasi LucidPress ini sudah dilengkapi dengan otomatisasi pemasaran dan analitik sehingga memudahkan dalam menyederhanakan proses penjualan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Harga: mulai dari $ 50 per bulannya.

Fitur yang diunggulkan oleh LucidPress adalah sebagai berikut:

  • Solusi scalable yang dirancang intuitif, fleksibel sehingga dapat berfungsi untuk menyederhanakan proses penjualan dengan cara memberdayakan tim sales
  • Mengirim email yang berisi konten yang sudah dikustomisasi untuk meningkatkan usaha Anda
  • Memberi data analitik sehingga Anda bisa membuat keputusan bisnis dengan lebih baik
  • Mengisi data pelanggan seperti nama dan nomor telepon secara otomatis

 

6. Sales Flare

aplikasi sales flare
sumber : salesflare

Sales Flare merupakan aplikasi yang dapat memvisualisasikan serta melacak data pelanggan secara otomatis, dengan begitu Anda bisa lebih fokus pada pelanggan dan dapat melakukan close deal. Aplikasi Sales Flare ini sudah terintegrasi dengan email, Office 365 hingga G Suite. Dari sini, Sales Flare dapat mengirimkan email secara otomatis, dengan tujuan menjangkau prospek yang lebih banyak secara individu atau pribadi.

Harga: mulai dari $ 30 per bulan untuk setiap pengguna

Fitur yang ditawarkan oleh Sales Flare yakni:

  • Integrasi CRM yang sudah terhubung dengan lebih dari 1000 aplikasi
  • Folder dokumen yang praktis untuk setiap pelanggan
  • Pencatatan rapat dan panggilan telepon secara otomatis
  • Tindak lanjut prospek dan konsumen sesuai dengan informasi atau respon yang diberikan oleh mereka

 

7. HubSpot Sales Hub

aplikasi sales hubspot
sumber : PCMag UK

Sales Hub merupakan salah satu bagian dari CRM HubSpot yang bertujuan membantu bisnis Anda untuk tumbuh dengan lebih baik. Aplikasi Sales Hub ini bisa mengirimkan email notifikasi secara real-time dengan tepat kepada seseorang yang mengklik email bisnis atau link (lampiran) terkait bisnis Anda. Software ini juga dapat melakukan panggilan melalui browser dan mencatat serta merekam panggilan langsung tersebut ke dalam CRM Anda dengan hanya 1 kali klik.

Harga: mulai dari $ 45 / bulan untuk setiap pengguna.

Fitur yang ditawarkan Sales Hub dari HubSpot yaitu:

  • Melakukan panggilan dan merekam secara otomatis dari browser dalam CRM
  • Menangkap secara akurat isi percakapan atau panggilan secara otomatis sehingga Anda bisa lebih mudah mengetahui kendala kinerja tim Anda
  • Dokumen mudah dibagikan melalui Outlook inbox atau Gmail kepada anggota tim
  • Template email akan dibagikan kepada tim sales dan dapat melacak email masuk untuk tindak lanjut prospek sehingga close deal bisa dipercepat

 

8. Infusionsoft

aplikasi sales infusionsoft
sumber : maconsolutions

Software ini sudah memiliki pengalaman selama 16 tahun dalam mendukung penjualan suatu bisnis skala kecil. Infusionsoft ini akan membantu menganalisa prospek bisnis Anda dan mengoptimalkan hubungan Anda dan pelanggan Anda, memaksimalkan waktu Anda sehingga lebih fokus pada tugas-tugas yang lebih penting untuk usaha Anda dan meningkatkan rasio konversi bisnis Anda dengan layanan pelanggan secara langsung

Harga: mulai dari $ 199 per bulan setiap pengguna.

Fitur yang dimiliki di Infusionsoft sebagai berikut:

  • Distribusi dan lead scoring
  • Program manajemen referral
  • CRM
  • Memantau jumlah penjualan, pemesanan dan lainnya
  • Laporan beserta analisisnya
  • Drag and drop untuk mengelola desain dan landing page
  • Pemasaran melalui kampanye dan email secara otomatis
  • Web forms

9. Nutshell

nutshell aplikasi sales
sumber : nutshell

Nutshell merupakan salah satu aplikasi sales dengan CRM yang mudah digunakan. Tujuannya untuk mengoptimalkan kinerja tim dan mendorong terjadinya kolaborasi antar tim. Aplikasi sales ini dapat disesuaikan dengan kemampuan pengurutan email dan otomatisasi penjualan. Software ini juga telah terintegrasi dengan Outlook, Gmail dan aplikasi lainnya dengan baik.

Harga: mulai dari $ 19 per bulan setiap pengguna.

Fitur yang bisa digunakan di Nutshell sebagai berikut:

  • Pemasaran
  • Email
  • Kolaborasi antar tim
  • Otomatisasi penjualan
  • Laporan
  • Manajemen Pipeline
  • Manajemen kontak

 

10. Teamgate

aplikasi teamgate
sumber : comparecamp

Teamgate merupakan salah satu aplikasi sales CRM yang berperingkat tinggi namun mudah digunakan. Teamgate dapat dengan mudah diintegrasikan dengan software lainnya. Aplikasi ini dirancang untuk membantu meningkatkan hubungan dan komunikasi pada seluruh tim sales. Teamgate juga memberikan wawasan berdasarkan data dan melacak seluruh proses penjualan yang berlangsung sehingga memudahkan Anda memperoleh informasi yang terbaru.

Harga: mulai dari $ 9 per bulan untuk setiap pengguna Starter

Fitur yang dimiliki Teamgate yang bisa digunakan antara lain:

  • Sales pipeline yang bisa dikustomisasi
  • Email
  • Manajemen kontak
  • Penyimpanan dokumen
  • Field and Tag custom untuk database pelanggan
  • Contact database import
Baca juga : Aplikasi Sales Dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Apa saja fitur yang wajib dimiliki aplikasi sales?

Definisi Aplikasi Sales
sumber : freepik
  • Manajemen calon pelanggan

Tak banyak bisnis yang mempunyai proses yang sistematis dan canggih dengan tujuan pengelolaan calon prospek mereka. Aplikasi sales tracking akan membantu mengelola calon prospek perusahaan dari awal hingga akhir. Ini memungkinkan perusahaan dalam mengidentifikasi asal calon prospek. Hal ini dapat digunakan untuk memaksimalkan saluran dengan sumber prospek paling banyak.

Tak hanya itu, aplikasi sales biasanya dilengkapi dengan sales pipeline yang digunakan untuk melihat setiap proses prospek yang ditangani. Tujuannya adalah untuk memastikan tidak ada deals yang tim sales lewatkan.

Dengan manajemen calon prospek atau pelanggan yang baik, tentunya akan membantu mengatur pengingat tenaga sales, memperbaiki proses follow up hingga melacak deals yang sedang berlangsung.

  • Akses mobile

Sales lapangan tentunya memiliki mobilitas tinggi karena harus melakukan banyak hal contohnya meeting dengan klien-klien di berbagai lokasi. Dengan aplikasi sales, salesman dapat memiliki akses mobile guna mendukung kinerja mereka dan memastikan untuk tetap produktif walaupun berada di luar kantor.

Aplikasi sales sebaiknya memiliki fitur absen offline supaya salesman dapat melayani klien tanpa perlu bergantung pada internet. Jika sudah ada koneksi internet, maka perubahan data bisa otomatis terintegrasi. Ini bertujuan untuk mencegah yang namanya memasukkan data secara manual yang membuang-buang waktu.

  • Live GPS tracking

Tentunya fitur yang paling banyak dicari yakni fitur monitoring sales. Dengan fitur live tracking GPS, ini sangat membantu manajer dalam melacak posisi salesman yang sedang bertugas di lapangan. Fitur ini akan memberitahukan lokasi dan waktu check-in dan check-out salesman dan laporannya untuk setiap anggota tim sales. Hal ini akan membantu bisnis Anda agar dapat selalu update dengan lokasi dan kondisi salesman.

  • Fitur pelaporan

Laporan tentunya menjadi hal penting dilakukan di seluruh tahapan penjualan. Dengan memiliki fitur pelaporan yang mudah diakses baik lewat mobile maupun desktop, hal ini dapat membantu tim sales yang ada di lapangan. Mereka bisa mendapatkan informasi terbaru sebelum mereka berhadapan dengan klien.

  • UI interaktif yang mudah digunakan

Jika melihat suatu software, mata pastinya tertuju pada UI yang ada pada software tersebut. Untuk aplikasi sales sendiri, pilihlah software yang memiliki desain simple namun lengkap dengan semua fiturnya. Pastikan juga UI dari fitur yang digunakan mudah dipahami jadi tidak perlu menghabiskan waktu untuk mempelajari sistem tersebut. Dengan tampilan UI yang interaktif, salesman juga akan lebih bersemangat untuk bekerja. Hal tersebut dapat meningkatkan produktivitas salesman dan manajer.

SimpliDOTS, Aplikasi Sales & Distributor

Nah, itu tadi kesepuluh aplikasi sales yang bisa dicoba dan fitur-fitur yang wajib dimiliki oleh aplikasi sales yang Anda pilih. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti yang dijelaskan diatas, Anda bisa memilih SimpliDOTS sebagai aplikasi sales paling direkomendasikan oleh ribuan klien terdiri dari instansi, perusahaan, hingga lembaga dan organisasi di seluruh Indonesia.

Cukup daftarkan diri Anda melalui tautan ini dan nikmati 14 hari FREE trial untuk membuktikan keunggulannya. Jangan lupa, follow dan like juga akun Instagram @simplidots untuk update aktivitas dan info menarik lainnya.

Baca juga : Mengenal SimpliDOTS, Aplikasi Digital Yang Dirancang Untuk Memudahkan Distributor