Warehousing Services

Tips Bermanfaat dan Aplikasi Distribusi Rokok yang Paling Direkomendasikan

Industri rokok memang tiada habisnya. Sebagai produsen komoditas yang tergolong barang abnormal dan konsumsinya dikendalikan oleh Undang – Undang, distribusi rokok tidak lepas dari wacana kontroversi. Di Indonesia sendiri perlakuan rokok dan alkohol sangatlah berbeda, walaupun istilahnya berada pada “keranjang” yang sama sebagai barang kena cukai. Pada industri rokok sendiri memiliki sedikit lebih banyak kelonggaran dibanding alkohol dalam hal distribusi dan promosi.

Menurut data dari Tobacco Control Atlas Asean (SEATCA) pada 2018 lalu, Indonesia menduduki urutan teratas dalam status pelarangan promosi, sponsor dan iklan rokok paling minim. Bisa dibilang, 6 dari 7 kanal tidak mendapatkan pelarangan. Hal yang berada dalam status dilarang adalah publisitas sponsorship rokok. Aktivitas sponsorship rokok sendiri tidak dilarang. Contohnya promosi, direct advertising, cross border, pack display dan advertising on point of sale. 

Dari celah besar sisi regulasi inilah yang memberikan kelonggaran bagi perusahaan rokok dalam menjalankan strategi pemasaran, termasuk Anda yang baru saja memulai bisnis rokok ini. Apalagi di tengah pandemi saat ini, yang sudah memukul telak sektor bisnis yang ada di dunia.

 

Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Distribusi Rokok

closeup shot cigarette zippo lighter

Di Indonesia, penyebaran virus corona terjadi begitu cepat sehingga membuat pemerintah mengambil keputusan untuk memberlakukan kebijakan pembatasan pergerakan masyarakat dan barang guna menghambat penularan virus corona semakin besar. Hal inilah yang berpengaruh pada sektor bisnis yang ada di Indonesia.

Sektor bisnis yang terdampak virus corona salah satunya adalah bisnis distribusi rokok. Dengan adanya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang dilakukan pemerintah membuat bisnis distribusi rokok mengalami penurunan performa. 

PPKM memberikan dampak yang cukup besar karena pembatasan daerah tujuan distribusi rokok, sehingga distributor rokok menjadi kesulitan dalam mengirim stok rokok kepada pelanggan kepada pelanggan yang bertempat di Kawasan yang terdampak PPKM.

Tak hanya itu, PPKM ini juga berdampak pada pelanggan retail dan toko-toko kecil yang melakukan pembatasan kontak langsung dengan distributor. Masih banyak retailer atau pengecer yang takut tertular virus corona sehingga mulai ada yang menolak kehadiran salesman yang mewakili distributor dalam melakukan pesanan rokok. Nyatanya, stok yang ada di gerai-gerai retail ini semakin menipis seiring berjalannya waktu.

Dengan adanya kebijakan tersebut, sebagai distributor rokok, Anda perlu melakukan penyesuaian termasuk perubahan jadwal pengantaran dan kunjungan. Hal ini bertujuan agar lebih efisien dan mengikuti anjuran pemerintah dalam melakukan social distancing.

Pada era sekarang, sistem berbasis aplikasi digital sangatlah membantu distributor apalagi pada situasi sekarang. Tak hanya untuk membatasi kontak langsung, sistem ini juga dapat memperingkas proses pesanan dari pengecer ke distributor.

Menurut Anda, adakah sistem yang seperti itu? Jawabannya ada dan itu ada di aplikasi SimpliDOTS DMS (Distribution Management System). 

Baca Juga! : Kenali Apa Itu Barang Konsumen, Peran Penting, Dan Karakteristiknya

Aplikasi distribusi rokok DMS (Distribution Management System)

Aplikasi distribusi rokok yang pertama adalah Distribution Management System atau DMS adalah sebuah sistem berbasis aplikasi yang telah dirancang khusus untuk distributor terutama Anda distributor rokok. Sistem ini digunakan untuk memudahkan pelaku bisnis distribusi dalam melakukan order pembelian, penjualan, membuat akuntansi keuangan hingga mengatur persediaan barang. 

Dengan aplikasi distribusi rokok ini, Anda dapat mengakses segala data dan dokumen bisnis dengan lebih mudah dan cepat. Biasanya, aplikasi DMS berbasis aplikasi website sehingga dapat berjalan lewat berbagai perangkat elektronik seperti smartphone, laptop atau komputer.

Perusahaan dengan jumlah karyawan (sales force) yang banyak cocok untuk menggunakan sistem berbasis aplikasi digital ini. Mengapa? Karena SimpliDOTS DMS telah dirancang dengan sistem terintegrasi yang dapat menghubungkan perusahaan dengan berbagai divisi baik divisi pengiriman, packing hingga sortasi. Berbasis digital, aplikasi ini akan menyajikan kepada Anda data yang akurat sehingga kesalahan akibat factor human error bisa dikurangi.

 

Penggunaan DMS

Bagi distributor rokok, DMS merupakan strategi bisnis yang terbaik. Sesuai dengan namanya, DMS mempunyai fungsi untuk kebutuhan distribusi barang lebih tinggi. DMS digunakan dalam proses penjualan, pemesanan, pembelian, mencatat akuntansi perusahaan hingga mengelola persediaan barang.

Sebuah layanan DMS yang sudah berbasis cloud yang dirancang khusus untuk meningkatkan efektifitas dan mempermudah kinerja distributor dalam mengelola distribusi merupakan kelebihan SimpliDOTS. Dengan SimpliDOTS, Anda dapat melakukan pembelian, hutang piutang, penjualan hingga memonitor dimana posisi karyawan atau salesman yang bekerja di lapangan.

Bisa terhubung dengan aplikasi SimpliDOTS lainnya seperti Monitoring, Sales Force Automation (SFA) dan Retail Direct Order.

Monitoring dan Supervision adalah sebuah sistem yang digunakan oleh supervisor perusahaan atau karyawan di level manager. Tujuannya sebagai alat pantau dalam mengawasi kinerja salesman, collector hingga driver agar berjalan sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Sistem ini juga memudahkan untuk melacak posisi salesman dan melihat bagaimana jalur distribusi yang mereka telah lewati.

SFA (Sales Force Automation) adalah sistem berbasis aplikasi digital mobile yang digunakan collector, driver dan salesman dalam melakukan pemesanan, penagihan dan pengantaran di lapangan. Pencatatan tagihan atau pesanan akan secara otomatis tersinkron dengan divisi lain contohnya kasir dan admin melalui Distribution Management System.

Retail Direct Order adalah sistem berbasis aplikasi digital yang digunakan untuk meringkas proses order. Biasanya aplikasi ini digunakan customer dalam melakukan pemesanan barang tanpa harus lewat salesman. Dengan Retail Direct Order, distributor bisa mengetahui kebutuhan yang konsumen butuhkan secara akurat dan cepat.

 

Manfaat SimpliDOTS DMS

  1. Mengelola data-data penting perusahaan dan menjadikannya dalam bentuk grafik dan laporan yang mudah dibaca atau yang dikenal dengan Business Intelligence (BI) guna meningkatkan kinerja perusahaan.
  2. Melacak keberadaan salesman dan melakukan kontrol pada karyawan yang bekerja di lapangan.
  3. Melakukan penjadwalan rute sehingga menjadikan pengunjungan dan pengantaran lebih efisien.
  4. Mempersingkat waktu komunikasi untuk antar divisi di perusahaan
  5. Mempermudah memantau kinerja karyawan hanya dengan aplikasi mobile
  6. Mengatur berbagai operasional distribusi dengan lebih mudah
  7. Terdapat fungsi kolaborasi dengan mitra dagang perusahaan.

Setelah mengetahui manfaat dan kelebihan apa saja bagi distributor rokok yang menggunakan SimpliDOTS DMS. Simak berikut tips distribusi rokok untuk Anda distributor rokok.

 

Tips distribusi rokok

Distributor grosir tembakau bermitra dengan pengecer untuk menjual produk tembakau dan perlengkapannya, beroperasi di bawah lapisan peraturan baik dari pemerintah federal maupun entitas negara bagian.

Seorang distributor produk tembakau adalah setiap orang yang pertama kali menerima produk tembakau di negara ini, setiap orang yang menjual produk tembakau di Indonesia yang bertanggung jawab atas pajak produk tembakau, setiap orang yang pertama kali menjual atau menawarkan untuk dijual produk tembakau di Indonesia dan setiap orang yang melakukan penjualan produk tembakau ke Indonesia.

Distributor tembakau beroperasi terutama di bawah yurisdiksi pemerintah negara bagian, yang undang-undang distribusi tembakaunya dapat sangat bervariasi. Oleh karena itu, perusahaan yang ingin beroperasi sebagai distributor tembakau harus berurusan terlebih dahulu dan terutama dengan departemen perizinan usaha negara bagian mereka.

Sebuah lisensi distributor produk tembakau diperlukan ketika distributor:

  • Mengoperasikan tempat dari mana produk tembakau pembelanjaan. Jika penjualan atau pengiriman dilakukan dari dua atau lebih lokasi terpisah oleh seorang pedagang, lisensi untuk setiap lokasi diperlukan.
  • Membawa atau menyebabkan produk tembakau dibawa ke Indonesia untuk dijual.
  • Pabrik, pengusaha, atau memproduksi produk tembakau di Indonesia untuk dijual di Indonesia, atau
  • Kapal atau transportasi produk tembakau ke penjual di Indonesia.
  • Membuat penjualan produk tembakau ke Indonesia.

Industri tembakau diatur secara ketat, dan seseorang diharuskan untuk mendapatkan lisensi saat menjual, mengimpor atau membuat rokok dan produk tembakau lainnya. Biasanya, produk tembakau lainnya (OTP) memiliki persyaratan perizinan yang kurang ketat dibandingkan rokok.

Lisensi tembakau diberikan oleh otoritas lokal, negara bagian atau federal, tergantung pada lokasi bisnis dan sifat aktivitas terkait tembakau. Di bawah ini kami mencantumkan jenis lisensi dan otoritas yang mengeluarkannya. 

 

Peraturan Federal

Peraturan FDA sebagian besar menganggap produsen tembakau. Administrasi mendefinisikan produsen sebagai mereka yang “membuat, memodifikasi, mencampur, memproduksi, mengarang, merakit, memproses, memberi label, mengemas ulang, memberi label ulang, atau mengimpor produk tembakau apa pun.” Produk tembakau termasuk yang dibuat atau berasal dari tembakau yang dimaksudkan untuk konsumsi manusia, termasuk komponen, suku cadang, atau aksesorisnya, menurut FDA.

Jika perusahaan Anda memenuhi syarat sebagai produsen tembakau, ia harus mematuhi mandat federal berikut:

  • Laporkan informasi biaya pengguna
  • Bayar biaya pengguna
  • Daftarkan pendirian, kirimkan daftar produk, termasuk iklan dan label
  • Menyerahkan dokumen kesehatan tembakau
  • Kirim daftar bahan
  • Terapkan untuk pemasaran produk tembakau
  • Sertakan pernyataan peringatan yang diperlukan pada semua paket dan iklan produk tembakau tobacco
  • Kirim jumlah konstituen berbahaya dan berpotensi berbahaya potentially
  • Jika Anda ingin memasarkan produk tembakau yang memiliki risiko atau bahaya yang lebih rendah, ajukan aplikasi produk tembakau risiko yang dimodifikasi

Jika perusahaan distribusi Anda tidak memproduksi produknya, fokuskan perhatian Anda pada peraturan negara bagian.

 

Lisensi Tembakau Ritel

Lisensi rokok/tembakau eceran adalah dokumen hukum yang dikeluarkan oleh departemen negara bagian terkait (dan dalam beberapa kasus juga kota atau kabupaten) yang menandakan bahwa suatu bisnis diizinkan secara hukum untuk menjual rokok dan produk tembakau lainnya sesuai dengan undang-undang negara bagian dari tempat tertentu. lokasi kepada konsumen yang diperbolehkan untuk membelinya.

Di sebagian besar negara bagian, serta beberapa yurisdiksi lokal, setiap pengecer yang menjual atau akan menjual rokok atau produk tembakau diwajibkan untuk mendapatkan lisensi rokok dan tembakau eceran dan terikat untuk memperbaikinya setiap tahun.

“Pengecer Rokok/Tembakau” adalah orang atau badan usaha, selain pedagang grosir, yang menjual rokok atau produk tembakau secara langsung kepada masyarakat dari lokasi pengecer tertentu, termasuk mesin penjual rokok.

Setiap pengecer yang bermaksud menjual rokok atau produk tembakau di negara bagian dan/atau yurisdiksi yang memerlukan lisensi rokok/tembakau harus mengajukan dan memperolehnya. Semua aplikasi baru harus diajukan dengan biaya lisensi satu kali (berbeda-beda di setiap negara bagian) untuk setiap lokasi ritel yang menjual rokok atau produk tembakau, dan setiap lokasi ritel harus memiliki izin terpisah. Di sebagian besar negara bagian, lisensi berlaku untuk jangka waktu dua belas bulan, tidak dapat dialihkan atau dipindahtangankan, dan harus diperbarui setiap tahun.

Harap diingat bahwa Anda tidak boleh menjual rokok dan/atau produk tembakau tanpa Izin Rokok dan Tembakau yang masih berlaku.

 

Lisensi Produsen Tembakau

Produsen rokok dan produk tembakau lainnya seperti cerutu, tembakau pipa, snuff, tembakau hookah (shisha), tembakau roll-your-own (RYO), tembakau kunyah, dll, harus mendapatkan lisensi Federal dari Pajak dan Perdagangan Alkohol & Tembakau Biro (TTB), dan izin lokal dari negara tempat produk tembakau diproduksi.

 

Lisensi Pedagang Tembakau

Pedagang grosir dan distributor rokok dan produk tembakau lainnya diharuskan untuk mendapatkan izin dari negara bagian di mana mereka berencana untuk menjual produk tembakau.

 

Tanggung Jawab Pemegang Lisensi

Sebagai penyalur rokok atau produk tembakau, Anda harus:

  • Menampilkan lisensi secara jelas di setiap lokasi berlisensi dengan cara yang terlihat oleh publik.
  • Simpan faktur pembelian rokok dan produk tembakau yang lengkap dan terbaca selama empat (4) tahun.
  • Simpan faktur ini di lokasi yang ditunjukkan pada lisensi Anda untuk tahun pertama setelah pembelian.
  • Izinkan staf Dewan atau lembaga penegak hukum untuk meninjau faktur Anda berdasarkan permintaan.
  • Undang-undang juga menambahkan persyaratan pencatatan dan ketentuan lain yang terkait dengan pembelian atau pembuatan rokok dan produk tembakau Anda.

 

Memperbarui Lisensi Rokok Anda

Sebagian besar lisensi harus diperbarui setiap tahun. Jika Anda gagal memperbarui lisensi Anda tepat waktu dan membiarkan lisensi Anda kadaluarsa, Anda akan diminta untuk membayar biaya pemulihan sebagai prasyarat untuk pemulihan.

INGAT: Anda tidak boleh menjual rokok dan/atau produk tembakau tanpa izin Rokok dan Lisensi Tembakau/Lisensi Rokok yang masih berlaku.

Mengajukan Izin Tembakau

Kantor perusahaan dapat mengajukan satu aplikasi untuk semua tokonya, tetapi informasi yang sesuai (alamat, dll.) harus dicantumkan pada aplikasi bersama dengan pengajuan biaya untuk setiap toko.

Menampilkan Lisensi

Setiap pengecer rokok dan produk tembakau harus secara jelas menunjukkan izinnya di setiap lokasi pengecer dengan cara yang dapat dilihat oleh publik. Jika pengecer gagal untuk menunjukkan lisensi, mereka bertanggung jawab atas hukuman dan lisensi mereka pada akhirnya dapat dikenakan penangguhan dan pencabutan.

Untuk tembakau sigaret, tembakau linting-sendiri, dan produk tembakau tertutup, adalah melanggar hukum. Terutama, bagi produsen, pengemas, importir, distributor, atau pengecer produk tembakau tersebut. 

Larangan juga berlaku untuk mengiklankan atau menyebarkan diiklankan di Amerika Serikat setiap produk tembakau, kecuali setiap iklan memuat pernyataan peringatan yang dipersyaratkan. 

Pernyataan peringatan yang diperlukan pada iklan cetak atau iklan lain dengan komponen visual (termasuk, misalnya, iklan di papan tanda, rak-pembicara, halaman Web, dan email) untuk tembakau rokok, tembakau gulung sendiri, dan tembakau gulung produk tembakau harus:

  • Muncul di bagian atas iklan di dalam area trim;
  • Menempati minimal 20 persen dari luas reklame (area peringatan);
  • Dicetak dalam setidaknya ukuran font 12-titik dan pastikan bahwa pernyataan peringatan yang diperlukan menempati proporsi terbesar dari area peringatan yang disisihkan untuk pernyataan peringatan yang diperlukan;

Perusahaan tembakau menggunakan pemasaran pengalaman di berbagai tempat yang menarik kaum muda. Bar dan klub malam telah, dan terus menjadi, pengaturan populer untuk pemasaran pengalaman. Sebelum tahun 1998, perusahaan tembakau juga diizinkan untuk mensponsori acara, seperti konser dan festival.

Nah, itu tadi beberapa informasi sedikit mengenai aplikasi distributor rokok dan tips distribusi rokok. Semoga informasinya bermanfaat dan bagi Anda yang tertarik memakai SimpliDOTS DMS, buktikan kecanggihannya klik di sini untuk FREE Trial selama 14 hari.