sales software

Apa Gunanya Sales Software Bagi Usaha Kecil dan Menengah?

Pernah dengar Salesforce? Jika kamu berada dalam lingkup sales atau CRM, kamu pasti sering mendengar nama perusahaan ini. Dari namanya, sudah jelas Salesforce sebagai produk merupakan suatu sales software. Sales software adalah aplikasi yang dibuat untuk membantu perusahaan-perusahaan meningkatkan dan mengefektifkan proses sales dari awal hingga akhir. Tergantung aplikasinya, sales software-mu dapat membantu membuat alur kerja menjadi otomatis, tracking strategi sales yang efektif, monitoring inventori produk, mengirim faktur atau dokumen lainnya, dan membantu tenaga sales untuk terhubung lebih baik dengan pelanggan. Mau coba sales software? Sebelumnya simak dulu serba-serbinya di artikel ini, ya!

Bagaimana Cara Kerja Sales Software?

Sales software akan membantu usaha kecil dan menengah untuk mengelola setiap aspek dari siklus penjualan dan proses penjualan. Hal-hal ini termasuk menemukan prospek, membantu tim penjualan membawa prospek tersebut untuk turun dalam sales funnel, mengelola pesanan, faktur dan pembayaran, dan memperlancar alur kerja tim sales-mu.

Sales software bekerja dengan menyimpan data, baik dari sumber daya internal maupun eksternal, dan memberi karyawanmu akses ke laporan komprehensif dan tools lain yang membantu tim sales-mu bekerja lebih efisien. Beberapa software sales mengotomatisasi kerja dengan menggunakan AI untuk memudahkan kerja tim sales dan meningkatkan kolaborasi.

Apa Saja Fitur Sales Software?

Sales software yang baik akan membuat proses sales di perusahaanmu lebih mudah. Fitur sales software meliputi hal-hal ini:

Tools untuk alur kerja dan kolaborasi (aka project management): sales software memudahkan tim sales, CS, dan marketing untuk bekerja sebagai tim dengan membuat beberapa tugas menjadi otomatis, membagi tugas, menetapkan deadline, dan melampirkan hal-hal yang kamu butuhkan.

Klasifikasi prospek: tim sales akan bekerja lebih efektif jika mereka tahu seberapa besar kemungkinan prospek-prospek di bawah naungan mereka akan membeli. Software sales dapat menilai prospek-prospek ini menggunakan Artificial Intelligence (AI) atau parameter lain yang ditetapkan secara manual oleh tim sales sehingga mereka dapat fokus pada prospek yang memiliki kemungkinan membeli lebih besar.

Pembuatan proposal, kontrak, faktur, dan monitoring pembayaran: sales software yang baik akan memfasilitasi seluruh proses ini.

Data analysis dan tracking: sales software akan menjadi sumber data para karyawan mengenai pendapatan perusahaan, kinerja tim sales, tingkat konversi, dan lamanya setiap prospek melalui sales funnel. Data ini dapat memberikan insights tentang kesehatan perusahaan secara keseluruhan, dan tentunya akan memberikan transparansi lebih.

Sales forecasting: dengan data dan AI, perusahaan dapat menggunakan sales software untuk memberikan sales forecasting yang lebih akurat dan, tentunya, dibuat secara otomatis!

Ada juga sales software khusus niche atau industri tertentu yang memiliki lebih banyak fitur yang semuanya akan membantu tim sales bekerja lebih produktif. Fitur-fitur tersebut disesuaikan berdasarkan niche atau industri.

Bagaimana Sales Software Menggunakan Artificial Intelligence (AI)?

Masih menyimak sampai sini? Kamu mungkin lihat AI disebut beberapa kali. Dalam konteks sales software, AI menggunakan algoritma “pintar” yang belajar dari pola dalam data dan membuat keputusan secara real time. AI digunakan untuk membuat tugas yang berulang menjadi otomatis dalam proses penjualan dan, tentunya, memproses data lebih cepat. Sales software dengan AI sudah menjadi standar dan bukan fitur tambahan lagi, jadi pastikan sales software yang kamu beli harus melibatkan AI ya, Kawan Simpli!

Sales software yang memiliki AI yang akan membantumu melakukan hal-hal ini:

  • Memberikan perkiraan dan sales forecasting penjualan yang lebih akurat berdasarkan data
  • Memonitor para prospek dan mengelola sales funnel perusahaanmu
  • Menyesuaikan kinerja tiap tim sales dengan prospek paling mungkin untuk membeli
  • Memberi skor pada prospek sehingga tim penjualan dapat bekerja dengan lebih efisien karena mereka memfokuskan kerja mereka ke prospek yang lebih potensial
  • Menentukan kapan harus follow up dengan email ke prospek atau memproses permintaan pelanggan ke tim yang sesuai
  • Mengotomatiskan proses kontak dan pengiriman pesan berdasarkan tindakan yang prospek lakukan

Baca Juga: Jenis-Jenis Faktur Dan Fungsinya Dalam Transaksi Bisnis

Mengapa Usaha Kecil dan Menengah Membutuhkan Sales Software?

Banyak usaha kecil bersaing dengan perusahaan yang lebih besar meskipun budget, anggota tim, dan pangsa pasar yang didapatkan lebih kecil. Sales software akan membantu tim yang lebih kecil ini untuk bekerja lebih efisien, meningkatkan dukungan ke pelanggan, dan memprediksi penjualan di periode selanjutnya dengan lebih baik. Sebagian besar software sales sudah berbasis cloud dan ditawarkan dengan skema langganan bulanan, sehingga software sales sekarang lebih mudah diakses oleh bisnis kecil yang belum mampu membayar tahunan atau membuat one-time purchase dengan harga lebih tinggi.

Meskipun fitur sales software bervariasi berdasarkan penyedianya, sales software dapat membantu usaha kecil dan menengah dengan:

  • Menyediakan alat kolaborasi sehingga tim sales dan marketing dapat bekerja bersama
  • Memberikan akses ke data penting yang memungkinkan para petinggi membuat keputusan bisnis penting lebih cepat
  • Memberikan insight mengenai tren, perilaku pelanggan, dan siklus penjualan
  • Mendorong penjualan dengan menemukan prospek yang kurang diprioritaskan (dengan kata lain, mungkin diabaikan) dan melacak setiap prospek dan lokasi mereka di sales funnel
  • Mengotomatiskan tugas yang repetitif sehingga tim Anda dapat fokus pada tugas yang lebih produktif

Apa Manfaat Sales Software untuk Usaha Kecil dan Menengah?

Ya, seperti yang kita tahu, usaha kecil dan menengah pasti memiliki budget yang lebih kecil daripada pesaing mereka yang lebih besar dan sudah stabil. Meskipun begitu, usaha kecil dan menengah memiliki beberapa keunggulan loh, Kawan Simpli! Keuntungan ini seperti biaya operasional yang lebih rendah dan peraturan serta birokrasi yang lebih sedikit. Sales software membantu usaha-usaha seperti ini memanfaatkan keuntungan tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat sales software untuk usaha kecil dan menengah:

Meningkatkan Layanan Pelanggan

Sales software dapat membantu usaha kecil dan menengah untuk menjaga rincian dan data pelanggan dan prospek. Dengan sales software, semua karyawan dapat dengan cepat melihat kapan suatu prospek terakhir dihubungi, preferensi dan perilaku mereka, bahkan rincian tindakan mereka di situs web dan interaksi dengan perusahaanmu.

Closing Lebih Banyak Penjualan

Sales software yang baik dapat membantu mengisi sales funnel-mu dengan prospek-prospek dan memberi perhatian pada prospek paling potensial dengan adanya penilaian prospek. Ini dapat membantu tim sales-mu untuk tetap fokus pada prospek potensial ini dan meraih lebih banyak penjualan, tentunya! Sales software juga dapat meningkatkan kolaborasi dan membuat alur kerja lebih ramping sehingga timmu dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan lebih cepat.

Memberi Insight Mendetail tentang Kinerja, Tren, dan Forecasting Penjualan

Software sales menyediakan akses ke data dan insight penting untuk memastikan keputusan yang kamu ambil adalah demi kepentingan terbaik perusahaan. Software tersebut akan mengumpulkan data dan menyusun, mengatur, dan menganalisisnya dengan AI yang ada. Hal ini berarti usaha kecil dan menengah dapat membuat keputusan penting dengan cepat.

Maksimalkan Sumber Daya yang Sudah Kamu Miliki

Usaha kecil dan menengah sering memiliki margin kecil, sehingga effort yang dikerahkan untuk mendapat sales harus lebih banyak. Software sales dapat membantumu meningkatkan kolaborasi antar tim, mengotomatiskan pembuatan report, dan membantumu lebih memahami kebutuhan pelanggan saat ini dan masa depan. Hasilnya, timmu dapat tetap fokus membantu pelanggan daripada membuang waktu untuk tugas-tugas yang dapat diotomatisasi.

Fitur Apa yang Penting Ketika Mempertimbangkan Sales Software untuk Usaha Kecil dan Menengah?

Memilih sales software yang tepat untuk bisnis kecil adalah sebuah tantangan. Tentunya banyak sekali pilihan untukmu, tetapi tidak semuanya cocok untuk bisnis kecilmu yang tentunya berbeda dengan bisnis lain! Biaya untuk menerapkan software baru bisa saja sangat tinggi baik dari segi budget maupun investasi waktu, jadi pastikan kamu pilih software yang cocok dari awal ya, Kawan Simpli!

sales software

Saat membandingkan software sales, kamu bisa perhatikan hal berikut:

Dukungan dan Orientasi Pengguna: apakah vendor yang kamu lirik menawarkan orientasi dan dukungan pemakai yang sesuai? Apakah dukungan mereka buka selama jam kerjamu? Kamu bisa melihat ulasan pelanggan mereka di internet untuk mendapatkan gambaran lebih tentang kualitas dukungan yang akan kamu terima.

Training Penggunaan: belajar software sales yang kompleks dan navigasinya dapat memakan waktu, terutama jika kamu harus membagi waktu antara pembelajaran ini dengan menjalankan bisnis kecilmu. Pastikan penyedia sales software-mu menawarkan pelatihan seperti webinar, obrolan langsung, dan dokumentasi yang lengkap.

Reporting: alat reporting yang menggunakan AI akan memberikan wawasan penting yang membantu bisnismu memetakan strategi marketing yang efektif, meningkatkan proses penjualan, dan mengidentifikasi prospek atau pelanggan ideal di perusahaanmu. Data adalah inti dari pengambilan keputusan bisnis yang baik, sehingga software sales yang komprehensif harus memiliki kemampuan pelaporan yang kuat dan tentunya terotomatisasi.

Alat Kolaborasi: jika informasi sales kamu tidak transparan, tim kamu tidak dapat bekerja secara efektif. Adanya alat kolaborasi atau project management akan membantu tim bekerja sama dengan efektif dan memungkinkan kolaborasi antar divisi pula untuk menciptakan bisnis yang lebih kuat.

Integrasi dengan Software Lain: software sales harus bekerja dengan tools yang digunakan bisnismu seperti tools marketing, invoicing, dan dan CRM. Penggabungan data ini sangat penting untuk menciptakan proses penjualan yang efektif dan efisien. Salah satu manfaat terbesar dari sales software adalah software tersebut dapat terintegrasi dengan alat lain untuk menciptakan gambaran yang lebih luas tentang pelangganmu.

Dengan adanya solusi software sales yang lebih banyak ditujukan untuk usaha kecil dan menengah yang tentunya dilengkapi dengan pilihan pembayaran yang lebih fleksibel, jangan takut untuk bersaing lagi dengan perusahaan yang lebih besar ya, Kawan Simpli! Sales Automation Platform SimpliDOTS dapat bantu proses sales-mu agar lebih efisien pula. Yuk, dapatkan free trial dan konsultasinya disini!