Bisnis

Tiga Sekawan Orbitkan Distribusi Digital

Tiga Sekawan Orbitkan Distribusi Digital – Lanskap bisnis digital sesungguhnya memang mengundang siapa saja yang berani serta kreatif untuk terjun di dalamnya. Dan, itulah yang dilakukan tiga sekawan: Jowan Kosasih, Hendy Sumanto, dan Ginanjar Nugroho, lewat SimpliDots di awal 2017.

Berbasis Software as a Service (SaaS), SimpliDots dihadirkan sebagai solusi untuk kalangan perusahaan distributor dan pemilik merek yang kebanyakan bergerak di sektor fast-moving consumer goods (FMCG).

Dengan platform ini, mereka bisa secara mudah dan mobile memantau jumlah stok barang, status pengiriman barang, posisi keuangan perusahaan, hingga membuat laporan yang semuanya berada dalam satu dashboard.

Dan sebagaimana lazimnya sistem SaaS, para pengguna ditarik biaya dengan cara berlangganan. “Bila servis kurang memuaskan, klien bisa saja berhenti berlangganan,” kata Jowan.

Asal-usul SimpliDOTS Diterbitkan Oleh Tiga Sekawan

Dunia distribusi bukan hal baru bagi Jowan yang menjadi CEO SimpliDOTS. Keluarganya bergerak di sektor ini. Kalaupun akhirnya dia membawa distribusi ke wilayah digital, itu karena dia belajar teknologi informasi (TI) dan peranti lunak di National Chiao Tung University, Taiwan, dan meraih Master TI Terapan di Monash University, Australia. Dunia yang sama juga ditekuni Hendy serta Ginanjar. Di SimplyDots, Hendy menjabat sebagai COO sementara Ginanjar menjadi CTO.

“Kami ingin meningkatkan mobility di bidang distribusi melalui mobile appsehingga para salesman, driver, atau debt collector bisa mendapatkan informasi secara real-time dan bisa mengurangi processing time. Order yang diterima dapat diantar pada hari yang sama,” Jowan menerangkan.

Baca juga : Mengenal Istilah Ritel, Distributor & Prinsipal Dalam Dunia Distribusi

Sales Motoris, Kanvasing Dan Taking Order, Ini Perbedaannya

Lewat setahun, SimpliDOTS telah digunakan sejumlah perusahaan. Selain itu, perusahaan yang digawangi sejumlah developer dan ahli UI/UX design ini telah mencetak prestasi lain: pada event eFounders Fellowship Batch 2 yang merupakan proyek kerjasama Alibaba dan UNCTAD, terpilih mewakili Asia Tenggara.

Prestasi ini tentu saja membanggakan. Namun, Jowan dkk. tak mau berpuas diri. Selain tantangan finansial berupa pengembangan yang masih mengandalkan dana pribadi para pendiri serta biaya berlangganan, mereka menyadari tantangan ke depan masih menganga.

Khususnya, bagaimana mengubah mindset perusahaan distributor agar menggunakan sistem digital berbasis komputasi awan.

Sejalan dengan upaya mengubah pola pikir, Jowan dkk. juga akan terus menyempurnakan platform milik mereka agar kian bersifat inklusif. Di luar itu, mereka akan terus membangun ekosistem bersama para peritel, distributor, pemilik merek, pabrikan, pemain logistik, dan UKM sehingga SimpliDots kian solid.

Sumber : https://swa.co.id/youngster-inc/youngsterinc-startup/tiga-sekawan-orbitkan-distribusi-digital

Share
Published by
Jowan Kho

Recent Posts

  • Strategi Bisnis
  • Strategi Distribusi

Case Study: Strategi Powerful Distribusi Es Krim AICE 5x Lebih Efisien dengan SimpliDOTS

Anda termasuk pecinta es krim? Ya, hampir semua orang memang menyukainya! Cita rasa manis, segar, dan lumer di mulut membuat… Read More

1 week ago
  • Sales Tracking

5 Masalah Aplikasi Sales Tracking yang Umum Ditemui dan Solusinya

Tim sales adalah ujung tombak distributor yang bertanggung jawab menawarkan produk atau jasa kepada pelanggan agar menghasilkan pendapatan ke perusahaan. … Read More

1 week ago
  • Aplikasi Distribusi
  • Distribusi
  • Teknologi

Aplikasi Sistem Distribusi untuk Manajemen Stocklist di Gudang, Apa Pentingnya?

Jika Anda menjalankan bisnis eCommerce atau distributor FMCG (Fast-Move Consumer Goods), manajemen stok barang di gudang dan aplikasi sistem distribusi… Read More

1 week ago