4 Cara Salesforce Automation Menjaga Bisnis Tetap Kompetitif, Outstanding!

salesforce automation

Sebagai pelaku usaha dan pebisnis, Anda mungkin sudah menyadari penjualan adalah bagian utama dari bisnis.

Kinerjar salesforce seolah-olah menjadi ujung tombak kesuksesan perusahaan meraup pundi-pundi uang.

Akan tetapi, tujuan utama Salesforce Automation (SFA) adalah mengelola hubungan pelanggan dan mengelola saluran penjualan.

Menurut data dari Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika, dikutip dari laman Fundera, kira-kira hanya 25% bisnis baru yang bertahan hingga 15 tahun atau lebih.

Akan tetapi, jika perusahaan Anda mampu menerapkan SFA, maka bisa meningkatkan peluang perusahaan untuk bertahan hidup di pasar yang sangat kompetitif. Bahkan, perusahaan seperti Amazon, T-mobile, Toyota, dan perusahaan ternama lainnya, telah menggunakan sistem SFA untuk meningkatkan hubungan mereka dengan pengecer dan pelanggan.

Sistem SFA adalah kebutuhan dasar bagi setiap bisnis distribusi yang mengelola saluran penjualan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Untuk meningkatkan saluran penjualan dan membangun bisnis yang sukses, semua pengusaha dan pemimpin bisnis distribusi harus memahami manfaat sistem Salesforce Automation (tenaga penjualan).

Anda bisa dengan mudah mengelola tujuan tersebut memakai teknologi seperti SimpliDOTS DMS (Distribution Management System) dan SimpliDOTS SFA (Salesforce Automation).

Bagaimana mekanisme kerja Salesforce Automation menguntungkan perusahaan?

Di era modern saat ini, perusahaan tak boleh hanya mengandalkan tenaga manual. Tingkatkan produktivitas tim salesforce dengan menerima informasi dan data secara real-time dari lapangan.

Sebagai contoh, salesforce dapat menerima pesanan atau taking order langsung di lokasi gerai ritel dan menerima pembayaran dengan aplikasi SimpliDOTS. Hal ini tentunya, menghemat waktu dan tenaga ketimbang harus mencetak invoice dan order berbasis kertas.

Tim salesforce juga semakin produktif karena lebih fokus menyelesaikan tugas intinya di bidang penjualan, daripada mengerjakan tugas administratif. Dengan kinerja tim salesforce yang produktif, tentunya perusahaan juga lebih mudah mencapai target penjualan.

Selain itu, sebagai pemimpin bisnis, Salesforce Automation yang diterapkan dengan benar dapat mempermudah pelacakan dan pemantauan sales person. Bahkan,  penetapan target penjualan juga bisa didasarkan data dan metrik yang tercantum di dashboard SimpliDOTS.

Ini artinya, manajer tidak perlu repot membuat laporan secara manual, serta dapat mengambil keputusan penting penjualan berbasis data dengan bantuan aplikasi SimpliDOTS.

Keuntungan Menggunakan Salesforce Automation untuk Bisnis Distribusi

Apa keuntungan utama menerapkan otomasi sales force bagi bisnis distribusi? Jawabannya sederhana, untuk mempermudah pelacakan aktivitas harian sales man dan menyederhanakan proses penjualan atau distribusi barang.

Selain keuntungan tersebut, berikut adalah keunggulan otomasi sales force bagi perusahaan:

1. Menyediakan laporan visual

Data atau informasi tersaji secara visual dan dinamis dari laporan real-time dashboard SimpliDOTS sangat membantu metrik tim penjualan.

Anda bisa melihat laporan kinerja penjualan, distribusi produk, dan laporan aktivitas tim sales ketika kunjungan ke lokasi toko atau gerai ritel.

2. Pelacakan aktivitas

Pelacakan aktivitas memungkinkan manajer untuk mengarahkan tim salesforce secara efektif dan efisien.

Misalnya, dengan menautkan email pelanggan, maka perusahaan dapat memahami secara akurat proses penjualan setiap pelanggan. Jadi, sales person bisa menawarkan promo, diskon, atau penawaran menarik lainnya sesuai kebutuhan pelanggan.

Ini artinya, sistem Sales Force Automation dapat membantu sales person mengambil tindakan yang tepat di waktu yang tepat. Bahkan, menawarkan produk dan skema diskon langsung di tempat pedagang. Hal ini akan sangat meningkatkan kemungkinan keberhasilan penjualan.

3. Meningkatkan produktivitas sales force

Sistem Sales Force Automation dapat membantu meningkatkan efisiensi tim sales. Pasalnya, manajer bisa langsung memantau aktivitas salesman dan membimbing mereka sesuai kondisi yang tepat.

Dengan platform SimpliDOTS SFA, perusahaan bisa mengoptimalkan alur kerja penjualan. Sebagai contoh, metode persetujuan yang dulu membutuhkan waktu berhari-hari, sekarang bisa dikirim dalam hitungan menit.

4. Mobilitas

Masa depan bisnis saat ini bukan di dalam ruangan kantor, tetapi di dalam saku. Kenapa begitu? Smartphone bukan hanya sekadar alat menelepon. Melainkan, telah beralih fungsi sebagai layanan penjualan portabel dengan aplikasi otomasi Salesforce.

Dengan SimpliDOTS SFA, distributor bisa dengan mudah melacak aktivitas tim sales, memeriksa laporan, serta mengambil keputusan penting secara instan.

Tips Ideal Melacak dan Memantau Target Tim Salesforce

Setujukah Anda, bahwa mencapai target penjualan selalu menghasilkan keuntungan bagi semua orang? Bukan cuma perusahaan saja, melainkan tim salesforce tentunya juga mendapatkan apresiasi berupa bonus, komisi, atau penghargaan.

Hal ini berarti, memantau dan mengukur kinerja target tim sales adalah indikator paling penting untuk mewujudkan tujuan perusahaan.

Saat memantau kinerja target tim penjualan, tahap pertama adalah mendapatkan visibilitas yang mudah dan jelas atas performa tim penjualan.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat diikuti:

1. Memantau sales report

Sebelum memberikan apresiasi pada tim sales, Anda perlu memahami target pencapaian tim penjualan.

Semakin mudah melihat laporan penjualan, tentunya Anda juga lebih mudah menyiapkan strategi penjualan jangka pendek dan jangka panjang.

Dashboard SimpliDOTS SFA mempermudah pemimpin bisnis distribusi untuk memantau KPI, penjualan, dan melacak posisi sales person.

Dengan mengetahui KPI tim sales, manajer akan lebih mudah mendukung kinerja tim penjualan dan memberikan penghargaan atas pencapaian target mereka.

Supervisi KPI yang tepat dalam penjualan dapat membantu manajer mengoptimalkan proses penjualan dan mengarahkan aktivitas tim sales force secara optimal.

2. Tentukan prioritas target yang realistis

Perusahaan terkadang memiiki banyak target penjualan. Tetapi, jika terlalu banyak juga bisa membebani tim salesforce. Bahkan, kemungkinan ada kesalahan melalui miskomunikasi.

Sebaiknya, tentukan prioritas target penjualan yang realistis dan bisa dicapai dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Hal ini akan membuat tim salesforce tetap termotivasi, bersemangat, dan berkompeten menyelesaikan target penjualan.

3. Merayakan keberhasilan sekecil apapun

Dari awal hingga akhir pencapaian target, tak jarang tim salesforce sudah berjuang keras hingga semaksimal mungkina.

Jika perusahaan tak bisa melihat semua pencapaian tersebut, salesforce akan merasa semua usahanya sia-sia dan tidak diapresiasi.

Berikan motivasi tim salesforce sekecil apapun usaha yang sudah dilakukan. Apresiasi tak berarti harus selalu barang mewah, bisa berupa pujian atau ucapan terima kasih.

4. Gunakan teknologi yang tepat

Salesforce dipandang sebagai salah satu alat mengelola hubungan pelanggan. Tapi, kinerja salesforce akan semakin optimal jika memanfaatkan teknologi yang tepat.

Integrasikan aplikasi sales force dengan sistem DMS, sebab hal ini akan sangat mendukung bisnis distribusi.

Permudah Pengelolaan Bisnis Distribusi dengan Aplikasi Sales Canvasser, SimpliDOTS!

Peran sales canvasser dalam bisnis distribusi tentunya sudah tak perlu ditanyakan lagi. Sales canvasser adalah ujung tombak penjualan. Untuk itu, biarkan sales canvasser fokus bekerja meningkatkan penjualan bisnis Anda, dan serahkan otomasi data operasional pada sistem Canvassing, SimpliDOTS!

Keunggulan Sistem Canvassing SimpliDOTS, antara lain:

  • Dapat memantau kinerja sales canvasser secara live tracking.
  • Hanya memerlukan satu unit handphone untuk mengelola stok gudang canvasser, jadwal kunjungan sales, pembelian, taking order, dll.
  • Dapat membuat invoice di lokasi pelanggan setelah transaksi dilakukan, dan masih banyak fitur-fitur canggih lainnya yang dibutuhkan distributor.

Tunggu apalagi, buktikan sendiri kecanggihan SimpliDOTS untuk bisnis distribusi Anda secara GRATIS, pakai demonya di sini! Info selengkapnya, chat tim sales kami via Whatsapp: +6285373704528.

Bagikan Artikel ini via

Postingan Terkait

Bikin Laporan Salesman Makin Satset

Dengan Aplikasi, Urusan Distributor Jadi Mudah Hingga 3X Lipat!