Sales Canvasser via Live Tracking Dukung 60% Efisiensi Bisnis Distribusi, Inspiring!

Sales Canvasser

Sales Canvasser – Tahukah Anda, dari laporan Co Insight menyatakan bahwa sebagian besar sales person hanya memakai 16% waktunya untuk benar-benar bekerja menghasilkan profit bisnis.

Sisanya 84% kemana? Ternyata, kebanyakan seorang salesman yang bekerja di lapangan menyia-nyiakan sekitar 3 jam untuk mengerjakan tugas administratif yang tak memberikan nilai tambah.

Akibatnya, menurut laporan Hubspot, sekitar 66% salesman tak mampu mencapai target yang ditetapkan perusahaan masing-masing.

Jangan biarkan hal ini mengancam profitabilitas bisnis Anda, saatnya memastikan aliran pendapatan usaha mengalir lancar. Salah satu cara yang efektif adalah meningkatkan pemantauan semua aktivitas sales canvassing via Live Tracking dengan SimpliDOTS DMS (Distribution Management System).

Pantau Kunjungan Harian Sales Canvasser via Live Tracking

Kenapa manajemen harus memantau kunjungan harian sales canvasser secara live tracking? Sebab, bagaimanapun juga sales canvasser adalah tenaga manusia yang masih berpotensi melakukan kesalahan. Bahkan, kecurangan yang membuat perusahaan merugi.

Untungnya, SimpliDOTS menghadirkan fitur DMS sebagai solusi yang akan membantu pemantauan kinerja sales canvasser di dalam genggaman.

Aplikasi berbasis teknologi Cloud yang bisa diakses dari perangkat seluler dan desktop, sehingga supervisor yang berada di kantor pusat tetap bisa memantau tim sales force dengan efisien terkait tugas penjualan dan distribusi ritel.

Bukan hanya membantu pengelolaan saluran penjualan secara efektif, SimpliDOTS dapat meningkatkan produktivitas sales canvasser. Pasalnya, tugas administratif yang dulu harus dilaporkan atau dikirim ke pusat secara manual, sekarang bisa melalui dashboard SimpliDOTS dalam hitungan detik.

Apa Pentingnya Melacak Kunjungan Sales Canvasser Bagi Bisnis Anda?

Pelacakan kinerja tim salesforce sangat penting guna meningkatkan produktivitas saluran penjualan ritel dan distribusi bisnis.

Pada gilirannya, dapat meningkatkan kredibilitas salesman sebagai seorang karyawan.

Dilansir dari laman Sales Drive, penelitian menemukan bahwa kalau manajer fokus pada kekuatan karyawan, maka karyawan 30 kali lebih mungkin tetap produktif.

Dengan SimpliDOTS, sales person tak perlu bolak-balik ke kantor pusat hanya untuk membuat order, invoice, atau laporan penjualan. Semuanya, bisa dilakukan setiap saat, kapan saja dan dimana saja melalui platform SimpliDOTS.

Bagaimana SimpliDOTS DMS melacak kinerja sales canvasser saat kunjungan harian?

SimpliDOTS menghadirkan fitur Canvassing yang bisa dipantau secara real-time. Sehingga, supervisor dapat memantau semua aspek saluran penjualan, baik ketika online maupun offline.

Berikut beberapa fitur unggulan yang dapat membantu kinerja tim sales canvasser:

1. Pelacakan GPS

SimpliDOTS menghadirkan fitur Pelacakan GPS sehingga supervisor dapat melacak lokasi atau pergerakan sales person. Dengan live Tracking, supervisor dapat melihat hasil pelacakan secara akurat dari mana saja setiap saat.

2. Delivery & Route Optimization

Fitur lain yang tak kalah hebat adalah Delivery & Route Optimization. Fitur ini akan memandu sales person menemukan outlet berikutnya di peta rute. Setelah semua lokasi gerai ritel terpetakan di GPS, saat bergerak di sekitar rute tersebut, SimpliDOTS akan memandu sesuai jarak terdekat dan lebih cepat.

Bila dibandingkan navigasi manual, tentunya aplikasi SimpliDOTS dapat mendukung mobilitas truk logistik dan salesperson lebih cepat sampai tujuan dan hemat biaya bahan bakar.

3. Membuat laporan aktivitas harian

SimpliDOTS memungkinkan sales person membuat laporan aktivitas harian semudah menggerakkan jari. Salesman juga bisa membuat pesanan langsung dari handphone saat kunjungan. Mereka juga lebih mudah memesan jenis produk atau jumlah produk sesuai kebutuhan.

Sales taking order atau pesanan penjual secara langsung diterima di tempat oleh pedagang di gerai tersebut.

4. Dashboard lengkap dan terupdate otomatis

Melihat kinerja sales canvasser untuk distributor menjadi pekerjaan yang mudah dan sederhana. Sebab, fitur Canvassing Data dapat terintegrasi secara real-time didukung teknologi Cloud.

Cukup memantau dari dashboard SimpliDOTS, supervisor dapat melacak kunjungan sales canvasser secara live tracking. Hanya perlu satu unit handphone untuk memantau jadwal kunjungan sales canvasser, mengelola stok gudang canvass, serta pembelian dan area kerja sales canvass.

Bagaimana Cara Melacak Kinerja Tim Salesforce?

Berikut beberapa langkah yang perlu diperhatikan untuk membantu menetapkan tujuan penjualan yang jelas bagi tim salesforce.

Langkah 1- Tetapkan tujuan dan ekspektasi

Target penjualan dapat ditetapkan dengan melibatkan tim salesforce dalam pembuatannya. Dengan begitu, manajer dan tim sales dapat menemukan hambatan yang mungkin timbul beserta solusinya.

Langkah 2 – Rencanakan tujuan jangka pendek dan jangka panjang

Ukuran kinerja yang paling bagus adalah rencana jangka pendek dan jangka panjang. Misalnya, tetapkan target penjualan mingguan atau harian. Atau, ketika masa resesi ekonomi, target diubah menjadi jangka panjang agar lebih realistis.

Langkah 3 – Bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras

Banyak startup dan usaha kecil masih mengandalkan spreadsheet untuk melacak kinerja penjualan. Tapi, di era digital saat ini, cara termudah untuk melakukannya adalah melalui otomasi penjualan

Tim sales dapat membuat laporan penjualan harian atau mingguan dalam sekali klik. Pun begitu, dengan manajer bisa melaporkan kinerja tim sales ke supervisor lebih efisien.

Tujuannya adalah merampingkan beban kerja tim dan membuat tim salesforce lebih fokus pada tugas intinya dalam penjualan.

Langkah 4 – Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan tim salesforce secara berkala

SimpliDOTS dapat membantu memberikan beberapa data sebagai bahan pertimbangan keputusan dan strategi penjualan selanjutnnya. Namun, data tersebut tidak ada artinya jika tidak ditindaklanjuti dan dianalisis dengan baik.

Komunikasikan data tersebut dengan tim secara teratur. Cara termudah adalah dengan melakukan pertemuan rutin sebagai momen melihat adanya masalah baru atau isu yang dihadapi tim salesforce di lapangan.

Gunakan pertemuan tersebut sebagai waktu pemecahan masalah dan berbagi solusi yang bermanfaat.

Tim salesforce yang hebat tidak hanya mengandalkan satu orang. Tetapi, saling mendukung dan berkolaborasi agar bisa saling melengkapi kelemahan dan kekuatan setiap anggota tim salesforce.

Misalnya, dalam pertemuan dapat dibahas bagaimana kinerja mingguan. Atau, apakah ada sales person yang membutuhkan pelatihan atau bantuan terhadap masalah yang dihadapi selama meningkatkan penjualan dan distribusi barang.

Cara Cerdas Membuat Salesforce Bekerja Lebih Efektif

Pemantauan penjualan tak bisa hanya mengandalkan cara manual. Dengan SimpliDOTS yang dirancang membantu distributor memantau kinerja salesforce menjadi lebih efisien dan efektif.

Tim dapat bekerja lebih cerdas dan mencapai target sesuai ekspektasi yang diharapkan.

Ketika tim sales canvasser fokus bekerja di lapangan atau kunjungan toko, serahkan otomasi data operasional pada sistem Canvassing Data dari SimpliDOTS.

Sistem Canvassing SimpliDOTS, Membantu Melacak Aktivitas Salesforce Secara Real-Time

Software distribusi terbaik di Indonesia, SimpliDOTS membantu meningkatkan efisiensi saluran penjualan dan distribusi hingga 30%. Berbagai fitur modern dan canggih telah dipercaya ribuan distributor seluruh tanah air.

Termasuk pembuatan laporan sales, pembuatan invoice saat kunjungan toko dari aplikasi HP, pembayaran otomatis diterima sales management perusahaan, hingga input data laporan terintegrasi yang mudah dipahami oleh sales canvassing.

SimpliDOTS sejak 2016 telah dikenal sebagai super apps distributor terpercaya di Indonesia. Terlebih lagi, di era modern sekarang yang serba online, bisnis distribusi harus terus berinovasi dan memantau kinerja sales secara live-tracking.

Bersama SimpliDOTS, memudahkan Anda memonitor bisnis distribusi dan performa tim salesforce. Kinerja menjadi lebih produktif dan efisien, karena tak perlu repot membuat invoice atau taking order berbasis kertas. Supervisor juga dapat melacak posisi sales di peta via live-tracking dengan manajemen rute terefisien untuk menghemat biaya dan waktu.

Yuk, sekarang saatnya maksimalkan penjualan dan distribusi bisnis dengan platform SimpliDOTS! Coba demo GRATIS atau Whatsapp tim sales untuk info selengkapnya.

Bagikan Artikel ini via

Postingan Terkait

Bikin Laporan Salesman Makin Satset

Dengan Aplikasi, Urusan Distributor Jadi Mudah Hingga 3X Lipat!