charles deluvio Lks7vei eAg unsplash

Strategi Pemasaran 4P: Pengertian, Cara Kerja, dan Keuntungannya

Sekarang ini banyak sekali orang yang menggeluti dunia bisnis, terutama bisnis online. Mulai dari bahan makanan, alat kecantikan, hingga perlengkapan rumah tangga semuanya ada di bisnis online. Meskipun bisnis online sedang naik daun, bukan berarti bisnis offline tidak diminati. 

Karena untuk beberapa barang-barang yang dijual, tetap saja digunakan bisnis offline. Bisnis yang berjalan lancar, bisa bertahan di tengah perekonomian yang sedang menurun, dan bisa memberikan keuntungan adalah keinginan semua pengusaha. 

Namun untuk mendapatkan keuntungan tersebut, tentunya ada berbagai cara yang perlu dilakukan seperti strategi bisnis misalnya. Nah, strategi bisnis ini memang sangat penting agar usaha Anda bisa berjalan dengan baik dan tentunya bisa memperoleh keuntungan besar. Salah satunya adalah strategi pemasaran 4p.

Kunci Keberhasilan Bisnis adalah Pemasaran

Strategi pemasaran yang baik tentunya bisa menghasilkan keuntungan bisnis. Bahkan bisa dibilang kunci keberhasilan dari suatu bisnis adalah pemasaran. Tanpa adanya strategi pemasaran, bisnis Anda tidak akan berjalan dengan lancar dan bahkan tidak bisa bertahan lama karena tidak adanya fokus. 

Perusahaan-perusahaan besar yang sudah berdiri sejak lama atau perusahaan baru yang kini sukses pasti memiliki strategi pemasaran yang tepat. Yang perlu Anda ketahui adalah pemasaran ini bukan suatu aktivitas yang berdiri sendiri atau hanya dilakukan beberapa kali saja (tidak terus-menerus). 

Pemasaran merupakan suatu aktivitas yang memiliki berbagai komponen penting baik sebelum penjualan dilakukan ataupun setelah penjualan. Maka dari itulah berbagai hal bisa saja terjadi, sehingga sangat penting suatu perusahaan memiliki strategi pemasaran yang baik.

Apa itu Strategi Pemasaran?

Sedari tadi kita sudah membahas mengenai strategi pemasaran, tapi apakah Anda sudah mengetahui apa itu strategi pemasaran? Jadi strategi pemasaran merupakan suatu tujuan dan juga sasaran pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan yang disatukan sehingga menjadi rencana komprehensif. 

Nantinya eksekutif bisnis akan melakukan penarikan strategi pemasaran yang sukses dari adanya riset pasar. Aktivitas tersebut tentunya berfokus di bauran produk yang tepat sehingga perusahaan pun akan mendapatkan keuntungan yang semakin banyak.

Strategi pemasaran ini tentunya sangat penting karena bisa membantu perusahaan dalam mengidentifikasi pelanggan terbaiknya. Selain itu, dengan adanya strategi pemasaran, perusahaan dapat lebih memahami apa yang sebenarnya dibutuhkan konsumen. 

Dengan menerapkan strategi yang baik, maka akan sangat memungkinkan untuk perusahaan juga menerapkan strategi pemasaran yang paling efektif. Untuk strategi pemasaran yang menyeluruh sebenarnya memang mencakup “4P” pemasaran, yaitu: produk, price (harga), place (tempat), dan yang terakhir promosi.

marketing strategy connting digital devices concept
Marketing Strategy 4p

Keuntungan Menerapkan Strategi Pemasaran

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dengan menerapkan strategi pemasaran tentu akan membawa banyak keuntungan untuk perusahaan. Nah, di bawah ini keuntungan-keuntungannya:

  • Keuntungan yang pertama adalah bisa meningkatkan penjualan.
  • Pertumbuhan yang berkelanjutan bisa didapatkan oleh perusahaan.
  • Perusahaan akan mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan.
  • Perusahaan Anda dapat memenuhi dan bahkan memberikan yang lebih dari apa yang pelanggan butuhkan.
  • Hubungan dengan target pasar akan menguat.
  • Brand building di benak konsumen dapat perusahaan lakukan.

Cara Menerapkan Strategi Pemasaran yang Efektif

Agar perusahaan mendapatkan strategi pemasaran yang efektif, maka perusahaan tersebut wajib mengetahui pesaing dan mengetahui bahwa produk yang ditawarkan ke konsumen memiliki nilai tambah atau nilai plus yang tidak dimiliki oleh produk pesaing (FAB ANALYSIS- fitur, keunggulan, dan manfaat).

Selanjutnya Anda harus menentukan target pasar caranya dengan menentukan demografis dan psikografis. Kedua hal tersebut akan sangat membantu Anda agar mengetahui kenapa orang-orang perlu membeli produk atau layanan dari perusahaan Anda.

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan strategi pemasaran yang efektif jadi Anda perlu berfokus ke komunikasi yang paling penting (media tradisional dan juga media virtual) dan yang pasti agar bisa menerapkan strategi dengan tindakan lanjutan yang efektif dari penerapan strategi tersebut.

Tujuan dan proses yang harus diterapkan:

  • Analisis posisi di pasar.

Identifikasi target, persaingan dan juga apa yang terjadi pada perusahaan Anda. Jangan lupa juga untuk menentukan mana aspek yang perlu dioptimalkan (aspek yang kurang) dan mana aspek yang kuat.

  • Tetapkan tujuan.

Anda perlu membuat merek/brand dan tujuan penjualan yang nantinya dapat dicapai, setelah itu tentukanlah jangka waktu untuk dapat mencapainya.

  • Rancang taktik.

Selanjutnya dengan membuat garis tindakan sesuai dengan strategi yang diinginkan.

  • Menerapkan kendali.

Dan yang terakhir akan menentukan pengukuran pencapaian tujuan dan bagaimana Anda mengharapkan kinerja tersebut secara bertahap bisa meningkat.

Strategi Pemasaran 4P

Kini kita akan membahas mengenai strategi pemasaran 4P yang diawali dengan pembentukan strateginya. Pada 1950-an seorang bernama Neil Borden mempopulerkan istilah bauran pemasaran atau bisa juga disebut dengan marketing mix yang di dalamnya mengandung lebih dari sepuluh unsur pemasaran. Meskipun demikian, yang paling mendasar di antara mereka adalah strategi pemasaran 4P.

Setelah itu di tahun 1960-an, Jerome McCarthy akhirnya merancang model 7P, ia memberikan penambahan dan penyempurnaan seperti hal-hal penting dari bauran pemasaran tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak versi dari P seperti 5P, 8P dan lain sebagainya. Namun strategi 4P memang yang paling murni dan inti dari berbagai model pemasaran lainnya. Perlu diketahui bahwa setiap model P hanya pengembangan dari 4P. Karena 4P merupakan fondasi dari model pemasaran apapun.

Pada penjelasan di bawah ini Anda akan mengetahui mengenai pemasaran 4P dan juga mengapa 4P bisa sangat diperlukan untuk pemasaran produk di suatu perusahaan saat ini. 4P masih menjadi faktor penting dalam pemasaran produk baik itu berwujud maupun tidak berwujud.

Apa yang Dimaksud Strategi Pemasaran Bauran/ Marketing Mix?

Tujuan utama dari pemasaran yaitu agar pelanggan bisa menyadari produk Anda dan membelinya. Pemasaran bauran atau mix adalah kumpulan dari berbagai faktor yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk membuat konsumen membeli produknya. Seperti pengertiannya tersebut, sistem pemasaran ini memang campuran dari berbagai alat pemasaran taktis.

Sedangkan peran dari eksekutif pemasaran yaitu untuk mempersiapkan kombinasi yang tepat dalam menghasilkan sinergi yang baik antara produk dan target audiens. Pemasaran bauran ini biasanya mengacu pada elemen 4P yaitu: product (produk), price (harga), promotion (promosi), dan place (tempat).

Sedangkan untuk peran dari pemasaran bauran adalah mensintesis kualitas produk yang terlihat ataupun yang tidak terlihat dengan aspirasi audiens yang ditargetkan. Pemasaran bauran untuk produk manufaktur tentunya berbeda dengan produk sebagai layanan.

Siapa yang Menemukan Strategi Pemasaran 4P?

Neil Borden merupakan orang yang pertama kali mempopulerkan pemasaran bauran pada tahun 1950-an. Neil Borden mendefinisikan bahwa seorang eksekutif pemasaran memang yang memadukan berbagai bahan untuk membuat resep tepat sehingga bisa memasarkan suatu produk. 

Kemudian, ada E. Jerome McCarthy yang mendefinisikan strategi 4P tersebut dari berbagai bauran dari pemasaran Borden. Selanjutnya McCarthy menyoroti 4P yang memang merupakan elemen kontrol awal untuk bisa merencanakan pemasaran. 

Selain itu, McCarthy juga mengartikulasikan perubahan saldo yang ada dari berbagai variabel tersebut dengan perspektif jangka panjang dengan produk yang paling sulit diubah.

Faktor Apa yang Menentukan Bauran Pemasaran?

Yang perlu Anda ketahui adalah sebuah perusahaan yang berniat untuk menemukan penawaran tepat untuk produk mereka pastinya perlu melakukan pertimbangan dengan berbagai faktor sebelum mulai melakukannya. Pemasaran bauran untuk setiap produk ditentukan oleh dua faktor yaitu internal dan eksternal, simak penjelasannya berikut:

Faktor Internal

Faktor internal merupakan berbagai faktor yang ada di dalam organisasi atau perusahaan. Faktor internal utama:

  • Sifat produk.
  • Tahapan produk dalam siklus hidup keseluruhan.
  • Ketersediaan dana.
  • Tujuan perusahaan.

Faktor Eksternal

Sedangkan faktor eksternal yang berkaitan dengan faktor luar perusahaan atau organisasi:

  • Tingkat persaingan.
  • Efisiensi saluran.
  • Perilaku membeli konsumen.
  • Kontrol dari sisi pemerintah.

4 Elemen Strategi Pemasaran 4P

  • Product (Produk)

Produk adalah jantung dari pemasaran bauran. Seperti yang diketahui bahwa semua aktivitas pemasaran dimulai dengan hadirnya suatu produk. Produk bukanlah entitas fisik saja, karena produk juga ada yang tidak berwujud seperti pelayanan atau jasa. Tanpa adanya produk, maka perusahaan tidak akan memiliki harga, promosi atau tempat.

Penting untuk dapat memahami hubungan mengenai produk dan juga pemasaran bauran. Produk bauran merupakan keseluruhan rangkaian produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada para pelanggannya.

Keputusan bauran suatu produk bergantung dari banyak faktor-faktor seperti:

  • Rancangan.
  • Fitur.
  • Nama merk.
  • Variasi produk.
  • Kualitas.
  • Jasa.
  • Pengemasan, pengembalian, dan lain sebagainya.
  • Price (Harga)

Harga atau price merupakan nilai moneter yang harus dibayar oleh pelanggan agar bisa memiliki produk yang diinginkan dari suatu perusahaan. Komponen inilah yang sangat penting agar perusahaan bisa meraih keuntungan.

Karena harga seperti pedang bermata dua, jadi perusahaan harus menentukan harga dengan sangat hati-hati. Jika produk diberikan harga tinggi maka orang-orang akan melihat bahwa produk yang dihasilkan berkualitas, namun sayangnya produk hanya ditempatkan di spot-spot yang terbatas. Maka dari itulah perusahaan harus mengetahui bagaimana menetapkan harga yang sesuai.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan keputusan bauran harga, antara lain:

  • Metode penetapan harga, kebijakan, strategi.
  • Benefit.
  • Diskon, rabat.
  • Periode pembayaran.
  • Kebijakan kredit.
  • Promotion (Promosi)

Salah satu strategi dari pemasaran 4P melayani dengan dua tujuan. Pertama, memberitahukan kepada calon pelanggan mengenai produk yang perusahaan Anda jual, dan yang kedua mengajak calon pelanggan untuk membeli produk tersebut. Cara ini terbilang sangat efektif untuk mempromosikan suatu produk, meskipun harus menciptakan keadaan yang kondusif.

Ada enam elemen utama dari promosi, antara lain:

  • Periklanan.
  • Penjualan pribadi.
  • Hubungan Masyarakat.
  • Pemasaran langsung.
  • Publisitas -media sosial, cetak, dan lain sebagainya.
  • Promosi penjualan.
  • Place (Tempat) atau Distribusi

Tempat atau distribusi fisik memang memiliki kaitan yang erat dengan pengalihan kepemilikan produk dari produsen ke pelanggan. Margin keuntungan suatu perusahaan tentu bergantung dari seberapa cepat Anda bisa menyerahkan barang. 

Loyalitas brand akan semakin tinggi jika penyerahan barang juga semakin cepat. Maka dari itulah faktor tempat sangatlah penting untuk memastikan daya saing produk di pasar.

Dan di bawah ini merupakan elemen-elemen dari place (tempat) atau distribusi yang perlu diketahui:

  • Saluran distribusi.
  • Keputusan pergudangan.
  • Penanganan produk.
  • Logistik.
  • Kontrol inventaris.
  • Proses pemesanan.
  • Cakupan.
 marketing 4p
 

Pentingnya Strategi Pemasaran 4P

Dasar-dasar dari pemasaran bauran dilandaskan pada strategi pemasaran 4P yang akan meningkatkan kesuksesan produk perusahaan Anda dengan memberikan berbagai manfaat, antara lain seperti:

  1. Menciptakan sinergi.

Strategi pemasaran 4P (Produk, Harga, Promosi, dan Tempat) jika dikombinasikan dengan baik maka bisa menciptakan sebuah koordinasi yang memberikan promosi tepat untuk produk dari perusahaan Anda.

  1. Loyalitas dan nilai merek.

Yang kedua adalah pendekatan yang berfokus pada kebutuhan pelanggan dan kepuasan pelanggan juga. Produk yang diciptakan harus dipastikan menghasilkan loyalitas dan brand awareness yang baik di mata konsumen atau pelanggan.

  1. Berfungsi untuk bisa mendekatkan pelanggan.

Fitur seperti produk, harga, dan tempat berusaha untuk bisa memperhitungkan harapan dari pelanggan. Aspek promosi bisa memberikan pelanggan apa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda sehingga dengan demikian posisi produk juga akan lebih baik. Secara perlahan, hubungan antara konsumen dan bisnis Anda dapat terjalin dengan baik.

  1. Memungkinkan integrasi yang tepat.

Selanjutnya adalah memungkinkan integrasi yang tepat. Perencanaan dari strategi pemasaran 4P pasti sangat membutuhkan pemikiran yang kritis dan persepsi. Jika keduanya digabungkan dengan benar, maka produk dari perusahaan Anda akan tersimpan di dalam benak pelanggan Anda.

  1. Panduan dalam mengambil keputusan yang tepat.

Keputusan yang tepat bisa Anda dapatkan dengan ketergantungan dan sifat yang menyeluruh dari adanya salah satu elemen di atas.

Contohnya : jika perusahaan Anda menjual produk dengan harga yang tinggi, maka dalam aktivitas promosi, Anda harus menargetkan pelanggan yang juga memiliki penghasilan tinggi, dan desain untuk produk yang Anda juga harus bagus dan berkualitas tinggi. Keputusan ini juga akan memandu saluran distribusi dan lokasi.

  1. Volume penjualan lebih tinggi.

Dan yang terakhir, hasil dari semua upaya tersebut yaitu adanya kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, penjualan produk akan lebih meningkat, pangsa pasar juga akan tinggi.

Apakah Penting Strategi Pemasaran 4P?

Dari pembahasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa pemasaran 4P ini sangatlah penting, karena jika unsur suatu produk, harga, promosi dan tempat bisa terkombinasi dengan baik maka akan menciptakan koordinasi strategi promosi yang tepat untuk bisa menjual berbagai produk dari perusahaan Anda.

Tapi, ada yang perlu Anda ingat bahwa pada dasarnya bisnis apapun itu bukanlah hal yang mudah untuk dijalani, karena sangat diperlukan kemauan yang kuat dan Anda juga harus konsisten. Jika Anda menginginkan bisnis yang berjalan dengan lancar, sukses, penjualan bisa mencapai target, dan mendapatkan untuk yang besar maka Anda dapat mencoba untuk menerapkan strategi pemasaran 4P ini.

Sales Automation Platform SimpliDOTS

Sales dan pemasaran memang tidak jauh berbeda, dengan hadirnya aplikasi SimpliDOTS, maka tenaga sales akan teroptimasi. SimpliDOTS menyediakan Sales Automation Platform, yang merupakan aplikasi sales dan distribusi untuk mengoptimasi tenaga sales dan yang pastinya sistem distribusi perusahaan Anda. Aplikasi SimpliDOTS yang praktis dan mudah digunakan, juga aplikasi ini tidak membutuhkan instalasi karena berbasis mobile dan web.

Ada berbagai fitur yang disediakan oleh SimpliDOTS yaitu bisa melakukan sales order hanya dengan mobile, live tracking, menjaga performa dan KPI sales, cek stok barang, memantau (monitoring) sales dengan lebih mudah dan lain sebagainya hanya dengan satu aplikasi berbasis web dan mobile ini.

SimpliDOTS juga bisa Anda coba gratis selama 14 hari dan gunakan berbagai fitur lengkap di dalamnya. Follow Instagram SimpliDOTS di @simplidots untuk mengetahui berbagai fitur lengkapnya.